Apa itu supplier? Kerap menjadi pertanyaan bagi orang yang mau memulai bisnis. Dalam perkembangannya, supplier menjadi peranan penting di dalam rantai suplai produksi yang nantinya akan disalurkan kepada konsumen. Secara bisnis, supplier berperan penting dalam menyediakan produk atau bahan berkualitas tinggi. Sebab, sejatinya supplier menjadi perantara antara produsen dan pengecer. 

Maka, apa itu supplier dapat digambarkan secara umum berupa pihak perorangan atau perusahaan yang memasok atau menjual bahan mentah ke pihak lain, baik kepada perorangan, kelompok, maupun perusahaan. Di mana nantinya, bahan mentah tersebut akan dijadikan produk barang atau jasa tertentu.

Definisi Apa itu Supplier?

Jawaban dari apa itu supplier didefinisikan secara umum sebagai pemasok atau penyuplai yang menjadi pihak yang menjual atau memasok sumber daya berbentuk bahan mentah kepada pihak lainnya, baik perorangan hingga perusahaan. Sebagai contoh, misalnya pemasok kain nantinya akan menyuplainya ke perusahaan busana, untuk kemudian kain tersebut akan diolah menjadi pakaian.

Banyak orang yang mengira apa itu supplier sama dengan distributor? Padahal, dua hal tersebut jelas berbeda dari segi peranan. Distributor sendiri biasanya bertugas menyalurkan atau menjual produk dari produsen kepada pengecer. Sedangkan, supplier hanya menyediakan bahan baku mentah yang nantinya diolah oleh produsen menjadi barang yang siap dijual.

Jenis-jenis Supplier

Apa itu Supplier

Setelah mengenal apa itu supplier, kamu juga perlu mengetahui jika supplier secara umum terbagi ke dalam dua jenis berdasarkan bahan baku yang dihasilkan, dan jenis bahan materialnya. 

Lalu, bisa disimpulkan apa itu supplier dibedakan dari jenis-jenis atau pemasok berdasarkan bahan baku yang dihasilkan? Berikut informasinya.

  • Supplier Produk Jasa

Apa itu supplier produk jasa adalah supplier yang mampu memasok bahan mentah yang kemudian akan diolah menjadi produk jasa. Jadi, pemasok hanya akan menyalurkan bahan mentah tersebut agar dapat diolah menjadi jasa yang disalurkan kepada konsumen.

  • Supplier Produk Barang

Apa itu supplier produk barang? Tidak jauh berbeda dengan supplier produk jasa, supplier produk barang adalah salah satu jenis pemasok yang menyuplai produk bahan mentah yang nantinya akan diolah menjadi produk jadi. Selain itu, biasanya perusahaan juga akan melakukan kerja sama dengan supplier lain yang memiliki atau menyediakan bahan baku yang berbeda-beda. 

Baca Juga 
Contoh Perencanaan Usaha untuk Kedai Minuman Kekinian

Apa itu Supplier

Setelah mengetahui jenis supplier produk jasa dan produk barang, ada lagi jenis supplier yang terbagi menjadi dua bagian, yaitu supplier bahan material fabrikasi dan juga supplier bahan material non-fabrikasi. 

Bagaimana penjelasannya, berikut uraiannya.

  • Supplier Bahan Material Fabrikasi

Supplier pemasok bahan material fabrikasi merupakan pihak yang menyuplai bahan mentah sekaligus memprosesnya secara khusus. Biasanya, proses pengolahan bahan mentah ini sudah ada kesepakatan antara pihak pemasok dan juga pembeli.

  • Supplier Bahan Material Non-fabrikasi

Berbeda dengan supplier bahan material fabrikasi, biasanya supplier bahan material non-fabrikasi hanya memasok bahan mentah saja tanpa harus memprosesnya secara khusus. Sehingga, nantinya bahan material non-fabrikasi tersebut akan langsung dikirimkan kepada perusahaan atau perorangan yang membutuhkannya.

Baca juga: Perlukah Supplier Tangan Pertama Langsung dari Pabrik?

Fungsi dan Tugas Supplier

Apa itu Supplier

Penjelasan apa itu supplier tentu tidak luput dari peranan tugas yang sangat penting di dalam rantai suplai produk yang akan disalurkan kepada konsumen. Pemasok seolah menjadi hal pokok dalam supply chain management. Sebab, tanpa bahan mentah, perusahaan tidak akan bisa melakukan produksi barang atau jasa yang dibutuhkan oleh konsumen.

Lalu, apa itu supplier fungsi dan tugasnya? 

