Saat ini, banyak contoh promosi yang menarik dari bisnis-bisnis di Indonesia yang bisa jadi panutan dalam kiprahmu melebarkan sayap jangkauan pelanggan di TikTok Shop. Kalau sekarang ini bisnismu sudah dijajakan di TikTok Shop, tentunya kamu tidak bisa melewatkan cara untuk memaksimalkan promosi di platform social commerce ini.

Promosi melalui TikTok lagi menjadi tren strategi digital marketing yang banyak diterapkan oleh bisnis online beberapa tahun belakangan ini. Hal ini karena TikTok berhasil menyita perhatian orang-orang dari berbagai kalangan sehingga punya basis pengguna yang terus bertambah. Sehingga, TikTok menjadi media sosial yang dilirik oleh pebisnis untuk berjualan sekaligus mempromosikannya.

Namun, tidak dapat dipungkiri kalau promosi di TikTok tidak bisa dilakukan tanpa ada rencana yang matang. Eits, jangan khawatir, kamu mungkin mampu mendapatkan inspirasi dari contoh promosi yang menarik di TikTok yang dilakukan oleh pebisnis masa kini. 

Yuk, simak apa saja contoh promosi yang menarik untuk meningkatkan penjualan melalui TikTok Shop di bawah ini!

Contoh Promosi yang Menarik

 

Beberapa Contoh Promosi yang Menarik di TikTok Shop

Meski terkenal sebagai media sosial untuk melihat dan membagikan video pendek, pada kenyataannya TikTok adalah platform yang ampuh dalam mempromosikan bisnis secara online. Bagaimana bisa?

TikTok memudahkan penggunanya untuk berinteraksi dengan video yang Ia lihat. Selain dapat memberikan like dan menuliskan komentar di video, TikTok menyediakan fitur lain seperti Stitch yang memungkinkan penggunanya untuk “mengambil” dan mengolah ulang video yang mereka lihat untuk dibagikan kembali. Lalu, ada fitur Repost yang bisa digunakan untuk membagikan ulang video. 

Fitur-fitur yang dimiliki oleh TikTok ini menyebabkan tingginya interaksi pengguna saat menggunakan aplikasi. Sehingga, hal ini sangat berguna untuk digunakan dalam membangun brand awareness dan komunikasi bisnis dengan pelanggan.

Baca Juga 
Ingin Mulai Berbisnis? Ini 5 Ide Usaha Online Modal Kecil!

Banyak contoh promosi yang menarik di TikTok yang memaksimalkan fitur dari TikTok, di samping membuat konten orisinil untuk followers. Berikut ini adalah beberapa contoh promosi yang menarik yang bisa kamu terapkan ke dalam strategi pemasaran bisnismu!

Contoh Promosi yang Menarik

1. Video Bertema

Konten yang bisa menjadi viral dan mendapatkan views dan likes yang banyak tentu jadi goal pebisnis ketika membuat video TikTok. Kalau kamu pernah melihat konten yang viral, pasti karakteristik yang sama dari konten-konten tersebut adalah tema spesifik yang dimiliki, seperti humor, review, atau yang lainnya. 

Sebaiknya kamu juga mengikuti jejak contoh promosi yang menarik yang satu ini. Pasalnya dengan memiliki video yang bertema, kamu bisa memberikan value kepada para viewers. Sehingga, nantinya diharapkan agar mereka bisa tertarik dengan bisnis, melihat video kita, dan berada pada algoritma profil mereka.

Ada beberapa contoh promosi yang menarik melalui konten video bertema, yaitu:

  • Tutorial: Konten yang berupa tata cara atau lebih populer disebut dengan tutorial mampu mengedukasi viewers. Konten ini bisa membuat viewers betah melihat videonya hingga selesai. 
  • Edukasi: Tema konten yang bisa kamu manfaatkan untuk menyampaikan fitur, benefit, ataupun keunggulan dari produk atau layanan yang kamu punya.
  • Tips dan trik: Konten yang memberikan cara cepat tentang apapun yang berhubungan dengan bisnismu. Misalnya, kalau bisnismu bergerak di bidang kecantikan, kamu bisa membuat tips untuk mencerahkan wajah yang tepat.
  • A day in my life: Konten ini bertajuk dokumenter mini yaitu menunjukkan keseharian seseorang dari pagi hingga malam. Banyak bisnis yang menggunakan tema konten ini untuk branding bisnisnya.
  • Behind the scene: Jenis konten yang menunjukkan kerja di balik layar pembuatan suatu konten ataupun lainnya. Konten ini belakangan menyita perhatian viewers dan bagus untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan.
  • Q&A: Question and answers adalah jenis konten yang biasa digunakan oleh creator untuk menjawab pertanyaan viewers yang dilontarkan pada kolom komentar.
  • Fun fact: Konten yang juga bertujuan untuk mengedukasi viewers yang berupa fakta atau pengetahuan baru yang belum banyak orang ketahui sebelumnya.
  • Hashtag: Contoh promosi yang menarik bisa kamu lakukan dengan membuat video dengan tagar atau hashtag. Umumnya konten ini berupa challenge dan banyak digunakan oleh pebisnis untuk meng-hype bisnisnya.
  • Dance challenge: Tema contoh promosi yang menarik ini berisikan konten menari dari dance yang sedang viral. 
Baca Juga 
Rekomendasi Macam-Macam Model Mukena Terbaru 2022

