Banyak tantangan yang harus dihadapi ketika kamu memutuskan untuk mendirikan sebuah bisnis. Terlebih lagi, jika kamu merupakan pemula, kemungkinan besar pasti akan menghadapi bagaimana rasanya kesulitan dalam mendapatkan pelanggan. Namun, jangan khawatir! Niche market adalah salah satu solusi yang bisa kamu terapkan agar bisnismu laris.

Di tengah ketatnya persaingan bisnis, niche market adalah hal yang menentukan agar bisa mendapat pasar bisnismu sendiri. Jadi, apa niche market itu? Sederhananya, niche market adalah target pasar yang lebih kecil atau spesifik, yang penentuannya berdasarkan bisnis apa yang mau kamu jalankan. 

Niche market adalah salah satu strategi dalam bisnis yang dapat membantumu untuk mendapatkan target market yang lebih spesifik, sehingga arah bisnismu jelas mau ditujukan untuk siapa, dan tidak bersaing dengan bisnis lain yang target market nya luas. Artikel ini akan menjelaskan tentang niche market adalah strategi yang bagaimana, cara menentukannya, manfaatnya, dan penjelasan terkait lainnya. Yuk, scroll sampai bawah, ya!

Niche Market adalah

Niche Market adalah Apa? Berikut Penjelasannya

Berdasarkan kamus Merriam Webster, pengertian dari niche adalah ceruk, sebuah ruang yang tersembunyi, atau specialized market. Jika dikaitkan dengan konteks bisnis, niche market adalah sebuah bisnis dengan target market atau target pasar yang lebih spesifik agar mendapat calon pelanggan yang tepat. 

Niche market adalah hal yang harus dipikirkan matang-matang sebelum menjalankan sebuah bisnis. Mengapa demikian? Karena saat ini, banyak pelaku bisnis yang mengabaikan niche market dengan alasan bisnis akan semakin laris jika penjualan dilakukan ke target market yang luas. Padahal, dengan target market yang luas, tingkat persaingannya juga semakin tinggi.

Dengan penentuan niche market yang tepat, bisnis yang kamu jalankan nantinya bisa berjalan secara continue dan bisa semakin berkembang kedepannya. Niche market adalah hal yang dimanfaatkan oleh kebanyakan pelaku bisnis agar bisnis yang dijalankan menjadi pusat pelanggan dalam memenuhi kebutuhan tertentu. 

Baca Juga 
Ketahui Pengertian Supplier serta Fungsinya untuk Usaha

Menentukan niche market adalah hal yang tidak sulit untuk dilakukan. Namun, kamu harus benar-benar jeli agar target market yang dituju jelas. Beberapa hal yang dipertimbangkan saat menentukan niche market yaitu demografis, geografis, dan segmentasi produk yang ditawarkan. Hal ini bertujuan agar menciptakan kelompok pelanggan yang berbeda. 

Niche Market adalah

4 Cara Menentukan Niche Market

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, menentukan niche market memang tidak sulit. Namun, kamu harus paham betul bisnis apa yang mau dijalankan dan siapa kompetitornya. Jadi, tidak boleh tergesa-gesa dalam menentukan niche market dan harus dipertimbangkan dengan baik. Berikut empat cara menentukan niche market.

  • Pahami Bisnis Apa yang Kamu Inginkan

Cara pertama dalam menentukan niche market adalah pahami bisnis apa yang ingin kamu dirikan yang sesuai dengan kesukaan atau hobimu. Hal ini sangat penting untuk dilakukan agar kamu merasa lebih senang dan mudah dalam menjalankan bisnis. 

Misal, jika kamu punya hobi memasak, kamu bisa membuka bisnis kuliner sesuai dengan spesialisasi masakanmu, seperti masakan katering atau keripik kekinian yang sedang diminati. Dari sini, kamu bisa menjalankan bisnis kuliner dengan konsisten agar bisnis dapat berkembang. 

Baca juga: Tips Jualan Online Laris untuk Usaha di Bidang Makanan

  • Tunjukkan Keunikan pada Bisnis

Cara selanjutnya dalam menentukan niche market adalah kamu harus punya ide yang out of the box agar bisnis lebih dikenal pelanggan. Tidak ada bisnis yang benar-benar original, oleh sebab itu, kamu harus memanfaatkan kreativitas semaksimal mungkin agar bisnis yang didirikan punya pembeda dengan bisnis lainnya.

Baca juga: Jarang Ada, Ini 5 Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing

  • Pastikan Bisnis Meraup Keuntungan

Mempunyai ide yang kreatif agar bisnis unik dan berbeda dengan kompetitor lainnya adalah hal yang memang harus dilakukan. Namun, kamu harus memastikan juga apakah bisnis yang kamu dirikan mampu meraup keuntungan. Nah, cara ketiga dalam menentukan niche market adalah pastikan bisnismu mendapat keuntungan. Bagaimana caranya? Kamu bisa melakukan riset, kira-kira bisnis apa yang saat ini berpeluang untuk mendapat keuntungan yang besar.

