Strategi digital marketing adalah strategi yang paling banyak dicari oleh para pemilik usaha. Digital marketing semakin marak dipilih menjadi salah satu saluran pemasaran yang paling pas untuk target pasar di era saat ini. Dengan tingginya masyarakat yang semakin mengenal internet, peluang mendapatkan penjualan lebih tinggi dengan digital marketing menjadi salah satu poin prioritas setiap usaha. 

Apapun jenis usahanya, digital marketing bisa menjadi salah satu peluang pemasaran yang sukses. Tidak terkecuali untuk bisnis offline seperti cafe. Usaha cafe juga memerlukan digital marketing yang pas agar usaha tetap berjalan dengan lancar. 

Artikel berikut ini akan membahas seputar strategi digital marketing yang paling pas untuk digunakan bisnis cafe kekinian. Jika kamu memiliki usaha cafe, kamu bisa menyimak artikel berikut ini untuk menemukan inspirasi strategi yang menarik untuk usahamu.

Baca Juga: Tips dan Cara Meningkatkan Penjualan Online Produk Bayi

Strategi Digital Marketing untuk Bisnis Cafe

Strategi Digital Marketing

Beberapa orang berpikir bahwa digital marketing hanya cocok untuk jenis usaha online. Padahal hal tersebut belum tentu benar. Digital marketing juga diperlukan oleh jenis usaha offline seperti cafe kekinian. Memanfaatkan saluran digital untuk pemasaran tidak terbatas di satu jenis usaha saja. Semua jenis usaha tetap bisa memanfaatkan digital marketing.

Bisnis cafe semakin berkembang saat ini seiring dengan berkembangnya bisnis food and beverages yang semakin pesat. Bisnis cafe tersebut juga memanfaatkan digital marketing untuk memasarkan usaha mereka secara online. Berikut ini adalah beberapa strategi digital marketing yang cocok untuk bisnis cafe kekinian:

1. Website yang Responsif

Membuat website adalah salah satu strategi digital marketing yang paling banyak dipilih. Selain karena ini adalah langkah paling dasar, membuat website juga akan memudahkan pelanggan untuk melihat informasi yang dibutuhkan seperti menu, lokasi, dan juga harga. Dengan memiliki website, akan lebih mudah memasang iklan di internet untuk usahamu. Pastikan website untuk usaha cafe kekinian yang kamu miliki cukup responsif dan menarik. Website yang responsif akan membuat pengunjung lebih lama tinggal dan tertarik untuk mencoba cafemu karena lebih menarik perhatian. 

Baca Juga 
Macam-macam Peluang Usaha Makanan yang Cukup Potensial!

2. Manfaatkan Google Bisnis

Google bisnis bisa menjadi strategi digital marketing yang tepat jika kamu menggunakannya dengan cara yang tepat pula. Kamu bisa membuka Google bisnis untuk usaha cafe kekinianmu agar pengunjung cafe bisa menemukan lokasi cafe. Selain itu, pengunjung bisa memberikan ulasan untuk cafe kekinianmu. Ulasan yang baik akan membuat lebih banyak pengunjung lain ingin mencoba untuk mengunjungi cafe milikmu. Google bisnis juga akan merekomendasikan lokasi cafe milikmu ke orang terdekat. Bahkan jika rating dari cafe milikmu cukup tinggi, kamu bisa berada di halaman pertama pencarian yang akan sangat menguntungkan bagi usahamu. 

3. Promosi Media Sosial 

Strategi Digital Marketing

Promosi media sosial adalah strategi digital marketing yang perlu kamu coba selanjutnya. Melalui media sosial, kamu bisa menjangkau calon pengunjung yang belum terjangkau sebelumnya. Terlebih, sekarang ini hampir setiap orang memiliki social media. Pastinya ini memberikan peluang yang lebih besar untuk menjangkau target pasar yang lebih besar. 

Saat memanfaatkan media sosial, kamu juga bisa memanfaatkan fitur iklan dari media sosial tersebut. Setiap media sosial yang menyediakan fitur bisnis memiliki layanan pemasangan iklan yang bisa diakses oleh setiap bisnis. Kamu bisa membuat targeted ads yang sesuai dengan lokasi cafe milikmu. 

Hal lain yang juga perlu kamu perhatikan adalah menyesuaikan dengan jenis media sosial yang kamu gunakan. Misalnya jika kamu menggunakan Instagram, kamu perlu menyiapkan jenis postingan gambar atau video yang menarik dan estetik agar bisa dinikmati oleh pengikutmu. Sedangkan jika kamu memilih media sosial TikTok, kamu perlu menyiapkan video pendek sebagai postingan. Setiap media sosial memiliki karakter yang berbeda-beda sehingga kamu perlu memastikan bahwa kamu mengikuti karakter masing-masing. 

