Ingin mulai jualan secara Live di TikTok? Ini berarti tandanya kamu perlu ketahui tata cara jualan di TikTok Live dan berbagai persyaratan yang diperlukan! Jualan di TikTok Live saat ini kian banyak dilakukan oleh berbagai macam pebisnis – mulai dari pebisnis rumahan hingga pebisnis besar.

TikTok sekarang ini memang diketahui merupakan platform media sosial yang sedang diminati oleh pebisnis dalam meningkatkan penjualannya. Bukan tanpa alasan, pasalnya TikTok punya basis pelanggan aktif yang berjumlah 800 juta lebih dengan penggunaan 1,5 jam setiap harinya.

Ini artinya, TikTok adalah platform yang bisa diandalkan saat ini untuk mendongkrak angka penjualan bisnismu jika memanfaatkan fitur TikTok dengan benar. Nah, salah satu caranya adalah melakukan penjualan secara langsung kepada pelanggan melalui fitur Live pada aplikasi besutan ByteDance ini.

Namun, belum banyak yang tahu bagaimana cara jualan di TikTok Live dan memulainya. Padahal, cara jualan di TikTok Live ini terbilang mudah lho. Tentu saja, ada beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi untuk dapat melakukan TikTok Live.

Jika kamu ingin ketahui cara jualan di TikTok Live, syarat, dan berbagai tips agar jualan di TikTok Live ampuh meningkat, yuk simak aja selengkapnya di bawah ini!

Cara Jualan di TikTok Live

Apa itu TikTok Live?

Sebelum ketahui tata cara jualan di TikTok Live, kamu perlu tahu apa itu TikTok Live. TikTok Live adalah fitur yang dihadirkan di aplikasi TikTok pada bulan Juli 2021 yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan live streaming atau siaran langsung. Live streaming ini muncul pada tab Live dan dapat dilihat oleh semua pengguna TikTok.

Pada fitur ini, kamu dapat berinteraksi dengan pengguna TikTok lainnya, seperti menjawab pertanyaan atau menanggapi komentar selagi menayangkan konten yang kamu miliki. Kamu juga dapat melakukan Live bersama dengan pengguna TikTok lain. 

Baca Juga 
Tips & Trik Memulai Bisnis Distributor Makanan Kucing

Melihat dari sudut pandang bisnis, TikTok Live merupakan tools yang perlu dimanfaatkan oleh setiap pebisnis yang memiliki akun TikTok. Pasalnya, pebisnis mampu mendapatkan dua fungsi sekaligus dengan berjualan melalui live streaming, yaitu kamu dapat melakukan penjualan secara langsung selagi berinteraksi dengan viewers

Jadi, selain mampu mendapatkan penjualan, kamu mampu meningkatkan keterlibatan pelanggan melalui Live tersebut. TikTok Live juga merupakan sarana yang baik untuk menyebarkan brand awareness bisnis. 

Cara Jualan di TikTok Live

Kelebihan TikTok Live untuk Jualan

Sebelum ketahui bagaimana untuk cara jualan di TikTok Live, berikut ini adalah beberapa kelebihan TikTok Live jika dimanfaatkan untuk berjualan.

  • Dapat melakukan jual beli secara langsung ketika live streaming diadakan.
  • Pembeli dapat melakukan checkout barang secara mudah pada TikTok Shop.
  • Mampu digunakan untuk memberikan promo terbatas.
  • Dapat menerima gift dari viewers.
  • Viewers dapat datang dari berbagai kalangan pengguna TikTok.
  • Pengguna TikTok aktif yang banyak berpotensi sebagai calon pelanggan.
  • Salah satu cara untuk mendapatkan pelanggan dalam waktu yang singkat.

Dengan berjualan langsung pakai fitur TikTok Live, pada dasarnya akan membawa dampak positif bagi bisnis. Jadi, kamu perlu tahu betul bagaimana cara jualan di TikTok Live!

Cara Jualan di TikTok Live

Syarat Jualan di TikTok Live

Sebagai langkah pertama dalam cara jualan di TikTok Live, tentu kamu perlu memenuhi syarat yang diperlukan agar dapat melakukan live streaming di aplikasi TikTok. Yuk, simak syaratnya berikut ini!

  • Akun TikTok memiliki minimal 1000 followers
  • Berusia setidaknya 16 tahun
  • Memiliki aplikasi TikTok versi terbaru

Sangat mudah bukan syaratnya? Kalau kamu sudah memenuhi syarat jualan di TikTok Live di atas, yuk ketahui cara jualan di TikTok Live!