Baca Juga 
4 Strategi Ampuh Menjalankan Bisnis Selama New Normal, Dapatkan Target Maksimal!

Niche Market adalah

  • Jangan Takut untuk Trial and Error

Cara terakhir dalam menentukan niche market adalah jangan takut untuk melakukan trial and error dalam bisnismu. Dalam mendirikan sebuah bisnis, tidak mungkin akan langsung sukses begitu saja. Ada kalanya, kamu akan mengalami jatuh bangun karena menghadapi beberapa penyesuaian yang terjadi, sampai akhirnya bisnis tersebut mampu bertahan dalam jangka panjang. Jadi, terus berinovasi dalam bisnismu, ya!

Niche Market adalah

Manfaat Niche Market dalam Bisnis

Ketika kamu sudah menentukan niche market dalam bisnis, banyak manfaat yang akan didapatkan demi majunya bisnis yang kamu bangun. Beberapa manfaat niche market adalah sebagai berikut.

  • Bisnis Jadi Mudah untuk Dikenali

Manfaat pertama dari niche market adalah bisnis yang kamu dirikan jadi lebih dikenal pelanggan. Mengapa demikian? Karena niche market merupakan strategi yang membuat bisnismu jadi lebih jelas fokusnya karena punya target market tertentu saja. Jadi, produk yang akan dijual tidak akan bercampur jadi satu dengan produk di luar bisnis utama. 

  • Mempunyai Target Pasar yang Jelas

Jika kamu baru mulai merintis bisnis dan belum punya budget yang banyak, maka niche market merupakan strategi yang pas untuk diterapkan. Dengan niche market atau target pasar yang spesifik, kamu bisa memaksimalkan strategi pemasaran dan calon pelanggan yang ingin dituju agar produk yang kamu tawarkan berhasil terjual sesuai target. 

  • Mengurangi Kompetitor Bisnis

Manfaat terakhir dari niche market yaitu dapat mengurangi persaingan dalam bisnis. Dalam menjalankan bisnis, pasti memiliki kompetitor yang serupa karena sudah banyak bisnis di luar sana dengan jenis yang sama. Oleh sebab itu, kamu harus punya pembeda agar bisnismu lebih dikenal.

Dengan menyempitkan target market yang dituju, peluang untuk bersaing dengan kompetitor lain akan berkurang. Mengapa demikian? Karena dengan mempersempit target market, kamu akan punya standar dan keputusan bisnis tersendiri yang tidak semua kompetitor lain memilikinya. 

Baca Juga 
7 Cara Memulai Bisnis Online, Cocok buat Pebisnis Pemula!

Contoh Penerapan Niche Market adalah Sebagai Berikut

Kamu sudah mengetahui penjelasan mengenai niche market, bagaimana cara menentukannya, dan manfaat yang akan didapat. Berikut adalah contoh penerapan niche market dalam bisnis.

Salah satu contoh penentuan niche market di Indonesia yaitu jasa fotografi, di mana jasa fotografi bisa berupa banyak hal. Kamu bisa menentukan fokus jasa fotografinya menjadi jasa fotografi untuk produk makanan dan minuman, di mana target market akan mengerucut menjadi lebih spesifik lagi, yaitu orang yang berbisnis di bidang kuliner. 

Dalam berbisnis kuliner, pasti membutuhkan foto produk yang bagus sehingga akan menarik calon pelanggan untuk membelinya. Dari sini, target market akan lebih jelas, yaitu pebisnis kuliner, bukan orang yang ingin foto untuk pernikahan dan lain sebagainya. 

Nah, itu tadi penjelasan mengenai niche market adalah apa, manfaat, cara menentukan, dan contohnya. Penting untuk menentukan niche market dalam bisnis agar bisnis yang kamu jalankan bisa berjalan dengan maksimal serta mampu untuk meraih omset yang banyak. 

Ketika kamu sudah menentukan niche market dan berhasil menjalankan bisnis, jangan lupa untuk mengelolanya dengan baik, ya! Agar bisnis yang kamu jalankan berjalan lancar. Salah satu cara agar pengelolaan bisnismu baik yaitu dengan menggunakan SmartSeller! Dengan SmartSeller, kamu bisa mengelola bisnis dengan mudah, lho! Mulai dari mengatur pengiriman, kontrol stok barang, dan update harga, bisa dilakukan jadi satu semuanya. Yuk, pakai SmartSeller sekarang!