Sebagai seller baru di TikTok Shop, kamu mungkin penasaran tentang bagaimana cara pencairan dana TikTok Shop ke rekening yang sudah dihubungkan ke akun. Tenang aja, di artikel ini kamu akan mengetahui tata cara untuk menarik saldo dari TikTok Shop ke rekeningmu!

Kalau kamu juga punya channel penjualan lain, seperti di e-Commerce atau marketplace, pasti sudah pernah melakukan penarikan yang serupa. Nah, proses pencairan dana TikTok Shop juga sebenarnya mirip, hanya saja ada sedikit perbedaan di dalamnya. Penasaran apa perbedaan yang ada tersebut?

Yuk, tanpa basa-basi lagi, simak informasi lengkap tentang tata cara pencairan dana TikTok Shop dengan mudah di bawah ini!

 

Pencairan Dana TikTok Shop

Prosesnya Mudah, Berikut adalah Cara Pencairan Dana TikTok Shop!

Berbicara soal TikTok Shop sendiri, fitur yang dihadirkan oleh TikTok yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan jual beli layaknya di e-Commerce dan marketplace pada bulan April 2021 ini sudah banyak mendapatkan perhatian masyarakat dan digunakan oleh mereka untuk membeli produk. 

Itu berarti social commerce sudah bisa sejajar dengan e-Commerce dalam hal tersebut, sehingga membuat TikTok Shop bisa jadi pertimbangan yang bagus untuk mengembangkan bisnis. 

Balik lagi ke pencairan dana TikTok Shop. Ketika kamu berhasil melakukan transaksi penjualan dan ada uang yang masuk ke saldo akun seller TikTok Shop-mu, tentu perlu tahu cara pencairan dana TikTok Shop.

Secara umum, ada dua cara yang tersedia dalam pencairan dana TikTok Shop, yaitu pencairan dana TikTok Shop secara manual dan otomatis. Nah, berikut di bawah ini adalah langkah-langkah dari kedua cara tersebut.

Pencairan Dana TikTok Shop

  • Pencairan Dana TikTok Shop Manual atau Manual Withdrawal

Cara yang pertama ini memungkinkan seller untuk mencairkan dana secara manual sebanyak 1 kali dalam hitungan 24 jam. Ini berarti, kamu harus menunggu pencairan dana berikutnya setelah 24 jam sejak penarikan yang pertama. 

Baca Juga 
Picking adalah Proses Penting dalam Manajemen Stok, Pahami Selengkapnya di Sini!

Untuk melakukan manual withdrawal, kamu bisa melakukannya di laman web TikTok Shop Seller Center. Berikut adalah panduan langkah-langkahnya.

  1. Buka TikTok Shop Seller Center di https://seller-id.tiktok.com/.
  2. Masuk atau login ke akun TikTok Shop.
  3. Pilih menu “Finance”.
  4. Pilih “Withdrawals”.
  5. Pada menu tersebut akan muncul nominal uang yang dapat dicairkan dan yang belum dapat dicairkan.
  6. Untuk mencairkan dana, pilih “Withdraw”.
  7. Masukkan nominal dana yang ingin dicairkan.
  8. Pilih metode pencairan dana. Perhatikan jumlah minimal dan maksimal nominal dana yang bisa dicairkan.
  9. Kamu bisa menambahkan metode pencairan dana lain kalau ada.
  10. Pilih “Continue”.
  11. Cek kembali rincian nominal dan akun rekening di halaman konfirmasi.
  12. Kalau semuanya sudah benar, pilih “Confirm”.
  13. Pencairan dana TikTok Shop secara manual pun sudah berhasil.

Mungkin kamubertanya, “Berapa lama sih proses pencairan dana di TikTok Shop?”. Proses ini akan memakan waktu sekitar 3 sampai 5 hari kerja. 

Pencairan Dana TikTok Shop

  • Pencairan Dana TikTok Shop Otomatis atau Auto Withdrawal)

Sesuai namanya, metode pencairan dana ini berlangsung secara otomatis ke rekening bank yang sudah kamu cantumkan di TikTok Shop. Untuk waktu pencairannya, TikTok melakukan pencairan dana otomatis setiap hari Rabu. Dana yang dicairkan tersebut akan sejumlah dengan nominal dana yang dapat dicairkan di akunmu.

Metode pencairan dana TikTok Shop secara otomatis ini bisa kamu aktifkan sendiri. Berikut adalah tutorial-nya. 

