Internet yang semakin berkembang dari hari ke hari, membuat para pebisnis mulai mencari cara untuk buat toko online, sebab saat ini pembeli mulai memanfaatkan sistem belanja online untuk penuhi kebutuhan harian hingga fashion. Nyatanya, memang saat ini internet semakin memudahkan masyarakat dalam berbagai aktivitas harian, mulai dari mengakses informasi hingga berbelanja. Tak heran jika para pengusaha akhirnya berbondong-bondong untuk buat toko online.

Selain memperluas pasar, buat toko online bagi pedagang juga dirasa cukup efisien dalam berjualan. Tak hanya itu, penjual juga bisa lebih menghemat biaya lantaran tidak perlu membutuhkan modal untuk menyewa toko fisik. Sebab, dengan buat toko online, kegiatan jual-beli bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Karenanya, saat ini toko dan belanja online semakin menjamur di tengah masyarakat. 

Manfaat Buat Toko Online

Di tengah teknologi yang kian maju, pengusaha mau tidak mau untuk mengikuti perkembangan zaman, salah satunya memiliki toko online. Hal tersebut mampu memenuhi kebutuhan pelanggan dan memperluas jangkauan konsumen. 

Tonton Juga: SmartSeller : Integrasi dengan Marketplace

Yuk, simak manfaat lain dari buat toko online sebagai berikut.

  1. Semakin Profesional

Tak bisa dipungkiri, dengan buat toko online bisa memberikan rasa kepercayaan terhadap pelanggan serta mampu menarik konsumen baru. Dengan memiliki toko online, bisnis yang kamu jalankan tampak lebih profesional lantaran calon pembeli bisa menemukan informasi lengkap mengenai bisnis serta produk yang kamu jual.

  1. Gudang Informasi Bisnis yang Komplit

Toko online tak hanya berisi produk atau promosi saja, melainkan bisa mengulas informasi mengenai produk atau jasa lebih luas. Sehingga, nantinya pelanggan bisa dengan mudah mengetahui produk yang kamu pasarkan hanya dengan membuka situs toko online milikmu. Lebih lanjut, dengan adanya layanan customer service membuat kamu bisa langsung terhubung dengan calon pelanggan.

  1. Memperluas Jangkauan Pasar

Manfaat lain dari buka toko online adalah mampu menjangkau pasar yang lebih luas. Tentunya dengan memanfaatkan toko online milikmu dengan kata kunci atau keyword yang tepat. Misalnya dengan membuat artikel SEO hingga memasang iklan. Nah, dengan cara seperti itu toko online milikmu bisa jadi menjangkau banyak pelanggan dari berbagai daerah, bahkan mancanegara.

Baca Juga 
Begini Cara Menambahkan Keranjang Kuning di TikTok!

Buat Toko Online

  1. Tingkatkan Penjualan

Seperti diketahui, buka toko online mampu memperluas jangkauan pasar, ketimbang hanya berjualan secara offline. Dengan begitu, potensial pelanggan yang akan mengunjungi toko online milikmu bisa tidak terbatas. Maka, kemungkinan besar penjualan produk bisnismu semakin meningkat.

  1. Sangat Efisien

Menjalankan toko online bisa sangat efisien dan mudah. Terlebih dengan memanfaatkan fitur yang ada pada website, bisa buat toko online milikmu kebanjiran pelanggan. Selain itu, ketika kamu memiliki toko online, maka tak perlu lagi repot menyewa toko fisik. Jadi, pengeluaranmu bisa semakin hemat.

Tips Buat Toko Online

Memiliki toko online bisa sangat menguntungkan bagi seorang pebisnis. Dengan adanya toko online, maka pebisnis dapat menjadikannya sebagai ajang promosi hingga memudahkan dalam transaksi jual beli.

Bagi kamu yang ingin buat toko online, ada baiknya untuk mengetahui beberapa langkah-langkahnya agar semakin menarik perhatian pelanggan. Simak berikut ini.

  1. Pilih Nama Toko Online

Penting bagi kamu untuk menentukan atau memilih nama buat toko online milikmu. Usahakan nama yang dipilih unik dan mudah diingat oleh pelanggan. Kemudian, pastikan juga pilihan nama untuk toko online milikmu berbeda dengan pengguna lain di internet.

Baca Juga: Ini Tips Menentukan Nama Toko yang Bagus untuk Bisnis

  1. Persiapkan Nama Domain

Setelah menentukan nama toko online, selanjutnya persiapkan juga nama domain buat toko online milikmu. Hal ini lantaran bisa memudahkan pengguna internet untuk mencari situs toko online kamu. Perlu diketahui, domain adalah alamat untuk pengguna mengakses website milikmu. Misalnya, kamu bisa menggunakan format www+dot+nama toko online+dot+com, atau www.tokoonline.com.

