Sebagai seorang pebisnis, kamu tentunya membutuhkan tools seperti aplikasi stok barang untuk pengelolaan bisnis kamu.

Tak bisa dipungkiri jika banyak para pebisnis sering kesulitan memeriksa stok barang yang dimilikinya. Akibatnya, saat permintaan membludak dia tidak bisa memenuhi order tersebut dan akhirnya kehilangan keuntungan dan peluang mitra bisnis. 

Maka dari itu, aplikasi stok barang cukup penting untuk pengelolaan bisnis kamu agar untung dan juga berkembang. 

Aplikasi tersebut sangat membantu karena memberikan memberikan banyak kemudahan bagi para penggunanya. 

Fitur unggulannya tentu saja pengecekan stok barang sehingga kamu bisa memantau barang kapanpun dan dimanapun dengan mudah.

Kelebihan Memakai Aplikasi Stok Barang

Tentunya memakai aplikasi stok barang android memiliki keuntungan tersendiri. Karena kamu bisa mengawasi stok barang dari HP masing-masing dengan mudah. 

Selain itu, terdapat berbagai kelebihan dan keuntungan dalam memakai aplikasi tersebut, seperti:

1. Membantu dalam Peningkatan Produktivitas

Salah satu hal yang menghambat produktivitas dalam bisnis adalah tidak te-recordnya barang yang dimiliki. 

Mengapa? Karena kamu tidak tahu berapa banyak barang yang dimiliki, kapan harus memesan stok barang tersebut, kapan barang yang sama harus habis dan dikeluarkan dan lain sebagainya.

Hal ini akan menambah masalah dalam sisi penyimpanan barang. Karena, barang lama sebaiknya diganti dengan barang baru secepat mungkin. Masalah ini akan semakin parah jika kamu memiliki stok barang yang memiliki masa expired.

Semakin lama barang disimpan maka nilainya akan semakin berkurang karena pembeli akan menghindari barang tersebut. 

Akan tetapi, biaya penyimpanan tetap berjalan seperti sebelumnya sehingga pekerja yang ada akan bekerja lebih namun tidak memberikan keuntungan yang diharapkan.

Namun, dengan memakai aplikasi tersebut kamu dapat mengawasi semua hal tersebut. Pada akhirnya pekerja yang ada bisa bekerja dengan efisien sehingga produktivitas secara menyeluruh meningkat pesat.

2. Meminimalisir Biaya Operasional

Aplikasi ini akan memberikan berbagai kemudahan bagi bisnismu. Seperti perhitungan stok, kapan akan memesan stok barang baru, pencatatan transaksi, dan lainnya. 

Semua pekerjaan tersebut dapat dilakukan secara otomatis sehingga kamu tinggal mengoperasikan aplikasi tersebut dari smartphone saja.

Jika semua pekerjaan tersebut berjalan dengan lancar dan otomatis, maka berbagai kegiatan operasional dapat dihemat semaksimal mungkin. 

Pada akhirnya kamu bisa menghemat biaya lain-lain dan memaksimalkan keuntungan yang ada.

3. Memaksimalkan Keuntungan

Melalui aplikasi stok barang sederhana tersebut kamu bisa menghemat tenaga kerja dan waktu pekerjaan dengan baik. 

Mengapa? Karena pengecekan dan pencatatan stok barang dapat dilakukan secara otomatis. Jadi, setiap berkurang atau bertambahnya barang akan tercatat secara real time.

Akan tetapi, ada kalanya kamu harus melakukan audit dengan mengutus salah satu karyawan untuk memeriksa stok barang tersebut apakah sesuai data atau tidak. Namun, kamu tidak membutuhkan banyak pegawai dalam pengecekan barang tersebut.

Berbeda halnya jika kamu tidak memakai aplikasi tersebut maka jumlah karyawan yang dibutuhkan bisa banyak. 

Karena kamu harus memiliki karyawan yang memeriksa satu jenis barang, hal ini akan semakin repot jika barang yang dimiliki sangat banyak dengan jenis yang berbeda-beda.

Jadi, dengan aplikasi tersebut kamu bisa menghemat karyawan sekaligus mempercepat transaksi. Pada akhirnya keuntungan yang diperoleh menjadi lebih besar.

Kamu bisa juga memakai berbagai metode pembayaran digital yang ada di Indonesia, karena hal ini bisa menjadi media promosi sekaligus memudahkan transaksi. Setiap transaksi tersebut mudah diperiksa dan cashless sehingga lebih aman.

