Database pelanggan adalah hal penting yang harus dimiliki oleh bisnis. Mengapa begitu? Banyak hal yang melatarbelakangi hal tersebut.  Pelanggan sendiri merupakan bagian penting dari bisnis. Tanpa adanya pelanggan, sebuah bisnis tidak dapat berjalan dengan baik. Oleh karena itu, segala sesuatu yang berhubungan dengan pelanggan perlu dicermati.

Database pelanggan adalah sebuah hal berguna yang dapat dimanfaatkan oleh pebisnis untuk berbagai kepentingan tertentu. Hal tersebut tentunya dapat berpengaruh secara langsung maupun tidak kepada penjualan. Simak mengapa database pelanggan adalah hal yang cukup penting dimiliki oleh pebisnis.

 

Pelanggan dan Bisnis

Database Pelanggan adalah

Kamu tidak dapat memisahkan sebuah bisnis dengan pelanggan. Tanpa adanya pelanggan, sebuah bisnis tidak akan bisa bertahan apalagi berkembang. Bahkan tanpa pelanggan yang cukup, sebuah bisnis tentu saja akan stagnan. Hal itu mengapa terdapat ungkapan yang menyebutkan pelanggan adalah raja.

Rasanya ungkapan tersebut mewakilkan betapa pentingnya pelanggan bagi sebuah bisnis. Untuk mendapatkan pelanggan dan memuaskan mereka, sebuah bisnis harus memberikan barang atau jasa serta layanan yang berkualitas. Namun pada penerapannya, tidak semudah itu untuk mendapatkan pelanggan apalagi mempertahankan tersebut. Oleh karena itu, penting bagi sebuah bisnis untuk mempunyai database pelanggan.

Baca Juga: Repeat Order Artinya: Strategi agar Pelanggan Memesan Lagi

 

Database Pelanggan

Dari awal artikel sudah disebutkan bahwa database pelanggan adalah hal penting untuk dimiliki sebuah bisnis. Namun, apa sebenarnya database pelanggan? Database pelanggan adalah kumpulan informasi pelanggan yang berisikan data-data. Data-data tersebut umumnya berisikan nama pelanggan, usia dan jenis kelamin pelanggan, dan lain-lain.

Dalam berjualan, mengenali para pelanggan juga sama pentingnya. Setiap bisnis tentu mempunyai segmentasi pelanggan dan juga target pasar yang berbeda. Bahkan produk yang dikeluarkan juga bisa saja ditujukan untuk segmen yang berbeda. Oleh karena itu, memasarkan produk untuk pelanggan yang tepat tentu akan memberikan hasil yang efektif.

Baca Juga 
Inilah 5 Kesalahan fatal seller Shopee yang sering dilakukan

Database Pelanggan adalah

Apalagi sebuah bisnis bukan cuma sekedar berjualan saja. Banyak langkah yang harus diambil serta strategi yang terencana agar sebuah bisnis dapat bertahan. Ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari memiliki database pelanggan. Ada beberapa informasi yang terdapat di database pelanggan, yakni:

  • Nama Pelanggan
  • No Telepon Pelanggan
  • Alamat E-mail Pelanggan
  • Riwayat Pembelian

Beberapa hal di atas merupakan informasi yang biasanya tersedia pada database pelanggan. Masih banyak informasi lainnya yang bisa didapatkan di database pelanggan tergantung platform apa yang digunakan dalam melakukan komunikasi atau transaksi dengan pelanggan tersebut. 

 

Manfaat Database Pelanggan

Jika bisnis mempunyai beberapa kanal, pelanggan yang mengunjungi bisnisnya pun cenderung bervariasi. Hal tersebut tentunya akan memperbesar database pelanggan yang dimiliki karena terkadang informasi yang diberikan oleh setiap platform tersebut berbeda. Berikut ini adalah beberapa manfaat database pelanggan bagi sebuah bisnis:

  • Menghubungi Pelanggan

Database Pelanggan adalah

Manfaat pertama dari database pelanggan adalah untuk menghubungi pelanggan. Setiap bisnis harus melakukan inovasi meskipun dalam skala kecil. Namun terkadang, inovasi yang terjadi ini tidak diketahui oleh pelanggan maupun calon pelanggan. Hal itu yang membuat promosi produk tersebut harus dilakukan.

Adanya database pelanggan sangat membantu sebuah bisnis untuk menghubungi pelanggan terutama pelanggan yang pernah berbelanja. Dengan begitu, awareness pada produk baru tersebut akan tercipta. Dengan begitu, kemungkinan pelanggan tersebut untuk melakukan transaksi pada bisnis yang kamu miliki akan lebih besar dibanding sebelumnya.

Tonton Juga: #SellerStory Bolalicious : Cara mengembangkan usaha Merchandise sepak bola.

