Kalau kamu sudah sering melakukan pengiriman paket, apakah kamu tahu apa itu transit paket dan arti dari status tersebut? Mungkin kebanyakan orang pernah mendengarnya, tapi belum tahu betul apa itu transit paket dan proses yang terjadi ketika paket berada dalam status tersebut. Kamu perlu mengetahui arti dari status pengiriman ini, terutama kalau kamu adalah seorang pebisnis. Mengapa?

Hal ini karena tentu saja proses transit sangat berpengaruh terhadap diterimanya paket oleh pelanggan secara tepat waktu atau tidak. Kalau proses transit paket memakan waktu yang lama, ada kemungkinan bahwa paket juga tidak akan diterima terlambat. Nah, kamu sebagai pemilik bisnis perlu tahu alasan terjadinya keterlambatan pada transit paket tersebut.

Tidak hanya itu, memahami apa itu transit paket secara menyeluruh pun harus kamu lakukan guna nantinya ketika ada muncul masalah dalam proses tersebut, kamu mempunyai langkah-langkah untuk menanggulanginya dan tahu untuk menjelaskannya kepada pelanggan.

Jadi, yuk, ketahui serba-serbi informasi tentang apa itu transit paket di dalam artikel ini!

 

Apa itu Transit Paket

 

Penjelasan Mengenai Apa itu Transit Paket

Dalam proses pengiriman paket, pihak ekspedisi tentu tidak hanya melakukan pengiriman ke satu area saja pada kota tujuan, melainkan mengirim barang ke beberapa area sekitarnya secara bersamaan. Pihak ekspedisi istilahnya akan mampir atau mendatangi beberapa fasilitas logistik pada area tersebut untuk menaruh atau mengambil paket yang akan dikirim.

Nah, perlu kamu ketahui juga, dalam satu proses pengiriman paket terdapat kemungkinan bahwa paket tersebut dikirimkan secara bersambung oleh beberapa kurir dengan moda transportasi yang berbeda-beda dari satu fasilitas logistik ke fasilitas logistik lain di kota yang berbeda, lalu ke lokasi tujuan akhir yaitu alamat rumah pelanggan.

Lalu, apa itu transit paket? Penjelasan dari pertanyaan apa itu transit paket adalah aktivitas pergerakan paket ketika sampai di suatu gudang atau fasilitas logistik dan menunggu pengiriman ke lokasi berikutnya, bisa jadi itu lokasi fasilitas logistik atau langsung ke lokasi alamat pelanggan. 

Baca Juga 
Contoh Aplikasi Gudang yang Digunakan dalam Berbisnis

Tonton Juga: #SellerStory Batik Bayong : Kisah Sukses Bisnis Hijab Fashion Designer

Paket tersebut akan singgah pada fasilitas logistik menunggu untuk jadwal pengiriman selanjutnya. Tergantung dari proses penanganan paket tersebut, paket dapat langsung dikirimkan ke pengiriman selanjutnya atau menunggu pada hari berikutnya.

Kalau ditelaah lebih lanjut lagi, apa itu transit paket dapat merujuk kepada proses berhentinya barang di suatu tempat logistik untuk menuju ke lokasi pengiriman selanjutnya. Hal tersebut didapat dari pengertian transit sendiri yang menurut KBBI adalah tempat singgah. Nah, sehingga dalam konteks pengiriman barang, transit paket merupakan suatu proses yang merujuk pada penjelasan di atas.

Apa itu Transit Paket

 

Proses yang Terjadi di Dalam Transit Paket

Setelah mengetahui pengertian sederhana dari apa itu transit paket, yuk pahami juga proses yang terjadi ketika paket berada dalam status transit!

Pada umumnya, terdapat enam langkah-langkah yang terjadi di dalam proses transit. Berikut adalah gambaran singkatnya.

  1. Agen pengiriman akan menyerahkan paket ke kantor cabang ekspedisi atau agen tersebut bisa melakukan layanan jemput paket atau pick up oleh kurir ekspedisi tersebut.
  2. Paket akan selanjutnya transit di fasilitas logistik pada area tersebut.
  3. Paket akan disortir sesuai dengan spesifikasi barang, jenis pengiriman, dan juga lokasi akhir, yang nantinya akan dikirim sesuai dengan jadwal.
  4. Paket kemudian dikirimkan keluar dari fasilitas logistik tersebut menuju ke tempat transit selanjutnya.
  5. Setelah sampai di tempat transit, paket akan disortir kembali berdasarkan lokasi pengiriman selanjutnya. Paket dapat menunggu kembali untuk dikirim atau bisa saja langsung dikirim. Hal ini akan bergantung pada lokasi pengiriman akhir.
  6. Kurir ekspedisi akan mengirimkan paket tersebut ke lokasi alamat pelanggan.

