Buat kamu yang punya berjualan online pasti udah familiar sama Akun Bisnis WhatsApp. biasanya mereka yang punya online shop juga punya Akun Bisnis WhatsApp. tapi sebenarnya kenapa sih harus pakai Akun Bisnis WhatsApp. Apa ada kelebihan yang didapatkan? Atau ada suatu keharusan bagi suatu bisnis untuk punya?

Seperti yang kita tahu, bisnis online sekarang makin merebak di mana-mana. Bukan hanya generasi milenial saja yang senang untuk berbelanja online. Anak-anak remaja hingga para lansia juga banyak yang paham berbelanja online. Hal tersebut tak lepas dari kemajuan teknologi di dunia.

Sudah banyak cara untuk berbelanja secara online. Mulai dari website, media sosial, hingga marketplace. Hal tersebut sangat memudahkan para pelanggan. Sekarang ini, sebagian besar barang bisa dibeli secara online. Mulai dari kebutuhan sehari-hari hingga barang elektronik. Jadi sudah hal biasa jika kita sering menemui kurir ekspedisi di sekitar kita.

Banyak kemudahan yang didapat dari berbelanja online. Salah satu yang paling terasa adalah pembeli tidak perlu keluar rumah untuk membeli suatu barang yang dia inginkan. Ia cukup menggunakan gadget dan aplikasi, ia pun bisa melihat-lihat dan membeli barang.

 

Akun Bisnis Whatsapp

 

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk belanja online, termasuk di media sosial. Meskipun marketplace adalah salah satu cara yang ramai digunakan, namun sebenarnya media sosial juga tak kalah efektif. Facebook dan Instagram menjadi salah satu media sosial yang efektif untuk berjualan.

Berjualan online di media sosial sebetulnya sudah ramai digunakan bahkan sebelum marketplace ramai digunakan. Penyebabnya adalah pengguna media sosial yang bahkan mencapai puluhan juta. Hal itu membuat berjualan di media sosial menjadi salah satu hal yang menarik. Selain itu, promosi melalui media sosial juga kerap dilakukan. Jadi berjualan sambil promosi di media sosial bukanlah sebuah hal yang baru.

Baca Juga 
Cara Menghitung Biaya Produksi Agar Terhindar dari Kerugian

 

Baca Juga: Mau Sukses Memulai Usaha Online Shop? Ini Dia Caranya!

 

Di media sosial, ada beberapa hal yang harus perlu kamu perhatikan saat berjualan. Contohnya target audiens ataupun konten yang kamu sajikan. Selain itu, kamu juga perlu mencantumkan kontak agar calon pelanggan dapat bertanya ataupun melakukan pemesanan. Berbeda dengan marketplace yang mempunyai fitur chat dengan penjual sehingga pembeli tidak perlu repot mencari kontak.

 

Salah satu aplikasi yang sering digunakan untuk chat adalah WhatsApp. WhatsApp yang sering disebut dengan WA adalah aplikasi pesan instan yang mendunia. Aplikasi yang satu ini adalah salah satu aplikasi yang sering digunakan oleh masyarakat mulai dari yang muda hingga yang lanjut usia. Oleh karena itu, menjadi keputusan yang tepat untuk mencantumkan akun WA sebagai nomor kontak kamu.

 

Akun Bisnis Whatsapp

 

Selain itu, WhatsApp juga menyediakan layanan WhatsApp for Business. Layanan Akun Bisnis WhatsApp ini sering digunakan oleh para pelaku usaha. Bahkan banyak juga brand besar yang menggunakan sebagai layanan pelanggan dan bukan hanya UMKM saja. Lalu gimana sih cara membuat Akun Bisnis WhatsApp


Cara Membuat Akun Bisnis WhatsApp

 

Berikut adalah langkah-langkah dalam membuat Akun Bisnis WhatsApp

  1. Unduh aplikasi WhatsApp for Business di device yang kamu gunakan.
  2. Setelah itu, buat Akun Bisnis WhatsApp kamu dengan memasukkan no telepon yang ingin kamu gunakan. 
  3. Lalu, pilih menu pengaturan, pengaturan bisnis lalu profil.
  4. Saat sampai pada menu profil, kamu harus mengisi semua informasi tentang bisnis kamu. Mulai dari nama usaha, lokasi, situs, ataupun kontak lainnya. Kamu sebaiknya mengisi selengkap mungkin agar calon pelanggan merasa percaya.
  5. Aktifkan fitur pesan otomatis pada akun WhatsApp Bisnis kamu. Hal ini berguna agar kamu bisa membalas pesan pelanggan secara otomatis ketika kamu sedang melakukan kesibukan lain.
Baca Juga 
Memahami Pengertian Konsinyasi: Kelebihan dan Kekurangannya

