Membuat contoh deskripsi produk merupakan salah satu hal yang bisa membuat penjualan meningkat. Alasannya, dengan adanya deskripsi produk calon pembeli bisa mengetahui dengan jelas apa produk usahamu dan manfaat dari produk tersebut.

Contoh deskripsi produk ada bermacam-macam. Setiap contoh deskripsi produk berbeda-beda tergantung pada jenis produk yang dideskripsikan. Misalnya contoh deskripsi produk pada produk makanan ringan berbeda dengan contoh deskripsi produk untuk produk perawatan tubuh.

Tentunya, membuat deskripsi produk bukanlah hal yang mudah. Perlu keahlian untuk menarik minat pembeli lewat deskripsi produk. Tidak hanya itu saja, ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan contoh deskripsi produk yang menarik. Berikut ini adalah diantaranya:

  1. Penjelasan untuk Produk

Contoh deskripsi produk yang paling sederhana adalah menjelaskan apa produk tersebut. Misalnya untuk produk body lotion, maka kamu bisa menuliskan penjelasan untuk produk berupa “pelembab untuk kulit tubuh yang kering”. Contoh deskripsi produk yang sederhana tersebut bisa memberi penjelasan pada calon pembeli.

  1. Membangun Kepercayaan dari Pelanggan

Dengan contoh deskripsi produk yang jelas, pembeli akan lebih percaya dengan produk tersebut. Sehingga mereka tidak akan ragu untuk membeli lagi di kemudian hari. Manfaat ini juga bisa menjadi salah satu manfaat untuk meningkatkan penjualan produk.

  1. Membantu SEO Produk

Jika kamu berjualan produk secara online, contoh deskripsi produk yang jelas dapat membantu Google mengetahui apa produk yang kamu jual. Sehingga ketika ada pembeli yang mencari produk usahamu di internet, maka Google akan merekomendasikan produk usahamu di halaman pertama. Tentu saja ini akan sangat membantu meningkatkan penjualan produk.

Contoh deskripsi produk juga bisa memberikan banyak manfaat lain. Misalnya membuat pembeli bertahan lebih lama di website kamu untuk membaca deskripsi produk. Sehingga membuat contoh deskripsi produk yang menarik akan sangat membantu.

Baca Juga 
Mau Jualan Jilbab Online? Cari Tahu Dulu Bahan Jilbab yang Bagus!

Baca Juga: Cara Jitu Menjadi Distributor Frozen Food yang Sukses

Contoh Deskripsi Produk yang Bisa Kamu Ikuti

Berikut ini adalah beberapa contoh deskripsi produk yang bisa kamu ikuti untuk produk usahamu:

  1. Membuat Fitur Produk Menjadi Manfaat

Contoh deskripsi produk yang pertama adalah membuat fitur produk menjadi manfaat. Ini adalah salah satu cara yang sederhana dan memiliki kemungkinan keberhasilan cukup tinggi. Pembeli akan melihat banyak manfaat dari produk tersebut, sehingga mereka akan lebih tertarik untuk membeli produk dengan banyak manfaat.

Berikut ini adalah contoh deskripsi produk yang membuat fitur menjadi manfaat untuk produk alat pemanggang Weber:

“Buka pintu Anda ke dunia memanggang dengan pemanggang gas Spirit II E-210 yang ramping. Panggangan dengan dua pembakar ini dibuat agar sesuai dengan ruang kecil, dan dikemas dengan fitur-fitur seperti sistem pemanggangan GS4 yang kuat, kemampuan iGrill, dan meja samping yang nyaman untuk menempatkan nampan saji. Selamat datang di keluarga Weber.”

Dalam contoh deskripsi produk tersebut, Weber menjelaskan bahwa terdapat banyak manfaat dari alat pemanggang Weber yaitu memiliki dua pembakar, cocok untuk ruang kecil, kuat, dan memiliki meja samping. Fitur tersebut dituliskan sebagai manfaat dalam contoh deskripsi produk di atas, sehingga pembeli akan lebih tertarik.

Cara membuat deskripsi produk seperti di atas adalah dengan memahami fitur unik produk milik usahamu. Buat daftar apa saja fitur produkmu dan tuliskan apa manfaat deskripsi produk. Contohnya sebagai berikut: 

  1. Mengantisipasi Hal yang Menurut Pembeli Merepotkan

Contoh deskripsi produk yang selanjutnya adalah mengantisipasi hal yang menurut pembeli merepotkan. Terkadang pembeli tertarik dengan suatu produk tetapi mereka batal membeli karena pembeli merasa ada hal yang merepotkan.

