Butuh film motivasi Indonesia tentang bisnis yang inspiratif dan membuat kamu semangat berbisnis? Ingin dapat perspektif baru mengenai kehidupan bisnis sambil istirahat di waktu luang atau akhir pekan? 

Tenang! Artikel ini akan memberi kamu 7 rekomendasi film motivasi di Indonesia yang tidak hanya membangitkan semangat, melainkan juga memberi kamu cerita tentang tantangan maupun halangan yang dihadapi saat membangun sebuah bisnis. 

Yuk, intip film inspiratif apa saja yang bisa kamu tonton di bawah ini.

1. Cek Toko Sebelah (2016)

Film Motivasi Indonesia

Cek Toko Sebelah merupakan sebuah film yang mengisahkan cerita seorang tokoh dengan nama Erwin yang dihadapkan dengan pilihan antara melanjutkan berkarir di pekerjaan yang sudah mapan atau meneruskan bisnis keluarga yang telah berjalan. 

Selain itu, film ini juga menggambarkan persaingan antara dua toko kelontong yang saling berdekatan. 

Dari film motivasi Indonesia satu ini, kita secara tidak langsung dapat belajar tentang cara mengambil keputusan, cara memanfaatkan kesempatan, cara mengelola bisnis, dan cara menghadapi risiko yang telah kita ambil.

Film ini juga memberi tahu bahwa pesaing dalam dunia bisnis mana pun akan selalu ada dan kita harus menghadapi situasi persaingan secara sehat.

2. Filosofi Kopi (2015)

Film Motivasi Indonesia

Filosofi Kopi adalah film motivasi Indonesia yang menceritakan kisah perjuangan Ben & Jody sebagai dua orang sahabat yang mencoba untuk merintis sebuah kedai kopi. 

Walau Ben adalah orang yang sangat ahli meracik kopi dan Jody merupakan lulusan universitas di luar negeri, membangun bisnis tetap tidak selancar yang mereka pikirkan. 

Banyak kendala serta tantangan yang harus keduanya hadapi, sampai memiliki hutang ratusan juta rupiah dan membuat usaha kopi yang mereka bangun terancam

Film ini mengajarkan kita untuk belajar merintis bisnis bersama seorang sahabat atau orang terdekat, bagaimana seharusnya kita memisahkan kehidupan pribadi dengan kehidupan bisnis,  hingga bagaimana mengelola arus kas keuangan untuk bisnis kedai kopi. 

Film ini juga memberi gambaran tentang pengelolaan kedai kopi, mulai dari pemilihan biji kopi, suasana keseharian kedai kopi, dan interaksi karyawan dengan konsumen di kedai kopi.

Baca juga: Tips Membuat Bisnis Model untuk Bisnis Minuman Kekinian

3. Milly & Mamet (2018)

Film Motivasi Indonesia

Milly & Mamet merupakan film motivasi tentang bisnis di Indonesia yang menarik karena film dibalut dalam komedi. Film mengisahkan pasangan suami istri yang sibuk karena mengurus bayi mereka. 

Mamet yang pada saat itu mempunyai passion memasak dan pernah bekerja menjadi seorang chef, pada akhirnya diharuskan bekerja di pabrik milik orang tua Milly demi menghidupi keluarganya. Film pun semakin menarik saat Mamet mulai membangun bisnis restoran yang telah ia impikan sejak lama. 

Meski dibalut komedi, film ini membantu kita belajar untuk menyelesaikan masalah dengan pasangan terutama bagi kita yang sudah berkeluarga dan mempunyai anak. 

Film ini juga memberi semangat pada kita yang ingin merintis bisnis sesuai passion, mengajarkan kita agar saling menjaga kepercayaan, dan mengatur waktu antara pekerjaan dan keluarga yang seimbang.

4. Laundry Show (2019)

Film Motivasi Indonesia

Laundry Show bercerita tentang kisah seseorang dengan nama Uki yang membangun bisnis laundry setelah membuat keputusan untuk berhenti dari pekerjaan tetapnya. Uki keluar dari pekerjaan karena jenuh, bosan, dan tidak mendapat kebahagiaan pekerjaan yang ia lakukan.

Uki pun membulatkan tekad untuk merintis usaha sendiri yakni jasa laundry pakaian. Namun, merintis bisnis tidak semudah yang Uki bayangkan. 

