Cara jadi reseller adalah hal yang paling dicari di mesin pencarian karena banyak pebisnis pemula yang ingin mendirikan jenis usaha ini. 

Zaman sekarang, banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk memperoleh uang dari pekerjaan-pekerjaan yang bermacam-macam bentuknya. Di era yang sudah maju ini, banyak orang yang sudah mencoba banyak hal baru sebagai pekerjaan utamanya, salah satunya adalah menjadi reseller. 

Cara jadi reseller bisa dibilang mudah namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu sebelum kamu terjun dunia reseller. 

Ingin tahu seperti apa itu cara jadi reseller? Di artikel kali ini, kamu akan mengetahui serba-serbi tentang reseller, cara jadi reseller, dan juga contoh bisnis reseller yang bisa kamu lakukan!

 

Cara jadi Reseller

 

Pengertian Reseller

Pertama-tama kamu harus mengerti dulu apa itu reseller. Jadi, apa itu reseller?

Reseller adalah seseorang atau pihak yang menjual kembali produk dari orang atau toko lain yang biasa disebut supplier. Reseller juga pada umumnya mereka tidak memproduksi barang atau produk yang dijual sendiri atau memiliki kontak langsung dengan pabrik dari produk-produk yang dijual, definisi ini merupakan salah satu cara jadi reseller yang penting untuk diperhatikan.

Singkatnya, reseller akan menjual kembali produk yang dimiliki oleh pemilik brand. Namun harga yang didapat dari supplier merupakan harga jual jadi kamu bisa menaikkan harga jual sebagai reseller kepada konsumenmu untuk mendapatkan untung dari selisih harga asli jual tersebut. Hal ini bisa menjadi salah satu trik untuk cara jadi reseller yang menguntungkan untuk kamu.

 

Cara jadi reseller

 

Cara Jadi Reseller

Cara jadi reseller pada intinya adalah kamu akan menjual kembali produk dari sebuah brand, seperti yang sudah dibahas dalam definisi reseller di atas. Cara ini memang terlihat mudah karena kamu sendiri tidak perlu repot-repot memikirkan bagaimana proses produksi produk-produk yang akan dijual. Selain hal tersebut, modal yang dikeluarkan untuk menjadi reseller juga dapat dikatakan lebih kecil daripada menjadi supplier yang mengurus proses produksi barang-barang yang dijual.

Baca Juga 
7 Cara Mengelola Keuangan Usaha Bagi UMKM

Namun, kamu harus tetap berhati-hati dan memperhitungkan beberapa hal agar kamu tidak merugi di akhir. Jadi, bagaimana caranya agar hal ini dapat dihindari?

Untuk lebih detailnya, pertama kamu harus mencari pihak supplier yang baik. Hal ini merupakan langkah yang penting dan vital dalam proses cara jadi reseller yang baik dan sukses. 

Mengapa demikian? Karena jika dari awal pihak supplier yang dipilih merupakan pihak yang tidak bertanggung jawab atau curang, kemungkinan besar kamu akan merugi atau lebih buruknya, kamu bisa aja akan ditipu. Jika perlu, kamu bisa mengunjungi tempat di mana supplier tersebut beroperasi dan lihat langsung bagaimana cara kerja serta kualitas produk yang akan dipasarkan.

 

Baca Juga: 8 Faktor Keberhasilan Wirausahawan yang Perlu Kamu Tahu

 

Selanjutnya, kamu harus mendapatkan penawaran harga yang bagus dan strategis agar dapat menjualnya kembali dan mendapat keuntungan yang sepadan. Hal ini juga merupakan aspek yang sangat penting pada proses cara jadi reseller karena hal ini yang akan menjadi patokan perhitungan untung atau tidaknya usaha kamu menjadi reseller.

Setelah itu, sebagai pihak reseller, kebanyakan pihak supplier akan mewajibkan kamu membeli sejumlah produk (tidak hanya satu), minimal 1 lusin atau 12 produk. Hal ini dilakukan sebagai cara jadi reseller yang bisa dipercayai melalui sebuah “bentuk tanggungan” untuk membuktikan kalau kamu adalah reseller yang baik dan bijak.

Hal penting terakhir untuk memenuhi syarat dan cara jadi reseller yang baik adalah dengan harus lebih bijaksana dalam melakukan proses penyetokan produk. Bila dirasa produk-produk sudah akan habis, kamu bisa mulai lakukan pemesanan kembali kepada pihak supplier.

