Dalam menjalankan sebuah bisnis, sangat penting untuk melakukan berbagai aspek pemasaran. Hal ini dikarenakan aspek pemasaran menjadi salah satu kunci keberhasilan sebuah perusahaan dalam memasarkan produk. Dengan mengetahui dan menentukan aspek pemasaran, maka akan diketahui apakah bisnis tersebut layak atau tidak. Selain itu, aspek pemasaran penting dilakukan untuk mengetahui apa saja peluang yang bisa didapatkan dari pasar. Aspek pemasaran sendiri terdiri dari lima komponen yang dapat dicek bahasan lebih lengkapnya di bawah ini!

  • Analisa Pasar

Aspek Pemasaran

Aspek pemasaran yang pertama, yaitu analisa pasar yang digunakan untuk mengetahui apa saja yang diperlukan dan banyak dicari oleh konsumen. Nah, dari aspek pemasaran ini, kamu jadinya bisa mengetahui produk apa yang akan dikembangkan. Analisa pasar penting untuk dilakukan dalam merencanakan strategi pemasaran agar dapat menangkap peluang yang ada dan membuat strategi pemasaran bisa tepat sasaran.

Oleh karena itu, bisnis yang sedang dijalankan dapat lebih mengembang. Selain mengetahui produk yang sedang dicari oleh konsumen, dengan melakukan aspek pemasaran ini kamu juga lebih paham mengenai situasi, keadaan, daya beli, serta strategi promosi yang bisa memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen.

Analisa pasar harus diimbangi dengan segmentasi pasar agar bisa berjalan secara efektif. Aspek pemasaran ini dapat berjalan lebih efektif apabila dilakukan dalam wilayah yang luas, terukur, dapat dijangkau, dan mencakup semua strategi yang sudah direncanakan. Dengan ini, kebutuhan konsumen dapat dipenuhi dengan tepat dan optimal sehingga bisa meningkatkan permintaan serta keuntungan bisnis.

 

Baca juga: 8 Faktor Keberhasilan Wirausahawan yang Perlu Kamu Tahu

 

  • Segmentasi Pasar

Aspek Pemasaran

 

Segmentasi pasar merupakan tahap yang dilakukan sebelum menentukan target pasar. Segmentasi pasar adalah salah satu aspek pemasaran yang dilakukan untuk mengidentifikasi dan membagikan pasar berdasarkan karakteristik konsumen. karakteristik yang ditentukan biasanya berdasarkan kebutuhan, perilaku, demografi, dan perilaku yang heterogen supaya bisa menjadi pasar yang homogen.

Baca Juga 
5 Tips Untuk Perkuat Brand Produk

Perlu diketahui kalau segmentasi pasar dan target pasar berbeda, ya! Segmentasi pasar dilakukan dengan mengelompokkan pasar berdasarkan karakteristik tertentu yang diinginkan, sedangkan target pasar berupa pasar yang menjadi sasaran oleh sebuah perusahaan untuk menawarkan produk yang akan dijual. Singkatnya, target pasar dapat ditentukan apabila sudah melakukan segmentasi pasar.

Segmentasi pasar bertujuan agar sebuah perusahaan dapat mengetahui sasaran konsumen yang tepat untuk bisnisnya dan mengetahui kebutuhan konsumen. Untuk itu, perusahaan dapat menghasilkan penjualan yang lebih tinggi. Kenapa bisa begitu? Soalnya, perusahaan bisa mengembangkan produk dengan biaya lebih rendah karena bisa secara langsung melakukan sebuah inovasi yang sesuai dengan kebutuhan kelompok konsumen tersebut. Jadinya, sebuah perusahan tidak perlu mengeluarkan biaya yang tinggi untuk menyediakan banyak produk ke beberapa kelompok konsumen.

Syarat-syarat dalam segmentasi pasar, yaitu sebagai berikut.

  • Mudah dijangkau (accessable), perusahaan secara efektif bisa menjangkau segmentasi pasar yang dipilih.
  • Bisa dibedakan (differentiable), tiap kelompok segmentasi pasar dapat dibedakan dengan jelas.
  • Dapat diukur (measurable), pengelompokkan konsumen dapat terukur, seperti luas, jumlah, atau daya beli konsumen.
  • Cakupannya cukup besar (substantial), segmentasi pasar yang ditentukan harus dalam cakupan yang cukup besar agar dapat mendapatkan keuntungan.
  • Bisa dilaksanakan (actionable), strategi pemasaran yang dilakukan dapat melayani konsumen dengan baik.

