Penting bagi kamu yang ingin memulai bisnis untuk mempunyai karakteristik wirausahawan. Hal tersebut dikarenakan setiap pekerjaan mempunyai karakteristik yang dibutuhkan. Karakteristik tersebut dibutuhkan bukan hanya agar sukses, namun juga agar seseorang mampu bertahan pada pekerjaan tersebut. Lantas apa saja karakteristik wirausahawan yang dibutuhkan agar mampu bertahan dan sukses?

Saat ini, menjadi wirausahawan adalah salah satu pilihan yang sering diambil oleh orang-orang. Hal itu tak lepas dari persaingan yang sangat ketat dalam mendapatkan pekerjaan. Tak heran jika banyak orang yang harus menunggu lama untuk mendapatkan pekerjaan. Menjadi wirausahawan menjadi pilihan orang baik sambil menunggu pekerjaan tetap, atau juga menjadi pekerjaan utama yang ia geluti.

Apalagi menjadi wirausahawan semakin dimudahkan. Jika sebelumnya wirausahawan harus mempunyai toko atau berkeliling untuk menjajakan dagangannya, saat ini kemajuan teknologi membantu para wirausahawan untuk dapat berjualan bahkan tanpa perlu terlalu sering keluar dari rumah.

 

Baca Juga: 7 Manfaat Menjadi Wirausaha Beserta Tips Memulainya

 

Berjualan online menjadi pilihan yang bisa dilakukan bagi mereka yang ingin menjadi wirausahawan. Secara online berarti paling tidak modal dasar yang mereka butuhkan yakni paket data agar bisa mengakses internet. Sudah banyak platform berjualan online yang bisa kamu akses, mulai dari media sosial, e-commerce hingga marketplace. Jadi tidak harus mempunyai toko fisik untuk menjadi sebuah wirausahawan saat ini.

Bahkan dalam memasarkan produk, seseorang tidak perlu membagikan selebaran di daerah tertentu agar calon pelanggan mampir. Dengan melakukan promosi di media sosial yang tepat, sebuah bisnis dapat menarik calon pelanggan agar mampir ke toko mereka. Dengan begitu, tidak hanya biaya, waktu dan tenaga wirausahawan juga dapat dihemat.

Namun, secara online tidak berarti menghilangkan esensi wirausaha tersebut. Masih banyak hal lain yang harus tetap dilalui, seperti menentukan pemasok, menyiapkan modal, hingga melakukan riset pasar. Hal-hal teknis tersebut harus tetap disiapkan dan dilalui. Selain itu, secara mental juga penting agar mempunyai karakteristik wirausahawan.

Baca Juga 
Mengenal Fungsi Distributor, Jenis dan Peluang Usahanya

 

Karakteristik Wirausahawan

 

Karakteristik Wirausahawan

 

Apa sih yang dimaksud dengan karakteristik wirausahawan? Maksudnya adalah berbagai karakteristik yang harus dimiliki wirausahawan dalam menjalankan pekerjaannya. Semua orang tentu mempunyai kesempatan dan bisa menjadi wirausahawan. Namun ada beberapa karakteristik yang harus dimiliki agar dapat bertahan dalam pekerjaan tersebut atau bahkan agar sukses.

Karakteristik yang dimaksud adalah sikap, tindakan, ataupun pemikiran dan prinsip yang dimiliki seorang wirausahawan dalam menjalankan pekerjaannya. Baik jika ada rintangan ataupun tidak. Dengan memiliki karakteristik wirausahawan yang tepat, seseorang dapat membuat bisnis yang ia geluti menjadi lebih baik.

 

Tonton: #SellerStory Zalona Store : Rahasia Sukses Bisnis Online Fashion Hijab

 

Berikut adalah beberapa karakteristik yang patut dimiliki seorang wirausahawan dalam menjalankan bisnisnya:

 

Gigih

Semua orang harus gigih dalam hidup. Baik itu dalam pendidikan, menjaga komitmen serta juga dalam wirausaha. Salah satu modal penting yang harus dimiliki seseorang adalah dengan gigih. Jika seseorang sudah sangat gigih, bisa jadi tidak adalah masalah yang tidak bisa jalani ataupun diatasi.

Wirausaha sendiri bukan merupakan sebuah pekerjaan yang stabil, jadi kegigihan diperlukan agar seseorang mampu menjalani dan mengatasinya. Dengan kegigihan, akan ada jalan yang terbuka. Biar bagaimanapun, hasil tidak akan mengkhianati usaha seseorang. Jadi karakteristik wirausahawan yang harus dimiliki adalah gigih.

 

Inovatif

Karakteristik Wirausahawan

 

Di dunia yang semakin sesak dengan kumpulan manusia, inovatif menjadi karakteristik wirausahawan yang penting untuk dimiliki. Banyaknya orang sama dengan banyaknya ide. Bisa jadi ide tersebut mirip-mirip dengan ide lainnya. Karena itu, sebuah bisnis harus menjadi inovatif agar calon pelanggan juga dapat tertarik untuk membeli produk tersebut. 