  1. Buka TikTok Shop Seller Center di https://seller-id.tiktok.com/.
  2. Masuk atau login ke akun TikTok Shop.
  3. Pilih menu “Finance”.
  4. Pilih “Withdrawals”.
  5. Di bawah tombol “Withdraw” yang berwarna ungu, terdapat opsi “Auto-withdrawals setting”. Klik opsi tersebut.
  6. Pada halaman tersebut, aktifkan auto-withdrawals dengan klik tombol di sebelahnya.
  7. Kamu bisa atur rekening bank pencairan dengan klik “Change”.
  8. Jangan lupa baca ketentuan-ketentuan terkait pencairan dana otomatis tersebut ya, misalnya mengenai nominal minimum dan maksimal. Nominal paling kecil yang dapat dicairkan adalah Rp10.000.
  9. Pencairan dana TikTok Shop secara otomatis sudah berhasil diaktifkan.
Baca Juga 
Tips Meningkatkan Produktivitas Karyawan saat Puasa Ramadan!

Mudah ‘kan untuk diikuti? Nah, selain informasi kedua metode pencairan dana TikTok Shop di atas, seller TikTok Shop juga perlu tahu durasi penyelesaian pembayaran di TikTok Shop.

Baca Juga: TikTok untuk Media Promosi, Apakah Bisa?

Pencairan Dana TikTok Shop

Dua Tipe Periode Penyelesaian Pembayaran di TikTok Shop

Berbeda dengan platform jual beli online lainnya yang uang hasil penjualan akan otomatis masuk ke saldo seller dan dicairkan, TikTok shop punya masa tunggu sendiri hingga uang penjualan masuk ke saldo dan kemudian dapat dicairkan.

Kamu perlu mengetahui informasi ini agar nantinya tidak heran mengapa jumlah saldo yang bisa dicairkan tidak memiliki nominal yang sama dengan kalkulasi hasil penjualan secara keseluruhan.

Pada dasarnya, terdapat dua tipe periode penyelesaian pembayaran di TikTok Shop, yaitu standar dan cepat. Berikut adalah ringkasan penjelasannya.

  • Periode Standar

Periode standar dalam penyelesaian pembayaran TikTok Shop akan memakan waktu 7 hari kalender atau (H+6)+1. Apa maksud dari (H+6)+1?

H+6 berarti 6 hari kalender setelah pesanan sampai di tangan pembeli atau kondisi di mana status pesanan tersebut bisa dianggap sudah selesai. Sedangkan, +1 berarti 1 hari kalender setelah status pesanan selesai dan uang penjualan masuk ke saldo di TikTok Shop Seller Center. Kamu bisa mencairkan dana tersebut ke rekening bisnismu.

  • Periode Cepat

TikTok Shop juga menawarkan proses penyelesaian pembayaran yang lebih cepat dalam jangka waktu 3 hari sejak pesanan diterima pembeli atau status pesanan selesai. Akan tetapi, penyelesaian pembayaran ini hanya ditawarkan oleh seller yang masuk ke dalam kriteria performa yang bagus dalam setiap bulannya.

Sama seperti perhitungan periode standar, periode cepat juga diuraikan menjadi (H+2)+1, di mana +2 berarti 2 hari kalender pesanan sampai di tangan pembeli atau status pesanan selesai dan +1 berarti 1 hari kalender setelah status pesanan selesai dan uang hasil penjualan muncul di saldo akun TikTok Shop Seller Center.

Baca Juga 
Harus Tahu! Ini Cara Membuat Web untuk Jualan Online

Baca Juga: Cost Control adalah: Penjelasan dan Panduan untuk UMKM

Nah, sebagai seller TikTok Shop, kamu harus perhatikan periode penyelesaian pembayaran di akunmu ya! Dengan begitu, pencairan dana pun dapat berlangsung secara lancar dan kamu tidak perlu membingungkan saldo yang dapat dicairkan.

Pada dasarnya, di situs web TikTok Seller Center, kamu bisa mengecek dengan detail penghasilan penjualan pada setiap harinya secara detail lho, lengkap dengan statusnya.

Itulah penjelasan singkat mengenai tata pencairan dana TikTok Shop dan metode yang bisa kamu lakukan. Semoga artikel ini dapat membantumu lebih memahami bagaimana cara mengelola akun jualanmu di TikTok Shop ya!

Ingin pengelolaan toko online di berbagai marketplace dengan lebih mudah? Pakai aja aplikasi SmartSeller! Lewat satu dashboard SmartSeller, kamu bisa kelola apapun, mulai dari atur pengiriman paket, cek ongkir, atur stok barang, update harga dan produk di semua marketplace-mu, hingga pembuatan domain toko online-mu sendiri lho. Yuk, download SmartSeller sekarang!