Dari sekian banyaknya orang yang memutuskan untuk membuka usahanya sendiri dan bidang usaha mainstream yang mereka geluti, ternyata masih ada beberapa peluang usaha yang belum banyak pesaing lho. Sudah tahu ada apa saja?

Persaingan dalam berbisnis memang tidak dapat dihindari oleh siapapun yang terlibat di dalamnya, bahkan termasuk kamu yang baru saja atau akan berkecimpung di dunia bisnis. Tapi, dari setiap permasalahan yang muncul, tentu saja ada jalan keluarnya. 

Yap, salah satu cara untuk menghindari persaingan yang ketat adalah dengan membuka usaha yang masih jarang ada. Peluang usaha yang belum banyak pesaing dapat kamu temukan dengan mudah kok kalau kamu perhatikan dengan baik-baik dan seksama di kehidupan sehari-hari. 

Tanda-tanda yang paling mudah untuk dikenali kalau bisnis tersebut tergolong peluang usaha yang belum banyak pesaing adalah bidang  usaha itu tergolong baru, produk yang jarang ditemui, atau harga produk yang terbilang mahal.

Tonton Juga: #SellerStory Bolalicious : Cara mengembangkan usaha Merchandise sepak bola. 

Selain itu, peluang usaha yang belum banyak pesaing juga biasanya memiliki niche market yang spesifik. Ini artinya, bisnis tersebut memfokuskan penjualan produk ke target pasar yang punya kriteria tidak umum. Nah, apakah kamu tertarik untuk mencoba peruntungan pada peluang usaha yang belum banyak pesaing?

Yuk, simak informasi beberapa contoh peluang usaha yang belum banyak pesaing yang sudah kami rangkum di dalam artikel ini!

 

Beberapa Ide Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing

Kalau kamu ingin punya bisnis yang minim persaingan, tidak ada salahnya untuk mencoba ide peluang usaha yang belum banyak pesaing berikut ini. Berikut adalah daftar contoh usaha yang jarang ada!

 

Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing

  • Supplier Perlengkapan Pengiriman Paket

Kirim-mengirim paket kepada pelanggan sudah jadi hal yang lumrah terjadi ketika pelanggan membeli barang dari penjual yang lokasinya jauh dari rumahnya. Apalagi sekarang dengan adanya perilaku jual-beli online melalui situs e-Commerce dan marketplace sekarang, pengiriman barang atau paket menjadi bagian dari sistem alur kerja sebuah bisnis.

Baca Juga 
Tips Supaya Bisnis Tetap Bertahan di Tengah Gempuran Virus Corona!

Baca Juga: 4 Manfaat Kelola Banyak Akun Marketplace di Satu Platform

Oleh karena itu, tidak heran kalau kamu dapat menemukan dengan mudah agen-agen kurir pengiriman di setiap penjuru daerah. Banyak orang yang melihat ini sebagai kesempatan emas untuk berbisnis, yaitu membuka usaha jadi agen pengiriman.

Nah, alih-alih mengikuti jejak pebisnis yang menjadi agen pengiriman, kamu bisa melihat peluang dari sudut pandang lain, yaitu dengan membuka usaha supplier perlengkapan pengiriman paket. 

Peluang usaha yang belum banyak pesaing ini dapat kamu lakukan dengan memasok kebutuhan pengiriman paket, seperti kardus, bubble wrap, plastik pelindung, dan sebagainya. Kamu bisa sediakan pilihan kardus berdasarkan ukurannya, mulai dari ukuran kecil, sedang, hingga besar.

Kalau ingin lebih tidak banyak pesaing lagi, kamu bisa menjual versi ramah lingkungannya, misalnya serabut kelapa sebagai pengganti bubble wrap, selotip kertas, plastik eco-friendly dan lain-lain. 

Dengan menjalankan peluang usaha yang belum banyak pesaing ini, kamu bisa menyediakan kebutuhan tersebut kepada pebisnis yang membutuhkan perlengkapan untuk mengirim barangnya kepada pelanggan. Menarik, bukan?

 

Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing

  • Perhiasan Bayi atau Anak-anak

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ciri-ciri dari peluang usaha yang belum banyak pesaing adalah niche market yang spesifik. 

Nah, menjual perhiasan yang aman untuk bayi atau anak-anak termasuk bisnis yang menarget target pasar yang spesifik, yaitu ibu-ibu muda atau ibu-ibu yang baru mempunyai anak dan punya ketertarikan dalam fashion.

Sama seperti halnya perhiasan orang dewasa, perhiasan bayi/anak-anak juga terdiri dari kalung, cincin, anting, hingga gelang. Tapi, yang membedakannya adalah bahan pembuatnya dan modelnya.

