Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh pebisnis pemula untuk terpacu dalam membangun usahanya dengan melihat faktor keberhasilan wirausahawan dari sosok entrepeneur terkenal yang ada. Memiliki role model tersebut mampu memberikan inspirasi karena bisa dibilang mereka memiliki kualitas yang dapat diterapkan dalam diri dan berbisnis.

Meski tidak ada sosok entrepeneur di luar sana yang sempurna, tapi kesukesan bisnis mereka tentu datang dari faktor keberhasilan wirausahawan. Tapi, apa saja sih faktor keberhasilan wirausahawan yang dapat menjadi acuan kesuksesan entrepeneur?

Nah, kamu pun sebagai pemilik bisnis, terutama yang baru merintis bisnis, perlu mengetahui faktor keberhasilan wirausahawan agar bisnismu senantiasa berkembang untuk jangka waktu yang lama. 

Yuk, simak artikel ini sampai habis untuk ketahui beberapa faktor keberhasilan wirausahawan yang perlu kamu terapkan ketika berbisnis!

Faktor Keberhasilan Wirausahawan

Apa Saja Faktor Keberhasilan Wirausahawan?

Sudah banyak studi yang menelaah hal yang menentukan faktor keberhasilan wirausahawan. Bukan hanya permodalan dan manajemen keuangan, tapi ada beberapa faktor keberhasilan wirausahawan lain yang bisa jadi indikator kesuksesan bisnis rintisan sendiri. 

Faktor Keberhasilan Wirausahawan

1. Leadership (Kepemimpinan)

Menjadi wirausahawan berarti kamu mendirikan bisnis dan yang akan memimpinnya. Wirausahawan dituntut untuk jadi pemimpin yang bertanggung jawab atas segala hal dalam bisnis, membuat keputusan, dan terlibat dengan banyak pihak, seperti karyawan, pemilik modal, pihak ketiga, atau pihak yang berurusan dengan kepatuhan hukum.

Namun, tahukah kamu kalau ada perbedaan yang kentara antara pemimpin (leader) dan bos? Memang kedua istilah ini tampak mirip karena sama-sama digunakan untuk seseorang yang mempimpin. Tapi ada letak perbedaan yang mendalam antara keduanya, yaitu dari cara mereka memimpin. 

Seorang bos akan lebih mendominasi karyawannya baik itu dari status, gelar, hingga cara kerjanya. Berbeda dengan bos, seorang leader akan membimbing dan mengayomi agar karyawan-karyawannya dapat bekerja dengan lebih baik. Jadi, diperlukan kepemimpinan sebagai faktor keberhasilan wirausahwan.

Baca Juga 
Manfaatkan momen kemerdekaan untuk berbisnis

2. Berwawasan Cukup Tentang Kewirausahaan

Faktor keberhasilan wirausahawan juga bisa dilihat dari wawasan yang dimilikinya. Wirausahawan dituntut untuk memiliki wawasan yang mumpuni tentang bisnis, terutama tentang industri bisnis yang dijalankan. Memiliki wawasan dapat membantu pemilik bisnis memaksimalkan potensi bisnis dan meraih target yang sudah ditetapkan.

Oleh karena itu, pemilik bisnis perlu terus memperluas wawasannya. Wawasan tentang kewirausahaan dapat dipelajari dari banyak sumber, misalnya dari buku tentang entrepeneurship, buku motivasional, mendatangi seminar, atau pun bergabung ke komunitas sesama pengusaha. Selain itu, seiring dengan menjalankan bisnis pun kamu bisa menambah wawasan. 

3. Skill (Keahlian)

Selain memiliki wawasan, memiliki skill yang mumpuni juga termasuk dalam faktor keberhasilan wirausahawan. Skill tentu dibutuhkan agar seorang wirausahawan terus mampu menjalankan bisnis dan mengembangkannya

Skill yang perlu dimiliki oleh wirausahawan pada dasarnya dapat dikategorikan menjadi dua, yaitu soft skill dan hard skill. Soft skill yang termasuk antara lain, manajemen waktu, komunikasi, creative thinking, dan networking. Sedangkan hard skill untuk wirausahawan, antara lain, adalah business planning, perencanaan keuangan, menganalisis data, dan pemasaran.

Baca Juga: Inspirasi Kisah Pengusaha Sukses Dalam dan Luar Negeri

4. Tekad

Bisnis yang sudah memiliki nama pun memiliki masalah yang dihadapi sehari-hari, apalagi bisnis yang baru saja dirintis. Jalannya sebuah bisnis tidak melulu akan berjalan mulus seperti yang dibayangkan. Pasti ada permasalahan yang terjadi dalam bisnis – yang terduga mau pun yang tidak terduga. 

Namun, dengan memiliki tekad atau determinasi, seorang wirausahawan mampu terus bangkit dan tidak akan goyah ketika dihadapkan oleh berbagai masalah. Tekad yang kuat akan menjadi sumber semangat untuk mencari solusi untuk memecahkan masalah dalam bisnis. Maka dari itu, tekad termasuk dalam salah satu faktor keberhasilan wirausahawan.

