Kamu baru mau mulai buka toko online di Tokopedia, tapi tidak tau caranya? Yuk, cari tau cara jualan di Tokopedia untuk pemula di bawah sini! Tokopedia adalah salah satu platform e-commerce terbesar di Indonesia yang menyediakan peluang bisnis bagi para penjual, terutama untuk pemula. Bagi kamu pemula yang ingin memulai usaha toko online, Tokopedia bisa menjadi tempat yang tepat untuk memulainya, lho.

Selain itu, tentunya Tokopedia menyediakan berbagai keuntungan yang berlipat ketika kamu membuka toko di Tokopedia. Emang apa aja, sih, yang bisa didapatkan kalau buka toko online di Tokopedia? Keuntungannya, yaitu bisa buka toko secara gratis tanpa dipungut biaya sedikitpun, jangkauan pembeli mencapai 98% se-Indonesia, layanan pengirimannya yang lengkap sehingga bisa mencakup sampai pelosok di Indonesia, serta dilengkapi dengan banyak fitur pilihan yang bisa bantu mengembangkan toko kamu.

Nah, buat kamu yang baru terjun dalam dunia jual-beli online dan ingin membuka toko di Tokopedia, di bawah ini ada cara jualan di Tokopedia untuk pemula yang perlu kamu ketahui agar kamu bisa memulai bisnis online dengan sukses!

1. Mendaftar dan Membuat Akun Tokopedia

Cara Jualan di Tokopedia untuk Pemula

Cara jualan di Tokopedia untuk pemula yang pertama adalah mendaftar dan membuat akun Tokopedia terlebih dahulu. Kamu bisa mendaftar akun dengan mengunjungi situs website Tokopedia atau melewati aplikasi Tokopedia dengan mengunduh di HP kamu. Setelah itu, ikuti cara pendaftaran yang disediakan untuk membuat akun. Kamu akan diminta untuk mengisi data pribadi, informasi bisnis, serta metode pembayaran dan pengiriman yang akan kamu gunakan.

2. Memilih Jenis Akun dan Verifikasi Akun

Tokopedia menawarkan dua jenis akun untuk penjual, yaitu akun Personal dan akun Bisnis. Akun Personal lebih cocok buat penjual dengan skala kecil atau individu yang baru memulai usaha, sedangkan akun Bisnis lebih cocok buat penjual dengan skala besar. Nah, buat kamu yang masih pemula, kamu bisa pilih jenis akun Personal.

Baca Juga 
Picking adalah Proses Penting dalam Manajemen Stok, Pahami Selengkapnya di Sini!

Setelah pilih jenis akun, kamu perlu melakukan verifikasi akun untuk meningkatkan kepercayaan pembeli. Tokopedia menyediakan beberapa opsi verifikasi, seperti verifikasi nomor telepon dan identitas. Ikuti panduan yang disediakan untuk menyelesaikan proses verifikasi.

Baca juga: Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia dengan Mudah

3. Membuat Halaman Toko yang Menarik

Cara Jualan di Tokopedia untuk Pemula

Setelah akun kamu aktif, cara jualan di Tokopedia untuk pemula berikutnya adalah membuat halaman toko semenarik mungkin agar pembeli tertarik untuk mengunjungi dan membeli produk dari toko kamu. Halaman toko kamu adalah tempat di mana kamu dapat memamerkan produk dan menarik minat pembeli potensial. Upload foto-foto produk kamu dengan berkualitas tinggi dan berikan deskripsi yang jelas dan menarik. Jangan lupa untuk menyertakan harga, stok, dan informasi pengiriman yang jelas. Kamu juga dapat memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan oleh Tokopedia, seperti fitur promosi atau diskon untuk menarik perhatian pembeli.

4. Mengelola Inventaris Produk

Sebagai penjual di Tokopedia, sangat penting untuk mengelola inventaris produk kamu dengan baik. Pastikan kamu memiliki stok yang cukup agar dapat memenuhi permintaan setiap pembeli. Kamu bisa menggunakan fitur inventaris untuk memantau stok produk kamu dan jangan lupa untuk selalu update stok produk secara teratur.

Selain itu, kamu juga dapat memanfaatkan fitur pre-order atau PO jika kamu ingin menjual produk yang belum tersedia dalam stok kamu. Fitur ini memungkinkan kamu menerima pesanan dari pembeli meskipun barang belum siap dikirim.

5. Menentukan Strategi Harga dan Promosi

Salah satu cara jualan di Tokopedia untuk pemula agar berhasil dan sukses adalah kamu perlu memiliki strategi harga yang kompetitif dan efektif. Kamu harus menyesuaikan harga pasar untuk produk yang kamu jual dan tetap up-to-date dengan tren harga terkini. Selain itu, kamu juga dapat memanfaatkan fitur promosi di Tokopedia untuk menarik minat pembeli. Sebisa mungkin untuk memberikan diskon menarik, tawaran gratis ongkos kirim, voucher cashback, atau adakan promo menarik lainnya untuk memikat pembeli.

