Bisnis makanan adalah salah satu bidang bisnis yang sudah ada sejak dulu dan selalu ada sepanjang tahun. Hal ini disebabkan makanan merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi manusia. Namun bila kamu tertarik dengan bisnis ini, kamu harus tahu cara menentukan harga jual makanan.

Dengan harga jual makanan yang tepat, kamu tidak akan mengalami kerugian karena terlalu murah atau kehilangan pelanggan karena terlalu mahal. Akan tetapi sebelum ke cara tersebut, mari kita pahami apa saja faktor yang mempengaruhi harga jual dari makanan.

Faktor yang Mempengaruhi Harga Jual

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi pebisnis dalam menentukan harga jual makanan, yakni dari proses pemilihan bahan baku hingga sampai ke tangan konsumen. Inilah faktor-faktor tersebut:

  • Produksi

Biaya produksi adalah faktor pertama yang mempengaruhi harga jual makanan. Biaya ini meliputi bahan baku, tenaga kerja dan lain-lain.

Memang beberapa orang akan menyiasati agar bisa mendapatkan bahan baku dan tenaga kerja murah sehingga bisa menekan biaya produksi. Namun ini tidak disarankan bila dilakukan terlalu berlebihan karena bisa merusak kualitas makanan serta menyulitkan tenaga kerja.

  • Pemasaran

Selain proses produksi, proses pemasaran pun diperlukan dalam menjual makanan. Itulah mengapa proses pemasaran juga berperan dalam cara menentukan harga jual makanan.

Proses pemasaran ini bisa meliputi iklan, biaya tenaga kerja bagian sales dan marketing, dan hal lainnya yang dibutuhkan dalam pemasaran

  • Pengiriman

Jika makanan sudah siap dan sudah memiliki calon pembeli, maka makanan siap dikirimkan. Dalam proses pengiriman ini kamu akan memerlukan biaya sehingga biaya pengiriman juga mempengaruhi harga makanan.

Hal-hal yang termasuk dalam biaya pengiriman adalah kemasan pengiriman, bensin dari kendaraan, kurir, dan lain sebagainya.

  • Operasional

Biaya operasional adalah semua biaya di luar biaya-biaya di atas. Biaya ini bisa meliputi biaya listrik, biaya tenaga kerja di luar tiga aspek di atas seperti petugas kebersihan, dan lain sebagainya.

Baca Juga 
Ini Dia Cara Jualan di TikTok yang Perlu Kamu Ketahui

Biaya operasional juga menjadi penentu harga jual makanan agar kamu tidak rugi hanya karena tidak ada pemasukan untuk biaya operasional.

  • Segmen Konsumen

Segmen konsumen juga berpengaruh dalam menentukan harga. Biasanya bila konsumen berasal dari kelompok menengah ke atas, maka harga jual makanan akan semakin tinggi, begitu pula sebaliknya

Meskipun demikian, kamu juga harus memperhatikan kualitas makanan. Jangan sampai kamu menentukan harga tinggi untuk konsumen menengah ke atas. Namun rasa dan tampilan makanan kamu tidak sesuai dengan harga tersebut.

  • Keuntungan

Keuntungan juga harus diperhatikan dalam menentukan harga. Jangan sampai kamu menjual makanan namun tidak ada keuntungan untuk kamu sendiri. Namun jangan juga mencoba mencari keuntungan secara berlebihan karena dapat berdampak pada bisnismu.

Cara Menentukan Harga Jual Makanan

Secara sederhana, terdapat dua rumus yang bisa kamu gunakan untuk menentukan harga jual makanan. Rumus tersebut adalah sebagai berikut:

  • Harga Satuan

Seperti namanya, harga satuan adalah harga yang kamu tetapkan bila kamu ingin menjual makanan secara satuan. Rumusnya adalah:

Harga jual makanan = biaya yang dibutuhkan + (biaya yang dibutuhkan x keuntungan dalam persen)

Harga tersebut bisa disesuaikan dengan segmen konsumen.

  • Harga Bundling

Harga bundling bisa kamu gunakan bila konsumen membeli lebih dari satu produk makanan dan kamu ingin menawarkan harga yang lebih murah. Berikut rumusnya:

Harga jual makanan = (biaya yang dibutuhkan x jumlah produk makanan) – potongan harga

Seperti harga satuan, harga tersebut juga bisa disesuaikan dengan segmen konsumen.

Demikian cara menentukan harga jual makanan secara singkat dan sederhana. kamu bisa memadukannya dengan cara lain bila diperlukan.

Setelah kamu menentukan harga jual makanan yang akan kamu jual. Sebaiknya kamu juga menyiapkan aplikasi manajemen olshop terlengkap seperti Smartseller untuk kelancaran bisnismu. Atur stok produk hingga pengiriman produk ke konsumen hanya dalam satu sistem.

Baca Juga 
Ini Dia, Tips Endorse Produk ke Selebgram!