Baca Juga 
5 Pilihan Variasi Produk untuk Mulai Jualan Helm

Misalnya adalah mobil listrik. Meskipun banyak sekali yang berminat memiliki mobil listrik, tetapi masih ada beberapa orang yang ragu membeli. Alasannya adalah charging spot yang belum banyak ditemukan di beberapa area di Indonesia.

Berikut ini adalah contoh deskripsi produk yang mampu mengantisipasi hal yang merepotkan bagi pembeli untuk produk mainan:

“Mainan YAY Puppy dibuat khusus untuk gigi anak anjing yang sedang dalam masa tumbuh. Dengan menggunakan formulasi karet yang unik dan aman, YAY Puppy merupakan mainan paling lembut dibandingkan mainan lainnya. Dirancang khusus oleh para ahli untuk memenuhi kebutuhan gigi anak anjing dan akan membantu mereka melewati fase mengunyah yang tepat dan aman. Ini akan memuaskan kebutuhan anak anjing tersebut untuk mengunyah saat mereka masih bayi. Selain itu, bentuk uniknya yang juga bisa memantul akan menjadi mainan kesukaan yang cocok untuk anak anjing. Pastikan untuk mengisi mainan dengan snack kesukaan anak anjing agar mereka senang bermain dengan YAY Puppy.”

Fitur:

Mengajarkan cara mengunyah yang aman dan nyaman sdengan cara bermain yang menyenangkan

Formula karet Soft Puppy KONG disesuaikan untuk gigi dan gusi anak anjing

Pantulan yang tidak dapat diprediksi untuk permainan pengambilan

Cocok untuk isian dengan KONG Puppy Easy Treat, Snacks, atau Ziggies”

Dalam contoh deskripsi produk di atas, mainan KONG Puppy menjawab hal yang menurut pembeli merasa kerepotan. Yaitu kesulitan merawat anak anjing yang biasanya selalu menggonggong dan rewel. Mainan tersebut didesain untuk melatih mereka sehingga pembeli tidak perlu merasa khawatir dengan repotnya mengurus anak anjing.

  1. Buat Pembeli Merasa Lebih Pintar

Mengedukasi pembeli adalah salah satu contoh deskripsi produk yang bisa kamu ikuti. Dengan adanya informasi detail dan penjelasan lengkap, pembeli akan merasa mendapatkan penjelasan lebih jelas dan edukasi singkat tentang produk tersebut.

Baca Juga 
5 Aplikasi Live Chat Gratis untuk Melayani Calon Pembeli Toko Online Anda

Berikut ini adalah contoh deskripsi produk untuk skincare:

“Serum kecantikan untuk wajah Anda dengan formulasi spesial khusus untuk memperbaiki skin barrier yang merupakan pelindung alami kulit. Perpaduan kandungan Panthenol 5%, Mugwort Extract, dan Cica Extract membuat serum ini juga efektif untuk menghidrasi kulit, memperhalus tekstur kulit, mengurangi kerutan, dan sebagai antioksidan.

Batas usia penggunaan 15 tahun ke atas. Untuk semua jenis kulit.”

Dalam contoh deskripsi produk skincare di atas, dijelaskan bahwa produk tersebut memiliki kandungan tertentu yang memberikan manfaat baik untuk kulit. Penjelasan tersebut juga menuliskan persentase jumlah kandungan. Sehingga pembeli dapat mengetahui kandungan penting yang ada di dalam skincare.

Tiga contoh deskripsi produk di atas merupakan contoh yang sering ditemui dalam deskripsi produk. Kamu bisa mengikuti contoh deskripsi produk di atas agar produkmu lebih diminati banyak pembeli. Saat menulis deskripsi produk, pastikan bahwa deskripsi tetap singkat tetapi tetap memberikan informasi yang dibutuhkan oleh pembeli. Jadi, pembeli tidak akan kebingungan dengan apa fungsi dan manfaat dari produkmu.

Agar jualanmu semakin lancar, kamu bisa cek website Smartseller. Kelola sistem jualanmu dengan Smartseller agar kamu bisa meningkatkan penjualan lebih tinggi. Selain itu, informasi seputar bisnis juga bisa kamu dapatkan di Smartseller. Mulai dari ide usaha hingga update terbaru seputar usaha.