Tokopedia merupakan salah satu marketplace yang digemari oleh masyarakat Indonesia saat ini. Jadi, untuk kamu yang ingin mencoba merintis bisnis dengan mendirikan online shop, Tokopedia adalah salah satu marketplace yang patut kamu coba untuk mengawali berjualan. Namun, kamu harus tahu terlebih dahulu cara buka toko di Tokopedia. 

Dengan mengetahui cara buka toko di Tokopedia, kamu akan bisa menjalankan online shop dengan mudah. Tokopedia dapat membantu online shopmu agar bisa menjangkau calon pelanggan dengan lebih luas. Tokopedia juga merupakan salah satu marketplace yang trusted, sehingga banyak orang yang senang belanja di sana. Jadi, para pebisnis online shop wajib tahu cara buka toko di Tokopedia.

Lalu, bagaimana cara buka toko di Tokopedia agar bisnis online shop bisa lebih mudah dijangkau oleh banyak pelanggan? Nah, kamu sudah ada di laman yang tepat! Yuk, baca sampai habis agar kamu tahu cara buka toko di Tokopedia dan bisa membukanya sendiri untuk bisnismu.

Cara Buka Toko di Tokopedia

Keuntungan Tahu Cara Buka Toko di Tokopedia

Ketika kamu membuka toko di marketplace, kesempatan untuk online shopmu berkembang jadi lebih besar akan terbuka lebar. Apalagi dengan membuka toko di Tokopedia yang merupakan salah satu marketplace dengan pengguna terbanyak di Indonesia. Berikut ini beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan jika mengetahui cara buka toko di Tokopedia dan merealisasikannya. 

1. Buka Toko Online Tanpa Biaya

Keuntungan tahu cara buka toko di Tokopedia yang pertama yaitu kamu akan mengetahui jika buka toko di Tokopedia itu gratis. Hal ini tentunya akan berbeda jika kamu mendirikan toko offline yang pastinya akan memakan biaya yang tidak murah. Oleh karena itu, buka toko di Tokopedia adalah hal yang patut kamu coba, terlebih lagi jika kamu adalah pemula dalam bisnis.

Cara Buka Toko di Tokopedia

2. Dapat Menjangkau Pelanggan di Seluruh Wilayah

Keuntungan tahu cara buka toko di Tokopedia yang kedua yaitu kamu akan paham jika membuka toko di Tokopedia dapat menjangkau pelanggan di berbagai lokasi di seluruh Indonesia. Dengan begitu, potensi laris produk yang kamu jual nantinya akan semakin besar untuk dibeli pelanggan.

Baca Juga 
Ciri-Ciri Sistem Ekonomi Pasar yang Perlu Kamu Tahu

Cara Buka Toko di Tokopedia

3. Terdapat Opsi Layanan Pengiriman

Keuntungan tahu cara buka toko di Tokopedia selanjutnya yaitu kamu akan mengetahui bahwa terdapat banyak variasi layanan pengiriman jika kamu membuka toko di Tokopedia. Tokopedia sudah bekerjasama dengan berbagai jasa pengiriman yang ada di Indonesia, sehingga kamu sebagai penjual dapat memberikan opsi jasa pengiriman apa saja yang dapat pelanggan gunakan. Hal ini tentunya akan memudahkan calon pelanggan juga, sehingga potensi repeat order akan semakin besar.

Baca juga : Strategi Digital Marketing untuk Bisnis Cafe Kekinian

4. Adanya Fitur Terupdate

Keuntungan tahu cara buka toko di Tokopedia selanjutnya yaitu kamu akan mengerti bahwa terdapat banyak fitur canggih saat ini yang dapat membantumu berjualan di marketplace. Dengan fitur canggih ini, kamu dapat memaksimalkannya agar online shop yang kamu dirikan di Tokopedia bisa berjalan dengan lebih optimal. Tokopedia juga siap untuk membantu para penjual dalam mengembangkan bisnis agar semakin besar kedepannya.

Cara Buka Toko di Tokopedia

5. Menawarkan Biaya Admin yang Murah

Keuntungan tahu cara buka toko di Tokopedia yang terakhir yaitu kamu akan mengetahui jika biaya admin yang ditawarkan di Tokopedia terjangkau. Setiap kamu melakukan transaksi jual beli, kamu tidak akan ditarik biaya admin yang mahal. Oleh karena itu, kamu akan tetap mendapatkan keuntungan yang lumayan dari hasil penjualan.

Ini Cara Buka Toko di Tokopedia

Setelah paham tentang keuntungan mengetahui cara buka toko di Tokopedia, kamu pasti sudah tidak sabar ingin segera merealisasikan bisnis online shopmu. Eits, tunggu dulu! Kamu harus tahu terlebih dahulu bagaimana cara buka toko di Tokopedia. Setelah itu, baru kamu bisa mengoperasikannya  secara langsung.

