Cara mencari supplier tangan pertama untuk kebutuhan pembelian stok barang yang berkualitas adalah hal yang perlu setiap pemilik bisnis ketahui. Apa pun jenis bisnis yang kamu jalankan, baik itu toko offline maupun online, produk yang ditawarkan kepada calon pelanggan haruslah yang memiliki kualitas bagus. 

Nah, terdapat banyak cara yang tersedia bagimu untuk mengambil stok barang dari pihak lain, tapi salah satu cara yang disarankan kalau kamu ingin mendapatkan stok barang yang berkualitas adalah melalui supplier tangan pertama.  

Mengapa mengambil barang dari supplier tangan pertama sangat dianjurkan bagi para pebisnis, terutama bagi pebisnis yang baru membuka usahanya? Selain itu, bagaimana sih cara mencari supplier tangan pertama untuk mendapatkan stok barang yang berkualitas? 

Kalau kamu punya pertanyaan yang sama dengan pertanyaan di atas, yuk cari tahu informasi selengkapnya tentang supplier tangan pertama di artikel ini!

 

Cara Mencari Supplier

 

Pengertian Supplier Tangan Pertama

Sebelum kamu tahu bagaimana cara mencari supplier tangan pertama, ada baiknya kamu memahami apa itu supplier tangan pertama di lingkup bisnis.

Istilah supplier memang sudah tidak asing lagi terdengar di telinga orang-orang, kamu yang terjun ke dunia perbisnisan juga pasti sudah paham mengenai supplier.

Supplier berasal dari kata ‘supply’ yang dalam Bahasa Indonesia berarti memasok, sehingga arti harfiah dari supplier adalah ‘pemasok’. Lebih lanjut, supplier biasanya adalah pihak yang menjual stok bahan baku atau bahan mentah yang selanjutnya diproses lebih lanjut menjadi produk jadi. 

Lantas, bagaimana dengan supplier tangan pertama? Berbeda sedikit dengan supplier pada umumnya, supplier tangan pertama merupakan pemasok dan pada saat yang bersamaan mereka juga berfungsi sebagai sebagai produsen karena mereka lah juga yang memproduksi barang dalam kuantitas yang besar.

Mendapatkan pasokan stok barang dari supplier tangan pertama memiliki beberapa keuntungan tersendiri, antara lain:

  • Dapat mengambil barang dalam jumlah yang banyak yang berpotensi untuk dijual kembali ke pihak-pihak lain, seperti reseller atau dropshipper dalam kuantitas yang besar pula.
  • Lebih leluasa dalam menentukan margin sendiri atas harga jual barang tersebut untuk mendapatkan keuntungan maksimal.
  • Lebih leluasa pula dalam pemilihan supplier yang sesuai dengan kebutuhan bisnismu.
Baca Juga 
Kenali 4 tipe konsumen toko online berikut ini

Akan tetapi, tentu saja terdapat tantangan yang perlu kamu hadapi ketika memutuskan untuk mengambil barang dari supplier. Tantangan tersebut salah satunya adalah cara dalam menemukan penjual yang benar-benar supplier tangan pertama.

Pasalnya, saat ini jumlah orang yang menjual barang dari supplier tangan pertama sudah banyak. Jadi, akan lebih susah buatmu untuk membedakan mana orang yang benar-benar merupakan supplier tangan pertama dan mana yang bukan.

Oleh karena itu, kalau kamu memutuskan untuk mengambil stok barang dari supplier, kamu perlu mengetahui cara mencari supplier tangan pertama. Tenang aja, Di bagian artikel selanjutnya kami sudah merangkum cara mencari supplier tangan pertama yang bisa kamu lakukan!

Tonton Juga: #SellerStory Zalona Store : Rahasia Sukses Bisnis Online Fashion Hijab

Ini Dia Beberapa Cara Mencari Supplier Tangan Pertama

Jangan ragu untuk memulai bisnismu! Kalau kamu masih kebingungan untuk jualan apa, kamu bisa mencari produk-produk sesuai minat bisnismu melalui supplier yang terpercaya. Nah, berikut ini adalah rangkuman dari beberapa cara mencari supplier tangan pertama yang dapat kamu coba!

Cara Mencari Supplier

  • Mencari di Pusat atau Sentra Bisnis UMKM

Cara mencari supplier tangan pertama yang pertama adalah dengan mencari langsung barangnya di pusat atau sentra industri UMKM. 

Ada beberapa keuntungan yang dapat kamu ambil dengan datang langsung ke tempat-tempat tersebut. Salah satunya adalah kamu bisa melihat secara langsung kualitas dari produknya. Mengecek kualitas produk tentu sangat bermanfaat, karena nantinya kamu tidak perlu khawatir lagi soal kualitas barang yang akan dijual kepada pelanggan. 