Reseller sendiri merupakan jenis usaha dimana hal utama yang kamu butuhkan untuk menjalankan usahanya adalah menggunakan smartphone. 

Baca Juga 
Apa itu Dispatch: Definisi, Prosedur serta Tugasnya

Cara jadi reseller dalam singkatnya adalah kamu akan memasarkan atau menjual sebuah produk dari supplier ke orang-orang yang sudah kamu targetkan sebelumya, kamu tidak perlu susah payah mengemas barang tersebut untuk dikirim karena pihak supplier lah yang akan melakukan hal tersebut. Kamu hanya perlu mengirimkan rincian barang apa saja, berapa jumlah yang dipesan dan alamat customer yang memesan kepada supplier.

 

Tonton Juga: #SellerStory Haromain Dates : Dari Guru Ngaji Hingga Omset Ratusan Juta Per Hari

 

Cara jadi reseller

Contoh-Contoh Ide Bisnis Reseller

Nah, kalau kamu sudah memahami cara jadi reseller, berikut adalah contoh bisnis reseller yang bisa jadi inspirasimu untuk memulai usaha!

 

1. Pulsa dan Paket Data

Di zaman yang serba modern dan penuh teknologi ini, produk seperti pulsa dan paket data merupakan barang yang sangat vital dan dicari oleh orang banyak. Hal ini bisa menguntungkan dalam jumlah yang banyak dan bisa menjadi salah satu ide cara jadi reseller yang berhasil. Kamu bisa melakukan ini melalui online atau offline.

2. Suplemen Diet

Percaya atau tidak, produk suplemen diet juga merupakan salah satu produk atau barang yang laku untuk dijual kembali atau resell. Orang-orang masih suka mengonsumsi suplemen diet untuk menurunkan berat badan mereka namun, perlu kamu perhatikan bahwa produk yang kamu jual harus produk aman dan memang sudah terdaftar secara hukum atau BPOM. Kalau tidak, kamu bisa terjebak dalam masalah yang besar.

 

Cara jadi reseller

3. Obat Herbal

Selain suplemen diet, produk serupa yang masih suka dikonsumsi orang-orang adalah obat herbal. Hal ini karena banyak orang yang sudah beralih ke obat-obat yang alami karena dipercaya lebih aman dari obat kimiawi. Kamu bisa menggunakan kesempatan ini sebagai cara jadi reseller yang oportunis yaitu memanfaatkan kesempatan untuk membuka usaha. 

Baca Juga 
Penting! Ini Dia Fungsi Laporan Keuangan Perusahaan

 

4. Skincare dan Kosmetik

Skincare dan kosmetik juga termasuk dalam daftar barang yang banyak peminatnya di zaman sekarang, dari perempuan dan laki-laki juga sekarang ini sudah banyak yang membeli skincare pula. Hal ini juga bisa menjadi kesempatan dan cara jadi reseller yang sukses dalam menjual produk skincare dan kosmetik.

 

5. Reseller Baju, Sepatu, dan Tas

Produk seperti baju, sepatu dan tas juga dapat dikatakan sebagai barang yang populer untuk reseller jual dalam usaha ini. Hal ini disebabkan penampilan merupakan kebutuhan yang orang-orang zaman sekarang pentingkan apalagi di dunia yang penuh dengan interaksi dengan orang lain. Kamu pasti ingin berpenampilan baik untuk membuat kesan yang baik kepada orang lain. 

 

6. Aksesoris Handphone

Ide bisnis yang satu ini juga merupakan salah satu cara jadi reseller yang berpotensi sukses dan menguntungkan. Hal ini karena printilan atau aksesoris handphone banyak diminati oleh kawula muda zaman sekarang. Umumnya, bisnis ini dilakukan secara online.

 

Baca Juga: Mengenal Pentingnya Pembukuan Usaha dan Cara Membuatnya

 

Itulah panduan atau cara jadi reseller yang dapat menguntungkan sebagai ide bisnis yang dapat kamu lakukan di zaman sekarang. Menjadi reseller memang memiliki keuntungan yang besar apalagi jika kamu dapat mengelola usaha ini dengan baik. Gimana? Sudah siap untuk menerapkan cara jadi reseller di atas?

Nah, agar usaha reseller-mu berjalan lancar, kamu bisa memanfaatkan aplikasi SmartSeller! Dengan fitur Private Order-nya, kamu bisa dengan mudah menyediakan katalog produk, ketersediaannya, sekaligus melakukan pemesanan. Yuk, pakai SmartSeller agar pengelolaan usahamu lebih mudah!