Bingung apa saja peluang usaha di bulan Ramadhan tahun ini yang bisa menjadi sumber cuan tambahan? Tenang aja, kami sudah merangkum beberapa ide tren jualan musiman ini yang dapat kamu coba!

Menambah cuan bisa berasal dari mana saja asalkan kita dapat melihat peluang tersebut dari sudut pandang pebisnis. Sebagai contoh, di bulan puasa ini banyak sekali ide untuk berbisnis simple yang bisa muncul dari kebiasaan sehari-hari dan kebutuhan masyarakat Indonesia yang hanya ada pada bulan Ramadhan. 

Kalau kamu tertarik untuk mencoba peruntungan buka bisnis dadakan di bulan puasa mendatang? Yuk, simak beberapa inspirasi peluang usaha di bulan Ramadhan berikut ini! Siapa tahu kamu bisa meraup keuntungan lebih untuk persiapan lebaran?

Peluang Usaha di Bulan Ramadhan

Beberapa Ide Peluang Usaha di Bulan Ramadhan yang Selalu Dicari

Bulan Ramadhan adalah bulan besar bagi umat muslim yang menjadi ladang untuk menjalankan ibadah puasa dan berbuat baik kepada sesama manusia. Tapi, selain itu, bulan ini juga dapat menjadi pintu berkah untuk memperoleh rezeki bagi para pebisnis, bahkan bagi para pebisnis dadakan yang ingin membuka usaha saat bulan Ramadhan.

Hal tersebut wajar terjadi mengingat tingginya demand pasar atau permintaan masyarakat di bulan puasa. Mulai dari bahan makanan, makanan jadi, hingga pakaian bernuansa muslim, terdapat banyak peluang usaha di bulan Ramadhan yang dapat kamu coba lho!

Kamu sendiri bisa memanfaatkan momentum bulan puasa tahun ini menjadi ladang rezeki. Mungkin saja usaha yang akan kamu jalankan bisa jadi usaha yang terus berkembang seterusnya!

Berikut adalah beberapa ide peluang usaha di bulan Ramadhan yang bisa kamu coba.

Peluang Usaha di Bulan Ramadhan

  • Hidangan Sahur

Pada urutan pertama, tentu saja peluang usaha di bulan Ramadhan yang selalu dicari adalah bisnis yang menyediakan hidangan sahur. 

Baca Juga 
Apa Itu Transit Paket: Proses dan Alasan Pentingnya

Sahur memang tidak wajib, tapi aktivitas ini bersifat esensial karena mampu menunjang aktivitas saat berpuasa di pagi hingga sore hari. Terkadang ada beberapa kalangan masyarakat yang tidak sempat untuk memasak hidangan untuk sahur, seperti pekerja dan pelajar yang umumnya tinggal di perantauan dan tidak memiliki banyak waktu untuk menyiapkannya. Sehingga mengharuskan mereka untuk membeli hidangan untuk sahur.

Kamu bisa menghadirkan bisnis hidangan sahur untuk target pasar seperti ini. Tapi, tentu saja sebelum membukanya, kamu perlu lakukan riset pasar dan tentukan kalangan mana yang ingin dituju. Selain itu, berikan pula harga yang relevan dengannya.

Baca Juga: Alasan Niche Market adalah Salah Satu Solusi Pada Bisnis

Peluang usaha di bulan Ramadhan seperti menyediakan hidangan sahur ini cukup menjanjikan, karena pasti dicari selama ibadah puasa masih berlangsung. Kamu bisa menyesuaikan menu hidangan dengan kemampuan memasakmu sendiri dan dari hasil riset pasar tersebut.

Nah, untuk bentuk bisnisnya, kamu juga bisa menyesuaikan dengan keinginan. Kamu bisa membuka bisnis hidangan sahur ini setiap hari, atau bisa juga menjalankannya dalam bentuk paket katering mingguan atau bulanan.

Peluang Usaha di Bulan Ramadhan

  • Kurma

Bagi umat muslim, rasanya tidak afdol kalau berbuka puasa tidak dengan kurma. Yap, kurma adalah buah yang dianjurkan secara sunnah untuk disantap saat buka puasa. Hal ini yang membuat demand buah kurma saat bulan puasa banyak dicari di pasaran.

Melihat demand pasar ini, kamu bisa mengubahnya menjadi peluang usaha di bulan Ramadhan yang menjanjikan lho! 

Bagaimana cara untuk memulai bisnis kurma di bulan Ramadhan? Untuk caranya sendiri, kamu bisa memulainya secara mudah dengan menggunakan jasa supplier kurma yang menyediakan buah kurma untuk dijual secara grosiran.