4. Integrasi Proses Bisnis

Dalam bisnis kamu membutuhkan berbagai kegiatan yang terhubung antara satu dengan lainnya. 

Contohnya saja bagian gudang yang menghitung stok barang, menyalurkan barang ke tempat bisnis, dan lainnya. Kemudian, terdapat kantor utama yang melakukan transaksi bisnis dengan pembeli dan klien dan lainnya.

Semua bagian ini haruslah terhubung dengan baik agar bisnis berjalan dengan baik. Dahulu hal ini sulit dilakukan karena membutuhkan banyak komunikasi dan telepon. Namun, dengan aplikasi stok barang hal ini lebih mudah dilakukan.

Kamu bisa memeriksa pesanan dari klien dengan stok yang ada di inventory dengan cepat.  Jadi, pelanggan tidak akan kecewa dengan pesanannya nanti. 

Kemudian, aplikasi ini biasanya terintegrasi dengan kasir sehingga hasil akhir transaksi tercatat dan bisa kamu periksa dengan mudahnya.

5. Pencatatan Transaksi Lebih Mudah

Salah satu fitur andalan dari aplikasi stok barang gratis adalah pencatatan transaksi baik itu dari proses perubahan jumlah stok dan penerimaan uang hasil transaksi. 

Semua transaksi tersebut akan dihitung secara otomatis dan kamu hanya perlu melihat hasil akhirnya saja.

Penggunaan aplikasi ini akan semakin penting jika kamu sering bepergian jauh dari kantor. Jadi, selama di perjalanan ataupun meeting kamu akan menerima pemberitahuan dari aplikasi tersebut. 

Jika ingin memeriksa transaksi dengan seksama maka kamu tinggal memeriksa history-nya saja.

Walaupun demikian, kamu tetap harus melakukan audit setidaknya sekali dalam 6 bulan atau setahun. 

Tujuannya untuk memeriksa catatan transaksi yang ada apakah sesuai dengan keadaan keuangan. 

Dengan melakukan ini kamu bisa menjamin karyawan yang dimiliki bekerja dengan baik sekaligus terjaganya keadaan bisnis.

6. Pengendalian Stok Lebih Baik

Barang yang terdaftar dalam aplikasi stok barang akan dihitung secara otomatis. Jadi, ketika terjadi sebuah transaksi maka stok yang ada akan berkurang ataupun bertambah dengan sendirinya.

Fitur ini sangat memudahkan karena kamu dapat memeriksa stok yang ada dengan mudah tanpa harus menghitung barangnya langsung di inventory. Hal ini akan memudahkan kamu dalam membuat perencanaan inventory.

Contohnya saja perkiraan waktu untuk stok ulang, menghitung stok yang tersisa, memperkirakan biaya penyimpanan barang, dan lainnya. 

Semua ini harus diperhatikan dengan baik karena bisa memakan dana yang dimiliki tanpa disadari.

Semisalnya saja barang yang mudah busuk untuk bisnis restoran. Jika barang ini terlalu lama disimpan maka nilainya akan berkurang jauh, namun biaya penyimpanannya tetap berjalan. 

Bahkan kamu harus mengeluarkan dana lebih untuk membersihkannya jika ternyata telah busuk.

Tapi dengan aplikasi ini kamu bisa mengendalikan stok yang ada dengan lebih baik. Jadi, jalannya bisnis akan menjadi lebih mulus.

7. Memiliki Data Penjualan yang Pasti

Aplikasi stok barang gudang akan memberikan data penjualan dengan pasti. Kamu tidak hanya memiliki data penjualan secara umum tetapi juga secara terperinci. Jadi, melalui aplikasi kamu dapat melihat barang apa saja yang laku keras pada satu waktu.

Data ini sangat penting karena bisa membantu pemilik bisnis dalam membuat keputusan yang tepat. Seperti stok barang apa yang bisa ditingkatkan, barang apa yang harus dikurangi, dan lain sebagainya.

Selain itu, dengan data yang sama kamu bisa membuat proposal bisnis baru untuk menggaet investor dan mitra bisnis. Karena data yang sama bisa menjadi acuan untuk peluang bisnis baru sehingga bisnis yang dimiliki dapat berkembang lebih baik lagi.

Memakai aplikasi stok barang tentu penting bagi para pebisnis. Salah satu aplikasi yang harus kamu coba adalah Smartseller

Melalui aplikasi ini, kamu bisa memanfaatkan fitur seperti manajemen inventori, manajemen order, hingga integrasi marketplace. Tentunya akan membantu kamu dalam mengembangkan bisnis.