Memenuhi syarat jualan di TikTok tentu diperlukan agar kamu dapat terdaftar sebagai Seller di TikTok Shop. Sudah banyak pebisnis yang melebarkan sayap bisnisnya ke berbagai platform jual beli online dan salah satunya adalah TikTok Shop. Fitur social commerce dari TikTok ini digadang-gadang mampu meningkatkan penjualan bisnis secara signifikan.

Bagaimana tidak? TikTok diketahui adalah media sosial yang ramai digunakan oleh masyarakat Indonesia saat ini. Rasanya di zaman sekarang ini, TikTok dapat ditemukan terinstall di smartphone berbagai kalangan orang. Sehingga, tidak salah kalau banyak pebisnis yang mulai memanfaatkan kesempatan emas ini – untuk membuat akun bisnis TikTok Shop.

Selain punya banyak pengguna, adanya fitur TikTok Shop juga pada dasarnya membuat praktis pengguna TikTok yang ingin melihat-lihat konten video pendek sekaligus berbisnis dan belanja.

Lantas, apa saja syarat jualan di TikTok Shop yang diperlukan? Bagaimana cara mendaftarkan akun sebagai Seller di TikTok Shop? Yuk, cek syarat jualan di TikTok dan informasi lainnya di bawah ini!

Syarat Jualan di TikTok

Beberapa Syarat Jualan di TikTok Shop

Sebelum melakukan pendaftaran sebagai Seller di TikTok Shop, tentu saja kamu perlu memenuhi syarat jualan di TikTok Shop agar mampu mulai membuka cabang toko onlinemu pada platform tersebut. 

Berikut di bawah ini adalah beberapa syarat jualan di TikTok Shop yang perlu kamu penuhi.

1. Mengunduh Aplikasi TikTok

Pada syarat jualan di TikTok Shop yang pertama, kamu perlu memiliki aplikasi TikTok reguler yang terinstall pada smartphone-mu. Syarat jualan di TikTok ini memang terdengar sepele, tapi terkadang masih banyak beberapa orang yang tidak mengetahui apakah aplikasi TikTok yang berada pada smartphonenya itu merupakan versi reguler atau non-lite.

Untuk itu, pastikan saja kamu mengunduh TikTok dari Google PlayStore untuk Android atau App Store untuk iOS. Cara membedakan TikTok reguler dan yang versi lite cukup mudah kok, yaitu pada fitur dan durasinya. Fitur dan durasi video TikTok Lite lebih terbatas daripada TikTok reguler.

Baca Juga 
6 Cara Menghitung Harga Jual per Unit dalam Bisnis

Syarat Jualan di TikTok

2. Berusia Minimal 18 Tahun

Yap, sebagai Seller TikTok, kamu diharuskan berusia legal sesuai dengan hukum Republik Indonesia, yaitu 18 tahun. Syarat jualan di TikTok ini perlu dipenuhi karena akan bersangkutan dengan hal-hal kepatuhan hukum. Misalnya, jika nanti saat TikTok Shop berjalan terjadi satu atau lain hal yang berkaitan dengan hukum, kamu akan menjadi penanggung jawabnya.

Usia minimal ini diberlakukan untuk pemilik dari akun TikTok Shop atau pemilik bisnis tersebut, ya. 

3. Memiliki Kartu Identitas

Nah, syarat jualan di TikTok pada poin nomor dua bisa kamu buktikan dengan kepemilikan Kartu Tanda Penduduk atau KTP yang dimiliki. Oleh karena itu, kalau kamu sudah punya usia legal dan ingin mulai berbisnis di TikTok Shop, segeralah untuk mengurus KTP di kantor wilayah terdekat.

Tonton Juga: #SellerStory Bolalicious : Cara mengembangkan usaha Merchandise sepak bola. 

4. Memiliki Akun dengan Minimal 2.000 Pengikut

TikTok juga memberlakukan jumlah followers atau pengikut bagi penggunanya yang ingin membuka TikTok Shop sebagai Seller, yaitu sebanyak 2.000 orang.  Syarat jualan di TikTok memang terdengar susah untuk dipenuhi, apalagi followers yang dimiliki haruslah followers aktif. 

Ini artinya kamu perlu membangun akun utama terlebih dahulu dengan jumlah followers tersebut agar bisa lolos syarat jadi Seller TikTok Shop.

Syarat Jualan di TikTok

5. Aktif Mengunggah Konten Video dalam 28 Hari Terakhir

Keaktifan dalam mengunggah konten juga jadi salah satu syarat jualan di TikTok lho. Jadi, kamu tidak bisa kalau sekadar punya akun tanpa mengelolanya dengan baik. Hal ini tentu perlu jadi pertimbangan lain ketika kamu ingin bergabung di TikTok Shop.

