Ketika kamu mulai berbisnis, kamu harus menerapkan prinsip-prinsip yang ada agar bisnis kamu lebih tertata dan terdata sekalipun bisnis kamu masih dalam skala kecil. Prinsip-prinsip ini tidaklah sulit dan dapat dibuat dengan cara yang sederhana. Salah satunya adalah pencatatan dalam buku stok barang.

Sesuai namanya, buku ini berisi berbagai hal mengenai stok barang. Selain itu, ada berbagai manfaat yang bisa didapatkan dengan mengetahui stok barang melalui buku ini. Namun sebelumnya, kita akan membahas mengenai pengertian dari buku tersebut terlebih dahulu.

Pengertian Buku Stok Barang

Stok barang di gudang harus rutin dihitung. Tidak hanya sekedar dihitung, namun hasilnya juga harus dicatat dalam pembukuan stok barang sehingga kamu mempunyai data barang yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.

Meskipun kegiatan ini bisa membutuhkan waktu lama dan terlihat melelahkan, namun hal ini penting dilakukan agar kamu bisa mengetahui berapa banyak barang yang tersisa. Selain itu, kamu juga bisa mengantisipasi bila ada kerusakan atau kecacatan barang di gudang.

Tidak hanya buku saja, namun juga ada kartu stok barang yang berupa lembaran dalam melacak pembelian, penjualan, dan transaksi lain mengenai barang-barang dalam bisnismu. Data dari kartu ini juga harus tersedia di buku.

Manfaat Pencatatan Stok Barang

Ada berbagai manfaat dari pencatatan stok barang baik di buku maupun di kartu. Berikut diantaranya:

  • Dapat Mengontrol Stok

Terkadang tenaga kerja bisa lalai atau sistem yang mengalami kesalahan dalam menjalankan bisnis. Dengan pencatatan pada buku stok barang, kamu bisa mengontrol barang dan mengurangi dampak akibat kesalahan tersebut.

Tak hanya itu, dengan pencatatan stok barang kamu juga bisa mengantisipasi masalah terlebih akibat kekeliruan tersebut. Di samping itu, di atas juga sudah disinggung bahwa pencatatan stok barang juga dapat membantu kamu dalam mengetahui barang rusak atau cacat.

  • Dapat Mengetahui Pergerakan Stok

Dengan adanya pencatatan dalam buku ini, kamu dapat mengetahui pergerakan barang masuk atau keluar. Di samping itu, kamu juga bisa mengetahui bila ada retur dan hal-hal lain yang berkaitan dengan pergerakan barang.

Baca Juga 
Konsep Strategi Pemasaran: Pengertian dan Cara Membuat

Dengan demikian, buku stok dapat digunakan sebagai dokumen yang akurat dalam pencatatan barang. Segala mutasi barang pun bisa dilacak melalui buku ini.

  • Dapat Menjadi Perbandingan

Dalam menjalankan bisnis, tentu kamu mempunyai perangkat atau catatan lain yang berhubungan dengan bisnismu, seperti catatan keuangan. Catatan-catatan tersebut dapat dibandingkan dengan catatan pada buku stok ini untuk memastikan kesesuaian keuangan dan realita di lapangan.

Jika tidak sesuai, kamu bisa segera mengantisipasi masalah tersebut sebelum mengalami kerugian yang lebih besar. Oleh sebab itu, disarankan untuk rutin membandingkannya.

  • Dapat Mencegah Kecurangan

Salah satu manfaat penting dalam pencatatan stok barang adalah dapat mencegah kecurangan oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab. Sekalipun memang terjadi kecurangan, kamu sudah memiliki bukti berupa data yang akurat.

Tips Pencatatan Stok Barang

Ada beberapa tips  yang bisa kamu terapkan dalam mencatat stok barang, yakni:

  • Mengelompokkan Barang

kamu bisa memulai pencatatan stok barang dengan mengelompokkan jenis barang ke tempat-tempat tertentu. Setelah itu, letakkan kartu stok barang di masing-masing tempat tersebut untuk mengontrol barang di sana.

Data-data dari kartu tersebut bisa direkap dalam buku stok agar kamu bisa mengetahui jumlah stok dalam keseluruhan. Namun jangan lupa untuk memastikan lagi dengan keadaan di lapangan.

  • Membuat Sesuai Format

Buatlah catatan mengenai stok barang sesuai format yang mengandung keseluruhan transaksi. Dengan demikian kamu bisa meminimalisir akan adanya transaksi yang terlewat dalam pencatatan tersebut.

Itulah ulasan mengenai buku stok barang. Selain berbentuk buku, kini ada beragam perangkat lunak yang terhubung dengan sistem. Kamu juga bisa menggunakannya untuk mencatat stok barang, sehingga kamu tidak perlu kesulitan mencatat secara manual.

Dengan menggunakan aplikasi Smartseller, mengatur stok barang akan terlihat lebih mudah, meskipun kamu memiliki banyak toko online di beberapa marketplace yang ada di Indonesia. Karena Smartseller ini memiliki fitur inventory management yang sangat mudah digunakan oleh kamu yang sedang menggeluti bisnis jual beli barang secara online.

Baca Juga 
Punya Toko Offline, Masih Perlukah Toko Online?