Ingin tahu apa saja ide usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan? Kalau kamu saat ini tinggal di wilayah pedesaan atau ingin mencoba peruntungan bisnis di situ, ini berarti kamu berada di artikel yang tepat! 

Pada umumnya, penduduk yang hidup di pedesaan memiliki profesi sebagai petani atau pekebun karena memiliki lahan untuk bercocok tanam dan kecenderungan lebih untuk memanfaatkan hasil kekayaan alam. Tapi, tidak menutup kemungkinan juga bahwa ada kalangan penduduk pedesaan tidak menjalankan profesi tersebut. Apakah kamu salah satunya?

Membuka usaha sendiri adalah pilihan lain yang bisa kamu coba untuk berkarir selain bertani ataupun berkebun. Dengan memanfaatkan dan melihat peluang yang ada, kamu bisa mengubahnya sebagai kesempatan untuk berbisnis.

Akan tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa bagi kebanyakan pengusaha pemula, memilih jenis usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan adalah hal yang tidak mudah untuk dilakukan. Banyak faktor yang harus dipertimbangkan oleh calon pengusaha sebelum memilih bidang bisnis mana yang ingin mereka geluti. 

Kalau kamu merasakan hal yang sama, tidak usah khawatir! Melalui artikel ini, kami sudah merangkum beberapa ide usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan yang saat ini memiliki peluang bisnis yang cukup dapat mengisi cuan di  pundi-pundimu. Jadi, yuk langsung baca artikel ini sampai tuntas!

 

Usaha yang Cocok untuk Pemula di Pedesaan

 

Ini Dia Contoh Usaha yang Cocok untuk Pemula di Pedesaan!

Dari banyaknya jenis usaha yang ada saat ini, hanya ada beberapa usaha yang memenuhi kategori sebagai usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan. Kira-kira ada apa saja? Berikut adalah daftarnya!

 

  • Membuka SPBU Mini

SPBU atau pom bensin memang saat ini sudah ada di setiap wilayah, tidak terkecuali di pedesaan. Tapi, bukan hal yang tidak biasa kalau di wilayah pedesaan itu jarang bisa ditemukan SPBU. Kalau pun ada, jarak tempuh antara SPBU dan suatu pedesaan itu cukup memakan waktu alias dapat dikatakan jauh.

Baca Juga 
Cara Mudah Mengoptimasi Instagram Bisnis, Followers Meningkat Orderan Bermunculan!

Hal inilah mengapa membuka SPBU mini adalah usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan. Bagi kamu yang belum tahu, SPBU mini ada yang berbentuk usaha waralaba lho. Jadi, kalau ingin memulai bisnis ini, kamu perlu mengontak pemilik untuk dapat membuka SPBU mini. Selanjutnya, nanti kamu akan diberikan pilihan paket berjualan berdasarkan harga-harganya.

Kalau sudah, kamu bisa langsung berjualan. Selain menjalankan usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan ini, kamu bisa juga menambahkan usaha lainnya, misalnya seperti bengkel atau tempat cuci motor. Jadi, bisnismu ini terasa makin lengkap deh!

 

Usaha yang Cocok untuk Pemula di Pedesaan

  • Coffee Shop atau Warung Kopi

Melihat tren dan tingginya minat masyarakat saat ini, terutama kalangan anak muda, yang suka untuk nongkrong di sebuah tempat, membuka coffee shop juga bisa jadi usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan.

Coffee shop atau warung kopi adalah tempat yang dapat mengakomodasi kalangan masyarakat yang ingin mencari lokasi untuk berkumpul dan menghabiskan waktu bersama kerabat, atau bisa juga untuk mengerjakan tugas dan bekerja. Pasalnya, tempat ini juga dapat menjadi pilihan yang murah bagi mereka untuk menghabiskan waktu.

Kamu bisa mendirikan coffee shop secara independen. Maksudnya, kamu bisa mencari tahu dan membuat resep sendiri akan produk kopi yang kamu tawarkan. Ada pilihan lain juga untuk membuka waralaba coffee shop kalau kamu ingin alternatif cara yang lebih mudah dan praktis. 

Dengan menarget kalangan anak muda dan masyarakat umur produktif, dijamin usaha ini bisa laku keras di pedesaan, apalagi kalau kamu menyediakan tempat yang luas, ada fasilitas WiFi, atau fasilitas lainnya.

 

  • Agen Kurir Pengiriman Paket

Usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan yang selanjutnya juga munculnya tidak terlepas dari perkembangan zaman. Yap, dengan berubahnya perilaku jual-beli barang masyarakat yang kini dapat dilakukan melalui cara online, kamu bisa mengubahnya menjadi peluang usaha yang menjanjikan lho.

