Pada artikel kali ini, kita akan memberikan pembahasan bagaimana cara jualan online laris. 

Banyak dari kamu yang mungkin sudah memulai usaha online dari lama, akan tetapi omset penjualan kamu masih tergolong biasa saja. 

Tentu saja jika kita memulai sebuah bisnis, kita berekspektasi produk yang kita jual bisa laris.

Poin utama dalam berjualan online adalah kamu harus menyadari bahwa semua produk yang kamu jual, hanya bisa dilihat oleh pelanggan melalui gambaran di foto saja. 

Nah, bagaimana caranya hanya dengan melihat foto produk secara online, pelanggan langsung bisa tertarik dengan produk usaha kamu. Berikut beberapa jualan online laris yang bisa kamu coba.

Cara jualan online laris yang harus kamu perhatikan

Kamu bisa mengikuti beberapa cara jualan online laris berikut ini. Pasti cepat untung deh!

1. Bergabung dengan platform marketplace

Memilih marketplace maupun platform toko online merupakan cara pertama ketika kamu ingin berjualan online. 

Karena platform seperti ini menyediakan fitur yang menghubungkan kamu sebagai penjual dengan pelanggan dengan cakupan yang luas.

Platform seperti ini menyediakan berbagai kemudahan bagi kamu yang berjualan secara online. 

Seperti kemudahan dalam bergabung, menyediakan berbagai pilihan ekspedisi untuk membantu mengirimkan produk kamu, hingga menyediakan laporan bisnis kamu secara detail. Kamu bisa cek lengkap di Smartseller.

Mendaftarkan toko online kamu pada sebuah platform online akan membuat produk yang kamu jual tersebut bisa menjangkau pelanggan lebih banyak, sehingga ini diharapkan akan berdampak larisnya produk kamu.

2. Pilihlah produk yang diminati dan dibutuhkan oleh banyak orang

Lagi-lagi cara agar jualan online kamu laris adalah dengan menjual produk-produk yang memang memiliki pasar yang luas. Dengan adanya pasar yang besar, akan lebih mudah bagi kamu untuk memasarkan jualan kamu.

Memilih produk yang banyak dibutuhkan orang dan akan selalu dibutuhkan juga menjadi cara yang tepat jika ingin jualan online kamu laris. Artinya, pasar untuk produk kamu besar, dan permintaan akan produk tersebut berbanding lurus dengan besarnya pasar.

Jika sudah tersedianya pasar yang cukup besar, misalnya seperti berjualan hijab, kita tahu negara Indonesia mayoritas muslim dan masyarakatnya sangat sadar akan kebutuhan hijab yang fashionable, kamu bisa ikut meramaikan pasar ini dengan berjualan hijab fashion dengan kualitas baik dan tampilan menarik.

Walaupun banyak penjual yang ikut terjun di bidang yang sama, akan tetapi pasar yang luas akan selalu tetap membutuhkan supply produk yang banyak juga. Produk yang tepat akan membuat usaha online kamu laris manis.

3. Pilih produk yang tahan lama dan berkualitas bagus

Ketika kamu memilih untuk berjualan online, banyak hal yang harus dipertimbangkan supaya produk kamu laris di pasaran. 

Salah satunya adalah produk yang dijual pilihlah yang bisa tahan lama dan memiliki kualitas bagus. Mengingat kamu harus mengirimkan kepada pelanggan, sehingga butuh waktu untuk sampai kepada pelanggan.

Jika kamu menjual makanan, pilihlah produk makanan yang bisa tahan lama di jalan. Cara lainnya mungkin kamu bisa mengemas dengan sebaik mungkin sehingga ketika produk kamu sampai kepada pelanggan, produk tersebut masih dalam keadaan bagus.

Memilih produk yang memiliki pasar besar, juga akan santa memungkinkan persaingan antar penjual juga cukup ketat. Produk kamu haruslah bisa lebih unggul dengan memberikan kualitas terbaik pada produk kamu. 

Posisikan diri kamu sebagai pelanggan, apakah kamu tertarik dan puas dengan produk kamu.

Produk yang memang berkualitas akan selalu dicari oleh pelanggan. Upgrade kualitas produk kamu. Cara ini juga akan membantu usaha online kamu menjadi laris.

4. Upload foto produk dengan jelas dan menarik

Cara berikutnya yang bisa membuat jualan online kamu laris adalah dengan mengupload foto produk yang jelas dan menarik. 

