Apakah kamu sedang mencari tips jualan online laris untuk usaha makananmu? Artikel ini akan membahas seputar tips jualan online yang paling efektif untuk usaha makanan. Jika kamu masih mengalami kesulitan meningkatkan penjualan secara online, kamu perlu mencari cara dan strategi yang tepat agar jualan makanan secara online bisa lebih laris lagi. Simak lengkap artikel berikut ini untuk tips jualan online laris usaha makananmu!

Tantangan Usaha di Bidang Makanan

Tips Jualan Online Laris

 

Sama seperti bidang bisnis lainnya, usaha dalam bidang makanan juga memiliki tantangan tersendiri. Tantangan yang dihadapi juga tidak kalah rumit dengan bidang usaha lainnya. Bahkan tantangan usaha di bidang makanan juga lebih beresiko tinggi dibandingkan dengan bidang usaha lainnya. Berikut ini adalah beberapa tantangan untuk usaha di bidang makanan.

 

  1. Mengurangi Penggunaan Plastik


    Seperti yang diketahui, plastik adalah salah satu bahan yang paling sering digunakan oleh industri makanan. Plastik sudah sering menjadi pembungkus makanan yang dijual. Di era saat ini, hal tersebut menjadi masalah yang serius karena semakin banyak masyarakat yang paham dengan kondisi lingkungan. Banyak pelanggan yang lebih memilih menggunakan wadah sendiri atau bahkan sama sekali tidak membeli makanan untuk mengurangi sampah plastik.

    Secara tidak langsung, ini menjadi tantangan besar bagi industri makanan. Mereka harus berusaha meningkatkan penjualan tanpa menambah sampah plastik. Bagi usaha yang sudah besar, tantangan tersebut mungkin bisa dihadapi dengan mudah. Sedangkan untuk usaha kecil, ini adalah tantangan yang cukup besar. Menggunakan wadah lain seperti box atau kotak BPA free memakan biaya yang lebih banyak. Harga plastik adalah yang paling murah untuk dipakai kemasan, jadi mereka perlu mencari cara untuk melewati tantangan tersebut.

     

  2. Kualitas Kesehatan Makanan

    Tips Jualan Online Laris

    Sejak masa pandemi, perhatian masyarakat saat membeli makanan di luar jauh lebih tinggi. Mereka akan lebih memilih makan di tempat yang sudah jelas kebersihannya bahkan sudah mendapatkan perizinan untuk beroperasi. Tidak jarang masyarakat juga memperhatikan bagaimana cara makanan dimasak karena masa pandemi meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kualitas kesehatan makanan.

    Tantangan ini tentunya bisa dihadapi dengan mudah untuk usaha makanan yang memang menomorsatukan kualitas dan kesehatan pengolahannya. Hanya saja, kepercayaan pelanggan pada usaha kecil tidak mudah didapatkan. Jadi tantangan ini cukup besar untuk pemilik usaha di bidang makanan.

    Baca Juga: Cara Membuat Etalase Toko Online Terlihat Menarik

     

  3. Kejelasan Bahan Makanan


    Dengan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat dengan kualitas makanan, kewaspadaan mereka terhadap apa jenis bahan yang digunakan juga semakin meningkat. Misalnya seperti apa bahan yang digunakan, dari mana asal bahan, hingga bagaimana proses pengolahannya. Tentu saja ini tidak bisa diremehkan oleh pemilik usaha makanan. Jadi kamu perlu serius menanggapi tantangan ini dengan memilih bahan yang terbaik. Pelanggan yang bisa menilai kualitas bahan dan makanan tentunya akan lebih mengapresiasi usahamu.

     

  4. Tren Vegan dan Bebas Gluten

    Sebenarnya gaya hidup vegetarian sudah banyak muncul di masyarakat, hanya saja tidak banyak tempat makanan yang menyediakan menu vegetarian. Kesadaran terhadap gaya hidup vegetarian dan bebas gluten ini juga semakin meningkat karena selama pandemi, lebih banyak masyarakat yang menjalani gaya hidup sehat. Ini juga merupakan tantangan pemilik usaha makanan. Jika tidak bisa mengikuti tren yang ada, maka usaha tidak akan bisa berjalan dengan lancar.

     

  5. Masalah Stok Persediaan

    Stok persediaan adalah masalah yang sering dihadapi oleh pemilik usaha di bidang makanan. Karena stok yang mereka miliki berupa makanan yang memiliki batas kadaluarsa, usaha makanan harus pandai mengelola stok persediaan mereka. Jika stok terlalu banyak yang rusak, tentunya akan merugikan usaha. Jadi penting sekali untuk memiliki pengelolaan persediaan yang tepat dan akurat.

