Cara menentukan target pasar dengan tepat, perlu diketahui oleh seorang pebisnis. Hal ini dikarenakan dapat menyusun perencanaan pemasaran yang efektif. Dari mengetahui target pasar, kamu bisa menarik perhatian para calon pelanggan yang cocok dengan produk ataupun jasa yang ditawarkan. 

Jika kamu salah dalam menentukan target pasar, bisa berakibat cukup fatal bagi keberlangsungan usahamu di masa yang akan datang. Lantaran tidak semua produk atau jasa cocok dengan seluruh segmentasi pasar. Oleh karenanya, cara menentukan target pasar ini menjadi pengetahuan yang harus diketahui sebelum kamu memulai usaha. 

Pengertian Target Pasar

Agar cara menentukan target pasar dapat dilakukan dengan benar, alangkah baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu apa itu target pasar. Dengan mengetahui pengertiannya, nantinya bisa lebih memahami bagaimana cara melakukannya.  

Target pasar merupakan sekelompok orang yang berpotensi atau memiliki kecenderungan untuk membeli produk atau menggunakan jasa layanan yang ditawarkan. Umumnya, cara menentukan target pasar dimulai dengan melakukan segmentasi pasar atau pengelompokkan calon pelanggan dengan karakteristik seperti usia, jenis kelamin, tempat tingga, gaya hidup, hingga pendapatan. Setelah itu, kamu bisa menentukan produk atau layanan apa yang cocok bagi segmentasi pasar tersebut.

Dari pengelompokkan tersebut, kamu bisa mengetahui siapa target konsumen yang tepat untuk karakteristik bisnis milikmu. Selain itu, kamu bisa efektif dalam memasarkan produk atau layanan kepada calon pelanggan.

Manfaat Menentukan Target Pasar Bagi Perusahaan

Strategi pemasaran dapat berjalan efisien dan efektif dengan cara menentukan target pasar yang tepat. Di samping itu, jika kamu bisa mengidentifikasi target pasar, kamu bisa memahami tentang calon pelanggan yang akan membeli produk atau menggunakan layananmu.

Adapun manfaat lain dari menentukan target pasar adalah sebagai berikut.

Cara Menentukan Target Pasar

  1. Antisipasi Persaingan Bisnis

Tak bisa dipungkiri, persaingan dalam bisnis kerap terjadi. Nah, jika kamu mampu mengetahui cara menentukan target pasar yang tepat, kamu bisa mengantisipasi persaingan tersebut. Nantinya, kamu bisa menganalisa apa yang kompetitor tawarkan kepada konsumen. Lalu, kamu bisa menciptakan keunggulan dari produk atau layanan milikmu yang belum mampu pesaing lakukan.

  1. Tingkatkan Penjualan

Jika kamu bisa menentukan target pasar dengan benar, maka dapat memungkinkan kamu untuk menciptakan produk atau layanan lebih unggul dari kompetitor di pasaran. Nah, hal itulah yang bisa membuat penjualanmu semakin meningkat. Tak hanya itu, dengan menentukan target pasar yang baik, kamu juga bisa mengembangkan produk atau layanan yang kamu miliki lebih mudah. Sebab, kamu sudah memiliki data dari target konsumen.

Baca Juga 
Tips Bagi Anda yang Baru Mulai Berjualan Online

Baca Juga: Cara Meningkatkan Penjualan Online untuk Kesuksesan Bisnis

  1. Mampu Membuat Strategi Bisnis Lebih Optimal

Ketika kamu tahu siapa target pasar dari usahamu, maka kamu bisa mengoptimalkan penjualan, pemasaran, hingga mampu mengembangkan produk atau layanan. Tak sekadar mengoptimalkan produk saja, dengan data target konsumen yang kamu miliki bisa membuatmu melakukan perbaikan atau merumuskan strategi pemasaran yang mampu menyasar calon pelanggan dengan tepat.

  1. Memudahkan Kegiatan Promosi

Target pasar nyatanya mampu memudahkan perusahaan dalam kegiatan promosi atau pemasaran. Sebab, semakin kamu bisa menyesuaikan target pasar dengan baik, maka kamu akan bisa lebih mudah menarik perhatian calon pelanggan pada kegiatan promosi. Sehingga, potensi penjualan bisa semakin ditingkatkan. Target pasar juga bisa menentukan media promosi yang akan kamu gunakan, lho.

Cara Menentukan Target Pasar

  1. Proses Distribusi Barang Semakin Mudah!

Menentukan target pasar jangan dianggap remeh. Hal ini karena proses distribusi produk juga berkaitan dengan data dari target pasar yang kamu miliki. Jika kamu tahu siapa target pasarmu, kamu tidak perlu membuang waktu dan tenaga untuk mendistribusikan barang ke tempat-tempat yang kurang strategis atau kurang diminati.

