Apa itu resi? Dalam dunia jual beli zaman sekarang ini, kamu pasti sudah sering mendengar mengenai resi pada proses pengiriman barang. Entah sebagai seller yang memasok barang dari supplier atau mengirim barang kepada pelanggan, resi diperlukan dalam setiap proses pengiriman.

Resi memang terbilang wajib ada dalam setiap pengiriman barang. Nyatanya, setiap pengiriman yang dilakukan pasti memerlukan resi. Hal ini karena fungsi resi yang penting dalam pelacakan barang yang dikirim. Ketika kita beli sesuatu, nomor resi dapat digunakan untuk melacak letak barang tersebut dan begitu pula dengan dari sisi pembeli yang membeli barang dari bisnis kita.

Lantas, bagaimana nomor resi ini didapatkan? Nomor resi ini pada umumnya diberikan secara otomatis oleh pihak layanan ekspedisi barang. Hal ini yang membuat pengiriman barang masa kini terbilang mudah dan punya tingkat keamanan yang lebih baik.

Akan tetapi, mungkin sebagian kecil dari pebisnis awam masih belum mengetahui apa itu resi dan cara membuatnya. Tenang saja, karena di bawah ini kami sudah merangkum penjelasan mengenai apa itu resi, fungsinya, dan cara untuk membuat resi pada platform e-Commerce pada umumnya. Yuk, baca sampai tuntas!

Apa itu Resi

Apa itu Resi?

Jadi, sebenarnya seperti apa itu resi? Resi adalah dokumen yang berisikan informasi mengenai detail barang pesanan yang sudah dikirim dari pihak penjual kepada pembeli. Secara singkat, resi merupakan bukti yang diberikan oleh penjual kepada pelanggannya yang berfungsi sebagai tanda terima pelanggan atas barang yang ia beli.

Dalam dunia perjual-belian online, terutama pada platform e-Commerce, resi mampu diperoleh secara otomatis dari sistem ketika pelanggan melakukan checkout barang dan sudah membayarnya. 

Bedanya dengan jual beli secara manual, yaitu ketika pihak penjual mengirimkan barang dengan mendatangi kantor layanan ekspedisi, adalah resi akan baru didapatkan oleh pihak penjual ketika proses pengiriman sudah dilakukan. Resi ini selanjutnya yang akan diinformasikan kepada pelanggan, umumnya nomor resi.

Baca Juga 
Tujuan Evaluasi Usaha dan Metode yang Bisa Digunakan

Tonton Juga: #SellerStory Bolalicious : Cara mengembangkan usaha Merchandise sepak bola.

Apa itu resi dan informasi yang ada di dalamnya? Selain nomor resi, ada beberapa informasi lain yang biasanya dibuat dalam resi. Berikut adalah beberapa informasi yang ada di dalam resi.

  1. Nama dan deskripsi barang yang dikirim
  2. Detail informasi pengirim atau penjual
  3. Detail informasi penerima atau pembeli
  4. Informasi jenis pengiriman dan layanan ekspedisi yang dipilih

Nah, di luar dunia transaksi dan pengiriman jual beli barang, resi juga sebenarnya memiliki pemakaian yang luas lho. Salah satunya pada transaksi pembelian saham, reksa dana, atau aset investasi lainnya. Pada intinya, resi berfungsi sebagai tanda terima atas transaksi yang sudah dilakukan antara dua pihak.

Mudah bukan untuk memahami apa itu resi? Selain memahami apa itu resi, kamu juga perlu mengetahui apa itu resi dan fungsinya dalam transaksi jual beli.

Baca Juga: Macam-Macam Jasa Pengiriman Barang yang Perlu Kamu Tahu

Apa itu Resi

Fungsi Resi dalam Jual Beli

Resi mempunyai beberapa kegunaan dalam jual beli lho. Berikut adalah beberapa fungsi dari resi yang perlu kamu ketahui.

Apa itu Resi

1. Sebagai Label Barang yang Dikirim

Sebagai yang mana kita tahu dari penjelasan apa itu resi, resi memiliki bentuk yang berupa dokumen yang dilekatkan pada bungkus barang yang dikirim. Nah, hal tersebut juga secara tidak langsung berfungsi sebagai label penanda atau identitas dari barang yang dikirim. 

Label inilah yang akan membedakan antara satu barang dengan barang lainnya. Dalam layanan ekspedisi, tentu ada banyak sekali paket yang harus dikirim oleh kurir. Dengan adanya resi, barang akan lebih mudah disortir sehingga meminimalisir kejadian salah kirim dan pesanan yang tidak sampai ke alamat pelanggan.

