Cara melihat pesanan di TikTok Shop tidak memerlukan cara yang rumit. Apalagi TikTok termasuk media sosial yang cukup mudah digunakan dan memiliki fitur yang bisa dicoba dengan mudah bahkan oleh pemula dalam hal bisnis secara online

TikTok yang semakin pesat berkembang juga memberikan fasilitas kepada penggunanya untuk membeli produk yang mereka inginkan dengan harga terjangkau. Kemudahan yang disediakan TikTok kepada penggunanya untuk berbelanja juga menjadi alasan bagi pengguna TikTok lebih nyaman berbelanja di media sosial tersebut. Maka dari itu banyak sekali yang ingin mengetahui bagaimana cara melihat pesanan di TikTok Shop.

 Artikel ini akan membahas seputar bagaimana cara melihat pesanan di TikTok Shop dan juga apa saja manfaat berjualan lewat TikTok untuk para penjual. 

 

Cara Melihat Pesanan di TikTok Shop

Cara Melihat Pesanan di TikTok Shop

TikTok menjadi salah satu media sosial dengan perkembangan yang sangat pesat dibandingkan dengan media sosial lainnya. Perkembangan pesat tersebut diikuti juga dengan fitur yang semakin mumpuni dan beragam kemudahan lain. Salah satunya adalah kemudahan untuk pemilik usaha kecil yang ingin berjualan di TikTok. Tidak hanya itu saja, bahkan TikTok juga memudahkan setiap penggunanya untuk berbelanja secara langsung lewat TikTok. 

Hingga saat ini, TikTok masih menjadi salah satu media sosial yang paling banyak diminati baik oleh para penjual maupun penggunanya untuk melakukan aktivitas berbelanja online. Jika kamu termasuk salah satu pengguna TikTok dan merasa sedikit bingung tentang bagaimana cara melihat pesanan di TikTok Shop, berikut ini adalah langkah yang bisa kamu ikuti:

 

  • Buka Aplikasi TikTok dan Login

Cara melihat pesanan di TikTok Shop yang pertama adalah dengan membuka aplikasi TikTok lalu login dengan akun yang kamu gunakan untuk berbelanja. Pastikan akun yang kamu akses adalah akun yang kamu gunakan untuk check out pesanan agar bisa melihat dengan mudah daftar transaksinya.

  • Pilih Menu Profil

Selanjutnya kamu perlu memilih menu profile yang tersedia. TikTok menyediakan menu profil di area pojok kanan bawah. Kamu bisa memilih menu tersebut untuk membuka profil pribadi dari akunmu. Ini juga merupakan salah satu cara melihat pesanan di TikTok Shop karena dari profil tersebut kamu bisa mengakses TikTok Shop dengan lebih mudah. 

  • Pilih Menu Tiga Garis

Cara melihat pesanan di TikTok Shop selanjutnya adalah dengan memilih menu tiga garis yang ada di pojok kanan atas profil pribadimu. Jadi setelah masuk profil, kamu bisa langsung memilih menu tiga garis tersebut secara langsung dan cepat. 

Baca Juga 
6 Cara Mudah Tingkatkan Engagement di Facebook, Pelajari dan Terapkan!

Baca Juga: 5 Usaha dengan Modal Kecil yang Cocok untuk Pemula

 

  • Pilih Menu Setting and Privacy

Cara melihat pesanan di TikTok Shop selanjutnya adalah memilih menu setting and privacy. Menu ini dapat ditemukan setelah kamu ketuk menu tiga garis di pojok kanan atas profil seperti instruksi sebelumnya. 

  • Pilih Menu My Orders

Selanjutnya kamu bisa pilih menu My Orders untuk melihat daftar pesananmu. Dalam menu My Orders kamu akan diarahkan menuju halaman TikTok Shop pribadimu. Kamu bisa melihat daftar transaksi yang belum dibayar, belum dikirim, terkirim, bahkan riwayat pembelian yang pernah kamu lakukan. Temukan juga beragam voucher yang bisa digunakan dan promo menarik lainnya. 

Cara Melihat Pesanan di TikTok Shop

Selain cara melihat pesanan di TikTok Shop yang telah disebutkan di atas, terdapat cara lain yang bisa kamu ikuti untuk memeriksa pesanan. Berikut ini adalah cara melihat peaanan di TikTok Shop yang lebuh mudah:

  • Masuk ke Akun TikTok Milikmu

Langkah pertama masih sama dengan cara yang sebelumnya yaitu masuk ke akun TikTok milikmu yang kamu gunakan untuk transaksi. 

