Masih ada beberapa orang yang bingung dengan bagaimana cara cek resi TikTok Shop. TikTok Shop memang tergolong sebagai marketplace yang baru saja naik di Indonesia. TikTok Shop sudah banyak sekali diminati oleh pemilik usaha baik usaha kecil maupun usaha besar. Dengan semakin banyak pengguna yang bergabung dengan TikTok Shop, mungkin beberapa orang masih kebingungan tentang bagaimana cara cek resi TikTok Shop yang paling tepat.

Di artikel berikut ini akan dibahas tentang bagaimana cara cek resi TikTok Shop yang mudah lewat 2 cara yang bisa kamu ikuti. Jadi jika kamu adalah pengguna di TikTok Shop, kamu bisa menyimak artikel ini sampai selesai.

Cara Cek Resi TikTok Shop yang Bisa Kamu Ikuti

Cek Resi TikTok Shop

Terdapat 2 cara untuk cek resi TikTok Shop. kedua cara tersebut adalah lewat aplikasi TikTok itu sendiri dan lewat website resmi jasa pengiriman yang digunakan. Kedua cara tersebut sama-sama bisa digunakan untuk memeriksa resi, tapi memiliki cara yang berbeda. Kamu bisa pilih salah satu dari cara cek resi TikTok Shop tersebut agar lebih mudah.

  • Cara Cek Resi TikTok Shop Lewat Aplikasi

Cara pertama adalah cek resi TikTok Shop lewat aplikasi. Cara ini adalah yang paling mudah dilakukan karena kamu hanya memerlukan aplikasi TikTok di smartphone milikmu untuk memeriksanya. Selanjutnya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka aplikasi TikTok Shop di smartphone.
  • Masuk ke profil akun TikTok milikmu atau dengan ketuk gambar di pojok kanan bawah.
  • Setelah kamu berada di profil pribadimu, pilih menu 3 garis di pojok kanan atas.
  • Kamu akan disajikan beberapa pilihan yang ada. Selanjutnya tinggal pilih menu “Pesanan” yang tersedia.
  • Dalam menu tersebut, kamu akan menemukan beberapa kategori pesanan. Kamu hanya tinggal pilih menu “Semua” untuk melihat status transaksi yang kamu lakukan.
Baca Juga 
Contribution Margin adalah: Penjelasan Lengkap dan Mudah

Setelah pilih menu semua, kamu akan ditunjukkan data tentang pesanan yang kamu lakukan. Kamu juga bisa melihat nomor resi dan status pesanan tersebut. Jika barang sudah dikirimkan oleh penjual, kamu bisa mendapatkan live tracking yang muncul serta nomor resi dari pesanan tersebut. Selanjutnya kamu hanya perlu memantau status barang pesananmu lewat aplikasi hingga sampai ke alamatmu.

Baca Juga: Mengenal Apa itu Transit Paket, Proses dan Durasinya

  • Cara Cek Resi TikTok Shop Lewat Website

Cara kedua untuk cek resi TikTok Shop adalah lewat website dari jasa pengiriman tersebut. Setiap jasa pengiriman pasti memiliki fitur untuk melacak resi setiap barang yang mereka kirimkan. Saat ini juga sudah banyak website yang menyediakan fitur untuk memeriksa resi pengiriman dalam satu tempat. Kamu dapat memanfaatkan website tersebut atau lebih aman lagi adalah dengan memeriksa langsung lewat website resmi jasa pengiriman yang digunakan. Untuk cek resi TikTok Shop lewat website, kamu bisa mengikuti langkah berikut ini:

  • Tanyakan ke penjual di TikTok Shop apa jasa pengiriman yang digunakan. TikTok Shop memiliki beberapa jasa pengiriman yang bekerja sama dengan mereka seperti JNE, J&T, Ninja Express, Si Cepat, dan lainnya.
  • Setelah mengetahui jasa pengiriman yang digunakan, minta nomor resi yang sesuai untuk paket yang kamu kirimkan.
  • Buka halaman website resmi jasa pengiriman yang digunakan lalu periksa nomor resi tersebut.
  • Kamu bisa melihat status pengiriman paket yang kamu pesan lewat website resmi tersebut, selama kamu memeriksa apa jasa pengiriman yang digunakan dengan tepat.

Cara ini memang sedikit lebih rumit dibandingkan dengan cara pertama, tapi kamu tetap bisa melacak status pengiriman barang yang kamu pesan dengan cara ini juga. Selanjutnya kamu hanya tinggal menunggu hingga barang diantarkan ke tujuan.

