Website, atau yang biasa disebut dengan web merupakan salah satu wadah yang dapat kamu gunakan untuk berjualan online selain menggunakan social media dan marketplace. Saat ini, penggunaan web banyak diterapkan oleh para pelaku bisnis sebagai opsi lain untuk memperkenalkan produk sekaligus melakukan pembelian. Oleh karena itu, akan lebih menguntungkan jika kamu paham cara membuat web untuk berjualan online

Saat ini, tren belanja online memang sangat digemari oleh masyarakat. Banyak kemudahan dan promo yang ditawarkan ketika belanja online. Jadi, kamu sebagai pelaku bisnis harus bisa memanfaatkan momen ini dengan mengoptimalkan web untuk berjualan online selain menggunakan social media dan marketplace. Dengan mengetahui cara membuat web, kamu akan bisa membuat web untuk online shop sendiri.

Mengetahui cara membuat web juga merupakan salah satu usaha agar selalu up to date dengan perkembangan teknologi yang tiap harinya semakin maju. Terlebih lagi, tiap harinya pasti akan ada fitur yang membuat belanja online jadi lebih mudah, sehingga kamu sebagai pelaku bisnis harus paham juga dengan fitur tersebut agar tidak ketinggalan. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mengetahui bagaimana cara membuat web meskipun hanya hal yang basic.

Apakah cara membuat web untuk jualan online itu susah? Tidak! Kamu hanya perlu baca artikel ini sampai habis untuk mengetahui bagaimana cara membuat web dan informasi terkait lainnya.

Cara Membuat Web

Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Membuat Web untuk Online Shop

Sebelum mengetahui bagaimana cara membuat web untuk online shop, kamu harus mempersiapkan beberapa hal terlebih dahulu agar proses pembuatan web jadi mudah dan tidak memakan waktu yang lama. Berikut penjelasannya. 

  • Tentukan Nama Online Shop dan Web 

Sebelum membuat web, kamu sudah harus punya nama online shop terlebih dahulu yang nantinya juga akan digunakan sebagai nama web. Jika sebelumnya kamu sudah memiliki toko offline, maka kamu bisa menamai online shop sama seperti toko offline

Baca Juga 
Mengenal Key Resources Dalam Bisnis Canvas

Baca juga: 7 Cara Memulai Bisnis Online, Cocok buat Pebisnis Pemula!

Hal yang perlu diperhatikan dalam penentuan nama online shop yang akan digunakan untuk nama web, pilihlah nama yang sekiranya belum digunakan oleh bisnis lain agar tidak menimbulkan permasalahan hukum di kemudian hari. 

Cara Membuat Web

  • Tentukan Nama Domain 

Selain nama online shop, kamu juga harus tahu domain apa yang ingin digunakan nantinya pada web untuk online shop. Sederhananya, domain adalah alamat yang digunakan untuk mengakses sebuah web yang terdiri dari nama situs dan ekstensi. Contoh mudahnya yaitu pada SmartSeller.co.id, di mana nama situsnya yaitu SmartSeller dan ekstensinya yaitu .co.id. 

Untuk nama situs, kamu bisa menamainya dengan nama online shop yang telah ditentukan di awal. Sedangkan untuk ekstensi, kamu bisa memilih sesuai dengan yang diinginkan. Contoh ekstensi yang paling populer dan sering digunakan yaitu .com, .org, .net, dan lain-lain.

  • Tentukan Produk yang Ingin Dijual

Ketika kamu telah memutuskan untuk menggeluti bisnis, maka kamu sudah harus tau mau menjual produk apa. Sama halnya dengan online shop, kamu juga sudah harus menetapkan produk yang ingin dijual agar tidak menunda-nunda dalam menjalankannya. 

Tonton juga: Cerita SmartSeller bersama Summer Minibar #JadiSellerPintar 

5 Cara Membuat Web untuk Online Shop

Setelah mengetahui tiga hal yang harus disiapkan sebelum membuat web untuk online shop, berikut lima cara membuat web untuk persiapan jualan online. Berikut penjelasannya.

  • Pilihlah Hosting yang Sesuai

Cara membuat web untuk online shop yang pertama yaitu dengan memilih hosting sesuai dengan budget yang kamu miliki. Jadi, setelah kamu menentukan nama web dan domainnya, kamu harus memilih hosting untuk web online shop.

