Logistik memiliki peran penting untuk kelancaran bisnis jadi penting sekali memahami apa itu logistik. Setiap pemilik usaha pasti akan berhubungan dengan logistik dan bekerja dengan pihak logistik yang tepat agar bisnis bisa berjalan lancar. Hubungan bisnis dengan pihak logistik tidak bisa dipisahkan. Jadi, sebagai pemilik usaha pun kamu perlu memilih pihak logistik yang paling tepat dan sesuai untuk usahamu.

Apa itu Logistik?

Apa itu Logistik


Logistik adalah serangkaian aktivitas dimana suatu produk diambil, disimpan, dan kemudian dikirim ke alamat tujuan. Serangkaian aktivitas tersebut juga termasuk menjaga produk saat di ambil, selama pengiriman, hingga barang dikirim ke alamat tujuan. Serangkaian proses yang sudah diatur tersebut yang membentuk pengertian dari apa itu logistik.

Jadi logistik bukan hanya sekedar pengiriman saja. Melainkan berbagai proses dari barang diambil sampai dikirimkan dan termasuk di dalamnya proses pendataan barang yang dikirimkan. Maka dari itu, memilih logistik yang tepat sangatlah penting untuk bisnis agar proses pengiriman berjalan dengan lancar.

Saat ini seluruh bisnis yang berjalan pasti memanfaatkan logistik sebagai salah satu bagian bisnisnya. Tidak hanya untuk usaha yang sudah besar dan berskala internasional saja, usaha kecil dan rumahan juga memanfaatkan logistik untuk usahanya. Karena pengertian dari apa itu logistik tidak hanya sekedar mengirimkan produk kepada pelanggan saja. Bisa juga logistik digunakan dalam proses pengiriman barang dari supplier ke distributor atau pengiriman barang mentah ke perusahaan yang nantinya diolah menjadi barang jadi.

Logistik memiliki peran penting dalam bisnis. Tanpa adanya logistik yang tepat, bisnis bisa menjadi berantakan karena proses pengiriman menjadi berantakan juga. Selain itu, logistik yang tepat juga akan memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan karena bisa sampai tepat waktu. Ini adalah hal yang sangat penting bagi usaha karena pelayanan pelanggan tidak bisa dilakukan secara asal.

Baca Juga 
Tanpa Ribet dan Praktis, Ini 5 Cara Jualan Online di HP

 

Baca Juga: Apa Itu Etalase Toko Online? Pelajari Di sini!

 

Peran Logistik dalam Suatu Bisnis

Apa itu Logistik

Logistik memiliki peran penting dalam kelancaran suatu bisnis. Perusahaan yang mengabaikan apa itu logistik bisa mendapatkan kerugian yang fatal untuk bisnis mereka. Pentingnya pemahaman seputar logistik dalam bisnis perlu dipahami oleh banyak pemilik usaha terutama usaha kecil yang baru mulai. Berikut ini adalah peran penting logistik dalam suatu bisnis:

 

  1. Mencari Sumber Bahan


    Logistik memiliki banyak peran dalam bisnis. Salah satunya adalh saat mencari sumber bahan yang digunakan untuk diproses menjadi barang jadi. Logistik sangat berpengaruh pada pencarian sumber bahan karena logistik yang tepat akan menjaga kondisi bahan tersebut serta memberikan estimasi perkiraan kapan barang tersebut bisa sampai untuk diproses.

    Hal tersebut terlihat sepele, tapi perusahaan akan sangat memerlukan kinerja logistik dalam hal ini. Semua kebutuhan pencarian bahan sesuai dengan pengertian dari apa itu logistik. Bahan yang akan dikirim akan dijaga kondisinya dengan baik dan diantarkan dengan aman serta tepat waktu ke perusahaan. Jadi kamu bisa mendapatkan bahan dalam kondisi baik dan tepat waktu. Proses pembuatan barang jadi juga tidak akan terlambat dengan logistik yang terpercaya.

  2. Transportasi


    Tentu saja fungsi ini tidak jauh dari pengertian apa itu logistik. Pada dasarnya logistik adalah transportasi untuk memindahkan barang dari satu tempat ke tempat lain. Jadi peran ini sangat cocok dan tentunya sangat diperlukan untuk perusahaan mengirimkan produk dari satu tempat ke tempat lainnya. Pengiriman tersebut bisa langsung kepada pelanggan atau bahkan dikirim ke distributor dan kantor cabang.