Hal yang perlu diingat, membuka toko di Tokopedia tidak memerlukan keahlian khusus! Siapapun, yang sekiranya siap untuk berbisnis, dapat membuka toko di Tokopedia. Berikut ini beberapa cara yang perlu kamu ikuti.

Baca Juga 
Contoh Aplikasi Gudang yang Digunakan dalam Berbisnis

1. Unduh Aplikasi Tokopedia Terlebih Dulu

Hal yang harus kamu lakukan pertama kali sebelum membuka toko di Tokopedia yaitu install aplikasi Tokopedia. Kamu bisa menginstalnya melalui Play Store maupun Apps Store. Namun, jika kamu malas untuk mendaftar toko lewat smartphone, kamu juga bisa mendaftar melalui browser, lho! Cukup masuk ke www.tokopedia.com dan klik tulisan daftar di pojok kanan atas. Setelah itu, kamu bisa mendaftar lewat akun Google atau nomor telepon.

Tonton juga : Cerita SmartSeller Bersama ALLBABYNEEDS #JadiSellerPintar

2. Buat Account

Sama seperti jika kamu membuat akun social media untuk pertama kalinya, kamu diharuskan untuk buat akun terlebih dahulu. Nah, di semua marketplace terutama di Tokopedia juga begitu. Caranya yaitu kamu bisa mendaftarkan nomor telepon atau email terlebih dahulu. Setelah itu, kamu akan menerima verifikasi untuk memastikan jika benar kamu yang membuat permohonan untuk membuat akun Tokopedia.

3. Tuliskan Username dan Password 

Setelah mendaftarkan email atau nomor telepon serta proses verifikasinya, kamu akan diarahkan untuk menentukan username dan password untuk akun Tokopedia mu. Kamu bisa mengisi pilihan yang ada di situ, seperti nama lengkap sesuai dengan KTP. setelah itu, kamu bisa memilih opsi lanjut agar akun selesai untuk didaftarkan. 

4. Akun Tokopedia Sudah Bisa Digunakan!

Setelah selesai melalui proses di nomor 1-3, secara otomatis kamu sudah bisa menggunakan akun Tokopedia untuk membuka online shop. Yang perlu diingat, akun sudah bisa digunakan bukan berarti proses berhenti di situ saja. Masih banyak step yang harus kamu lakukan agar bisa menjual produk.

5. Pilih Opsi Buka Toko Gratis

Untuk membuka online shop-mu, kamu bisa menuju ke menu utama. Setelah itu, pilih tulisan buka toko gratis. Lalu, kamu akan diarahkan ke menu tulis nama toko. Nah, kamu bisa menuliskan nama tokomu sesuai dengan rencana yang telah kamu tentukan sebelumnya. 

Baca Juga 
Evaluasi Usaha adalah Apa di Bisnis? Ini Penjelasannya

Baca juga : Ini Tips Menentukan Nama Toko yang Bagus untuk Bisnis

6. Isi Semua Informasi Tentang Toko

Setelah selesai menuliskan nama toko, lengkapilah informasi toko lainnya agar online shop di Tokopedia bisa segera terbuka. Informasi tersebut meliputi domain toko (link online shop Tokopedia) dan alamat fisik toko yang berinformasikan alamat rumah, RT/RW, kelurahan, kecamatan, kota, provinsi, dan kode pos. 

Setelah semuanya selesai, kamu bisa klik opsi simpan. Nah, online shop Tokopedia mu berhasil berdiri! Namun, kamu masih harus tetap melengkapi online shopmu dengan upload foto produk, harga, menuliskan deskripsi produk, dan mengatur promo-promo lainnya.

Nah, itu tadi cara buka toko di Tokopedia yang dapat kamu ikuti. Mudah bukan? Untuk kamu yang merupakan pemula, kamu bisa memulai dari bawah dulu. Jika sudah menemukan pola yang tepat dalam menjalankan online shop, nantinya kamu akan mulai terbiasa dan secara otomatis akan mengembangkannnya pelan-pelan.

Ketika kamu telah berhasil membuka toko di Tokopedia, jangan lupa untuk mengelola toko dengan baik agar bisnis bisa berjalan lancar kedepannya. Salah satu cara agar dapat mengelola toko online dengan baik yaitu dengan menggunakan SmartSeller.

Jika kamu berlangganan SmartSeller untuk membantu pengelolaan toko online, kamu akan mendapatkan promo gratis 3 bulan khusus untuk kamu yang langsung berlangganan satu tahun. Eits, jangan khawatir! Terdapat paket berlangganan yang dapat kamu sesuaikan dengan budgetmu. Yuk, coba berlangganan SmartSeller sekarang juga!