  • Masuk ke Menu Profile

Selanjutnya kamu bisa masuk ke menu profile yang ada pada bagian pojok kanan bawah halaman TikTok. Pastikan kamu sudah login di akun yang benar. 

  • Pilih Menu My Orders

Kemudian kamu hanya perlu pilih menu My Orders di bagian bawah bio akun profilmu. Menu ini cukup terlihat jelas karena memiliki font berwarna merah dan berbeda dengan lainnya. Dengan memilih menu My Orders tersebut, kamu akan diarahkan menuju halaman TikTok Shop dan bisa melihat daftar pesananmu. 

Dari kedua cara melihat pesanan di TikTok Shop yang tertera di atas, keduanya cukup mudah diikuti. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang telah tertulis agar bisa memeriksa pesananmu.

Baca Juga 
Leverage: 5 Rahasia untuk Melipatgandakan Penjualan

Tonton Juga: #SellerStory Haromanian Dates yang Mulai dari Guru Ngaji hingga Omset Ratusan Juta

 

Manfaat Berjualan Lewat TikTok Shop untuk Bisnis

Cara Melihat Pesanan di TikTok Shop

TikTok adalah salah satu media sosial yang berkembang dengan sangat pesat di dunia saat ini. Dengan pengguna yang mencapai 1,05 miliar pengguna di seluruh dunia, kamu bisa menemui beragam target pasar yang bisa kamu tuju. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari berjualan lewat TikTok Shop:

  • Jangkauan Lebih Luas

Manfaat yang pertama akan dirasakan dengan lebih baik oleh para usaha kecil dan menengah. Usaha kecil yang ingin menjangkau pasar lebih luas bisa menggunakan TikTok sebagai sarana pemasaran mereka. 

Algoritma TikTok akan membuat video dengan gaya menarik muncul di halaman For Your Page. Jika muncul di halaman FYP, maka artinya video pendek yang telah kamu buat memiliki kesempatan ditonton oleh pengguna lain yang lebih luas. Jangkauan target pasar bisa lebih lebar lagi dengan fitur tersebut. 

 

  • Meningkatkan Brand Awareness

Cara Melihat Pesanan di TikTok Shop

Hal ini sangat penting untuk usaha yang masih baru atau usaha kecil lainnya. Memiliki media sosial yang bisa menjangkau masyarakat luas akan sangat memudahkan brand awareness yang diperlukan. Meningkatkan brand awareness suatu usaha bisa menjadi salah satu cara untuk banyak kesuksesan lainnya seperti meningkatkan penjualan, meraih pelanggan yang loyal, hingga dipercaya pelanggan untuk seterusnya. TikTok membantu meningkatkan brand awareness tersebut tanpa perlu menghabiskan banyak biaya untuk penggunanya sehingga cara ini cocok sekali untuk usaha kecil. 

  • Langsung Berhubungan dengan Pelanggan

Berbeda dengan gaya pemasaran lewat media sosial lainnya, TikTok menyediakan fitur Live dimana penjual dapat melakukan Live Streaming dan berkomunikasi langsung kepada pembelinya. Pembeli yang menonton juga bisa langsung berbelanja pada saat live berlangsung. Proses ini memudahkan hubungan antara penjual dan pembeli. Tidak hanya selama proses Live saja, bahkan saat mengunggah konten video juga bisa. Penjual bisa membuat video pendek yang disertai URL Link pembelian produk. Pelanggan yang melihat video tersebut bisa langsung klik URL tersebut dan berbelanja produk sesukanya kapanpun mereka mau.

Baca Juga 
5 Rekomendasi Akun Instagram Fashion, Jadi Inspirasi Biar Postingan Up To Date!

Karena TikTok Shop menjadi salah satu media sosial yang juga bisa digunakan untuk berbelanja dengan mudah, banyak sekali masyarakat beralih langsung ke TikTok Shop untuk berjualan dan berbelanja di sana. Menambah saluran penjualan seperti ini bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan penjualan bisnis. Pastikan kamu tetap mengelola setiap saluran penjualan dengan baik menggunakan SmartSeller. Terdapat fitur integrasi Marketplace di SmartSeller yang bisa kamu manfaatkan untuk mengelola banyak saluran penjualan milik usahamu. Selain itu, SmartSeller juga memiliki berbagai seller terpercaya yang bisa menjadi reseller produk usahamu. Saat ini sedang ada promo harga khusus di SmartSeller. Tunggu apa lagi, langsung saja coba SmartSeller sekarang!