Cara yang satu ini bisa kamu lakukan sendiri dengan mengambil gambar produk kamu dan mengeditnya agar terlihat menarik.

Jika kamu tidak percaya diri dengan kemampuan fotografi kamu, maka bisa menggunakan jasa fotografer profesional untuk membantu kamu mengambil gambar foto produk kamu.

Pelanggan biasanya sangat tertarik dengan tampilan visual produk yang jelas dan menarik. Ini akan menjadi titik awal ketertarikan pelanggan akan produk jualan online kamu. 

Jika tampilan foto saja tidak menarik, bagaimana bisa pelanggan melirik. Hal ini akan berdampak kepada tidak larisnya jualan kamu.

5. Bersikap ramah dan profesional kepada pelanggan

Tantangan ketika kamu berjualan online adalah kamu harus menghadapi berbagai jenis pelanggan dengan berbagai macam pertanyaan. 

Cara untuk menarik pelanggan ini adalah dengan bersikap ramah dan profesional kepada mereka.

Berhubung mereka tidak bisa melihat produk kamu secara langsung, maka sebagian besar dari pelanggan akan cukup bawel untuk bertanya mengenai produk kamu. 

Kamu sebagai penjual harus bisa memberikan informasi sedetail mungkin agar pelanggan yakin untuk membeli produk kamu.

Cara ini sangat efektif untuk memperlaris produk kamu. Jika kamu menjual produk yang sama dengan penjual lainnya, yang akan menjadi pertimbangan bagi pelanggan untuk akhirnya memilih kamu adalah komunikasi yang baik antara kamu dengan pelanggan. Pelanggan akan merasa nyaman dengan kamu.

Banyak ditemui seller yang jarang sekali membalas chat dari pelanggan yang ingin tahu lebih mengetahui produk. 

Jika kamu juga malas untuk berinteraksi dengan pelanggan, bisa dipastikan pelanggan akan enggan membeli produk kamu meskipun produk yang kamu jual memiliki kualitas yang bagus.

Dengan kenyamanan yang pelanggan dapat dari kamu, maka jualan kamu akan lebih laris diserbu oleh pelanggan.

6. Berikan deskripsi yang lengkap pada tampilan produk kamu

Tampilan produk jualan online biasanya menyediakan foto dan deskripsi produk. Jika kamu sudah mengupload foto terbaik dari produk kamu, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah memberikan deskripsi kepada produk jualan online yang kamu tawarkan.

Beberapa hal penting yang harus ada dalam deskripsi produk kamu adalah, kualitas produk, lama tahan, bahan pembuat produk, garansi, dan cara pengiriman. Beberapa hal tersebut adalah hal dasar yang harus ada pada deskripsi produk.

Rincian deskripsi produk jualan online kamu bisa bertambah panjang tergantung produk apa yang kamu jual. 

Jika kamu menjual produk fashion seperti baju dan celana, kamu bisa menambahkan detail ukuran pada deskripsinya. Jika produk yang kamu jual makanan, kamu bisa menambahkan sertifikat BPOM pada deskripsinya.

Dengan lengkapnya deskripsi produk kamu, akan timbul rasa percaya pada pelanggan mengenai kualitas produk tersebut. 

Pelanggan akan tahu detail produk yang akan mereka beli sehingga tidak merasa seperti membeli kucing di dalam karung.

7. Manfaatkan semua media sosial yang kamu miliki untuk promosi

Cara yang ketujuh ini adalah senjata pamungkas gratis yang bisa kamu gunakan agar jualan online kamu laris. Manfaatkan semua sosial media yang kamu miliki untuk mempromosikan produk jualan kamu.

Begitu masifnya penggunaan sosial media di Indonesia telah menjangkiti hampir semua lapisan masyarakat. Tak peduli usia, gender, dan status sosial, hampir semua dari kita menggunakan sosial media.

Walaupun tujuan utama dari sosial media adalah untuk menjalin interaksi dengan teman, saudara, dan kerabat, ini juga bisa kamu manfaat sebagai tempat promosi jualan online kamu agar laris. Beberapa sosial media sekarang juga mempunyai fitur bisnis, sehingga kamu juga bisa bebas mempromosikan jualan kamu.

Demikian beberapa cara jualan online yang bikin produk kamu laris. Cara-cara tersebut sangat mudah dilakukan. Yang paling penting adalah kamu konsisten dalam melakukan cara tersebut agar jualan online kamu bisa laris maksimal.

Semoga bermanfaat!