Baca Juga 
20 Desain Packaging Unik dan Kreatif untuk Membangun Brand Online Shop Anda

Mengapa Harus TikTok Shop?

Cek Resi TikTok Shop

Setelah mengetahui bagaimana cara memeriksa resi dari TikTok Shop di atas, sekarang kamu bisa mencari tahu mengapa harus menggunakan TikTok Shop. terutama jika kamu adalah pemilik bisnis yang baru saja merintis usahamu. Berikut ini adalah alasan mengapa kamu harus berjualan di TikTok Shop sekarang juga:

  • Menambah Saluran Penjualan

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari memiliki saluran penjualan yang beragam. Selama pengelolaannya tepat, memiliki saluran penjualan yang bermacam-macam bisa menjangkau lebih banyak target pasar. Sebagai pemilik usaha, tidak ada salahnya memiliki beragam saluran penjualan yang ada karena kamu tidak akan pernah tahu darimana pelanggan akan menemukan produk atau layananmu.

Hanya saja kamu perlu memastikan bahwa setiap saluran penjualan yang kamu lakukan tetap bisa terorganisir dan bisa dikelola dengan baik. Mengelola penjualan dari banyak sumber pasti akan merepotkan, tapi dengan cara serta strategi yang tepat kamu bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan untuk usahamu.

  • Memperluas Jangkauan Target Pasar

TikTok memiliki demografi yang berbeda dengan marketplace lainnya. Ini karena TikTok didominasi oleh Gen Z dan milenial yang lebih fasih dengan teknologi. Dengan berjualan di TikTok Shop, kamu bisa menjangkau target pasar para Gen Z dan Milenial yang sebelumnya cukup susah dijangkau dengan marketplace dan media sosial lainnya.

TikTok memiliki beragam fitur yang membantu proses penjualan produk atau layanan menjadi lebih interaktif. Cara ini membuat calon pembeli lebih tahan lama di halaman TikTok usahamu dan bisa menarik perhatian pelanggan lebih banyak.

Baca Juga: 5 Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing

  • Strategi Pemasaran yang Unik

Cek Resi TikTok Shop

Tiktok dilengkapi dengan fitur-fitur menarik yang membuat proses berjualan menjadi lebih inovatif. Kamu bisa memanfaatkan fitur seperti live dan juga fitur lain seperti menyematkan produk di video dan sebagainya untuk memberikan pengalaman berbelanja yang menarik. TikTok juga bisa menjadi salah satu cara pemasaran yang unik bagi setiap usaha. Ini karena TikTok berbasis video pendek yang membuat pelanggan menonton video tersebut sampai habis.

Baca Juga 
Kenapa Piutang Usaha adalah Hal yang Perlu Diketahui?

TikTok juga memiliki algoritma yang bisa membantu video dengan kualitas bagus untuk lebih viral. Kamu bisa memanfaatkan hal tersebut untuk membuat video yang viral dan menambah jangkauan audiens untuk usahamu lewat video. Semakin tinggi audiens maka semakin banyak peminat produk dan layananmu.

  • Menambah Pendapatan dengan Banyak Cara

TikTok tidak hanya menyediakan satu cara untuk meningkatkan pendapatan usaha. Kamu dapat mencoba beberapa macam cara seperti afiliasi untuk menambah pendapatan usahamu. Fitur TikTok afiliasi membantu penjual bekerja sama dengan konten kreator untuk mempromosikan produknya. Selanjutnya kamu bisa mendapatkan pemasaran yang mudah lewat afiliasi tersebut. Konten kreator juga mendapatkan komisi yang bisa mereka hasilkan dari promosi produk.

Cek Resi TikTok Shop

Sejauh ini, TikTok adalah salah satu media sosial yang naik dengan pesat. Dengan 1 miliar pengguna, TikTok menjadi salah satu media sosial yang paling pesat berkembang. Memanfaatkan tingginya pengguna TikTok bisa menjadi strategi pemasaran dan penjualan yang pas. Jadi, tidak ada salahnya mencoba TikTok Shop sebagai salah satu saluran penjualan usahamu.

Pastikan setiap penjualan yang kamu lakukan tercatat dengan akurat. Untuk membantu proses pengelolaan ini, kamu bisa menggunakan SmartSeller, lho! SmartSeller memiliki fitur yang membantu pemilik usaha mengelola berbagai saluran penjualan dalam satu tempat. Saat ini sedang ada promo gratis 3 bulan untuk pengguna baru. Yuk, langsung cek SmartSeller sekarang!