Tonton Juga: #SellerStory Batik Bayong : Kisah Sukses Bisnis Hijab Fashion Designer

Contoh Promosi yang Menarik

2. Video yang Menggunakan Efek, Filter, atau Sound yang Sedang Viral

Contoh promosi yang menarik di TikTok yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah dengan menggunakan segala sesuatu yang sedang viral di TikTok pada saat itu, seperti efek, filter, atau sound yang banyak dipakai oleh netizen TikTok. Cara ini biasa dikenal dengan cara “menumpang” karena kamu akan memanfaatkan momen atau hal-hal yang sedang viral.

Nah, memang contoh promosi yang menarik yang satu ini digunakan biasanya untuk tujuan mendongkrak angka views, likes, atau angka followers. Dengan kata lain, hal ini bisa kamu coba jika kamu ingin meningkatkan engagement rate akun bisnismu.

Salah satu cara yang mudah dan sudah banyak diterapkan oleh pebisnis adalah dengan menggunakan sound yang sedang viral. Algoritma TikTok yang unik mampu menunjukkan video dengan sound yang sama jika viewer tersebut melihat video dengan sound yang sama setelah beberapa kali tayangan. Makanya, hal ini yang membuat cara ini masih sering dipakai.

Meski halaman fyp satu pengguna tidak akan sama dengan pengguna lainnya, tapi cara ini patut untuk dicoba lho.

Baca Juga: Cara Melihat Pesanan di TikTok Shop dan Manfaat Jualan di TikTok

Contoh Promosi yang Menarik

3. Video dengan Fitur Stitch atau Duet

Fitur Stitch ataupun Duet memungkinkan pengguna TikTok untuk berinteraksi dengan bisnis kita. Pengguna mampu “mengambil” video kita dan mengunggahnya pada akun mereka melalui fitur ini. 

Yap, fitur ini sangat ampuh dalam menyebarkan brand awareness bisnis. Bayangkan saja kalau ada banyak orang yang stitch video kita dan membagikannya kepada followers mereka? Hal ini merupakan strategi digital marketing yang tidak kala efektifnya.

Baca Juga 
Salah Pesan? Ini 3 Cara Batalkan Pesanan di TikTok!

Bagaimana dengan jenis konten yang bagus untuk dibuat Stitch ataupun Duet? Melihat isi fyp saat ini, konten yang cocok adalah konten bernuansa humor dan konten yang ditujukan untuk menanggapi video, informasi, atau pertanyaan. Contoh promosi yang menarik ini mampu menggaet calon pelanggan baru lho.

Baca Juga: Sudah Tahu? Ini Dia 2 Cara Pencairan Dana TikTok Shop!

Nah, itulah tiga contoh promosi yang menarik melalui TikTok untuk meningkatkan penjualan di TikTok Shop-mu. Pada video yang kamu buat, kamu juga bisa menyematkan link atau tautan produkmu yang disambungkan ke TikTok Shop bisnismu. Jadi, siapa pun yang melihat video itu bisa langsung mengecek barangnya.

Selain itu, agar penerapan contoh promosi yang menarik di atas mampu berjalan dengan efektif, jangan lupa untuk mengatur dan mengelola TikTok Shop-mu dengan baik, misalnya dengan selalu update harga dan foto katalog secara berkala. 

Kamu juga bisa melakukan pengelolaan ini lebih mudah dengan SmartSeller lho! SmartSeller punya fitur yang mampu membantu update harga, foto, dan stok jualan di berbagai marketplace jadi lebih cepat. Penasaran? Yuk, download dan pakai SmartSeller sekarang!