Repeat order artinya pembeli melakukan pembelian ulang untuk produk yang telah mereka beli selanjutnya. Istilah ini cukup banyak diketahui oleh pemilik usaha karena salah satu cara untuk usaha terus mendapatkan pendapatan adalah dengan adanya repeat order. Tanpa adanya pelanggan yang melakukan repeat order artinya pendapatan usaha akan terganggu.

Meningkatkan repeat order dengan strategi yang tepat akan sangat membantu proses berjalannya usaha. Tanpa adanya strategi yang tersusun untuk menarik pelanggan agar mau melakukan repeat order, kamu tidak akan bisa mendapatkan pemasukan lebih banyak.

 

Pentingnya Repeat Order untuk Usaha

Repeat Order artinya

 

Pelanggan repeat order artinya adalah pelanggan yang membeli lebih dari sekali produk usahamu. Jika pelanggan melakukan repeat order artinya mereka puas dengan produk tersebut dan pelanggan mau melakukan pembelian ulang untuk produk serupa. Sederhananya, semakin banyak pelanggan yang melakukan repeat order artinya semakin banyak juga pendapatan yang akan kamu terima.

 

Semakin tinggi repeat order maka semakin banyak pelanggan yang menyukai produkmu. Sebaliknya, tidak ada repeat order artinya terdapat kesalahan pada produk usahamu atau strategi pemasaran dan penjualan yang kamu lakukan. Jadi kamu perlu mengevaluasi ulang seputar produk dan menemukan strategi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan target pasarmu.



Baca Juga: Contoh Business Plan yang Cocok untuk Bisnis Online

 

Strategi Efektif agar Pelanggan Melakukan Repeat Order

Repeat Order artinya

 

Strategi repeat order artinya adalah strategi yang disusun agar pelanggan melakukan pembelian ulang sehingga kamu bisa mendapatkan penghasilan dari pembelian tersebut. Berikut ini adalah beberapa strategi yang bisa kamu ikuti agar pelanggan melakukan repeat order dengan lancar:

 

  1. Segmentasi Pelanggan


    Mengelola segmentasi pelanggan adalah langkah awal yang penting sekali untuk dilakukan. Segmentasi pelanggan akan membantumu menemukan pelanggan sesuai dengan target yang telah kamu tentukan. Jadi akan lebih mudah untuk mengajak pelanggan melakukan repeat order terhadap produk yang sudah mereka beli.

    Segmentasi pelanggan pada dasarnya adalah membagi pelanggan menjadi beberapa grup sesuai dengan kategori yang diperlukan. Misalnya seperti usia, jenis kelamin, lokasi, pekerjaan, dan sebagainya. Dengan adanya pembagian ini, kamu akan lebih mudah untuk mengajak pelanggan melakukan repeat order sesuai dengan kategori mereka. Tidak hanya itu saja, strategi pemasaran dan penjualan juga lebih efektif dengan segmentasi pasar yang tepat.

     

  2. Kirimkan Email


    Mengirim email adalah salah satu strategi yang paling sering dilakukan oleh setiap perusahaan. Email yang dikirimkan adalah jenis email re-engagement. Yaitu jenis email yang mengingatkan kembali para pelanggan tentang pembelian mereka. Email ini dikirimkan ketika pelanggan belum melakukan pembelian lagi dalam jangka waktu yang lama.

    Jenis email ini juga cukup efektif untuk digunakan sebagai strategi repeat order artinya karena email yang berjenis re-engagement memiliki pesan yang dipersonalisasi sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Jadi kamu bisa mengatur bagaimana tampilan email dan bagaimana obrolan yang akan dilakukan. Personalisasi email ini membuat pelanggan lebih nyaman berkomunikasi dan sebagian besar berhasil mengajak pelanggan untuk melakukan repeat order.

     

  3. Berikan Rekomendasi Produk

    Repeat Order artinya

    Memberikan rekomendasi produk ke pelanggan tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Kamu perlu memberikan rekomendasi yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Inilah pentingnya segmentasi pelanggan pada poin pertama. Ketika kamu mengetahui siapa saja pelangganmu dengan jelas dan tepat, tentunya akan lebih mudah memberikan rekomendasi produk yang mereka butuhkan.

