Untuk memulai bisnis, bisa dengan mencari ide jualan di Shopee modal kecil sebagai langkah awal. Sebab, Shopee menjadi salah satu platform e-commerce yang kerap dikunjungi masyarakat untuk berbelanja. Lebih-lebih, di Shopee ini tidak hanya bisa menemukan barang dengan harga murah saja, namun pembeli juga dimanjakan dengan promo gratis ongkir atau potongan ongkir yang menggiurkan. Selain menguntungkan pembeli, Shopee juga memberikan keuntungan pada para penjual karena mereka dibebaskan untuk berjualan apa saja. Mulai dari fashion, makanan, sampai keuangan pun ada. 

Banyaknya jenis produk yang dapat dijual di Shopee kerap membuat penjual giat mencari ide jualan di Shopee modal kecil. Apalagi, memulai usaha di Shopee tidak sulit, bahkan jika kamu bisa mendapatkan keuntungan melimpah. Sebelum mulai berjualan, kamu bisa mencari ide jualan di Shopee modal kecil dengan melakukan riset melihat produk yang dengan tren di kalangan masyarakat. Nantinya, dengan begitu, kamu bisa mendapat banyak ide jualan di Shopee modal kecil, bahkan bisa saja tanpa modal.

Ide Jualan di Shopee Modal Kecil

Bagi kamu yang masih bingung memilih ide jualan di Shopee modal kecil, ada beberapa pilihan yang bisa membantu kamu menentukan ide jualan di Shopee modal kecil. Setelahnya, kamu bisa memilih menjadi dropshipper, reseller, atau berjualan produk sendiri.

Yuk, simak beberapa ide jualan di Shopee modal kecil berikut ini.

  1. Makanan Ringan

Makanan menjadi salah satu ide jualan di Shopee modal kecil yang diburu oleh masyarakat, terlebih makanan ringan. Kamu bisa mulai berjualan cemilan ringan, misalnya seperti keripik, cireng, basreng, hingga bakso ikan. Hal yang paling penting, kamu bisa menyesuaikan dengan modal usaha yang kamu punya. Jika kamu menjadi dropshipper, kamu bisa mencari seller yang memiliki produk berkualitas.

  1. Thrift Store

Bisnis thrift store saat ini menjadi usaha yang populer di kalangan anak muda. Biasanya, produk ini menjual pakaian bekas impor, tetapi dengan kualitas yang masih bagus. Untuk memulai bisnis thift store kamu bisa terlebih dahulu mencari distributor baju bekas.

Baca Juga 
20 Cara Meningkatkan Omset Penjualan Usaha yang Efektif

Baca Juga: Begini Tips Jadi Reseller Tanpa Modal, Yuk Mulai Usaha

  1. Alat Tulis

Salah satu ide jualan di Shopee modal kecil adalah alat tulis. Menjual alat tulis juga tidak repot lantaran produknya bisa didapat dengan mudah. Tak hanya itu, ide jualan di Shopee modal kecil ini diminati dan dicari oleh kalangan anak sekolah dan pekerja kantoran. Kamu juga tak perlu mengikuti tren untuk berjualan ini karena alat tulis selalu diburu dan dibutuhkan.

4. Alat Kesehatan

Memang Covid-19 sudah hampir usai seiring imbauan pemerintah yang telah memperbolehkan melepas masker di luar ruangan. Tetapi, alat kesehatan tetap menjadi ide jualan di Shopee modal kecil dan menguntungkan. Apalagi, selepas Covid-19, orang-orang telah terbiasa untuk peduli pada kesehatan dan terbiasa memiliki alat kesehatan sederhana di rumah, seperti thermometer, tensi, dan lainnya. 

Ide Jualan di Shopee Modal Kecil

  1. Produk Kecantikan

Produk kecantikan menjadi ide jualan yang paling laku keras. Sebab, tidak hanya wanita, pria pun bisa membelinya. Untuk ide satu ini, kamu bisa menjadi dropshipper terlebih dahulu.

  1. Produk Daur Ulang

Ide jualan di Shopee modal kecil lainnya adalah produk daur ulang. Tetapi, bisnis ini tentu saja membutuhkan kreativitas yang tinggi. Nantinya, kamu bisa mengkreasikan barang bekas menjadi lebih menarik yang memiliki nilai jual. Terlebih, untuk mencari bahan bakunya pun tidak sulit.

  1. Aksesori Handphone

Aksesori handphone menjadi salah satu yang paling banyak diburu oleh masyarakat, khususnya bagi mereka yang ingin memperlihatkan tampilan ponselnya lebih menarik. Nah, bagi kamu yang ingin mencari ide jualan, menjual aksesori handphone seperti gantungan ingga case, sangat menguntungkan.