Cara Jualan di TikTok Live

Jangan khawatir, cara jualan di TikTok Live ini bisa dibilang mudah dilakukan oleh siapa saja.

Baca Juga 
7 Cara Dropshipper Tokopedia Mudah dan Cepat untuk Pemula 

1. Menyiapkan Peralatan Live Streaming

Hal pertama yang patut kamu lakukan sebelum melakukan TikTok Live adalah memiliki settingan live streaming yang mendukung, baik itu setting tempat, peralatan, hingga koneksi internet. Siapkan lokasi atau sudut ruang di rumahmu yang bisa menunjang live streaming yang baik.

Lalu, siapkan peralatan live seperti, lighting, microphone, tripod, hingga produk yang akan kamu jual langsung. Pastikan bahwa peralatan ini dapat memaksimalkan live yang kamu adakan nantinya. Jangan lupa juga untuk mengecek koneksi Internet sehingga Live bisa berjalan dengan lancar.

2. Melakukan Jualan di TikTok Live

Kamu bisa ikuti tata cara jualan di TikTok Live berikut ini untuk dapat memulai Live di mana saja dan kapan saja.

  • Buka aplikasi TikTok di smartphonemu.
  • Klik tanda “+” pada bagian bawah layar.
  • Klik opsi “Live” di bagia kanan bawah layar.
  • Tambahkan informasi pendukung live streaming yang akan kamu adakan, misalnya judul dan topik.
  • Untuk berjualan, baiknya kamu cantumkan produk yang dijual lengkap dengan harga, ukuran, warna, varian, hingga potongan harga yang akan kamu berikan.
  • Kalau sudah, klik tombol “Go Live” untuk memulai live streaming.
  • Kamu bisa menambahkan link produk pada akun TikTok Shop-mu untuk mendukung proses jual beli secara langsung selama kamu melakukan live streaming.

Gimana? Terlihat mudah bukan cara jualan di TikTok Live? Kamu bisa langsung mempraktekkan cara jualan di TikTok Live langsung setelah membaca artikel ini!

Baca Juga: Cara Membuat TikTok Shop dan Berjualan Lancar di TikTok

Cara Jualan di TikTok Live

Tips Agar Jualan di TikTok Live Ramai Viewer

Tidak dapat dipungkiri, sudah menjadi idaman para pengguna TikTok kalau Live yang kita adakan banyak dilihat atau punya banyak viewers. Bagi pebisnis, jumlah viewer yang banyak tentu berpotensi untuk mendatangkan transaksi yang banyak pula. Nah, agar TikTok Live-mu ramai, kamu bisa lakukan tips-tips berikut ini.

  • Live yang kamu lakukan sebaiknya memiliki tema, misalnya selagi berjualan kamu bisa mengulas produk yang dijual tersebut. Hal ini bisa meningkatkan interaksi dengan viewer sekaligus mengedukasi mereka.
  • Mengadakan promo atau diskon untuk waktu yang terbatas selam live streaming. Biasanya, pebisnis menggunakan momentum ini untuk meningkatkan penjualan dalam waktu yang singkat.
  • Menanggapi pertanyaan dan komentar dari viewer.
  • Membuat konten video yang bertujuan untuk memberikan informasi atau woro-woro bahwa kamu sedang mengadakan live streaming.
  • Melakukan kolaborasi dengan content creator, influencer, atau seleb TikTok saat melakukan live streaming.
  • Memiliki staf yang khusus mengurus live streaming.
  • Melakukan live streaming secara teratur, misalnya dalam seminggu kamu bisa melakukan live dua hingga tiga kali.
Baca Juga 
Cara Melihat Pesanan di TikTok Shop dan Tips Jualan Laris

Baca Juga: Intip 3 Contoh Promosi yang Menarik di TikTok Shop

Demikian, itulah pembahasan singkat mengenai tata cara jualan di TikTok Live, syarat, hingga tips dalam berjualan secara langsung di fitur TikTok yang satu ini. TikTok Live adalah salah satu tools pemasaran yang patut kamu coba untuk mampu mendapatkan pelanggan yang baru dan lebih banyak. 

Sudah siap jualan di TikTok Shop? Di mana pun kamu jualan online, tentu perlu pengelolaan yang baik. Nah, pakai aja SmartSeller agar kamu dapat mengelola semua jualan onlinemu! SmartSeller juga punya banyak seller berkualitas bagi kamu yang berminat menjadi reseller. Yuk, pakai SmartSeller sekarang!