Baca Juga 
User Friendly adalah Kriteria untuk Produk yang Baik

Untuk kamu yang belum familiar dengan hosting, hosting merupakan wadah untuk menaruh semua informasi seperti gambar, konten, dan penjelasan tentang produk. Sederhananya, hosting adalah memori yang berfungsi agar web bisa berjalan maksimal saat ada yang mengaksesnya. 

Cara membuat web yang pertama ini harus kamu perhatikan karena akan mempengaruhi performa web online shop yang kamu buat. Saat ini sudah banyak persewaan hosting yang dapat kamu pilih, sehingga kamu dapat menyesuaikannya dengan budget. Jadi, sebisa mungkin kamu harus memilih hosting yang tepat untuk memberikan kenyamanan kepada calon pelanggan saat mereka mengakses web online shop mu.

Cara Membuat Web

  • Tentukan Content Management System (CMS)

Cara membuat web untuk online shop yang selanjutnya yaitu dengan menentukan CMS apa yang ingin kamu gunakan. Apa sih CMS itu? Sederhananya, CMS merupakan perangkat lunak yang dapat menambah dan merubah isi dari web itu sendiri. Sejatinya, isi dari suatu web pasti akan bertambah, berubah, atau dihapus sesuai dengan kebutuhan. 

Dalam konteks ini, yang merupakan web untuk online shop, isi dari web pasti akan mengalami penambahan dan perubahan. Oleh karena itu, penentuan CMS sangatlah penting. CMS yang paling mudah dan familiar untuk digunakan yaitu wordpress karena mudah untuk dipahami terutama untuk para pemula.

  • Memasang Plugin untuk Online Shop

Menentukan nama web, domain, hosting, dan CMS sudah. Lalu, cara membuat web berikutnya yaitu dengan memasang plugin khusus untuk online shop. Salah satu plugin yang dapat kamu gunakan yaitu WooCommerce. Dengan plugin ini, kamu dapat mengatur metode pembayaran, ongkir, melihat orderan yang masuk, dan fitur-fitur lainnya yang dapat membantu kelancaran online shop

Cara Membuat Web

  • Isi Web dengan Konten Menarik

Cara membuat web untuk online shop berikutnya yaitu mengisi web dengan konten yang menarik dan relate dengan produk yang kamu jual. Selain kamu mengupload informasi lengkap tentang produk, kamu juga perlu menambahkan beberapa konten untuk menarik calon pelanggan. Konten tersebut bisa berupa artikel SEO atau video yang ada hubungannya dengan bisnismu. 

Baca Juga 
Tips Cara & Keuntungan Jualan di Shopee

Baca juga: Business Plan adalah: Pengertian, Manfaat, dan Jenisnya

  • Tambahkan Plugin Payment Gateway

Cara membuat web untuk online shop yang terakhir yaitu dengan menambahkan plugin payment gateway. Tujuan dari ditambahkan plugin ini yaitu agar terdapat variasi pembayaran lainnya sehingga dapat menyesuaikan dengan pembayaran yang sering digunakan di Indonesia pada umumnya. Hal ini juga akan memudahkan calon pelanggan untuk memilih opsi pembayaran. Kamu bisa mencari perusahaan yang menyediakan payment gateway khusus untuk online shop dan dapat menyesuaikannya. 

Nah, itu tadi penjelasan mengenai lima cara membuat web untuk online shop mu dan apa saja yang harus dipersiapkan sebelum membuatnya. Membuat web untuk online shop tidaklah susah, yang penting kamu harus sungguh-sungguh dan giat untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya agar web untuk online shop bisa terealisasi.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, membuat web untuk online shop tidaklah susah. Kamu bisa menggunakan SmartSeller untuk merealisasikannya dengan mudah. Di SmartSeller, terdapat fitur Storefront yang dapat membuat online shop praktis tanpa harus memikirkan teknis. 

Storefront by SmartSeller ini juga dapat membantu untuk menjual produk ke lebih banyak pelanggan, lho! Produk dan stok yang ada juga dapat terhubung di semua channel penjualan yang online shop mu gunakan. Selain itu, jika kamu ingin mencoba menjual produk lainnya dengan menjadi reseller, SmartSeller menyediakan banyak seller berkualitas yang dapat kamu pilih. Yuk, cobain SmartSeller sekarang juga!