 

Tonton: #SellerStory Haromain Dates : Dari Guru Ngaji Hingga Omset Ratusan Juta Per Hari

 

Kelebihan Akun Bisnis WhatsApp

 

Selain sebagai kontak, akun bisnis WhatsApp juga mempunyai berbagai macam kegunaan yang bisa kamu manfaatkan untuk usaha, yaitu:

 

Fitur Balas Pesan Otomatis

Seperti yang disebutkan sebelumnya, salah satu kelebihan utama akun bisnis adalah fitur balas pesan otomatis. Fitur ini jelas tidak ada dalam akun WhatsApp biasa. Meskipun kamu adalah seorang pelaku usaha, belum tentu kamu selalu ada untuk membalas pesan, pasti ada hal lain yang harus kamu lakukan.

Oleh karena itu, fitur yang satu ini sangat berguna bagi pembeli dan bermanfaat bagi pelaku usaha. Biasanya calon pelanggan bisa mengetik salah satu angka untuk menanyakan pertanyaan yang sering ditanya seperti FAQ. jadi, pelaku usaha tidak perlu takut kehilangan pelanggan yang ingin bertanya terlebih dahulu.

 

Profil

Akun bisnis WhatsApp menyediakan profil bagi bisnis kamu. Penting bagi akun bisnis pada pesan instan untuk mempunyai profil sendiri tentang bisnisnya. Dengan begitu, pelaku usaha dapat menuliskan informasi tentang usaha yang mereka jalankan. Mulai dari jam buka, alamat usaha dan lain lain. 

Dengan menuliskan profil, hal tersebut akan membantu para calon pelanggan. Dengan begitu calon pelanggan dapat mengetahui informasi tentang bisnis tersebut. Apalagi kalau bisnis tersebut terbilang bisnis baru, informasi yang ada akan membantu usaha yang sedang dipromosikan tersebut.

 

Akun Bisnis Whatsapp

 

Katalog

Rasanya tidak lengkap jika saat berjualan tidak ada katalog. Dengan menggunakan akun bisnis WhatsApp, kamu juga mendapatkan fitur katalog yang bisa kamu manfaatkan dalam berjualan. Apalagi dengan adanya katalog, calon pembeli akan merasa terbantu untuk mencari produk yang mereka inginkan dalam usaha tersebut.

Baca Juga 
Cara Memulai Bisnis Jilbab Produksi Sendiri Supaya Untung Maksimal

Dalam katalog yang ada di akun bisnis WhatsApp, kamu dapat menyajikan produk yang ingin kamu jual serta informasi di dalamnya. Mulai dari nama produk, foto produk, deskripsi produk, serta harga. Hal itu tentu akan memudahkan pelanggan dalam memilih produk yang ingin mereka beli, juga memudahkan penjual sehingga pertanyaan yang sering ditanyakan berkurang.

 

Baca Juga: Ini Dia Fitur-fitur yang Harus Dimiliki Aplikasi Toko

 

Label

Fitur yang satu ini lebih berguna untuk para penjual. Akun bisnis berarti akan banyak ada interaksi yang terjadi dengan para calon pelanggan. Hal tersebut bukan tidak mungkin akan menyulitkan orang yang berhadapan dengan konsumen. Apalagi jika bisnis tersebut tidak mempunyai banyak karyawan. Tentunya kemungkinan terjadi kesalahan akan besar.

Dengan adanya fitur label, kekhawatiran tentang chat yang bakal tertukar bisa dihilangkan. Kamu bisa memberikan label sehingga pesanan dapat terorganisir. Contohnya memberikan label pesanan yang datang, pesanan yang sudah dibayar, ataupun pesanan yang sudah sampai. Dengan begitu, pelaku usaha jadi semakin mudah dalam menjalankan usahanya.

 

Akun Bisnis Whatsapp

 

Demikian adalah penjelasan singkat mengenai akun bisnis WhatsApp serta kelebihan yang dimiliki. Penting untuk menggunakan akun bisnis WhatsApp sehingga para pelanggan juga lebih percaya untuk berbelanja di toko yang kamu miliki. Selain membantu para pembeli, para penjual juga semakin mendapat kemudahan.

 

Selain menggunakan akun bisnis WhatsApp, kamu juga dapat menggunakan SmartSeller untuk kemudahan kamu dalam berbisnis. Selain ada manajemen order yang dapat membantumu, ada juga storefront dan marketplace integration yang bisa kamu manfaatkan untuk bisnis kamu. Yuk, langsung pakai SmartSeller!