Menjadi reseller dalam suatu bisnis adalah salah satu cara untuk kamu yang ingin dapat penghasilan tambahan. Terlebih lagi, jika kamu adalah seorang ibu rumah tangga, mahasiswa, bahkan pegawai kantoran yang butuh penghasilan tambahan, sehingga reseller adalah pilihan yang tepat. Terdapat program reseller tanpa modal banyak yang bisa kamu ikuti, sehingga tidak perlu bingung jika budget yang kamu punya sedikit.

Reseller tanpa modal banyak biasanya ditawarkan oleh pelaku bisnis online shop yang tujuannya untuk mengembangkan usaha mereka dan membantu orang-orang yang ingin mendapat penghasilan tambahan. Dengan menjadi reseller tanpa modal banyak, kamu tidak perlu stok barang terlalu over. Kamu bisa membuka sistem PO (pre order) terlebih dahulu. Jika nantinya ada yang memesan barang, kamu bisa order ke supplier sesuai dengan jumlah barang yang diminta. 

Reseller tanpa modal banyak memang mengeluarkan biaya yang minim. Namun, tetap ada beberapa hal yang dibutuhkan, seperti smartphone dan koneksi internet untuk melakukan pemasaran produk. Pada artikel ini, akan dijelaskan mengenai beberapa tips buat kamu yang ingin jadi reseller tanpa modal yang banyak. Yuk, scroll sampai bawah!

Reseller Tanpa Modal

Apa itu Reseller? Berikut Penjelasannya

Reseller adalah sekumpulan kelompok perusahaan atau individu yang membeli barang atau jasa dari orang lain atau supplier, dengan tujuan untuk dijual kembali agar mendapat keuntungan. Bisa dibilang, reseller adalah “tangan kedua” dari supplier.

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan adanya reseller, seperti dari pihak supplier ingin mengembangkan bisnis mereka agar lebih dikenal banyak orang dan dari pihak reseller sendiri melihat adanya peluang jika mereka menjual barang tersebut. Oleh sebab itu, baik reseller maupun supplier sama-sama mendapatkan keuntungan.

Saat kamu memutuskan menjadi reseller dari sebuah bisnis, kamu tidak akan mendapat penghasilan secara langsung dari bisnis tersebut. Penghasilan yang akan didapat reseller yaitu melalui selisih harga yang telah disepakati bersama oleh pemilik bisnis. 

Baca Juga 
5 Aplikasi Live Chat Gratis untuk Melayani Calon Pembeli Toko Online Anda

Misal, kamu ingin menjadi reseller dari bisnis keripik basreng. Satu bungkus keripik basreng harganya Rp15.000. Karena kamu menjadi reseller, kamu akan menaikkan harga basreng tersebut menjadi Rp17.000 untuk dijual ke target market yang dituju. Nah, selisih Rp2.000 inilah yang akan menjadi penghasilanmu jika berhasil menjualnya. 

Saat ini, sudah banyak bisnis yang menawarkan menjadi reseller tanpa modal yang banyak, bahkan ada juga yang tidak butuh modal, lho! Jadi, reseller tanpa modal banyak ini cocok buat kamu yang baru mau coba untuk merintis bisnis. Meskipun begitu, menjadi reseller juga tidak bisa dilakukan dengan asal.

4 Cara Menjadi Reseller Tanpa Modal Banyak

Setelah mengetahui penjelasan singkat mengenai reseller, kini saatnya kamu mengetahui apa saja cara yang harus dilakukan jika ingin jadi reseller tanpa modal banyak yang dapat kamu terapkan. Menjadi reseller biasanya dilakukan dengan jualan online karena tren belanja online memang lagi digemari oleh banyak orang. Yuk, simak caranya!

Reseller Tanpa Modal

  • Tentukan Produk yang Ingin Dijual

Menentukan produk yang ingin kamu jual adalah hal penting yang harus dipikirkan sebelum menjadi reseller tanpa modal yang banyak. Karena tanpa modal atau mengeluarkan modal yang sedikit, kamu harus jeli dalam menentukan produk yang mau dijual.

Kamu bisa melakukan riset, kira-kira produk apa yang saat ini lagi booming dan digemari oleh banyak orang. Produk tersebut bisa berupa makanan, baju, alat olahraga, dan lain sebagainya. Sesuaikan juga dengan target pasar yang ingin kamu tuju agar bisnis reseller yang dijalankan bisa laris. 