Baca Juga: Apa itu Logistik dan Hubungannya dengan Kelancaran Bisnis

Baca Juga 
Tips Mengembangkan Bisnis jadi Supplier Daster Tangan Pertama

Nah, sudah dapat bayangan kan mengenai apa itu transit paket? Mungkin kamu juga bertanya-tanya, mengapa perlu adanya transit paket?

Transit paket terjadi agar proses pengiriman ekspedisi menjadi lebih efektif, cepat, dan akurat. Hal tersebut juga agar pelanggan pun dapat menerima paket dengan aman dan selamat. Paket-paket yang diterima oleh ekspedisi perlu untuk didata dan disortir menurut tujuan akhir pengiriman. 

Melalui pendataan tersebut, pihak ekspedisi dapat memberikan informasi terkini tentang lokasi terkini paket kepada pemilik bisnis dan juga penerima barang tersebut. Melalui proses ini juga, proses pengiriman paket juga akan lebih aman karena pendataan yang dilakukan secara berulang, sehingga dapat meminimalisir terjadinya hilang barang.

Kalaupun ada kesalahan pengiriman, pemilik bisnis dan ekspedisi mampu melacak ulang lokasi pengiriman terakhir paket tersebut. Penanggulangan masalah seperti ini dapat dengan mudah dilakukan.

Jadi, penting bukan buat pemilik bisnis untuk memahami apa itu transit paket?

Baca Juga: Cara Membuat Resi Sendiri untuk Kamu Pebisnis Online

Apa itu Transit Paket

Durasi Proses Transit Paket

Pertanyaan lain yang mungkin kamu tanyakan selain apa itu transit paket adalah soal durasi atau berapa lama transit paket yang berlangsung.

Terlepas dari kebijakan masing-masing ekspedisi, biasanya berapa lama transit paket berlangsung kurang lebih selama 1 hari kerja. Dengan kata lain, paket akan berada dalam status singgah di fasilitas logistik untuk dilakukan pendataan, sortir, dan pengiriman keluar dilakukan selama durasi tersebut.

Akan tetapi, bisa saja sebuah pihak ekspedisi dapat memproses transit paket lebih dari 1 hari kerja. Hal ini umum terjadi kalau cabang ekspedisi tersebut sedang overload atau barang yang diterima melebihi kapasitasnya. Sehingga, waktu penanganan paket membutuhkan waktu yang lebih dari 1 hari. 

Baca Juga 
10 Marketing Tools untuk Promosi di Instagram

Selain itu, keterlambatan transit paket juga dapat terjadi apabila ada kejadian yang di luar dugaan atau di luar kontrol manusia, misalnya ada bencana alam, penutupan jalan, atau perubahan kebijakan mengenai pengiriman barang.

 

Apa itu Transit Paket

 

Status Transit Paket Berdasarkan Ekspedisi

Informasi lainnya selain apa itu transit paket yang perlu kamu ketahui adalah status transit paket pada masing-masing layanan ekspedisi. Pasalnya tiap ekspedisi punya nama yang berbeda-beda untuk menandai status transit paket. 

Berikut ini adalah beberapa daftar status transit paket berdasarkan ekspedisinya.

  1. JNE: On transit, berarti paket berada dalam transit di suatu kota/kecamatan
  2. J&T: Transit Center, berarti paket berada dalam pusat transit milik J&T pada area sesuai pengiriman
  3. SiCepat: On transit, berarti paket dalam proses transit untuk dikirimkan ke lokasi selanjutnya
  4. Ninja XPress: Sedang transit, berarti paket akan dikirimkan dari lokasi transit ke lokasi berikutnya
  5. AnterAja: Proses transit parcel dikirim dari [nama lokasi] asal, berarti paket dikirimkan ke lokasi kantor cabang AnterAja terdekat
  6. TIKI: Transit, paket berada dalam status transit di fasilitas logistik TIKI

Pada dasarnya, penamaan status transit paket pada setiap ekspedisi memiliki kesamaan. Jadi, kamu perlu perhatikan dengan seksama mengenai masing-masingnya ya!

Itulah penjelasan singkat mengenai apa itu transit paket, mulai dari pengertian, proses, durasi, dan nama status yang dimiliki masing-masing ekspedisi. Memahami apa itu transit paket akan membantu pemilik bisnis lebih tahu lokasi terkini paketnya sehingga dapat menanggulangi kalau sewaktu-waktu terjadinya salah kirim barang atau kehilangan barang.

Nah, kalau kamu ingin kirim barang jadi makin mudah, pakai aja aplikasi SmartSeller! Cukup dengan buka aplikasi SmartSeller, kamu bisa atur semua pengiriman paket kepada pelanggan melalui kurir pilihan sesuai dengan kebutuhanmu. Tertarik? Yuk, download aplikasi SmartSeller sekarang!