  1. Menentukan Hosting Website

Setelah mendapatkan nama dan domain buat toko online, selanjutnya kamu perlu menentukan hosting website apa yang tepat untuk kamu gunakan. Hosting sendiri berfungsi untuk membuat situs jualanmu bisa online dan ada di internet. Lalu, agar bisa mendapatkan layanan hosting, kamu diharuskan untuk mendaftar dan membelinya di layanan yang tersedia.

  1. Pilih CMS

Content Management System atau CMS merupakan perangkat yang umum digunakan untuk mengelola website. Beberapa CMS yang bisa kamu pilih antara lain, WordPress, Shopify, hingga Magneto.

  1. Tentukan Produk yang Kamu Ingin Jual

Langkah berikutnya, kamu perlu menentukan produk atau jasa apa yang akan kamu tawarkan buat toko online. Pastikan kamu menawarkan produk atau jasa yang diminati oleh konsumen. Jangan lupa juga untuk mengemas produk milikmu secara baik agar menarik perhatian pembeli.

Baca Juga 
Mau Promosi di Sosial Media dengan Efektif? Hindari 5 Hal Ini!

Buat Toko Online


  1. Customize Toko Online

Selanjutnya, setelah semuanya kamu jalankan, kamu tinggal mengelola toko online milikmu Kamu bisa memilih tema untuk website, memasukkan produk secara konsisten, membuat ide-ide konten agar menarik pengunjung, dan jangan lupa untuk memberikan informasi yang detail terkait produk milikmu.

Cara Buat Toko Online yang Menjual

Setelah mengetahui beberapa tips yang perlu kamu persiapkan buat toko online, selanjutnya kamu bisa membuka toko online milikmu sendiri. Yuk, simak langkah-langkahnya berikut ini.

Buat Toko Online

  1. Beli Domain dan Sewa Hosting

Seperti yang sudah dijelaskan, domain dan hosting penting untuk menjalankan toko online milikmu. Jadi, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah punya domain dan berlangganan hosting website. Tak perlu khawatir, kini banyak penyedia jasa yang menyediakan hosting murah hingga domain sekali beli.

  1. Pasang CMS

Setelah memiliki domain dan hosting, selanjutnya kamu perlu memasang CMS. Nantinya, dengan adanya CMS, kamu bisa lebih gampang untuk mengatur konten dan tampilan buat toko online milikmu. Kamu bisa menggunakan beberapa CMS yang ada, seperti WordPress, Shopify, hingga Magneto.

Baca Juga: Rekomendasi Contoh Usaha Jasa Pembuatan Website Toko Online

  1. Pasang Plugin

Berikutnya, kamu bisa memasang plugin, atau fitur-fitur untuk mendukung toko online yang kamu buat. Sebagai contoh, ketika kamu memilih CMS WordPress, kamu bisa menginstal Woocommerce. Plugin ini telah dilengkapi dengan beragam fitur yang nantinya tidak membuat kamu memerlukan plugin lainnya.

Untuk memulainya, kamu bisa lebih dulu mengisi beberapa data seperti alamat toko, jenis mata uang yang digunakan, hingga produk yang kamu tawarkan. Selanjutnya, kamu akan diminta metode pembayaran untuk toko online milikmu, seperti PayPal. Tapi, kamu bisa menambahkan metode pembayaran selain PayPal di kemungkinan hari. Setelah memilih metode pembayaran, kamu tinggal mengatur tarif pengiriman produk.

Baca Juga 
Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Buka Toko Skincare

Buat Toko Online

  1. Masukkan Produk dan Konten-konten di Toko Online

Sekarang, kamu bisa mengisi konten dan mengunggah produk yang kamu jual. caranya, kamu bisa klik pilihan ‘product’ dan pilih ‘Add New’. Kemudian, kamu tinggal mengisi informasi produk yang kamu unggah, seperti nama produk, harga, kode, kategori, hingga deskripsi produk.

  1. Gunakan Payment Gateway

Terakhir, kamu bisa memasang plugin ‘payment gateway’ tambahan sebagai fleksibilitas pembayaran bagi calon konsumen. Tentu saja, hal ini bisa memudahkan pembeli dalam memilih transaksi.

Nah itulah langkah-langkah cara buat toko online agar menarik perhatian para pembeli. Dengan begitu, kini kamu siap mengelola toko online untuk memulai bisnismu. Jika kamu khawatir tidak bisa mengelolanya dengan baik, kamu bisa menggunakan jasa seperti SmartSeller yang memiliki fitur marketplace integration untuk bantu kelola toko online di marketplace. Yuk coba sekarang, karena SmartSeller tengah menawarkan promo gratis hingga tiga bulan. Buruan cek di sini.