Baca juga: Ini Dia 4 Ide Jualan Terlaris yang Minat Banyak Pembeli

Selain itu, kamu juga harus memastikan produk yang ingin kamu jual punya kualitas yang baik. Jika kamu ingin menjual produk di marketplace, pastikan juga produk tersebut laku jika dijual di marketplace

Baca Juga 
5 Rekomendasi Akun Instagram Fashion, Jadi Inspirasi Biar Postingan Up To Date!

Reseller Tanpa Modal

  • Tentukan Supplier

Jika kamu sudah memutuskan ingin menjual produk apa, hal selanjutnya yang harus kamu lakukan untuk menjadi reseller tanpa modal yang banyak adalah pilihlah supplier dari produk yang sudah ditentukan. Perlu untuk dicatat, kamu tidak bisa asal dalam memilih supplier karena akan berdampak langsung pada reputasi bisnis reseller yang akan kamu rintis. 

Pilihlah supplier yang menawarkan perjanjian dengan jelas, seperti bagaimana sistem yang diterapkan, berapa harga barang untuk reseller, dan bagaimana pengiriman barangnya. Untuk reseller tanpa modal banyak, pastikan lagi biaya yang harus ditanggung reseller sesuai dengan budget yang kamu punya. Selain itu, pilihlah supplier yang punya komunikasi yang baik sehingga dapat diajak kerjasama. 

  • Menggunakan Aplikasi Reseller

Ada cara mudah untuk menjadi reseller tanpa modal banyak yang bisa kamu terapkan, yaitu dengan menggunakan SmartSeller. Di SmartSeller, kamu bisa memilih supplier sesuai dengan produk yang ingin kamu jual. 

Bisnis reseller mu akan lebih mudah jika menggunakan SmartSeller. Mengapa demikian? Di SmartSeller, terdapat fitur private order, dimana kamu bisa mengakses katalog produk dari supplier yang kamu pilih. Kamu juga dapat melihat stok barang yang tersedia, sehingga dapat memperkirakan mau mengambil berapa produk sesuai dengan budget yang ada. Selain itu, kamu juga bisa melakukan pembayaran langsung ke supplier, lho!

SmartSeller sangat cocok buat kamu yang ingin memulai bisnis reseller tanpa modal yang banyak. Hal yang perlu diingat lagi, pilih calon supplier dengan jeli agar bisnis reseller yang kamu jalankan bisa lancar. 

Reseller Tanpa Modal

  • Terapkan Strategi Pemasaran yang Tepat

Meskipun hanya bisnis reseller, kamu tetap harus punya strategi pemasaran yang tepat agar bisnis yang dijalankan laris. Banyak strategi pemasaran yang bisa kamu terapkan, seperti mempromosikan produk melalui WhatsApp, Instagram, dan Facebook ke orang-orang terdekat dahulu sesuai dengan target market.

Baca Juga 
Ini Dia, 4 Langkah Membangun Instagram Marketing!

Baca juga: Tanpa Ribet dan Praktis, Ini 5 Cara Jualan Online di HP

Selain itu, jangan takut untuk membuat online shop mu sendiri. Kamu dapat membuat online shop di social media, dan mengisinya dengan konten menarik disertai dengan produk yang kamu jual. Kamu juga bisa membuka toko online di marketplace demi menjangkau target market yang lebih luas. 

Hal penting yang perlu diperhatikan saat memasarkan produk yaitu konsisten. Promosikan produkmu setiap hari dengan strategi yang tepat agar calon pembeli tertarik untuk membeli produk. Jika nantinya terdapat calon pelanggan potensial, jangan lupa berikan hospitality yang baik agar mereka nyaman saat bertanya mengenai produk sampai akhirnya mereka membeli.

Nah, itu tadi beberapa tips menjadi reseller tanpa modal banyak yang bisa kamu ikuti. Bisnis reseller ini sangat cocok buat kamu yang ingin dapet cuan tambahan. Namun, jangan lupa untuk mengelola bisnis reseller mu dengan baik, ya! Salah satu cara mengelola bisnis reseller mu yaitu dengan menggunakan SmartSeller. 

SmartSeller dapat memudahkan kamu untuk memantau dan kelola pesanan dari mana saja, lho! Kirim barang ke pelanggan juga semakin mudah karena SmartSeller sudah tersambung dengan kurir jasa pengiriman. Selain itu, kamu juga bisa atur stok barang dagangan mu. Yuk, pakai SmartSeller sekarang juga!