    Rekomendasi produk akan lebih efektif jika berdasarkan pada data pembelian sebelumnya. Jadi kamu bisa memberikan rekomendasi yang sesuai dengan pembelian pelanggan sebelumnya dan memprediksi mana yang akan mereka pilih sebagai pembelian selanjutnya. Cara ini efektif untuk mengajak pelanggan melakukan repeat order karena rekomendasi yang diberikan memang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

     

  4. Tunjukkan Ulasan Pelanggan lain

    Sering kali, yang membuat pelanggan ragu untuk membeli adalah ketidak yakinan mereka terhadap produk. Maka dari itu, pastikan kamu menunjukkan ulasan pelanggan lain yang sudah mencoba produk usahamu agar pembeli lain lebih yakin terhadap kualitas produk. Karena ulasan positif pelanggan memberikan potensi terjadinya transaksi pembelian dengan lebih lancar, pastikan produkmu juga sesuai dengan ekspektasi pelanggan agar mereka puas dengan hasilnya.

    Selanjutnya, kamu hanya perlu menunjukkan ulasan tersebut agar pelanggan lain percaya dengan kualitas produk. Ulasan juga memberikan bukti sosial bahwa produk tersebut memang berguna dan berkualitas. Jadi pastikan kamu menunjukkan ulasan pelanggan yang memberikan dampak baik untuk produkmu.

     

  5. Ingatkan Pelanggan pada Tas Belanja

    Barang yang ada di dalam tas belanja dan belum dibeli oleh pelanggan bisa menjadi masalah jika menumpuk. Ini adalah saatnya mengirimkan email untuk mengingatkan pelanggan bahwa terdapat barang yang belum dibayar. Jenis email ini akan meningkatkan minat pelanggan untuk melakukan pembelian dengan segera.

    Meskipun peluangnya kecil, cara ini cukup efektif jika dikombinasikan dengan strategi pemasaran yang juga tepat. Misalnya dengan mengingatkan tas belanja dan memberikan informasi diskon yang sedang berlangsung. Kombinasi ini akan membuat pelanggan lebih berminat dibandingkan dengan email biasa. Jadi peluang pelanggan melakukan repeat order jauh lebih besar.

     

  6. Berikan Hadiah

    Repeat Order artinya

    Memberikan hadiah kepada pelanggan yang setia bisa menjadi salah satu cara untuk menghargai pelanggan. Ini akan sangat membantu untuk membangun hubungan dengan pelanggan. Hubungan yang erat tentunya akan menguntungkan usaha juga. Pelanggan setia akan tetap setia dengan produkmu dan dengan mudah melakukan repeat order. Saat pelanggan tersebut melakukan repeat order artinya semakin banyak pendapatan usaha yang bisa didapat.

    Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa membuat program yang memberikan pelanggan banyak manfaat. Reward program adalah program di mana suatu usaha memberikan pelanggan setia hadiah karena sudah merekomendasikan produk atau mengajak orang lain untuk ikut mencoba produk tersebut. Cara ini biasanya menggunakan metode referral, kode diskon, dan sebagainya untuk mengajak lebih banyak pelanggan. Selain bisa digunakan untuk repeat order, metode ini bisa digunakan sebagai strategi pemasaran yang efektif.

    Baca Juga: Cara Menentukan Harga Jual agar Tidak Rugi

     

  7. Survey Pelanggan

    Penting sekali untuk melakukan survey pelanggan secara berkala. Survey pelanggan diperlukan untuk mengetahui apakah produk benar-benar bisa membantu pelanggan dan apakah terdapat kekurangan perusahaan yang perlu ditingkatkan.dengan adanya survey pelanggan, perusahaan dapat meningkatkan kualitas kerja dan produknya.

    Survey pelanggan yang berdampak pada repeat order artinya survey tersebut berhasil membuat perusahaan meningkatkan pelayanannya dan juga kualitas produknya. Jadi pelanggan yang menyukai produk tidak akan segan melakukan repeat order. Perusahaan juga akan mendapatkan lebih banyak keuntungan dengan cara ini. Kritik dari pelanggan akan ditampung dan diolah dengan baik agar bisa diperbaiki dan memberikan produk yang terbaik.

 

Perlu diketahui bahwa pelanggan yang melakukan repeat order artinya mereka memang puas dengan kualitas produk. Jadi kamu perlu meningkatkan kualitas produk dan pelayanan menjadi lebih baik lagi. Produk yang memang bagus tentunya akan membuat pelanggan melakukan repeat order tanpa adanya strategi khusus. Agar usaha yang kamu jalankan bisa memberikan pelayanan terbaik, pastikan kamu menggunakan SmartSeller. Dengan fitur business analytic kamu bisa mempelajari perkembangan bisnis dan kondisi bisnismu dengan akurat. Jadi langsung saja yuk cek SmartSeller sekarang juga!

 

Baca Juga 
Inilah Contoh Usaha Menengah yang Harus Kamu Tahu!