Cara Menentukan Target Pasar

Strategi bisnis yang efisien dan efektif bisa terjadi jika perusahaan mengetahui cara menentukan target pasar yang tepat. Sebab, dengan menentukan target pasar yang benar mampu memudahkan perusahaan melakukan kegiatan promosi sesuai dengan segmentasi konsumen. 

Lalu, bagaimana cara menentukan target pasar online yang tepat?

  1. Lakukan Riset Pasar

Langkah pertama dari cara menentukan target pasar adalah melakukan riset pasar atau mencari tahu siapa yang ingin membeli produk atau menggunakan jasa yang kamu kelola. Jelas, hal ini bisa kamu lakukan berdasarkan segmentasi demografi, geografi, psikologi, hingga behavioral.

Baca Juga 
Manfaatkan Instagram Stories Sebagai Media Iklan Bisnis

Cara Menentukan Target Pasar

  1. Jangan Lupa Pelajari Kompetitor

Selain melakukan riset terhadap pasar atau target konsumen, cara menentukan target pasar selanjutnya adalah dengan mempelajari kompetitor. Dengan memahami pesaing, kamu bisa mengumpulkan data serta informasi apa yang bisa kamu kembangkan dari produk atau layanan yang kamu tawarkan. Lalu, dengan meriset pesaing, kamu juga bisa memutuskan apakah target pasarmu bisa kamu perluas, persempit, atau bahkan diubah.

  1. Pahami Keunggulan Barang atau Layananmu

Cara menentukan target pasar selanjutnya adalah dengan memahami keunggulan dari produk yang kamu jual. Melalui cara ini, kamu bisa membantu kamu dalam menentukan konsumen yang tertarik dengan produk yang kamu pasarkan. Selain itu, kamu juga bisa mengembangkan produk atau layanan milikmu sesuai dengan keinginan pasar yang belum dimiliki oleh pesaing.

  1. Pahami Kebutuhan dan Keinginan Pasar

Memahami kebutuhan dan keinginan pasar merupakan proses cara menentukan target pasar yang tepat. Mulanya, kamu bisa melakukan tes produk atau memberikan penawaran kepada calon pelanggan. Dari situ, kamu bisa meminta data pelanggan untuk mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan mereka. Nah, dari sini kamu bisa mengetahui apa saja yang mereka butuhkan dari produk atau layananmu.

  1. Perhatikan Segmentasi Pasar

Selanjutnya, cara menentukan target pasar adalah dengan memperhatikan segmentasi marketing dengan mengelompokkan setiap calon konsumen mulai dari demografi atau mengidentifikasi orang dari usia, jenis kelamin, hingga pendapatan. Lalu, mengelompokkan secara geografi atau berdasarkan lokasi, psikologi atau kepribadian pelanggan, dan terakhir dari behavior atau tingkah laku konsumen dalam membeli atau menggunakan produk.

Cara Menentukan Target Pasar

  1. Ciptakan Pelanggan Ideal

Setelah mendapatkan target pasar yang sesuai, selanjutnya kamu bisa mengembangkannya menjadi buyer pesona atau menciptakan pelanggan ideal. Tidak jauh berbeda dengan target pasar, buyer persona melihat calon pelanggan lebih spesifik. Untuk menciptakan pelanggan ideal, kamu bisa menentukan gaya hidup, usia, jenis kelamin, hingga pendidikan.  

  1. Mengevaluasi Respons Pasar

Cara menentukan target pasar yang terakhir adalah mengevaluasi respons pasar. Tujuannya, tentu untuk mempertahankan serta meningkatkan penjualan produk perusahaan. Jadi, pada tahap ini kamu bisa mengetahui apakah strategi yang kamu jalankan bekerja secara efektif atau tidak. Jika nantinya tidak efektif, kamu bisa mengubah strategi pemasaran lainnya. 

Baca Juga 
Tidak Perlu Takut, Ini yang dimaksud MLM dan Keuntungannya

Baca Juga: Ketahui Cara Jitu untuk Mendapatkan Database Pelanggan

Setelah kamu mengetahui bagaimana cara menentukan target pasar ini, kamu mulai siap untuk menjalankan bisnis. Agar semakin berkembang, kamu bisa menggunakan layanan Richbuyer dari SmartSeller yang akan membantu kamu menganalisis perilaku konsumen. Dengan begitu, kamu semakin mengenal para pelanggan setia. Tak hanya itu, aplikasi pengelola orderan toko online ini juga memiliki fitur manajemen order yang membantumu mengelola pesanan dari berbagai marketplace. Mengembangkan usaha bersama SmartSeller memang menjadi pilihan yang tepat, sebab banyak juga reseller terpercaya. Sudah siap? Klik di sini