Hal tersebut bisa dilakukan dengan terus mengikuti perkembangan zaman. Seiring majunya zaman, tentu masyarakat akan mempunyai kebutuhan yang berbeda dibandingkan dengan sebelumnya. Dengan menjadi inovatif, seseorang dapat memajukan bisnisnya agar dapat dinikmati orang banyak.

Baca Juga 
10 Tren Digital Marketing di Tahun 2020 yang Perlu Anda Ketahui!

 

Disiplin

Disiplin adalah karakteristik wirausahawan yang penting untuk dimiliki. Wirausahawan mengurus bisnisnya secara langsung, jadi mereka juga yang melakukan supervisi. Dengan disiplin, standar yang dimiliki oleh bisnis tersebut bisa terjaga dengan baik. Karena berkembangnya bisnis tersebut atau tidak, bisa jadi ditentukan oleh kedisiplinan.

Misalnya ketika suatu bisnis tidak mempunyai jam kerja ataupun hari yang tetap. Hal tersebut bisa berpengaruh kepada penjualan nantinya. Jika seseorang membutuhkan produk tersebut dari pagi sementara wirausahawan tersebut baru merespon sore, tentu sang penjual akan kehilangan kesempatan. Kedisiplinan berarti seseorang harus mempunyai keteraturan ketika ia mengurus bisnisnya. Tanpa kedisiplinan, bukan tidak mungkin suatu bisnis bisa hancur nantinya.

 

Jujur

Karakteristik Wirausahawan

 

Kejujuran adalah suatu karakteristik yang tidak hanya dibutuhkan oleh wirausahawan, namun juga manusia. Semua manusia menghargai kejujuran. Tanpa kejujuran, tentu dunia tidak akan menjadi tempat yang lebih baik. Karena itu, dalam dunia bisnis, jujur juga merupakan salah satu karakteristik wirausahawan.

Meskipun terlihat sederhana, namun kejujuran akan membantu bisnis kamu terutama dalam meningkatkan rasa percaya. Bayangkan saja jika suatu bisnis berbohong tentang bahan-bahan yang mereka gunakan, hal tersebut akan menghilangkan kepercayaan pelanggan. Dengan berperilaku jujur, pelanggan akan menghargai hal tersebut dan memberikan kepercayaan pada suatu usaha.

 

Terbuka

Semakin majunya dunia ini membuat banyak pilihan yang ada. Oleh karena itu, terbuka menjadi karakteristik wirausahawan yang penting untuk dimiliki. Hal tersebut dikarenakan keras kepala tidak akan membuat bisnis berkembang. Lihat saja beberapa merek besar dunia yang akhirnya harus gagal karena mereka kukuh dengan pendirian yang mereka miliki.

Semakin majunya dunia tentu berarti nilai dan kebutuhan yang ada juga semakin berkembang. Oleh karena itu, seorang wirausahawan juga harus terbuka dengan kemungkinan yang ada. Tentu saja penting untuk mempunyai suatu nilai atau prinsip tertentu. Tapi dengan mencoba terbuka untuk kemungkinan yang baru akan membantu bisnis untuk tetap bertahan dalam bisnis yang sedang digeluti.

Baca Juga 
Berikut Ini adalah Rumus Contoh HPP dan Manfaatnya!

 

Mengambil Risiko

Karakteristik Wirausahawan

 

Banyak orang yang menyukai stabilitas. Namun terkadang, berada di zona nyaman tidak akan membuat seseorang dapat berkembang lebih jauh. Hal itu juga dapat terjadi dalam bisnis. Jika seseorang terlalu main aman dalam bisnisnya, bisa saja bisnis yang ia jalani tidak berkembang lebih lanjut karena ia tidak mengambil resiko.

Oleh karena itu, mengambil resiko adalah karakteristik wirausahawan yang tidak boleh ketinggalan. Jika ia berani mengambil resiko, akan ada kemungkinan kesempatan tersebut sukses. Tentu resiko tersebut harus diambil setelah perencanaan dan persiapan yang matang. Jangan sampai mengambil resiko tanpa melakukan persiapan berarti. Hal tersebut justru akan menjadi bumerang bagi bisnis.

 

Baca Juga: 8 Faktor Keberhasilan Wirausahawan yang Perlu Kamu Tahu

 

Demikian adalah sedikit penjelasan mengenai karakteristik wirausahawan yang penting dimiliki agar suatu bisnis dapat berjalan dengan baik dan lancar. Persiapan baik teknis dan non-teknis penting dilakukan sebelum menjalani usaha agar nantinya usaha tersebut siap dan bisa berjalan dengan lancar.

Agar bisnis yang kamu jalankan dapat semakin baik dan lancar, kamu dapat menggunakan SmartSeller. Dengan SmartSeller, kamu memegang kendali penuh untuk jualan online di manapun. Di dalamnya juga termasuk manajemen order serta manajemen pengiriman. Tunggu apalagi, langsung aja kunjungi SmartSeller!