Baca Juga 
Bagaimana Instagram Stories bisa Memaksimalkan Traffic?

Tonton juga: #SellerStory Zalona Store : Rahasia Sukses Bisnis Online Fashion Hijab

6. Menentukan Strategi Marketing dan Promosikan Toko

Dalam cara jualan di Tokopedia untuk pemula, kamu tidak cuma harus menentukan strategi harga, tetapi juga harus menentukan strategi marketing yang baik. Kamu bisa mempromosikan toko kamu di luar platform Tokopedia dengan cara memanfaatkan sosial media seperti Facebook, Instagram, atau Twitter untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan kesadaran pembeli terhadap toko kamu. Buat konten yang menarik dan relevan untuk menarik minat pembeli potensial. Kamu juga bisa menggunakan bekerja sama dengan influencer, blogger, ataupun YouTuber untuk memperluas jangkauan promosi kamu.

7. Menggunakan Fitur TopAds

Tidak cuma menggunakan sosial media, untuk meningkatkan cara jualan di Tokopedia untuk pemula kamu juga bisa menggunakan fitur TopAds yang disediakan oleh Tokopedia, lho. TopAds adalah fitur dari Tokopedia untuk mengiklankan toko kamu. Keuntungan dari fitur TopAds ini, yaitu kamu bisa muncul di peringkat teratas atau direkomendasikan oleh Tokopedia ketika pembeli mencari produk di kolom search.

Tentunya, kamu harus membayar agar bisa menggunakan fitur TopAds ini. Tenang aja, kamu hanya perlu membayar TopAds setiap kali ada pembeli yang klik iklan produk kamu atau yang sering dikenal dengan istilah Cost Per Click (CPC). Biaya yang ditawarkan oleh Tokopedia juga sangat bervariasi, mulai dari Rp250-350. Kamu juga bisa memasang budget maksimal untuk beriklan di Tokopedia juga, lho!

8. Bergabung ke Power Merchant

Cara jualan di Tokopedia untuk pemula selanjutnya, yaitu bergabung ke fitur Power Merchant Tokopedia. Yap, Tokopedia menyediakan fitur Power Merchant dan Power Merchant Pro yang bisa meningkatkan toko kamu. Dengan bergabung jadi Power Merchant, kamu berkesempatan untuk meningkatkan penghasilan hingga 2,2 kali lipat, pesanan naik hingga 2,3 kali lipat, serta daya tarik toko naik hingga 2,5 kali lipat. Tidak cuma itu, Power Merchant juga memberikan badge ke toko kamu yang menandakan kalau toko kamu aman terpercaya.

Baca Juga 
Pilihan Model Baju Koko Pria Terbaru, dari Gaya Kurta sampai Kasual

Baca juga: Ini dia Cara Dropshipper Tokopedia bagi Para Pemula!

9. Menjaga Kualitas Pelayanan

Memberikan pelayanan yang baik kepada pembeli juga menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam cara jualan di Tokopedia untuk pemula. Pastikan kamu memberi respon pertanyaan dan keluhan pembeli dengan cepat dan ramah. Sebisa mungkin untuk memberikan informasi yang jelas dan akurat tentang produk dan proses transaksi. Jaga kualitas produk yang kamu jual dan kemas dengan baik sebelum dikirim ke pembeli. Dengan memberikan pelayanan yang baik, kamu dapat membangun reputasi yang positif dan mendapatkan ulasan positif dari pembeli.

10. Pantau dan Evaluasi Kinerja

Cara Jualan di Tokopedia untuk Pemula

Pantau dan evaluasi kinerja toko kamu secara teratur. Tinjau laporan penjualan dan ulasan pembeli untuk mendapatkan feedback tentang aspek apa saja yang perlu diperbaiki. Tidak lupa untuk selalu memperbarui strategi dan taktik marketing kamu agar bisa lebih menarik perhatian pembeli.

Nah, itu dia cara jualan di Tokopedia untuk pemula yang bisa kamu ikuti. Dalam cara jualan di Tokopedia untuk pemula, konsistensi dan kesabaran merupakan kunci utama. Kamu perlu membangun hubungan baik dengan pembeli kamu dan terus tingkatkan kualitas produk serta pelayanan kamu agar memberikan pandangan positif. Dengan tekun dan berkomitmen, pastinya kamu bisa meraih kesuksesan dalam menjual di Tokopedia kok!

Agar lebih memudahkan kamu dalam cara jualan di Tokopedia untuk pemula, kamu bisa banget lho pakai fitur Order Management dari SmartSeller yang bisa mengatur transaksi di banyak channel jualan secara sekaligus. Tidak cuma itu, SmartSeller juga ada fitur Inventory Management yang memudahkan kamu untuk pantau stok produk dari mana aja. menarik banget, kan? Yuk, pakai SmartSeller sekarang juga!