Cara jualan di marketplace agar cepat laris dan cuan memiliki tips dan trik khusus. Terutama jika kamu adalah pemain baru dalam urusan jual beli online. Kamu perlu menggunakan strategi yang lebih cepat dan menghasilkan lebih banyak uang dengan mudah agar tidak kalah bersaing dengan yang lain. Untuk itu diperlukan tips dan trik khusus tentang cara jualan di marketplace agar cepat laris dan cuan.

 

Trik dan Cara Jualan di Marketplace Agar Cepat Laris

Cara Jualan di Marketplace

 

Memulai jualan di marketplace membutuhkan banyak perencanaan matang. Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan beberapa tips dan trik yang perlu dilakukan. Berikut ini adalah beberapa tips dan cara jualan di marketplace yang bisa kamu ikuti.

  1. Meningkatkan SEO


    SEO adalah trik penting yang perlu kamu kuasai jika ingin meningkatkan kualitas jualan secara online. Singkatnya, SEO adalah hal yang membuat produk atau usahamu bisa ditemukan dengan mudah secara online. Jadi penting sekali untuk meningkatkan SEO dari produk dan usahamu. Tanpa adanya SEO yang tepat, maka produk dan usahamu akan sangat susah ditemukan oleh pelanggan secara online. Ini akan mempersulit proses berkembangnya usaha. Sebaliknya, jika SEO yang digunakan tepat, maka kamu bisa dengan mudah meningkatkan penjualan.

    Kamu bisa melakukan beberapa tips:

  • Menggunakan kata kunci yang relevan dengan produk dan usahamu agar bisa lebih mudah ditemukan oleh pelanggan.
  • Membuat konten segar yang unik setiap harinya jadi tidak dinilai sebagai website yang plagiat.
  • Gunakan kaidah SEO untuk konten tersebut agar kata kunci bisa tersusun dengan rapi.
  • Pastikan website atau halaman milik bisnismu mudah dibuka dan tidak terlalu berat saat diakses.

 

  1. Menunjukkan Testimoni


    Calon pembeli akan lebih percaya pada suatu produk jika banyak orang yang merekomendasikan produk tersebut. Inilah pentingnya testimoni dalam pemasaran suatu produk. Testimoni membantu meyakinkan calon pembeli lain untuk membeli produk yang sama. Testimoni juga yang meyakinkan calon pembeli lain untuk memilih produk tersebut. Jadi pemilihan testimoni sebagai salah satu cara memang sangat efektif apalagi untuk usaha online.

    Testimoni juga menjadi bukti bahwa produk telah digunakan oleh banyak orang dan sudah dipercaya masyarakat untuk menjadi solusi masalah mereka. Ini karena dengan adanya testimoni, kepercayaan masyarakat akan lebih meningkat dan keyakinan untuk mencoba produk juga semakin tinggi.

    Baca Juga: Contoh Action Plan Sederhana untuk Bisnis Online

  2. Promosi di Media Sosial

    Cara Jualan di Marketplace

    Cara jualan di marketplace agar cepat laris selanjutnya adalah promosikan di media sosial. Media sosial merupakan bagian dari pesatnya perkembangan usaha kecil secara online. Berjualan lewat online tanpa memiliki media sosial terasa sangat janggal di era saat ini. Terutama dengan fitur bisnis lengkap yang telah disediakan oleh media sosial. Jadi kamu perlu memanfaatkan penggunaan media sosial untuk usahamu.

    Pahami juga bahwa setiap media sosial memiliki persona tersendiri sehingga kamu perlu menyesuaikan jenis konten yang paling pas. Sebagai contoh, Instagram lebih cocok untuk membangun branding dan katalog. Jadi, kamu perlu menyediakan foto-foto menarik berkualitas tinggi untuk di Instagram. Sementara itu, TikTok merupakan aplikasi yang berbasis video pendek, jadi kamu perlu menyiapkan video pendek untuk promosi di TikTok. Masing-masing media sosial memiliki cara tersendiri, jadi kamu perlu memperhatikan kebutuhan tersebut.

  3. Maksimalkan Layanan Pelanggan


    Saat berbelanja secara online, akan sulit untuk memastikan kategori pelanggan karena komunikasi dilakukan secara online juga. Jadi pastikan kamu selalu memberikan pelayanan terbaik agar usahamu tetap menjadi yang terbaik di mata pelanggan. Ini bisa menjadi salah satu cara jualan di marketplace yang paling efektif.