Sebaiknya supplier yang kamu pilih menyediakan kurma yang berkualitas dengan jenis pilihan kurma yang beragam. Lakukan riset supplier mana yang mampu memenuhi standar tersebut. Lalu, jangan lupa juga dengan supplier yang memberikan harga kompetitif ya!

Baca Juga 
Cara Import Produk Tokopedia: Memperluas Pasar & Penjualan

Baca Juga: Mengenali Apa Itu Supplier, Definisi dan Fungsinya

Peluang Usaha di Bulan Ramadhan

  • Hidangan Takjil

Membahas soal kurma di atas, tidak mungkin juga kalau melewatkan hidangan takjil lainnya yang bisa menjadi peluang usaha di bulan Ramadhan. 

Takjil adalah hidangan untuk berbuka puasa yang biasanya dianjurkan dengan kudapan yang manis-manis. Hidangan atau minuman yang identik dijual sebagai takjil adalah seperti aneka gorengan manis, kolak pisang, es buah, dan biji salak. Bahkan jajanan pasar pun kerap dijadikan sebagai takjil lho.

Tapi, tak jarang juga takjil yang dijual memiliki cita rasa yang asin dan gurih. Aneka gorengan seperti bakwan, tahu isi, tempe mendoan, singkong goreng, juga bisa menjadi ide hidangan takjil sebagai peluang usaha di bulan Ramadhan juga!

Hidangan takjil tidak seperti makanan berat, sehingga untuk modalnya pun masih jauh lebih terjangkau kok. Hal yang perlu jadi pertimbangan utama adalah lokasi tempat kamu akan berjualan. Kamu bisa memanfaatkan area depan rumah untuk berjualan, atau bisa juga mencari lahan dekat masjid lainnya yang strategis dilalui oleh banyak orang.

  • Parsel Sembako

Peluang usaha di bulan Ramadhan selanjutnya yang bisa kamu coba adalah membuka jasa pembuatan parsel. Bukan parsel biasa, melainkan parsel sembako. 

Mungkin kamu sering melihat parsel yang dijual oleh pedagang lain berisikan buah-buahan, makanan dan minuman ringan, atau lainnya. Tapi, masih jarang orang yang memberikan parsel dengan isi bahan-bahan sembako untuk dijual lho.

Sembako bisa jadi pilihan barang untuk dimasukkan ke dalam parsel karena selain bentuk parsel yang lebih apresiatif untuk diberikan kepada seseorang, parsel sembako juga bisa diberikan sebagai zakat. Ini bisa menjadi peluang usaha di bulan Ramadhan yang bisa dicoba karena umumnya sembako hanya diberikan dalam kardus. 

Baca Juga 
Simpel, Begini Cara Daftar Jualan di Lazada lewat HP

Siapa tahu ada yang lebih berminat memberikan sembako dalam bentuk parsel, bukan?

Peluang Usaha di Bulan Ramadhan

  • Baju Muslim

Ide peluang usaha di bulan Ramadhan yang tidak bisa dilewatkan juga adalah tentu saja berjualan baju muslim. 

Sudah tidak awam lagi bahwa di hari raya setelah puasa nanti, untuk memakai baju baru adalah sebuah tradisi bagi umat muslim. Sehingga kamu bisa melirik ini sebagai peluang usaha di bulan Ramadhan yang bisa kamu coba.

Terdapat banyak pilihan baju muslim untuk dijual, mulai dari gamis, baju koko, hingga aksesoris penunjang ibadah seperti sarung, mukenah, sajadah, peci, dan tasbih. Kamu bisa menyesuaikan modelnya dengan riset pasar dan tren baju muslim yang sedang hits saat ini. 

Kamu juga bisa menyediakan baju muslim yang berupa satu set seragam untuk keluarga lho karena banyak diminati oleh masyarakat Indonesia saat lebaran.

Untuk dapat memulai ide peluang usaha di bulan Ramadhan yang satu ini, kamu bisa menjadi reseller dari penjual grosiran. Atau bisa juga kalau kamu punya keahlian dalam menjahit baju, manfaatkan aja skill-mu tersebut!

Itulah dia lima ide peluang usaha di bulan Ramadhan yang selalu dicari dan tinggi permintaan. Kamu tentu saja bisa menjadi pebisnis mendadak saat bulan puasa ini lho!

Apa pun nantinya jenis produk yang kamu jual, jangan lupa untuk mengelolanya dengan baik. Gunakan aja dashboard dari SmartSeller yang bisa bantu kamu untuk pengelolaan bisnismu, mulai dari atur orderan, pengiriman, atau update harga dan stok barang di berbagai marketplace dengan lebih mudah! Yuk, download SmartSeller sekarang!