Seiring berkembangnya zaman, e-commerce yang merajalela, tentu kamu harus menggunakan kesempatan tersebut dengan salah satunya mengetahui cara daftar jualan di Lazada. Sebab, e-commerce menjadi platform yang tepat untuk menjalankan kegiatan jual beli. Dengan berjualan online, kamu bisa melakukannya di mana saja dan kapan saja. Oleh karenanya, perlu memiliki platform e-commerce yang tepat. 

Lazada menjadi salah satu pilihan tepat untuk berjualan online. Sebab, Lazada merupakan salah satu portal belanja terbesar di Asia Tenggara. Lazada juga mampu menjangkau jutaan pelanggan di mana pun dan kapan pun setiap bulannya. Nah, bagi kamu yang ingin memulai jualan online, kamu bisa memulai cara daftar jualan di Lazada sekarang juga, lho!

Kenapa Harus Berjualan di Lazada?

Sebelum mengetahui cara daftar jualan di Lazada, kamu juga perlu tahu alasan tepat untuk memulai berjualan online di Lazada. Salah satunya, tentu dapat meningkatkan penjualan, sehingga keuntungan pun dapat mengalir. Selain itu, menjual lewat Lazada juga dapat mempermudah konsumen dalam membeli dan mengenali toko juga produk milikmu. 

Nah, berikut ini berbagai alasan untuk kamu agar segera mencari tahu bagaimana cara daftar jualan di Lazada. Yuk, simak.  

  1. Proses Daftar yang Mudah

Seperti diketahui, Lazada memberikan kemudahan bagi konsumen ketika berbelanja. Tetapi, tak hanya untuk konsumen saja, Lazada juga menawarkan cara daftar jualan di Lazada dengan mudah jika kamu ingin memulai berjualan online. Kamu bisa mulai cara daftar jualan di Lazada dengan menggunakan komputer atau laptop, atau bisa juga mengunduh aplikasinya melalui Google Play Store dan Apps Store.

Cara Daftar Jualan di Lazada

  1. Pendampingan Seller Baru hingga 90 Hari

Bagi kamu yang baru saja memulai bisnis, jangan khawatir. Selain cara daftar jualan di Lazada mudah, nantinya kamu juga akan mendapatkan bimbingan atau pendampingan selama 90 hari. Hal ini bertujuan agar kamu bisa semakin siap dan mantap ketika mengembangkan sebuah usaha.

Baca Juga 
Tips Membuat Customer Selalu Bahagia

Pada tahapan ini, penjual bisa mengikuti pelatihan dari Lazada melalui Lazada University. Kemudian, kamu akan mendapat beragam materi belajar mulai dari tutorial, video, hingga webinar yang membahas tentang cara meningkatkan penjualan.

Tonton Juga: SmartSeller : Integrasi dengan Marketplace

  1. Gratis Ikut Campaign Lazada

Layanan menarik lainnya ketika kamu sudah mengetahui cara daftar jualan di Lazada adalah bisa mengikuti program gratis untuk campaign di Lazada. Tetapi, penjual baru bisa ikut berpartisipasi ketika memiliki 12 pengunjung dalam sebulan seta sudah memperoleh content score minimal 80 persen.

  1. Validasi dalam 1 Hari

Bagi kamu yang baru saja memulai membuka toko online di Lazada, kamu tak perlu menunggu lama untuk bisa berjualan. Sebab, hanya dalam satu hari sejak kamu mengikuti langkah-langkah cara daftar jualan di Lazada, kamu langsung mendapatkan validasi.

  1. Komisi 0 persen!

Bagi kamu yang memilih Lazada, tidak perlu khawatir dimintai komisi. Sebab, Lazada hanya menarik komisi sebesar 0 persen yang artinya tidak mengambil keuntungan dari penjual. Terlebih, Lazada juga tidak menerapkan penalti dan tanpa ongkos kirim. Jadi, penjual bisa mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.

Cara Daftar Jualan di Lazada

  1. Layanan Logistik

Ketika telah mengetahui cara daftar jualan di Lazada, nantinya penjual bisa mendapatkan fasilitas layanan logistik dari Lazada. Fitur ini akan dapat membantu kamu memastikan produk atau barang terkirim di mana pun konsumen berada. Lazada juga bakal memantau keseluruhan proses pemesanan berjalan dengan lancar, mulai dari penyimpanan, pengambilan, pengemasan, hingga pengiriman. Tentunya, kamu bisa mendapatkan layanan ini dengan fitur FBL (fulfillment by Lazada).

  1. Portal Belanja Terbesar di Asia Tenggara

Lazada rupanya menjadi salah satu situs belanja online e-commerce terbesar di Asia Tenggara. Hal ini menurut riset dari iPrice pada 2022 lalu. Menariknya, Lazada mendapat total kunjungan hingga 137 juta pengunjung.