Baca Juga 
Jangan Bingung! Ini Cara Membuat Buku Besar yang Lengkap

2. Tanda Bukti Pengiriman Barang

Dari pemaparan mengenai apa itu resi di atas, dapat disimpulkan juga bahwa resi dapat berfungsi sebagai tanda bahwa barang telah diatur untuk pengiriman kepada alamat pelanggan. 

Dalam pembelian melalui platform e-Commerce atau marketplace, seorang pembeli akan menerima resi secara otomatis melalui sistem ketika ia sudah membayar barang yang dipesan. Resi akan menjadi bukti atas transaksi tersebut dan pihak penjual yang sedang menyiapkan proses pengiriman barang.

3. Digunakan dalam Pelacakan Posisi Pengiriman Barang

Kecanggihan teknologi dalam dunia pengiriman jual beli saat ini memudahkan pihak penjual dan pembeli untuk melacak posisi terkini barang yang dikirimkan oleh layanan ekspedisi. Pelacakan ini dapat dengan mudah dilakukan dengan memasukkan nomor resi yang tertera pada situs ekspedisi yang digunakan.

Yap, selain sebagai penanda, nomor resi juga berfungsi penting untuk mengetahui pergerakan barang yang kita kirim atau beli, apakah barang tersebut masih berada di gudang, transit, atau sudah mendekati alamat yang dituju. 

Selain memberikan kemudahan, adanya resi dan kegunaan pelacakan ini meningkatkan keamanan pada pengiriman barang. 

Apa itu Resi

4. Bentuk Transparansi Kepada Pelanggan

Dari sisi penjual, resi dapat juga berguna sebagai salah satu upaya untuk menunjukkan bahwa kita adalah penjual yang amanah dan transparan kepada pelanggan mengenai barang yang mereka beli. Fungsi ini sangat menguntungkan bagi setiap penjual, terutama pebisnis awam yang baru memulai bisnisnya. 

Resi yang diberikan kepada pelanggan adalah bentuk bahwa kita sudah mengirimkan barang yang mereka beli. Secara tidak langsung, memberikan resi kepada pelanggan bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan karena pelanggan bisa mengetahui informasi mengenai barang yang dikirimkan, posisi terkini, dan statusnya.

Baca Juga 
Tanpa Modal! Ini 5 Cara Menjadi Reseller

5. Salah Satu Persyaratan Dokumen untuk Mengajukan Komplain

Apa itu resi dan fungsinya selain sebagai bukti pengiriman barang? Resi dapat berguna sebagai dokumen ketika pelanggan ingin mengajukan komplain terkait barang tersebut, misalnya, ketidaksesuaian barang yang diterima, kerusakan barang, atau lainnya. Nomor resi diperlukan dalam hal ini agar pengajuan komplain dianggap valid.

Cara Membuat Resi Sendiri di Marketplace Bagi Penjual

Setelah mengetahui apa itu resi dan fungsinya, berikut adalah tutorial membuat resi sendiri pada platform e-Commerce atau marketplace pada umumnya. 

  1. Proses transaksi pesanan yang sudah dibayar oleh pelanggan.
  2. Buka menu pengiriman. Lalu, pilih menu resi untuk menemukan pilihan resi otomatis. Pada umumnya, kebanyakan situs marketplace akan memberikan kode ketika melakukan konfirmasi pembelian.
  3. Jika sudah, cetak resi tersebut. Pelanggan akan secara otomatis mendapatkan nomor resi pada aplikasi mereka. Setelah dicetak, tempelkan nomor resi pada paket.

Perlu dicatat bahwa langkah di atas mungkin akan berbeda pada setiap marketplace, ya. 

Baca Juga: Temukan Jasa Pengiriman Terdekat Hanya di SmartSeller

Nah, itulah sedikit pembahasan mengenai apa itu resi, fungsi dan cara membuatnya sendiri pada platform e-Commerce atau marketplace. Memahami apa itu resi tentu penting bagi pebisnis, apalagi buat kamu yang baru merintis usaha akhir-akhir ini.

Kalau kamu ingin lebih mudah dalam pengelolaan pengiriman barang, termasuk pembuatan resi, gunakan saja SmartSeller!  Dalam satu aplikasi saja, kamu bisa mengelola semua pengiriman marketplace yang kamu punya. Selain itu, SmartSeller juga punya berbagai Seller dengan varian barang berkualitas jika kamu tertarik jadi reseller-nya! Yuk, download aplikasi SmartSeller sekarang!