     

  6. eCommerce yang Semakin Luas

    Semakin luas eCommerce, maka semakin besar juga tantangan bagi pemilik usaha di bidang makanan. Persaingan yang sengit membuat berjualan makanan secara online cukup sulit untuk dilakukan. Jadi pemilik usaha makanan perlu melakukan strategi yang tepat agar proses berjualan secara online menjadi lancar.

Tips Jualan Online Laris untuk Usaha Makanan

Tips Jualan Online Laris

Tantangan untuk berjualan makanan secara online memang cukup banyak. Semua tantangan tersebut bisa dikelola dengan adanya strategi yang tepat. Berikut ini adalah tips jualan online laris untuk usaha makanan yang bisa kamu ikuti.

  1. Tunjukkan Pencapaian Usahamu


    Tunjukkan pencapaian usahamu meskipun pencapaian tersebut sederhana. Menunjukkan pencapaian usaha adalah salah satu tips jualan online laris yang bisa menarik perhatian calon pembeli dan tentunya menjadi penyemangat usaha. Misalnya dengan memposting 100 penjualan pertamamu, 1000 followers pertamamu, dan pencapaian lain di media sosial. Menunjukkan pencapaian bisa meningkatkan kepercayaan calon pembeli dan kepercayaan pelanggan terhadap usahamu.

     

  2. Buat Konten yang Dinamis


    Tips jualan online laris adalah tampilan yang jelas salah satunya dengan membuat konten yang dinamis. Content marketing adalah salah satu cara untuk meningkatkan penjualan secara online. Tentunya dibutuhkan konten yang dinamis agar calon pembeli tertarik dengan produkmu. Jadi siapkan konsep konten yang menarik dan tentunya gambar yang jelas agar calon pembeli bisa lebih tertarik dengan makananmu.

     

  3. Aktif di Komunitas

    Tips Jualan Online Laris
    Bergabung dengan komunitas sesama pemilik usaha makanan bisa menjadi salah satu langkah yang kamu lakukan untuk meningkatkan nilai usahamu. Berbagi pengetahuan dan saling terkoneksi adalah hal yang penting untuk pemilik usaha meningkatkan wawasan. Ini juga akan membantumu membuka wawasan seputar usaha makanan tidak hanya secara offline tapi juga secara online.

    Baca Juga: Cara Menyusun Laporan Kas Kecil dengan Tepat

     

  4. Permudah Pemesanan Online

    Memudahkan pemesanan online adalah salah satu tips jualan online laris yang tidak bisa diabaikan. Jika kamu memutuskan untuk menggunakan saluran digital untuk mempromosikan usahamu, maka kamu juga harus memudahkan proses pemesanan secara online agar para calon pembeli yang berminat dengan produkmu menjadi lebih mudah melakukan pembelian. Tanpa adanya kemudahan pemesanan secara online, calon pembeli akan kehilangan minat untuk melakukan pembelian produk.

     

  5. Fokus pada Area Sekitar

    Tips jualan online laris selanjutnya adalah fokuskan promosi usahamu pada area sekitar. Masukkan nama lokasi dan alamat yang jelas agar orang yang tinggal di area yang sama denganmu bisa lebih mudah menemukan produk usahamu. Selanjutnya kamu hanya perlu mengoptimalkan pemasaran dan penjualan di area sekitar karena orang-orang yang berada di area yang sama denganmu pasti akan lebih mudah tertarik untuk mencoba.

 

Tips jualan online laris yang juga tidak boleh dilupakan adalah pengemasan produk yang tepat.  Pengemasan makanan berbeda dengan pengemasan jenis barang lainnya. Kamu perlu memastikan bahwa kemasan makanan sudah kuat dan aman sehingga saat proses pengiriman produk bisa dalam kondisi yang baik pula.

Tidak hanya itu saja, tips jualan online laris yang juga perlu dipertimbangkan adalah memilih tempat berjualan. Meskipun secara online, kamu tetap perlu mempertimbangkan mana marketplace yang paling cocok untuk berjualan makanan. Pilih beberapa marketplace yang sesuai dan paling cocok untuk jenis usahamu. Cara lainnya adalah dengan membuat website sendiri untuk usahamu dengan menggunakan SmartSeller. Fitur lengkap dan mudah SmartSeller akan membantumu membuat website yang menarik dan praktis untuk usahamu. Langsung saja yuk cek SmartSeller sekarang!

 

Baca Juga 
Tips Bagi Anda yang Baru Mulai Berjualan Online