Oleh karena itu, sebaiknya sebelum mendaftarkan akun Seller TikTok Shop, buatlah konten video dengan rajin dan bangung basis followers yang solid. 

Baca Juga 
Mau Coba? Inilah 6 Ide Usaha yang Jarang tapi Dibutuhkan

6. Memiliki Video dengan Jumlah Views Minimal 50

Selain jumlah followers dan aktif dalam mengunggah konten video TikTok, syarat jualan di TikTok yang lain adalah punya konten video dengan jumlah tayang atau views lebih dari 50. Penilaian ini berlaku untuk menunjukkan kredibilitas dari akun TikTok yang kamu miliki, bahwa akun TikTok Shop benar-benar aman.

7. Produk Tidak Melanggar Peraturan TikTok Shop

Syarat jualan di TikTok Shop yang harus kamu penuhi selanjutnya adalah tidak menjual produk yang dilarang oleh TikTok. Adapun contoh kategori barang yang dilarang untuk dijual oleh TikTok seperti obat terlarang, senjata tajam, produk palsu, imitasi, produk layanan dewasa, dan produk berbahaya lainnya.

Jadi, pastikan untuk tidak menjual produk-produk yang dilarang oleh TikTok Shop ya! Kamu bisa melihat daftar lengkap jenis produk yang dilarang dijual di situs resmi TikTok Shop Seller.

Nah, selain beberapa syarat jualan di TikTok di atas, kamu juga diperlukan untuk memiliki rekening bank untuk akun TikTok Shop yang akan kamu buat. Rekening ini akan digunakan ketika pencairan dana dari TikTok Shop.

Baca Juga: Sudah Tahu? Ini Dia 2 Cara Pencairan Dana TikTok Shop!

Syarat Jualan di TikTok

Cara Mendaftar Akun Seller di TikTok Shop

Sudah siap jadi Seller di TikTok Shop dan memenuhi persyaratan yang sudah disebutkan di atas? Yuk, simak aja langkah-langkah untuk melakukan registrasi sebagai Seller di TikTok Shop di bawah ini!

1. Melalui Laptop/PC

  • Buka situs web resmi Seller TikTok Shop di https://seller-id.tiktok.com/
  • Buat akun dengan masukkan email/nomor handphone dan password. Kamu juga bisa daftar dengan menggunakan akun TikTok yang sudah ada dengan klik tombol “Daftar akun dengan akun TikTok”.
  • Pilih salah satu opsi daftar, terdapat opsi masuk dengan Google, Facebook, LINE, hingga QR Code.
  • Isi formulir yang disediakan.
  • Lakukan verifikasi bisnis.
  • Kalau sudah, mulai tambahkan produk jualan di TikTok Shop.
  • Hubungkan rekening bank.
Baca Juga 
5 Manfaat Membaca Buku tentang Bisnis bagi Para Pemula!

2. Melalui Aplikasi TikTok

  • Buka aplikasi TikTok.
  • Buka menu profile.
  • Klik tombol opsi atau ikon tiga garis horizontal di bagian atas sebelah kanan layar.
  • Pilih Creator Tools.
  • Scroll ke bawah ke bagian Creator Next.
  • Pilih menu TikTok Shop for Seller.
  • Lakukan pendaftaran akun. Langkah-langkahnya sesuai dengan cara daftar akun melalui PC atau laptop di atas.

Kalau sudah melakukan langkah-langkah di atas, kamu pun bisa mulai berjualan sebagai Seller TikTok Shop deh! Gimana? Mudah bukan untuk bergabung jadi Seller TikTok Shop? Asalkan kamu memenuhi syarat jualan di TikTok Shop, kamu bisa melebarkan sayap berbisnis di fitur social commerce TikTok ini.

Baca Juga: Cara Melihat Pesanan di TikTok Shop dan Manfaat Jualan di TikTok

Nah, TikTok Shop ini sama halnya dengan e-Commerce atau marketplace pada umumnya. Jadi, perlu pengelolaan berkala agar pembeli dapat memiliki pengalaman belanja yang baik. Kamu bisa gunakan SmartSeller untuk masalah pengelolaan ini, terutama kalau kamu juga jualan di marketplace lainnya.

Selain itu, SmartSeller juga menyediakan berbagai Seller dengan produk berkualitas lho. Bagi kamu yang bingung mencari barang untuk dijual sebagai reseller, SmartSeller adalah tempat yang pas buat mencari produknya, Yuk, download aplikasi SmartSeller sekarang juga!