Baca Juga 
5 Tips Untuk Perkuat Brand Produk

Tips Berjualan di E-commerce

Memulai bisnis online dengan berjualan di e-commerce, tidak boleh asal. Kamu membutuhkan strategi agar toko online milikmu dilirik oleh para pelanggan e-commerce tersebut. Untuk itu, yuk simak bagaimana tips berjualan di e-commerce sebelum kamu mengetahui cara daftar berjualan di Lazada. 

Baca Juga: 7 Indikator Kepuasan Pelanggan yang Perlu Diketahui

1. Pilih Produk yang akan Dijual

Tips pertama untuk memulai berjualan, selain mengetahui cara daftar jualan di Lazada adalah tentukan atau pilihlah produk andalan dari bisnismu yang akan dijual. Pilihlah produk yang berbeda dan dibutuhkan oleh para konsumen, namun belum banyak beredar di pasaran. Dengan begitu, produk milikmu akan lebih mudah ditemukan dan dilirik oleh para konsumen yang merupakan pengguna dari platform e-commerce. 

Cara Daftar Jualan di Lazada

2. Riset Kompetitor

Setelah menentukan apa yang akan kamu jual di e-commerce, kini saatnya melakukan riset kompetitor untuk melihat bagaimana strategi marketing yang mereka buat. Misalnya, konten yang bisa berupa pengambilan gambar atau video, cara menjelaskan produk, juga kegiatan media sosialnya. Selain itu, kamu juga bisa melihat apa yang menjadi pembeda produkmu dengan produk lainnya. 

3. Analisis Pasar 

Langkah selanjutnya, kamu dapat melakukan analisis pasar. Hal ini guna mengetahui apakah produk yang akan dijual laku di pasaran, menelaah bagaimana cara untuk mempromosikan produk agar dikenal dan laku. Riset kompetitor pun bisa membantumu menambah data dalam menganalisis pasar. 

Selain itu, analisis pasar ini juga bisa dilihat dari review para konsumen yang membeli produk serupa dan yang membeli di toko offline ataupun online. Setelah siap dan menemukan hasil analisis pasar, kini saatnya kamu mengetahui bagaimana cara daftar jualan di Lazada. 

Cara Daftar Jualan di Lazada

Tak perlu berlama-lama lagi, berikut ini adalah langkah dari cara daftar jualan di Lazada. Tenang saja, prosesnya mudah dan cepat kok!

Baca Juga 
Bagaimana Instagram Stories bisa Memaksimalkan Traffic?

Cara Daftar Jualan di Lazada

  1. Download aplikasi Lazada Seller Center di smartphone kesayangan dan langsung akses. Kemudian pilih Indonesia pada opsi wilayah dan bahasa. 
  2. Cantumkan nomor telepon aktif agar dapat menerima SMS yang berisikan kode OTP dan masukan kode yang tertera. 
  3. Selanjutnya, kalian akan memilih tipe seller. Kamu dapat memilih opsi individu. 
  4. Seperti pembuatan akun pada umumnya, kamu akan diminta untuk mengisi alamat email dan kata kunci atau password
  5. Kemudian, kamu akan diminta untuk mengatur alamat toko dan tempat penyimpanan stok barang. Setelah selesai mengisi, klik tombol tambahkan. Apabila alamat toko dan tempat pengambilan barang yang akan dikirimkan sama, kamu dapat menekan tombol sebelah kanan hingga warna biru. 

Baca Juga: Ini Tips Menentukan Nama Toko yang Bagus untuk Bisnis

  1. Isi data dan unggah KTP pada bagian informasi ID. Cek kembali nama dan kelengkapan data lainnya. Jangan sampai salah memasukan data, ya. 
  2. Langkah berikutnya, masukan informasi bank dan lakukan verifikasi. Lalu, unggah halaman depan buku tabungan sebagai informasi bank. 
  3. Terakhir, buka email dan verifikasi akun penjualanmu melalui email yang dikirimkan oleh sistem. 
  4. Selesai! Kamu dapat mengunggah foto produk dan informasi lainnya secara langsung. 

Setelah mengetahui cara daftar jualan di Lazada, kamu juga harus mengurusnya dengan baik agar toko online milikmu dapat dipercaya. Namun, jika kerepotan karena memiliki banyak toko online, kamu bisa menggunakan jasa SmartSeller yang juga mempunyai seller terpercaya untuk dijadikan mitra reseller. Apalagi, saat ini SmartSeller tengah menyediakan promo gratis tiga bulan untuk kelola marketplace milikmu. Harga berlangganannya pun cukup terjangkau yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Yuk, klik di sini untuk informasi selanjutnya.