Apa itu segmentasi pasar? Buat kamu yang baru akan memulai bisnis mungkin pengertian apa itu segmentasi pasar masih terdengar asing di telingamu, dan bahkan kata-kata ini masih kadang dilupakan oleh kebanyakan pemilik bisnis yang sudah menjalankan bisnisnya setelah sekian tahun.

Bagi yang ingin membangun bisnis, maka kamu perlu memahami apa itu segmentasi pasar terlebih dahulu. Istilah ini merupakan suatu hal penting dalam dunia bisnis yang memiliki pengaruh besar dalam penjualan produk dan penerapan strategi pemasaran suatu bisnis. Jadi bila ditanya apa itu segmentasi pasar, bisa dikatakan merupakan salah satu faktor yang dapat menjadikan suatu bisnis berhasil.

Agar kamu dapat menyusun strategi untuk bisnismu, kamu harus tahu dulu maksud dari apa itu segmentasi pasar selengkapnya. Dalam pembahasan di bawah ini, kamu akan menemukan jawaban dari apa itu segmentasi pasar. Simak terus, ya!

 Ketahui Arti Apa Itu Segmentasi Pasar

Kita masuk dalam pembahasan pertama untuk menjawab pertanyaan dasar, apa itu segmentasi pasar? Jadi, pengertian apa itu segmentasi pasar adalah strategi pemetaan target konsumen berdasarkan karakteristik, kebutuhan, minat, prioritas, perilaku, atau lainnya agar suatu bisnis dapat mengenali kelompok konsumen tersebut dengan lebih baik.

Atau secara singkatnya, apa itu segmentasi pasar dapat diartikan sebagai strategi marketing bisnis yang mengacu pada pembagian target pasar ke kelompok atau segmen yang lebih kecil.

Dengan segmentasi pasar, kamu jadi bisa lebih memahami kelompok konsumen, seperti apa yang tepat dan dapat kamu targetkan untuk bisnismu. Segmentasi pasar juga akan membantu dalam menjawab kebutuhan konsumen, pengelolaan produk, dan meminimalisir kesalahan produksi. Dengan begitu, kosumen akan lebih puas dengan produk serta layanan yang kamu tawarkan dalam bisnismu.

Bukan hanya untuk kebutuhan produksi, seperti yang sudah disebut pada pengertian apa itu segmentasi pasar secara singkat di atas, segmentasi pasar juga erat hubungannya dengan pelaksanaan strategi marketing dan sales. Segmentasi pasar dapat membantu kamu dalam menentukan strategi marketing yang tepat agar dapat menjangkau konsumen yang ditargetkan. Dengan begitu, bisnis yang kamu miliki diharapkan dapat memberikan hasil secara optimal dan memiliki efektifitas pemasaran yang tinggi.

Baca Juga 
Manfaatkan Instagram Stories Sebagai Media Iklan Bisnis

 Tujuan dari Segmentasi Pasar

Setelah mengetahui pengertian dari apa itu segmentasi pasar, kita masuk dalam pembahasan selanjutnya yang juga perlu kamu pahami, yaitu tujuan dari segmentasi pasar itu sendiri. Beberapa tujuan dari apa itu segmentasi pasar adalah sebagai berikut.

  • Membuat Perencanaan yang Efektif

Tujuan dari apa itu segmentasi pasar yang pertama adalah untuk membuat perencanaan yang efektif. Hal ini dapat dilakukan karena kamu sebagai pemilik bisnis sudah melakukan segmentasi pasar dan memiliki informasi detail tentang kebutuhan target pasar atau konsumen kamu. Karena itu, proses perencanaan strategi pemasaran bisnismu pun bisa berjalan secara lebih efektif.

  • Merancang Produk serta Layanan yang Lebih Sesuai

Segmentasi pasar akan membantu kamu dalam memahami keinginan pasar atau konsumenmu. Hal inilah yang akan memungkinkan kamu untuk merancang produk serta layanan yang sesuai kebutuhan dan keinginan tersebut. Dengan kata lain, segmentasi pasar bertujuan untuk membantu kamu dalam menciptakan dan memberikan solusi yang tepat bagi konsumenmu.

  • Meningkatkan Pelayanan Menjadi Lebih Baik

Tujuan dari apa itu segmentasi pasar selanjutnya dilakukan untuk memberi pelayanan yang lebih baik ke konsumen. Hal ini dapat membantu kamu dalam memahami kebutuhan konsumenmu. Dengan begitu, kamu dapat memberikan solusi yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka. Selain itu, pelayanan yang baik juga akan jadi bukti bahwa kamu memiliki kemampuan untuk mengkomunikasikan produk dengan baik ke konsumen.

