Film tentang bisnis tentunya menarik untuk ditonton. Apalagi biasanya film tentang bisnis mempunyai masalah yang sama dengan dunia nyata. Yaitu seseorang mencoba mewujudkan mimpinya namun terhalang sesuatu. Pada film-film tersebut, kita bisa melihat perjuangan yang dilewati demi mewujudkan mimpi-mimpi tersebut. 

Terkadang film bukan hanya sebuah hiburan belaka. Film adalah sebuah karya yang dibuat. Oleh karena itu, banyak juga film yang bisa menginspirasi. Bukan hanya untuk ditonton, namun juga dijadikan motivasi. Inspirasi dan motivasi datangnya bisa dari mana saja, termasuk film. Berikut adalah daftar film tentang bisnis yang mungkin dapat memberikan motivasi bagi kamu, apalagi jika kamu sedang merasa membutuhkan motivasi dan inspirasi.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Film Motivasi Indonesia Tentang Bisnis

  • The Founder

Siapa sih yang nggak kenal dengan McDonald’s? Salah satu jaringan waralaba restoran cepat saji terbesar di dunia ini menjadi latar belakang film ini, lho! Diperankan oleh Michael Keaton, film ini menceritakan tentang Ray Kroc yang merupakan seorang salesman. Bekerja sebagai salesman keliling, ia adalah seseorang yang bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. 

Ia sempat putus asa tapi kemudian menemukan McDonald’s dan model bisnis yang membuatnya kagum. Maklum saat itu jarang ada restoran cepat saji dengan kualitas yang sangat baik. Hal tersebut memberikannya ide. Ia kemudian mengajak pemilik McDonald’s untuk membuatnya menjadi waralaba. Berkat kejeliannya memanfaatkan dan melihat peluang bisnis, kini McDonald’s mempunyai lebih dari 90 ribu waralaba di lebih dari 100 negara dunia dan menjadi bagian dari budaya populer dunia.

  • The Social Network

Film tentang Bisnis

sumber: imdb.com

Dengan pengguna hampir 3 milyar orang, Facebook merupakan salah satu media sosial terbesar di dunia. Bahkan Mark Zuckerberg menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Film The Social Network menceritakan tentang bagaimana Facebook itu terbentuk. Semua bermula pada tahun 2003 ketika Zuckerberg merasakan putus cinta dari pacarnya. Merasa kesal, ia meretas sistem kampusnya.

Baca Juga 
Mau Promosi di Sosial Media dengan Efektif? Hindari 5 Hal Ini!

Kemudian bersama beberapa partnernya, ia menemukan ide untuk membuat jejaring sosial yang menghubungkan antara mahasiswa-mahasiswa di kampus terkenal di Amerika Serikat. Berkat idenya dan kemampuan mereka, Facebook kemudian perlahan mulai berkembang hingga eropa. Beberapa lama kemudian seperti yang kita tahu, Facebook menjadi bagian penting dari sejarah beberapa tahun belakangan. The Social Network merupakan film tentang bisnis yang mengajarkan bagaimana seseorang membuat sesuatu yang baru yang berdampak besar.

  • Jerry Maguire

 

Film tentang Bisnis

Sumber: IMDB.com

Kembali ke tahun 1996, Jerry Maguire adalah salah satu film tentang bisnis yang dapat memberikan motivasi. Film yang dibintangi oleh Tom Cruise ini menceritakan tentang karakter dengan nama yang sama dengan judul film, Jerry Maguire. Jerry Maguire sendiri diceritakan bukan sebagai seseorang yang berusaha mencapai kesuksesan. Ia adalah seorang agen pemain olahraga yang sukses dengan klien yang banyak.

Namun hal tersebut tak lantas membuatnya bahagia. Ia merasa bahwa selama ini hidup yang ia jalani adalah hidup yang sebenarnya. Bahkan ia tidak merasakan baiknya kehidupan pribadinya. Bahkan ia tidak dekat dengan pemain yang menjadi mitranya. Hal tersebut membuatnya sadar bahwa dalam bisnis, penting untuk mempunyai hubungan orang lain agar ia juga bisa merasa bahagia. Segalanya butuh materi namun materi tetap harus berjalan bersama dengan hubungan horizontal dengan sesama manusia.

Baca Juga: Berikut Ini Sikap Wirausaha yang Penting untuk Dimiliki!

  • Moneyball

Film tentang bisnis yang satu ini dibintangi oleh salah satu aktor ternama Hollywood, Brad Pitt. Moneyball menceritakan tentang manajer tim Oakland Athletics, Billy Beane. Setelah ditinggal oleh para pemain bintangnya, ia terpaksa harus mencari pemain-pemain berkualitas dengan anggaran terbatas. Hal tersebut tentunya bukan hal mudah.

