Sekarang ini banyak klub motor yang dibentuk sebagai bagian solidaritas pengguna mode transportasi roda dua. Hal tersebut bertujuan agar lalu lintas menjadi tertib dan lebih tanggung jawab. Dengan banyaknya club motor ini, toko aksesoris motor menjadi salah satu pilihan bisnis yang menarik. Mengapa demikian?

Umumnya, masyarakat yang tergabung dalam club motor ini ingin mempercantik kendaraannya dengan berbagai aksesoris yang menarik dan unik. Sehingga peluang menjual aksesoris motor menjadi semakin terbuka.

Peluang Bisnis Toko Aksesoris Motor

Menjalankan bisnis aksesoris motor yang dilakukan secara online sekarang sangat menjanjikan. Hal ini disebabkan karena setiap motor memerlukan spare parts tambahan agar kendaraannya menjadi lebih nyaman untuk digunakan.

Ada beberapa alasan yang membuat toko aksesoris kendaraan ini menjadi pilihan banyak premotor. Pertama, mereka tidak harus repot mencari aksesoris, mereka hanya perlu scroll dan memilih mana aksesoris yang diingini.

Selain itu, premotor juga tidak harus berpindah dari satu toko ke toko lain hanya karena ingin mencari aksesoris yang diingini, selain itu trend motor sekarang sedang mengalami kenaikan. Jenis motor apa pun sekarang seperti memiliki klubnya masing-masing.

Tentu saja hal ini menjadi peluang yang sangat menarik. Namun, meskipun bisnis ini menjadi usaha yang menarik, pebisnis tetap harus merancang bisnis ini dengan hati-hati.

Tips Membuka Toko Aksesoris Motor

Ada beberapa tips menjual aksesoris motor yang dapat disimak serta dipelajari, antara lain:

  • Persiapan Modal

Hal pertama yang harus disiapkan ketika ingin memulai bisnis ini adalah modal. Dalam bisnis jual aksesoris motor, modal yang disiapkan digunakan untuk beberapa hal, salah satunya untuk menyewa tempat yang akan dijadikan sebagai toko.

Bila kamu ingin menjalankan bisnis secara online dan offline, kamu harus memiliki toko fisik. Alokasi modal yang digunakan untuk menyewa tempat bisa sekitar 20% dari keseluruhan modal. Kemudian ada pula sarana dan prasarana. Sarana dan prasarana ini seperti peralatan toko, kamu dapat mengalokasikan 10% dari besaran modal awal.

Baca Juga 
Tidak Butuh Modal Besar, Inilah 10 Ide Bisnis Pemula

Berikutnya modal yang digunakan untuk melakukan pembelian aksesoris motor. Gunakan modal sebesar 70% untuk membeli barang serta aksesoris yang diperlukan. Kemudian, sisa modal dapat digunakan untuk membeli peralatan bongkar pasang aksesoris motor.

  • Tentukan Lokasi yang Akan Dijadikan Sebagai Toko

Karena menjalankan toko secara online dan offline, kamu tetap memerlukan tempat yang strategis.

Lokasi yang strategis untuk toko aksesoris memiliki sejumlah ciri seperti berada di pinggir jalan raya yang ramai lalu lalang kendaraan, di persimpangan jalan raya, kemudian ada di dekat pemukiman penduduk serta berada di pusat keramaian.

  • Siapkan Seluruh Sarana dan Prasarana

Setelah menyiapkan modal hingga tempat usaha, berikutnya adalah sarana dan prasarana. Bila sudah menemukan lokasi yang cocok untuk usaha, kamu dapat mulai melakukan pembangunan toko.

Kemudian, jangan lupa siapkan semua sarana dan prasarana. Sarana dan prasarana ini seperti rak barang, meja dan kursi, papan nama, dan seluruh perlengkapan administrasi. Kamu juga dapat menggunakan sejumlah barang yang ada di rumah seperti etalase, dan rak agar bisa menekan biaya modal.

  • Pilih Supplier

Kamu bisa mulai membeli berbagai aksesoris serta spare parts motor. Barang-barang tersebut bisa diperoleh dari distributor atau supplier. Cari supplier yang memiliki harga terjangkau, selain itu jangan lupa melakukan riset ketika mencari supplier.

Toko aksesoris motor memang menjadi salah satu bisnis yang menggiurkan, tetapi pastikan kamu sudah menyusun sejumlah rencana bisnis yang matang, agar bisa menjalankan lebih mudah kedepannya.

Selama 2 tahun terakhir ini, banyak juga para penjual aksesoris motor menutup toko fisiknya dan beralih ke toko online karena ternyata hemat dalam biaya sewa tempat. Nah, kamu bisa memanfaatkan fitur storefront yang ada di Smartseller untuk membuat website jualan aksesoris motor secara online jadi lebih menarik.

Baca Juga 
Jelang Idul Adha, Prospek Bisnis ini Sangat Menjanjikan!