Baca Juga 
Bisnis Kecil dengan Modal Kecil yang Bisa Dimulai Sejak Dini

Di wilayah pedesaan mungkin belum banyak agen kurir pengiriman paket. Dengan adanya kamu yang membuka bisnis di area tempat tinggalmu, kamu bisa menawarkan solusi kepada masyarakat sekitar yang ingin mengirim barang ataupun membeli barang.

Baca Juga: Temukan Jasa Pengiriman Terdekat Hanya di SmartSeller

Bila ada pebisnis sekitar yang ingin mengirimkan barang kepada pelanggan di luar kota, kamu bisa mengakomodasi pengiriman tersebut. Begitu pula dengan ketika ada masyarakat yang membeli barang secara online dari luar wilayah. Bisnismu bisa jadi andalan untuk kebutuhan masyarakat tersebut. 

 

Usaha yang Cocok untuk Pemula di Pedesaan

 

  • Menjual Pulsa dan Token Listrik

Bisnis lainnya yang juga tidak kalau punya prospek yang menguntungkan di pedesaan adalah membuka jualan token listrik dan pulsa. 

Masyarakat saat ini tidak bisa jauh dari penggunaan Internet dan akan selalu meningkat seiring dengan berkembangnya zaman. Penggunaan smartphone juga sudah merambah semua kalangan di semua wilayah. Oleh karena itulah, kesempatan emas ini dapat kamu jadikan ide usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan! 

Lalu, dengan adanya inovasi dari PLN yang memungkinkan masyarakat untuk menggunakan listrik berbasis sistem token, kamu juga dapat menjadikan peluang ini untuk menyediakan pembelian token listrik untuk masyarakat di sekitarmu.

Satu hal yang perlu kamu pertimbangkan untuk membuka usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan ini adalah pemilihan lokasi bisnis yang strategis. Lokasi yang dilalui oleh orang banyak bisa jadi pertimbangan, misalnya kamu membuka konter ini di ruko dekat persimpangan jalan besar. 

 

Nah, selain pulsa dan token listrik, sebenarnya kamu bisa menambah produk serupa juga, misalnya kartu perdana atau SIM card, kuota internet, ataupun pembayaran elektronik lainnya.

Baca Juga 
Cara Jitu Menjadi Distributor frozen food yang Sukses

 

Usaha yang Cocok untuk Pemula di Pedesaan

 

  • Usaha Sembako

Ide usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan yang terakhir adalah membuka toko sembako. Yap, produk-produk sembilan bahan pokok atau sembako akan selalu dibutuhkan oleh masyarakat di mana pun mereka berada. 

Akan tetapi, terkadang di wilayah pedesaan keberadaan tempat yang menjual produk sembako hanya berada di lokasi tertentu saja dan butuh beberapa waktu untuk dapat menjangkaunya. Dengan kata lain, jarak yang harus ditempuh ketika orang ingin berbelanja sembako itu jauh.

Nah, alasan kenapa usaha sembako adalah usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan karena kamu bisa melihat masalah tersebut dan mengubahnya menjadi peluang bisnis yang menjanjikan di wilayah pedesaan. Tokomu bisa jadi solusi bagi masyarakat sekitar wilayahmu untuk dapat membeli barang sembako yang mereka butuhkan.

Baca Juga: Perkiraan Modal Usaha Sembako untuk Buka Usaha di Rumah

Untuk memulainya, kamu bisa mencari supplier produk-produk sembako, misalnya melalui pusat distributor atau cara yang lebih mudah dengan membelinya secara online melalui e-Commerce atau marketplace. Membeli barang dalam kuantitas besar memungkinkanmu untuk mendapatkan harga yang lebih murah, sehingga kamu bisa menetapkan margin sesuai dengan keuntungan yang diinginkan.

Itulah lima ide usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan yang bisa kamu coba! Jadi, sudah mulai ada bayangan ide usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan mana yang ingin kamu wujudkan? Apapun usahamu, jangan lupa untuk berikan layanan yang berkualitas kepada pelanggan agar bisnis bisa makin berkembang ya!

Salah satu cara untuk mengembangkan bisnis adalah dengan memiliki situs web buat usahamu. Bingung memulainya? Pakai aja aplikasi SmartSeller! SmartSeller adalah aplikasi yang dapat membantumu membuat situs web jualan dengan mudah dan cepat lho. Yuk, download aplikasi SmartSeller sekarang!