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai fungsi dan tugasnya, berikut penjabarannya.

  • Supplier harus memastikan bahan mentah tersedia untuk pihak, baik perorangan atau perusahaan, yang memerlukan dan membutuhkannya.
  • Supplier juga perlu memastikan seluruh bahan mentahnya dapat diterima oleh pihak kedua dalam keadaan yang baik.
  • Supplier perlu mengatur proses penyimpanan bahan mentah dengan sebaik-baiknya sebelum disalurkan kepada pihak yang membutuhkan.
  • Terakhir, supplier diharuskan mengatur pengiriman bahan baku secara tepat waktu.

Tips Mencari Supplier 

Apa itu Supplier

Setelah mengetahui apa itu supplier dan peranan pentingnya dalam bidang bisnis kamu, kini saatnya mencari supplier. Namun, dalam mencarinya, kamu tentu perlu berhati-hati agar tak salah pilih. 

Baca Juga 
Pengertian dan Cara Daftar TikTok Affiliate, Sudah Tahu?

Nah, berikut ini tips mencari supplier yang bisa kamu terapkan. 

  • Cari Online atau Dalam Forum Bisnis

Mencari supplier juga bisa dilakukan secara online melalui berbagai platform, seperti e-commerce dan media sosial. Bisa juga dengan memasukan keyword pada mesin pencarian. Tuliskan keyword secara lengkap, seperti nama produk, nomor model, dan tentu nama merek yang akan dicari. Hal ini agar pencarian menjadi lebih efektif dan tepat. 

Selain itu, kamu juga bisa mencarinya dalam berbagai forum bisnis yang dapat dilakukan secara langsung maupun daring. Di sana, kamu bisa berbagi informasi mengenai apa itu supplier dan bisnis di bidang yang sama. Datang ke pameran dagang pun bisa menjadi solusi untuk mencari supplier yang kamu percaya. 

  • Cek Track Record

Setelah menemukan supplier mana yang tampak cocok, jangan lupa untuk mengecek track record supplier tersebut. Hal ini guna menghindari risiko kerugian pada bisnis yang tengah digeluti. 

Cara mencari track record ini juga terhitung mudah. Kamu bisa melihatnya melalui review dari para konsumen di marketplace ataupun mesin pencarian lainnya. 

Bacalah review yang diberikan oleh konsumen dengan detail dan rinci. Bagaimana kecocokan produk sebenarnya dengan spesifikasi yang diberikan, kecepatan dan ketepatan dalam pengiriman barang, serta keamanan kualitas produk saat dikirimkan. 

Baca juga: Wajib Tahu, Ini 3 Cara Mencari Supplier Tangan Pertama!

  • Datangi Kantor Supplier

Apa itu Supplier

Setelah menemukan supplier yang tepat dan mengetahui track record-nya ada baiknya untuk kunjungi kantor atau pun agen perwakilan dari supplier. Hal ini guna membantu kamu dalam mendapatkan informasi secara langsung, salah satunya harga yang ditawarkan. 

Dengan mengetahui informasi harga ini, kamu dapat mempertimbangkan apa harga yang diberikan wajar sesuai dengan produk yang ditawarkan dan di pasaran. Selain itu, dengan mendatangi kantor supplier, kamu bisa merasakan bagaimana pelayanan yang diberikan oleh supplier. 

Baca Juga 
Ternyata IGTV Bisa Dimanfaatkan untuk Bisnis! Sudah Tahu Caranya?

Dalam pelayanannya ini, kamu juga bisa mengetahui apa itu supplier dapat memenuhi kebutuhan bahan mentah sesuai permintaan, memastikan kualitas bahan tetap terjaga, dan mengirimkan produk dengan aman, tepat, dan cepat. 

  • Kualitas Produk yang Ditawarkan

Tips terakhir lainnya, jangan lupa untuk mengecek kualitas produk yang ditawarkan, apakah sama dengan spesifikasi yang telah dijelaskan. Lalu, sesuaikan dengan kebutuhan produk dari bisnis yang kamu jalani. 

Setelah mengetahui apa itu supplier sampai tips mencari supplier, rasanya semakin siap kan untuk menerima order dari reseller? Nah, agar tak kerepotan, kamu bisa menggunakan aplikasi SmartSeller melalui fitur management order untuk para pelanggan. 

Ada juga fitur Private Order yang bisa digunakan oleh reseller kamu agar semakin mudah dalam memesan produkmu. Selain itu, masih banyak fitur lainnya yang membantu kamu dalam jalani bisnis melalui SmartSeller. Yuk, langsung saja cari tahu di sini!