  • Mencari Pasar Potensial

Manfaat lainnya dari mempunyai database pelanggan adalah dapat digunakan untuk mencari pasar potensial. Setiap bisnis ketika didirikan tentu mempunyai bayangan baik secara jelas ataupun tidak mengenai pasar yang ia tuju. Namun dalam praktiknya, hal tersebut tidak selalu berjalan sesuai rencana. Bisa saja target yang ia tuju sebelumnya justru tidak sesuai dengan produk yang ditawarkan.

Baca Juga 
Consumer Insight adalah: Pengertian dan Manfaatnya bagi Bisnis

Oleh karena itu, adanya database pelanggan akan membuat pelaku bisnis dapat mencari pasar potensial bagi bisnis yang ia jalani. Melalui database pelanggan yang ada, pelaku bisnis dapat melihat rentang usia yang lebih sering berbelanja kepadanya. Selain itu, jika ada data demografi lainnya juga dapat turut membantu sebuah bisnis mengecilkan target pasar mereka.

  • Menentukan Strategi Pemasaran

Manfaat selanjutnya dari database pelanggan adalah pelaku bisnis dapat menentukan strategi pemasaran. Pemasaran sendiri merupakan bagian penting dari sebuah bisnis. Kegiatan promosi merupakan bagian dari aktivitas pemasaran yang dilakukan. Hal tersebut dilakukan untuk mengenalkan produk dan bisnis tersebut. Banyak data yang bisa kamu jadikan referensi untuk menentukan strategi pemasaran, salah satunya database pelanggan.

Dari database pelanggan yang ada, selain informasi pribadi dari pelanggan tersebut, kamu juga bisa menemukan riwayat pembelian yang ada dari pelanggan. Setelah itu, kamu bisa menentukan strategi pemasaran yang tepat bagi produk tertentu. Kamu juga bisa melanjutkan strategi pemasaran tersebut jika terbukti efektif.

Baca Juga: 4 Hal ini yang Wajib Anda Tahu Tentang Karakteristik Pelanggan

  • Membangun Awareness

Membangun awareness amat penting terutama di dunia bisnis yang semakin kompetitif. Database pelanggan adalah salah satu hal yang bisa kamu manfaatkan untuk membangun awareness. Biasanya, database pelanggan yang dimiliki merupakan pelanggan yang pernah melakukan pembelian atau berinteraksi dengan bisnis tersebut sehingga data mereka sudah tersimpan. 

Hal tersebut bisa kamu manfaatkan untuk membangun awareness. Terutama untuk produk-produk baru yang kamu keluarkan. Hal itu akan membuat para pelanggan tersebut sadar bahwa ada produk baru yang dikeluarkan oleh bisnis tersebut. Bukan tidak mungkin hal tersebut akan membuat pelanggan menjadi tertarik untuk membeli produk tersebut. 

  • Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Manfaat terakhir dari database pelanggan adalah pelaku bisnis dapat meningkatkan loyalitas pelanggan yang ia miliki. Melalui informasi dari database pelanggan yang tersedia, sebuah bisnis dapat melihat riwayat transaksi yang dilakukan pelanggan. Hal tersebut tentunya akan menunjukkan mana pelanggan yang cukup sering melakukan pembelian serta produk yang ia beli.

Baca Juga 
4 Fitur Baru Instagram di Bulan Oktober yang Wajib Anda Ketahui!

Dari informasi tersebut, pelaku bisnis dapat memberikan apresiasi seperti sedikit potongan harga. Pelaku bisnis juga dapat menerapkan sistem loyalty reward jika ia melihat bahwa banyak pelanggan yang melakukan pembelian lebih dari satu kali. Hal tersebut tentunya akan memberikan motivasi bagi para pelanggan bisnis tersebut untuk semakin sering melakukan transaksi di toko tersebut.

Database Pelanggan adalah

Demikian penjelasan singkat mengenai database pelanggan dan mengapa database pelanggan dapat membantu seseorang untuk membangun dan mengembangkan bisnisnya. Banyak manfaat yang dapat diraih seseorang dengan mempunyai dan menyimpan database pelanggan dalam bisnisnya. Mulai dari sekedar untuk tujuan berkomunikasi hingga membantu sebuah bisnis untuk meningkatkan penjualannya.

Hal ini juga harus dimanfaatkan oleh para penjual online, apalagi sistem penjualan online merupakan sistem digital sehingga lebih mudah untuk mengelolanya. Kalau kamu belum berjualan online, kamu bisa menggunakan fitur Marketplace Integration dan Smartseller Storefront untuk membantu kamu membuka toko online.

Sedangkan untuk urusan insight dan database bisnis kamu, kamu bisa menggunakan Richbuyer. Selain tanpa biaya, penggunaannya juga cukup mudah dengan hanya kamu gunakan sebagai extension peramban web kamu. Selain itu, banyak seller berkualitas di SmartSeller sehingga kamu bisa menjadi reseller. Penasaran bagaimana caranya? Langsung saja kunjungi RichBuyer!