    Logistik memberikan layanan transportasi yang lebih luas sehingga perusahaan tidak perlu mengirimkannya sendiri. Menggunakan jasa logistik akan jauh lebih menghemat biaya daripada perusahaan mengirimkannya sendiri. Perusahaan logistik yang terpercaya memiliki pelayanan lewat darat, laut, dan udara. Jadi pengiriman bisa lebih cepat. Selain itu, kualitas dan SOP untuk pengiriman yang mereka miliki juga sudah disesuaikan, jadi menggunakan pihak logistik untuk mengirim produk adalah langkah yang tepat.

  3. Pemenuhan Pesanan


    Saat kamu berjualan secara online, syarat pesanan pelanggan bisa selesai dan uang masuk ke rekening penjual adalah barang sampai dengan aman ke tangan pelanggan. Ini adalah peran penting dari logistik yang juga tidak bisa dilewatkan. Mulai dari pengambilan paket, pengiriman, hingga sampai ke tangan pelanggan diperlukan sistem teratur yang aman dan cepat.

    Menggunakan pihak logistik untuk pemenuhan pesanan pelanggan pastinya akan mempercepat proses selesai pesanan. Karena apa itu logistik adalah seputar mengirimkan produk kepada pelanggan. Jadi pelanggan bisa puas dengan pelayanan bisnis karena adanya pihak logistik yang tepat.

    Baca Juga: Simak Cara Membuat Kwitansi Pembayaran yang Benar

  4. Gudang

    Apa itu Logistik

    Logistik tidak hanya mengirimkan barang saja. Sesuai dengan pengertian logistik di atas, pihak logistik juga memiliki gudang untuk menyimpan barang. Tidak jarang, pihak logistik sering menyewakan gudang mereka untuk digunakan usaha lain yang memerlukan gudang penyimpanan dalam skala kecil. Jadi usaha tersebut tidak perlu menyewa gudang dengan ukuran yang terlalu besar dan menghabiskan biaya perawatan.

    Sistem pergudangan yang dimiliki pihak logistik juga sudah memiliki SOP yang lebih aman dan teratur. Jadi kamu bisa mempercayakan produk usahamu dalam gudang mereka. Tentunya proses penyimpanan bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing usaha juga.

  5. Manajemen Inventory


    Mengelola inventory bisa sangat merepotkan jika kamu memiliki usaha yang baru berkembang. Menyewa pihak logistik untuk hal tersebut adalah salah satu pilihan yang bisa kamu lakukan. Selain menggunakan gudang yang dimiliki oleh pihak logistik, kamu juga bisa memanfaatkan manajemen inventory pihak logistik tersebut.

    Karena pengertian dari apa itu logistik tidak hanya sekedar pengiriman tapi juga penyimpanan, kamu juga bisa menggunakan manajemen inventory yang dimiliki pihak logistik tersebut. Manajemen inventory akan sangat diperlukan untuk mengatasi masalah yang mungkin terjadi secara tidak terduga. Kamu bisa menyimpan stok barang lebih dalam gudang dan mengelolanya untuk kejadian darurat.

  6. Mengurangi Kerugian

    Apa itu Logistik
    Jika kamu menyewa gudang logistik untuk menyimpan produkmu, pihak logistik akan mengasuransikan produk-produk tersebut. Jika terjadi masalah, maka kerugian yang ditanggung tidak terlalu besar. Selain itu, pihak logistik juga secara rutin mengelola stok opname produk sehingga memudahkanmu untuk mengelola laporan rutin seputar jumlah produk.

  7. Rantai Pasokan


    Logistik memiliki peran penting dalam rantai pasokan. Mulai dari mengirimkan bahan mentah hingga mengirimkan barang jadi untuk pelanggan, pihak logistik melakukan hal penting tersebut. Inilah alasan logistik memiliki peran penting dalam rantai pasokan bisnis. Tanpa adanya logistik, produk jadi tidak akan bisa dikirimkan kepada pelanggan dan bahan mentah tidak dapat diolah oleh perusahaan.

 

Penting sekali untuk mengetahui hubungan dari apa itu logistik dengan bisnis. Keduanya tidak dapat dipisahkan karena saling bekerja beriringan. Menggunakan pihak logistik yang tepat akan sangat membantu perusahaan untuk meningkatkan kualitas bisnisnya. Karena apa itu logistik sudah dijelaskan dengan lengkap seperti di atas, kamu juga perlu mempertimbangkan logistik untuk usahamu. Bekerja sama dengan shipping management terpercaya seperti SmartSeller akan membantumu meringankan proses pengiriman produk ke pelanggan. Berbagai macam jasa logistik bisa kamu pilih di SmartSeller. Yuk langsung saja cek SmartSeller sekarang juga!

 

Baca Juga 
User Friendly adalah Kriteria untuk Produk yang Baik