 

Tonton juga: #SellerStory Haromain Dates : Dari Guru Ngaji Hingga Omset Ratusan Juta Per Hari

 

  • Spesifikasi Produk dan Product Differentiation

Aspek Pemasaran

Aspek pemasaran selanjutnya, yaitu spesifikasi produk dan product differentiation. Produk yang ditawarkan ke pasar harus dapat memenuhi keperluan dan memberikan kepuasan kepada konsumen. Dengan begitu, konsumen dapat melakukan pembelian yang secara berulang di bisnis kamu. Terdapat beberapa spesifikasi produk yang harus diperhatikan pada saat menawarkan produk, seperti brand, bentuk secara fisik, kemasan, garansi, dan lain sebagainya.

Baca Juga 
Marketer Wajib Tahu 7 Tren Strategi Pemasaran Online Saat Ini!

Aspek pemasaran spesifikasi produk penting untuk dilakukan agar mengetahui produk seperti apa yang sedang dicari dan dibutuhkan oleh konsumen. Setelah mengetahui spesifikasi produk yang dibutuhkan oleh pasar, maka kamu baru bisa mengembangkan produk tersebut. Apabila spesifikasi produk sudah selesai, langkah selanjutnya kamu bisa mengambil keputusan untuk menentukan harga, strategi promosi, dan proses distribusi.

 

  • Analisa Kompetitor

Aspek Pemasaran

 

Aspek pemasaran yang tidak kalah penting, yaitu menganalisa kompetitor. Dalam menjalankan sebuah bisnis, pastinya tidak luput dari kompetitor. Persaingan dalam dunia bisnis juga semakin hari semakin ketat. Makanya, itulah gunanya melakukan analisa kompetitor. Kompetitor yang dimaksud adalah pesaing lain yang memasarkan dan menawarkan produk yang sama dengan produk yang kamu tawarkan. 

Melakukan analisa kompetitor bisa diawali dengan mengidentifikasi siapa saja pesaing yang duluan hadir dan banyak diminati oleh pasar. Aspek pemasaran ini dilakukan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan produk dari kompetitor. Dengan mengetahuinya, kamu bisa menentukan strategi pemasaran yang tepat dan melakukan sebuah inovasi yang selangkah lebih maju daripada kompetitor. Hal inilah yang akan membuat kamu menang dari kompetitor.

Selain itu, pada saat melakukan analisa kompetitor, kamu mengidentifikasi sasaran, strategi, dan reaksi yang dilakukan pesaing. Hal ini dilakukan untuk memprediksi dan mengantisipasi persaingan di waktu yang akan datang. Kamu juga bisa menganalisa dengan cara mencari perbedaan produk yang kamu tawarkan dengan produk milik kompetitor. Mulai dari harga, kualitas, benefit yang ditawarkan, strategi pemasaran, strategi promosi, dan lainnya.

 

  • Strategi Promosi

Aspek Pemasaran

Promosi merupakan sebuah strategi pemasaran yang sangat penting dalam menjalankan sebuah bisnis. Promosi dilakukan untuk mengenalkan sebuah produk yang ditawarkan kepada konsumen. Tanpa adanya promosi, produk yang ditawarkan tidak dapat dikenal dan sampai ke konsumen. Strategi promosi dilakukan agar dapat mengajak dan mempengaruhi konsumen untuk melakukan pembelian. Selain itu, promosi juga merupakan salah satu aspek pemasaran untuk mendekati konsumen.

Baca Juga 
Karakteristik Wirausahawan yang Wajib untuk Dimiliki!

Ada banyak strategi promosi yang dapat dilakukan, mulai dari hard selling, soft selling, personal selling, mempermainkan harga, memberikan promo, dan lain sebagainya. Namun, dalam menentukan strategi promosi juga tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Terdapat beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam melakukan strategi promosi, seperti modal, tren yang sedang disukai konsumen, influencer yang tepat dan lain sebagainya. Dengan adanya strategi promosi ini, diharapkan dapat meningkatkan permintaan, penjualan, dan keuntungan yang didapatkan.

 

Baca juga: 4 Contoh Usaha Mikro dan Cara Tingkatkan Perkembangannya

 

Kelima aspek pemasaran di atas harus dipahami dengan baik. Inti dari dilakukannya strategi pemasaran agar bisnis dapat berjalan lancar, meningkatkan permintaan, penjualan, dan keuntungan dari perusahaan. Sekarang ini, ada banyak cara untuk meningkatkan penjualan, salah satunya adalah dengan menggunakan marketplace atau membuka website toko online.

Bingung cara membuat website toko online? Tenang saja, manfaatkan saja SmartSeller Storefront yang bisa buka website toko online dengan mudah dan cepat. Apalagi juga ada Shipping Management yang bisa kirim paket dengan mudah dan ada diskon ongkir. Yuk, pakai SmartSeller sekarang juga sebagai solusi bisnis kamu!