  • Memanfaatkan Sumber Daya Secara Optimal

Dengan melakukan segmentasi pasar, berarti akan memberikan rincian target pasar atau konsumen serta kebutuhan mereka. Hal ini dapat membantu tim produksi bisnismu dalam menghasilkan produk yang sesuai kebutuhan konsumen. Jadi, tidak akan terjadi pemborosan sumber daya.

  • Mengenali Kompetitor Bisnis

Salah satu tujuan dari apa itu segmentasi pasar lainnya adalah untuk mengenali berbagai kompetitor bisnis. Pasalnya, saat kamu mengetahui segmen mana yang akan menjadi fokusmu, tentu kamu akan melihat siapa dan berapa kompetitor di dalamnya yang memiliki fokus sama dengan bisnismu.

Baca Juga 
Cara Membalas Pesan di Instagram untuk Akun Bisnismu

Hal ini dapat kamu jadikan sebagai acuan dasar untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat dan sesuai. Kamu jadi dapat mempelajari, mencontoh, ataupun mengevaluasi berbagai taktik pemasaran dalam menarik minat konsumen yang digunakan oleh kompetitor bisnismu.

Baca juga: 5 Cara untuk Tetap Bertahan di Pasar yang kompetitif

  • Lebih Mudah Mengikuti Perubahan Pasar

Salah satu alasan segmentasi pasar dijadikan sebagai strategi pemasaran yaitu karena pasar yang ingin dicapai bersifat dinamis atau terus mengalami perubahan. Hal ini pun menyebabkan bisnis yang kamu jalankan juga harus dapat mengikuti perubahan tersebut dan menyesuaikan diri dengan kebutuhan atau keinginan pasar yang dinamis. Kenapa? Tentunya agar bisnismu dapat tetap bertahan dan terus berkembang.

Manfaat dari Segmentasi Pasar

Setelah mengetahui apa itu segmentasi pasar beserta tujuannya, selanjutnya kamu perlu tahu manfaat dari segmentasi pasar. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, segmentasi pasar memiliki peran penting bagi bisnis karena berbagai manfaat yang diberikannya. Nah, berikut beberapa manfaat dari apa itu segmentasi pasar di antaranya:

  • Menerapkan Strategi Marketing yang Tepat

Dengan segmentasi pasar, kamu jadi terbantu untuk menentukan dan memahami karakteristik pasar atau konsumen. Jadi, kamu bisa mengarahkan strategi marketing yang sesuai dengan target pasar.

  • Menarik Konsumen yang Tepat

Nah, kalau strategi marketing yang digunakan sudah tepat, maka kamu bisa menarik calon konsumen yang kemungkinan ingin membeli produk serta layanan yang kamu tawarkan.

  • Mengembangkan Produk yang Lebih Baik

Kamu bisa lebih memahami kebutuhan konsumen, sehingga bisa mengembangkan produk serta layanan yang lebih baik untuk memenuhi permintaan dan keinginan konsumen kamu.

  • Meningkatkan Keuntungan

Penjualan produk dalam bisnis yang sudah tersegmentasi akan memudahkan kamu dalam menawarkan produk tersebut kepada konsumen, yang tentunya akan meningkatkan keuntungan juga bagi bisnismu.

  • Meningkatkan Branding Bisnis

Dengan adanya pembagian kelompok pada segmentasi pasar, maka akan membuat konsumen merasa lebih dipahami dan dilayani dengan baik oleh pelayanan bisnismu. Hal ini tentu akan membuat mereka loyal dan terus menggunakan produk atau merek yang ditawarkan dalam bisnismu.

  • Pesan Pemasaran yang Lebih Kuat

Karena kamu bisa langsung berkomunikasi dengan konsumen sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan mereka, maka kamu pun dapat memberikan pesan pemasaran yang lebih kuat kepada konsumenmu.

Baca Juga 
Simak Cara Membuat Kwitansi Pembayaran yang Benar

Dari pembahasan di atas, apakah kamu sudah lebih paham mengenai apa itu segmentasi pasar? Bisa disimpulkan bahwa segmentasi pasar adalah pembagian target pasar ke dalam segmen tertentu sesuai karakteristik konsumen yang telah ditentukan. Segmentasi tentu penting untuk dilakukan agar sebuah produk atau layanan bisa didistribusikan dengan baik sekaligus memaksimalkan strategi pemasaran yang kamu lakukan dalam bisnismu.

Nah, setelah mengetahui apa itu segmentasi pasar, berikutnya kamu bisa memanfaatkan platform SmartSeller juga untuk memudahkan kamu dalam mengelola produk yang kamu tawarkan dalam bisnismu. Semoga bisnis yang kamu jalankan berjalan dengan lancar, ya!