  1. Buku

Menjual buku menjadi salah satu ide jualan di Shopee modal kecil, tapi sangat menguntungkan. Hal ini, biasanya banyak orang yang ingin membeli buku secara online, alih-alih secara langsung. Kamu bisa menjual beraneka buku, seperti fiksi, non-fiksi, hingga buku bekas. Untuk memulainya, kamu bisa mengajak kerja sama toko buku online lainnya, atau menjadi dropshipper.

Baca Juga 
Cari Tahu Deretan Film Inspiratif buat Ditonton Pebisnis

Ide Jualan di Shopee Modal Kecil

Cara Buka Toko di Shopee

Setelah mendapatkan ide jualan di Shopee modal kecil, kini saatnya kamu mencari tahu cara membuka toko di Shopee. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buat Akun 

Langkah pertama adalah membuat akun Shopee, yang perlu kamu lakukan adalah mengunduh aplikasi Shopee di Play Store maupun App Store. Kemudian pilih daftar, lalu ikuti langkah berikutnya sampai memverifikasi nomor telepon maupun e-mail. 

Tonton Juga: #SellerStory Uno Shop : Memanfaatkan era digital untuk mengembangkan bisnis.

  1. Isi Profil atau Informasi Toko 

Untuk langkah ini, kamu dapat melakukannya lewat aplikasi Shopee ataupun Shopee Seller Centre. Jangan khawatir, langkah-langkah pendaftaran melalui keduanya sangat mudah untuk diikuti. 

Setelah masuk pada aplikasi, pilih tab menu “saya”, kemudian klik toko saya. Selanjutnya, pilih asisten penjual dan akan masuk pada profil toko. Lalu, kamu bisa mengikuti langkah-langkah selanjutnya. Jika sudah melengkapi profil toko, jangan lupa untuk klik centang yang berada di atas pojok kanan pada bagian menu. 

Untuk rinciannya agar tidak bingung, sebagai berikut: 

Lewat aplikasi Shopee: 

  • Akses atau buka aplikasi Shopee yang telah terdaftar oleh akunmu 
  • Kemudian, klik menu “saya” dan lanjutkan pada menu toko saya. 
  • Setelah itu, kamu bisa memilih asisten penjualan, dilanjutkan profil toko, dan lengkapi informasi mengenai toko online milikmu
  • Terakhir, klik ikon centang pada kotak yang tersedia pada bagian menu, tepatnya pojok kanan atas.

Sementara, jika mengisi profil toko lewat Shopee Seller Centre, kamu bisa langsung memilih profil toko dan mengikuti instruksi selanjutnya. 

Ide Jualan di Shopee Modal Kecil

Melalui Shopee Seller Centre

  • Buka Shopee Seller Centre
  • Masuk pada profil toko, selanjutnya kamu bisa melengkapi nama toko online, deskripsi, dan gambar, selesai.
Baca Juga 
5 Ide Peluang Usaha di Bulan Ramadhan, Bisa Tambah Cuan!

Tips dalam melengkapi profil toko ini pilihlah nama toko yang mudah diingat oleh pelanggan, identik dengan produk, sehingga brand milikmu akan terasa khas. Perlu diingat, dalam membuat deskripsi pun sebaiknya gunakan bahasa yang mudah dipahami dan jangan terlalu panjang, juga menarik perhatian pelanggan. 

Baca Juga: Ini Cara Mempromosikan Produk agar Usaha Laris Manis

Agar ide jualan di Shopee modal kecil kamu tak sia-sia, lakukanlah riset pasar sebelum akhirnya kamu resmi menjual produk tersebut. Selain itu, kamu bisa membuat konten di media sosial ataupun Shopee Video dan fitur lainnya untuk menarik perhatian pelanggan, atau istilahnya adalah melakukan promosi dan pengenalan produk milikmu. 

  1. Mulai Berjualan

Berikut ini cara berjualan di Shopee untuk para pebisnis pemula: 

Ide Jualan di Shopee Modal Kecil

  • Buka tokomu lewat website Shopee Seller Centre atau bisa juga dengan pilih menu saya
  • Pilih menu tambah produk baru untuk memulai berjualan di Shopee 
  • Isi informasi penjualan. Langkah ini bisa dilakukan dengan mengisi deskripsi produk secara detail juga sesuai dengan kualitas produk. Tambahkan juga terkait jasa kirim yang kamu gunakan 
  • Setelah selesai, tahap akhirnya adalah pilih simpan & tampilkan agar produk milikmu dapat terpajang di toko 
  • Kini, kamu siap untuk memulai perjalanan bisnis online di Shopee. 

Itulah sederet ide jualan di Shopee modal kecil dan cara berjualan di Shopee. Langkah ini cocok untuk kamu yang baru terjun ke dunia bisnis online. Meski modal kecil, kamu bisa lho meminta bantuan layanan jasa seperti SmartSeller untuk membantu kelola toko online-mu, sebab platform satu ini sedang memberikan promo gratis coba semua fitur selama tiga bulan. Apalagi, SmartSeller juga memiliki reseller terpercaya! Mau coba? Cek di sini