    Kamu bisa mulai dengan cara menggunakan fitur yang ada di marketplace tersebut untuk meningkatkan pelayanan pelangganmu. Banyak marketplace yang sudah memiliki fitur balas pesan otomatis sehingga kamu tidak perlu kerepotan membalas banyak pertanyaan dari pelangganmu di waktu bersamaan. Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan bahasa yang sopan dan santun kepada pelanggan. Jadi para pelanggan merasa lebih dihargai oleh usahamu.

  4. Tawarkan Diskon, Promo, dan Paket

    Cara Jualan di Marketplace

    Seringkali, yang membuat para calon pembeli batal untuk melakukan transaksi adalah harga yang tidak sesuai dengan ekspektasi mereka. Untuk itu, cara yang paling tepat untuk mengatasi hal ini adalah dengan menawarkan promosi, diskon, dan paket yang menarik untuk mereka. Dengan begitu, para calon pembeli bisa lebih tergoda dengan harga yang ditawarkan.

    Kamu perlu memilih mana jenis promosi yang lebih sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Misalnya untuk promosi di hari ulang tahun pembeli, jenis promosi ini akan membuat pembeli menjadi lebih spesial dan merasa bahwa pembeli berhak untuk membeli barang tersebut sebagai self reward di hari ulang tahunnya. Contoh lainnya lagi adalah promo paket untuk produk yang saling berkaitan. Ini akan meningkatkan nilai jual produk di mata pembeli sehingga mereka akan langsung membeli produk saat itu juga. Jadi memilih jenis promosi dan diskon yang digunakan juga sangat penting sebagai cara jualan di marketplace agar cepat laris.

    Baca Juga: Stock Opname Artinya, Penjelasan dan Cara yang Paling Tepat

  5. Tawarkan Sedikit Pilihan

    Jika kamu mulai memiliki banyak variasi produk, pastikan kalau kamu memiliki sedikit pilihan yang sama-sama bernilai tinggi untuk pelanggan. Ini adalah salah satu cara jualan di marketplace yang paling efektif untuk menarik perhatian pelanggan dan membuat mereka tergoda untuk langsung membeli produk.

    Dengan menawarkan sedikit pilihan kepada pelanggan, pelanggan akan lebih mudah fokus pada kebutuhan mereka. Mereka juga akan lebih menilai dengan jelas mana produk yang pantas untuk dibeli. Selain itu, memberikan terlalu banyak pilihan juga akan membuat pelanggan merasa kebingungan dan kesulitan untuk memilih. Ini justru akan membuat pembelian batal.

  6. Buat Pengembalian Lebih Mudah

    Cara Jualan di Marketplace

    Proses pengembalian barang dalam usaha adalah bagian dari pelayanan pelanggan yang tidak boleh dilupakan. Tentunya kamu perlu mempermudah proses pengembalian barang jika ingin meningkatkan kualitas pelayananmu. Berbelanja secara online memang memberikan banyak kendala bagi pelanggan, jadi kamu perlu menyiapkan proses pengembalian yang paling pas dan sesuai serta cepat agar pelanggan bisa menikmati produk mereka.

    Misalnya dengan menawarkan pengiriman gratis untuk proses pengembalian sehingga pelanggan tidak akan merasa keberatan dengan hal tersebut. Kemudian menyediakan skema alur pengembalian yang telah dipermudah. Ini merupakan salah satu strategi cara jualan di marketplace yang paling pas agar pelanggan dan usaha sama-sama puas di akhir transaksi.

  7. Ingatkan Pelanggan

    Mengingatkan pelanggan tentang promo, diskon, bahkan tas belanja yang belum diproses adalah salah satu cara jualan di marketplace yang efektif untuk dilakukan. Rajin mengingatkan pelanggan terhadap kebutuhan mereka juga bisa menjadi salah satu cara untuk menjalin hubungan erat dengan pelanggan. Misalnya dengan mengingatkan tas belanja yang belum diproses, promo atau diskon yang belum diambil, hingga informasi lainnya.

 

Tips dan cara jualan di marketplace seperti di atas tentunya akan bisa dilaksanakan dengan lancar jika kamu memilih marketplace yang tepat dan memiliki sistem untuk mengelola pesanan usaha secara efektif juga. Misalnya dengan menggunakan SmartSeller yang memiliki fitur Order Management yang membantu proses pengelolaan pesanan hingga pengiriman pesanan usahamu. Yuk langsung saja coba pakai SmartSeller sekarang juga!

 

Baca Juga 
Alasan Pentingnya Memilih Jasa Pengiriman Barang Murah