Bisnis berjalan sangat naik turun. Mulai dari sulitnya mengelola karyawan, adanya persaingan kompetitor, sampai memutuskan untuk menjual mobil demi memperbaiki ruko dan membeli sejumlah alat laundry. 

Film Indonesia satu ini memberi kita motivasi bahwa tidak perlu takut untuk membangun bisnis. Kita tidak boleh menyerah terhadap keputusan yang telah kita ambil. 

Meski bisnis tidak selalu mulus seperti jalan tol dan kita dihadapkan dengan berbagai masalah, kita diyakinkan bahwa kita pasti bisa melewati segala lubang yang ada. Film ini cocok buat kamu yang butuh motivasi tentang merintis bisnis!

5. 9 Summers 10 Autumns (2013)

Film Motivasi Indonesia

 

9 Summers 10 Autumns adalah film motivasi asal Indonesia yang mengisahkan seorang tokoh dengan nama Iwan. Iwan besar di kota Batu, Malang dengan keadaan keluarga yang biasa dan sederhana. 

Namun, Iwan yang menjadi satu-satunya anak lelaki di keluarga mengharuskannya untuk menjadi tumpuan keluarga dan perlu mengubah nasib atau keadaan ekonomi keluarganya.

Walau tidak bercerita tentang cara berbisnis secara langsung, film ini tetap mengajarkan kita untuk selalu berjuang mewujudkan mimpi untuk sukses. Semangat dan kegigihan dari Iwan bisa kita jadikan inspirasi saat mewujudkan setiap tujuan bisnis. 

Selain itu, film ini juga secara tidak langsung memberitahu kita bahwa dorongan dan dukungan tanpa henti dari orang terdekat cukup penting agar menjadi orang sukses.

6. Hijab (2015)

Hijab mengisahkan tentang kumpulan wanita yang memiliki hubungan sahabat lalu ingin memiliki penghasilan tambahan dari berbisnis. Mereka pun akhirnya memilih untuk menjual hijab.

Sayangnya, bisnis yang mereka akan jalankan ternodai dengan kebohongan yakni tidak meminta izin kepada suami. Akhirnya beberapa masalah pun muncul seiring dengan terbongkarnya kebohongan mereka.

Melalui film motivasi Indonesia satu ini, kita belajar bahwa tidak baik untuk memulai bisnis dengan kebohongan. Bagaimanapun, kebohongan ini pada akhirnya akan memberi efek negatif dan situasi terburuknya membuat bisnis yang kamu rintis menjadi hancur.

Baca juga: Bagaimana Cara Menghitung Modal Awal Sebelum Memulai Usaha

7. Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar (2014)

Film Motivasi Indonesia

Film Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar mengisahkan tentang pebisnis sukses di Indonesia, yaitu Merry Riana. Seorang tokoh berdarah Tionghoa ini berhasil menjadi miliarder di usia muda 26 tahun.

Meski tidak secara langsung bercerita tentang cara berbisnis dan hanya dikisahkan sampai lulusnya Merry dari universitas di Singapura, tetapi film ini membuat kita tahu bagaimana perjalanan dan perjuangan pebisnis sukses yang bisa jadi inspirasi.

Perjuangan Merry saat menghadapi krisis di Indonesia serta kelamnya nasib seseorang dengan keturunan Tionghoa pada saat itu mengingatkan kita untuk tidak pernah menyerah apapun keadaan dan situasi yang ada saat ini.

Gimana? Mana film motivasi Indonesia di atas yang ingin kamu tonton terlebih dahulu? Tertarik untuk memulai bisnis sendiri atau justru sedang menjalankan bisnis dan merasa perlu ada kemajuan dalam bisnis kamu? Kamu bisa banget lho untuk mengandalkan aplikasi seperti SmartSeller untuk bisnis kamu. 

Aplikasi SmartSeller bisa membantu kamu untuk mengelola orderan bisnis di mana pun kamu berjualan, mengatur ketersediaan stok penjualan, terhubung langsung dengan puluhan kurir yang bisa COD dan jemput dari rumah, hingga membuat kamu punya situs sendiri atas bisnis kamu.

Pulihan ribu bisnis sudah gunakan SmartSeller, kamu kapan? Yuk ketahui lebih lanjut tentang aplikasi SmartSeller atau daftar gratis SmartSeller sekarang juga! 

Semoga daftar rekomendasi film motivasi Indonesia di atas dan aplikasi yang memudahkan bisnis seperti SmartSeller bisa terus membangkitkan semangat kamu dalam berbisnis ya.