Baca Juga 
Tips Belanja Aman di Marketplace, Bebas Membeli Tanpa Takut Tertipu

Ia kemudian bertemu dengan Peter Brand, seorang mahasiswa lulusan Yale untuk bekerja sama. Dengan metode yang diusung Brand, Oakland merekrut pemain-pemain tidak terkenal. Metode tersebut menggunakan sistem dan memproyeksikan apakah pemain cocok dengan sistem yang dibuat pelatih serta kecocokan harga dengan nilai asli yang dimiliki pemain tersebut. Sistem tersebut ternyata berhasil di tengah klub lain yang memiliki anggaran jauh lebih banyak.

Metode Moneyball sendiri semakin banyak digunakan oleh tim-tim olahraga dunia termasuk sepakbola di tengah banyaknya klub kaya. Moneyball mengajarkan bahwa seseorang tidak harus memiliki modal yang besar untuk berkembang. Penggunaan modal secara efisien dan efektif akan jauh lebih baik dibanding modal yang tidak jelas alokasinya.

  • Joy

Film tentang Bisnis

sumber: hometheaterforum.com

Film tentang bisnis yang satu ini menceritakan tentang seorang wanita, Joy Mangano yang diperankan oleh Jennifer Lawrence. Joy sendiri adalah seorang agen pemesanan pesawat yang hidupnya datar-datar saja. Janda dua anak ini menjalani hidup yang tipikal hingga sampai suatu saat ia sedang mengepel lantai. Merasa jengah dengan alat pel tersebut, ia mempunyai ide untuk membuat alat pel yang bisa diperas tanpa menggunakan tangan.

Dari ide tersebut, ia kemudian mematenkan alat pel tersebut. Penemuannya tersebut kemudian membuatnya semakin besar. Hal tersebut juga bukan tanpa hambatan. Ia menemui hambatan hingga hampir bangkrut, namun kemudian ia berhasil membalikkan keadaan tersebut. Film ini mengajarkan bahwa bekerja keras adalah hal yang wajib dilakukan. Joy juga memotivasi bahwa dari suatu ide sederhana jika dieksekusi dan dikerjakan dengan baik, bukan tidak mungkin dapat menjadi besar dan berguna bagi banyak orang.

  • Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar

Film tentang Bisnis

sumber: IMDB.com

Film tentang bisnis yang berasal dari Indonesia, Merry Riana, merupakan cerita berdasarkan kisah nyata. Film yang dibintangi oleh Chelsea Islan ini menceritakan di mana Merry muda harus menghadapi berbagai macam cobaan. Keadaan negara yang tidak stabil saat itu memaksa Merry berkuliah di Singapura dengan segala keterbatasan.

Baca Juga 
Besarnya Peluang Jualan Online Makanan dan Snack

Ia kemudian berhasil mengubah cobaan tersebut menjadi kesuksesan hingga dapat meraih satu juta dolar pada usia 26 tahun. Film ini mengajarkan bahwa tidak ada yang dapat menghalangi seseorang jika mempunyai determinasi yang kuat.

  • Chef

Film tentang bisnis makanan ini menceritakan bagaimana Carl Gasper adalah seorang koki. Ia merupakan seorang koki di restoran yang cukup berkembang. Kejatuhan terjadi ketika ia dikritik dan ia tidak bisa menerima hal tersebut. Namun sayangnya, hal tersebut menjadi bumerang. Ia kemudian jatuh hingga ia dipecat dan bercerai dengan istrinya.

Tetapi ia kemudian jatuh cinta pada masakan Kuba dan mencoba membuat food truck. Hal tersebut ternyata mendapat sambutan positif. Ia kemudian berhasil meraih kembali kesuksesan bahkan hubungannya juga kembali pulih. Film ini mengajarkan bahwa kritik merupakan hal yang biasa. Yang kamu harus lakukan adalah mengubah kritik tersebut menjadi motivasi bagi kamu untuk bekerja.

Demikian adalah penjelasan mengenai film-film tentang bisnis yang dapat memberi motivasi terutama bagi para pelaku usaha. Tentu tiap film mempunyai masalah yang berbeda tapi mempunyai esensi yang sama. Yakni bahwa bisnis yang sukses bukan tanpa proses yang mudah. Banyak yang harus dihadapi untuk bisa sampai di titik mereka.

Kalau kamu pelaku bisnis, kamu harus menggunakan sistem yang baik agar bisnis dapat berjalan dengan lancar. Kamu dapat memakai SmartSeller untuk membantumu. Dengan fitur-fitur unggulan seperti manajemen order dan manajemen gudang, kamu bisa memantau usaha tanpa perlu melihat langsung. Tunggu apalagi, yuk pakai SmartSeller!