Baca Juga 
Mengenal Lebih Jauh Tentang Apa Itu Segmentasi Pasar

Faktor Keberhasilan Wirausahawan

5. Passion (Semangat)

Mengapa passion termasuk ke dalam faktor keberhasilan wirausahawan? Mungkin ada beberapa orang yang berpendapat bahwa passion bukanlah faktor yang penting dalam hal karir. Tapi, dengan memiliki passion kamu bisa mencintai pekerjaan yang kamu lakukan, termasuk dalam membangun sebuah bisnis.

Ketika seorang wirausahawan mempunyai passion, Ia akan lebih terpacu untuk terus mengeksplorasi bisnis yang dijalankan. Selain itu, passion akan menjadi bahan bakar utama wirausahawan untuk mencurahkan segala yang dipunya agar bisnis dapat berkembang hingga jangka waktu yang lama.

Faktor Keberhasilan Wirausahawan

6. Teamwork (Bekerja dalam Tim)

Pada umumnya, di dalam bisnis terdapat fungsi kerja lain yang melakukan pekerjaan yang berbeda-beda karena seiring berjalannya waktu, penambahan orang pasti akan diperlukan agar bisnis mampu berkembang. Tentu, pekerjaan akan lebih mudah kalau ada bantuan dari orang lain yang lebih mumpuni dalam fungsi kerja tersebut bukan?

Nah, meskipun posisi wirausahawan dalam bisnis adalah sebagai pemimpin, Ia harus mampu memposisikan dirinya dengan baik guna menyatukan pendapat yang berbeda-beda. 

Dengan kata lain, seorang wirausahawan perlu mempunyai manajemen teamwork yang baik pula. Hal ini agar setiap fungsi kerja yang ada dapat bersama-sama mewujudkan visi misi bisnis. Itulah mengapa teamwork juga termasuk dalam faktor keberhasilan wirausahawan.

7. Kreatif dan Inovatif

Faktor keberhasilan wirausahawan juga dapat diukur dari seberapa kreatif dan inovatif Ia untuk mendatangkan ide baru ke dalam bisnis, tapi tetap mempertimbangkan pula sumber daya yang terdapat dalam bisnisnya. Ide baru diperlukan karena bisnis yang dijalankan tentu memiliki kompetitor lain yang bergerak dalam bidang yang sama.

Dalam hal lain, kreativitas dan pemikiran yang inovatif juga dibutuhkan ketika terdapat batu ganjalan dalam bisnis. Hal ini karena kedua aspek ini berguna dalam pengambilan keputusan atau langkah untuk menghadapinya. 

Baca Juga 
5 Situs Web Kwitansi Online untuk Bisnis Daringmu!

Pasalnya, terdapat masalah baru yang tidak bisa diselesaikan dengan menggunakan cara dan metode yang sama.  Sehingga, pemikiran kreatif dan inovatif diperlukan untuk mencari jalan alternatif demi keberlangsungan bisnis.

8. Kejujuran atau Integritas

Pernah mendengar perkataan “jujur pangkal bahagia”? Dalam hidup, ketika kita jujur terhadap diri sendiri, maka kebahagiaan akan selalu mengikuti. Begitu pula dalam hal berbisnis, seorang wirausahawan yang memiliki integritas dapat memimpin bisnis dengan cara yang positif dan akan membawa berkah tersendiri untuk bisnisnya.

Contoh sederhana integritas dalam berbisnis misalnya dalam hal kepatuhan hukum. Di Indonesia yang merupakan negara hukum ini, mendirikan bisnis membutuhkan beberapa hal yang harus dipatuhi oleh pebisnis. 

Seorang wirausahawan yang berintegritas tinggi tentu akan mematuhi setiap persyaratan yang diperlukan. Kepatuhan ini nantinya akan menjauhkan bisnis tersandung masalah hukum. Jadi, faktor keberhasilan wirausahawan agar mampu bertahan hinga masa depan adalah dengan bersikap jujur.

Baca Juga: Pilihan Buku Tentang Bisnis Buat Kamu yang Baru Memulai Bisnis

Itulah kedelapan faktor keberhasilan wirausahawan yang perlu kamu ketahui. Dengan memiliki dan memperhatikan delapan faktor keberhasilan wirausahawan di atas, wirausahawan dapat menjalankan bisnisnya dengan baik hingga jangka waktu yang lama.

Pada intinya, faktor keberhasilan wirausahawan tersebut secara tidak langsung tercermin dalam bisnis yang dijalankan dan tentunya pelanggan pun dapat lebih setia dan percaya dengan bisnis.

Nah, selain memperhatikan faktor keberhasilan wirausahawan, ada cara lain yang dapat dilakukan untuk membuat pelanggan setia dengan mengelola bisnis dengan baik, yaitu dengan pakai SmartSeller! Salah satu fiturnya, yaitu manajemen order, dapat membantumu mengatur setiap order-an yang masuk dan menghitung ongkir secara otomatis. Yuk, kelola bisnismu dengan SmartSeller!