Baca Juga 
Praktis, Ini Cara Membuat Invoice Penjualan Pakai Excel

4. Promosi Secara Lokal

Mempromosikan cafe kekinian milikmu secara lokal juga bisa menjadi strategi tepat. Kamu bisa bergabung dengan forum lokal atau komunitas lokal sebagai bentuk promosi untuk cafe kekinianmu. Melakukan promosi secara lokal juga bisa menarik pengunjung lebih mudah karena dari segi lokasi, pengunjung lebih mudah mendapatkan akses untuk mengunjungi lokasi cafe.

Cara ini bisa kamu lakukan dengan melakukan promosi lewat Facebook yang lebih tertarget secara lokasi atau melakukan promosi lewat WhatsApp yang juga bisa lebih mudah dijangkau oleh komunitas-komunitas di area cafe milikmu.

Tonton Dulu: #SellerStory Wallts yang Jualan Dompet di Era Pandemi

5. Media Sosial Interaktif

Strategi Digital Marketing

Kamu juga harus memanfaatkan media sosial usahamu sebagai salah satu strategi digital marketing yang bisa digunakan. Tidak hanya sekedar memiliki media sosial saja, pastikan laman media sosial usahamu cukup interaktif dengan para pengikut akunmu. 

Interaksi dengan para pengikut media sosial akan membantu meningkatkan citra usahamu. Citra usaha secara tidak langsung juga akan membantu meningkatkan penjualan usahamu. Pengunjung cafe akan lebih suka dengan cafe yang interaktif dan mudah berkomunikasi dengan para pengunjungnya. Ini memberikan kesan bahwa cafe tersebut hangat dan ramah kepada semua kalangan. 

6. Email Marketing 

Memanfaatkan email marketing sebagai salah satu strategi digital marketing juga merupakan cara yang bisa kamu ikuti. Mengirimkan email pemasaran kepada pelanggan tidak akan menyulitkan selama tidak bersifat spam dan terlalu sering dilakukan. Sebagian besar pelanggan akan merasa risih jika email marketing dilakukan dengan sangat sering. 

Ada baiknya kamu membatasi frekuensi pengiriman email marketing agar pelanggan tidak merasa risih dengan informasi yang mereka dapatkan. Kirimkan email yang sesuai dengan kebutuhan mereka agar tidak terkesan spamming. Cara ini juga lebih efektif dilakukan di saat tertentu saja. Misalnya di hari promosi spesial seperti ulang tahun atau peringatan hari kemerdekaan.

Baca Juga 
Pentingnya Mengetahui Cara Mengukur Kepuasan Pelanggan

7. Memanfaatkan Video dengan Maksimal

Strategi Digital Marketing

Ada berbagai cara untuk mempromosikan usaha. Saat ini yang sedang marak dilakukan adalah video marketing sebagai salah satu strategi digital marketing untuk cafe. Kamu bisa membuat video keseharian, video pembuatan minuman, bahkan video penutupan cafe sebagai ide konten untuk media sosial milikmu. Selanjutnya kamu hanya tinggal mengunggah video tersebut di saluran seperti Youtube maupun media sosial lain yang cocok. Cara ini bisa meningkatkan brand awareness kepada para penonton. Semakin banyak yang mengetahui cafe milikmu, maka semakin banyak pula calon pengunjung yang tertarik untuk mencoba cafemu.

Strategi-strategi di atas hampir mirip dengan bentuk strategi untuk pemasaran digital jenis usaha yang lain. Hanya saja, saat menjalankan kafe strategi digital marketing memiliki implementasi yang sedikit berbeda. Kamu perlu menyesuaikan bentuk pengaplikasian strategi tersebut dengan skala usahamu dan juga jenis usahamu. Jadi, pemasaran secara digital akan jauh lebih sukses dan efektif saat dilakukan.

Dengan beralih ke strategi digital, kamu juga harus menyiapkan operasional usaha yang efektif juga. Misalnya saja dengan menggunakan SmartSeller yang akan membantu memudahkan proses operasional usahamu. Salah satu fitur yang akan sangat membantu adalah fitur Storefront yang akan memudahkanmu membuat halaman khusus untuk cafe milikmu. Langkahnya mudah dan dapat dikelola dalam satu aplikasi tanpa harus berpindah ke aplikasi lainnya. Kamu juga bisa mencoba SmartSeller dan beragam fitur lainnya sekarang juga!