Selain perhiasan tersebut, kamu juga bisa menjual pernak-pernik khusus bayi dan anak-anak, misalnya seperti strap atau tali masker dan jam tangan.

Baca Juga 
Mau Dapat Engagement yang Tinggi di Setiap Platform Sosial Media? Lakukan Tips Berikut!

 

Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing

  • Perlengkapan Dapur Lainnya

Peluang usaha yang belum banyak pesaing yang selanjutnya adalah berjualan pernak-pernik perlengkapan dapur. Kebutuhan akan perlengkapan dapur pada dasarnya dirasakan oleh kalangan yang gemar atau sering berkecimpung pada area tersebut. Jumlah peminatnya pun tidak sedikit lho.

Akan tetapi, di situs e-Commerce ataupun marketplace belum banyak yang seller yang menjual pernak-pernik perlengkapan dapur lho. Kebanyakan seller di platform tersebut masih menjual produk dapur pada umumnya, seperti panci, wajan, atau yang lainnya. Padahal, ada kalangan masyarakat yang mencari barang-barang dapur lainnya agar memasak terasa lebih mudah. 

Contoh produk yang bisa kamu jual di bisnis ini sangat beragam. Sebagai contoh, perlengkapan atribut memasak, seperti apron, sepatu chef, dan sebagainya. Contoh produk lain terkait perlengkapan untuk urusan packaging makanan, seperti bungkus kertas, tempat makan kekinian, dan lain-lain.

Baca Juga: Tips Jualan Online Laris untuk Usaha di Bidang Makanan

  • Alat dan Perlengkapan Mandi Ramah Lingkungan

Saat ini, kesadaran masyarakat akan banyaknya sampah yang dihasilkan oleh manusia semakin bertambah. Meskipun tidak semua masyarakat peduli terhadap hal tersebut hingga tingkat kesadaran yang tinggi, tapi masih ada beberapa kalangan masyarakat yang sudah sadar akan pentingnya mengubah gaya hidup untuk menjaga lingkungan.

Perubahan gaya hidup yang menjadi zero waste atau komitmen untuk mengurangi produksi sampah dari aktivitas sehari-hari bisa kamu gunakan sebagai ide untuk berbisnis. Salah satunya dengan memproduksi alat dan perlengkapan mandi yang ramah lingkungan.

Contoh pengolahan Ide peluang usaha yang belum banyak pesaing ini dapat kamu kamu lakukan melalui penjualan sabun atau sampo yang menggunakan bahan-bahan alami yang dibungkus dengan packaging ramah lingkungan.

Baca Juga 
Jenis-jenis E-Commerce yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia!

Hingga saat ini, pebisnis dalam bidang penjualan alat dan perlengkapan mandi ramah lingkungan masih belum banyak. Jadi, kamu bisa mencobanya untuk menghindari persaingan pasar.

 

Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing

  • Perlengkapan Bekerja di Rumah

Tidak dapat dipungkiri kalau adanya pandemi COVID-19 melahirkan kebiasaan new normal di masyarakat. Meski kondisi saat ini perlahan demi perlahan pulih, tapi masih ada banyak industri yang tetap melanjutkan kebijakan bekerja dari rumah atau work from home sampai sekarang. 

Hal ini yang membuat mengapa berjualan perlengkapan home office atau peralatan kerja rumahan bisa jadi peluang usaha yang belum banyak pesaing yang bisa masih kamu lirik lho! Demand pasar akan perlengkapan dan peralatan bekerja di rumah juga terhitung banyak dicari oleh masyarakat Indonesia.

Beberapa contoh produk yang dapat kamu jual dalam peluang usaha yang belum banyak pesaing yang satu ini adalah, antara lain, meja kerja, dudukan laptop, kursi kerja,  mouse, bluetooth keyboard, colokan, headphone, dan sebagainya. 

Nah, sebenarnya dengan melihat dengan seksama dari kebiasaan masyarakat sekarang ini, kamu dapat mendapatkan ide-ide membuka usaha yang masih bisa dibilang jarang tapi dibutuhkan. 

Itulah lima contoh ide peluang usaha yang belum banyak pesaing! Apapun itu bidang bisnis yang akan kamu jalankan nantinya, kamu harus tetap mempersiapkan strategi pula untuk dapat bertahan hingga beberapa waktu ke depan. Selain itu, pastikan untuk memberikan layanan yang terbaik.kepada pelanggan ya!

Kamu bisa memberikan layanan yang baik dengan membuat situs web jualan agar pelanggan lebih mudah ketika ingin membeli produkmu. Tidak usah khawatir dan bingung bagaimana cara membuatnya, kamu bisa coba pakai aplikasi SmartSeller! Melalui fiturnya, kamu bisa dengan mudah dan cepat membuat website jualan lho. Yuk, download dan cobain SmartSeller sekarang!