Selain itu, kamu bisa menilai sendiri apakah produsen atau supplier tersebut dapat memberikan hubungan kerja yang menguntungkan atau tidak. Berbicara langsung dengan supplier merupakan keuntungan lainnya, karena kamu dapat membangun hubungan kerja di situ dan menambah rasa kepercayaan dengan mereka. Siapa tahu dengan mengobrol langsung dengan supplier tangan pertama, kamu bisa mendapatkan harga yang murah? Bisa jadi bonus buatmu!

Baca Juga 
Usaha Waralaba: Definisi, Keuntungan, dan Jenis-Jenisnya

Kamu juga bisa mendatangi tempat-tempat serupa, seperti kalau acara bazaar yang diikuti oleh UMKM.  Cara mencari supplier tangan pertama ini juga sebaiknya kamu gunakan sebagai kesempatan bagus untuk membangun relasi dan kerja sama dengan supplier-supplier.

 

Cara Mencari Supplier

  • Mencari di Situs E-Commerce atau Marketplace

Perkembangan teknologi saat ini membawa kemudahan tertentu bagi kehidupan manusia. Dalam hal berbisnis misalnya, kamu dapat mencari supplier dengan mudah di situs e-Commerce atau marketplace. Yap, ini adalah cara mencari supplier tangan pertama yang selanjutnya!

Mencari stok barang melalui platform ini juga tidak kalahnya dengan mendatangi langsung pusat UMKM karena kamu juga dapat menemukan banyak supplier dan varian barangnya. Kamu juga bisa melihat harga yang ditetapkan oleh supplier dengan mudah. Masalah pengiriman pun juga mudah, karena kebanyakan situs tersebut sudah bekerjasama dengan kurir-kurir di Indonesia.

Untuk dapat melakukan cara mencari supplier tangan pertama ini, kamu bisa mencarinya dengan kata kunci “supplier tangan pertama” dan masukkan juga nama dari jenis barang yang kamu cari. Lalu, tinggal pilih barang dan pedangan yang cocok denganmu deh!

Namun, kekurangan dari cara mencari supplier tangan pertama yang satu ini adalah kamu tidak bisa melihat kualitas barang secara langsung. Sehingga membutuhkanmu untuk membeli sample barang terlebih dahulu sebelum akhirnya yakin untuk membelinya dalam jumlah banyak.

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini 5 Cara Berjualan Online agar Cepat Laku

  • Mendatangi Pasar Pusat Grosir

Cara mencari supplier tangan pertama yang mudah dilakukan juga adalah dengan mencarinya di pusat grosir. Di setiap kota-kota di Indonesia, pasti setidaknya memiliki pasar grosir di dalamnya. Nah, dengan datang ke pusat grosir, kamu bisa mengecek secara langsung barang dari supplier tangan pertama. Jadi, masalah kualitas barang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

Baca Juga 
Kenali Fitur Aplikasi Rekap Penjualan SmartSeller, Yuk!

Selanjutnya, pasar grosir juga dapat memberikanmu kesempatan untuk mendapat harga beli yang lebih murah karena membelinya dalam kuantitas yang banyak. Pasar grosir juga umumnya memiliki banyak jenis pedagang yang berjualan di sana. Tidak hanya supplier, tapi juga pedagang independen, produsen langsung, reseller, ataupun distributor.

Oleh karena itu, terdapat kemungkinan bahwa penjual di pasar grosir tersebut bukanlah supplier tangan pertama. Oleh karena itu, pastikan saja kamu berbicara dengan mereka soal hal tersebut untuk memastikannya.

Baca Juga: Tips Jualan Online Laris untuk Usaha di Bidang Makanan

Demikian beberapa cara mencari supplier tangan pertama yang bisa kamu coba lakukan untuk mendapatkan pasokan barang jualan yang berkualitas dengan harga yang murah! Semoga cara mencari supplier tangan pertama di atas dapat membantumu ya. Memasok barang dari tangan supplier pertama dapat memberikan keuntungan untuk berbisnis, terutama pebisnis awam.

Nah, kalau kamu sudah mulai berjualan dan membuka toko di berbagai platform online, jangan lupa untuk mengelolanya dengan baik. Cara ampuh untuk kelola banyak toko online ya pakai SmartSeller aja! Banyak fitur dan manfaat yang memudahkan pengelolaan operasional bisnismu makin mudah dan lancar. Praktis karena semuanya bisa diproses lewat satu aplikasi aja. Yuk, download SmartSeller sekarang!