Seiring dengan berkembangnya zaman, banyak jenis-jenis usaha baru yang makin inovatif dan kreatif terutama jenis usaha online modal kecil yang kini kian menjamur dan digeluti oleh pebisnis pemula.

Berbicara soal modal, salah satu hal yang harus dipersiapkan dalam mendirikan bisnis ini tidak jarang menjadi penghalang seseorang yang mau berkecimpung menjadi wirausahawan. Banyak calon pebisnis yang menganggap bahwa butuh banyak modal untuk punya usaha sendiri.

Akan tetapi, saat ini tidak sedikit usaha-usaha yang berasal dari modal kecil lho, bisnis-bisnis yang dijalankan secara online misalnya. Kamu hanya memerlukan smartphone dan koneksi Internet untuk memulainya. Selanjutnya, modal yang diperlukan hanya untuk produk dan operasional bisnis saja.

Kalau kamu adalah calon pebisnis yang ingin membuka bisnis sendiri tapi masih takut soal modal, jangan khawatir! Di artikel kali ini, ada beberapa ide usaha online modal kecil yang bisa kamu coba. Beberapa di antaranya bahkan gratis lho! Penasaran? Yuk, baca selengkapnya di bawah ini.

Usaha Online Modal Kecil

 

Ide Usaha Online Modal Kecil yang Bisa Kamu Coba!

Ide usaha online modal kecil berikut ini bisa jadi pertimbangan buat kamu para calon wirausahawan yang khawatir soal permodalan. Simak, yuk!

  • Reseller

Menjadi reseller bisa jadi opsi utama bagi para pebisnis pemula yang umumnya bingung dengan urusan modal begitu pula dengan produk yang akan dijual. Reseller adalah pihak yang menjual kembali produk dari supplier

Jadi, secara singkatnya kamu tidak akan memproduksi barang tersebut, melainkan membeli barang secara grosiran dari supplier dan kemudian menjualnya kembali dengan harga dan margin keuntungan yang bisa kamu tentukan sendiri.

Seperti apa ide usaha online modal kecil ini? Ada banyak lho. Terdapat banyak bisnis dari berbagai bidang yang menyediakan pembelian secara grosiran untuk para reseller. Kamu bisa memilih jenis produk yang sesuai minat, seperti skincare, kosmetik, baju, suplemen, makanan ringan, pulsa, dan paket data.

Baca Juga 
Cara Cek Ongkir Cargo Online untuk Membantu Bisnis!

Baca Juga: Mau Jadi Reseller Tanpa Modal Banyak? Ikuti 4 Tips Ini! 

Usaha Online Modal Kecil

 

  • Dropshipper

Punya konsep yang mirip dengan reseller di mana kamu menjual produk dari supplier, jadi dropshipper bisa jadi pilihan ide usaha online modal kecil yang lebih efisien. Yap, menjadi sistem dropship memungkinkanmu untuk tidak perlu menyimpan stok barang dan melakukan pengiriman barang lho.

Jadi, peranmu singkatnya hanya sebagai “perantara” yang menghubungkan supplier dengan konsumen dan melakukan pemasaran produk sesuai dengan brand yang ingin kamu buat. Jika ada konsumen yang ingin membeli barang, kamu akan menghubungi supplier untuk memproduksi dan mengirimkannya ke alamat konsumen tersebut.

Menarik, bukan? Nah, ide usaha online modal kecil ini juga bisa bermacam-macam. Umumnya, sistem dropship juga memungkinkanmu untuk dapat melakukan kostumisasi pada produk yang dijual. Jenis produknya sendiri meliputi kaos, topi, tote bag, aksesoris handphone, case handphone, cangkir, sticker, dan lainnya.

Usaha Online Modal Kecil

  • Freelance

Ide usaha online modal kecil lainnya juga tidak melulu soal menjual produk berupa barang. Kamu juga bisa memanfaatkan keahlian yang kamu punya menjadi peluang bisnis yang menguntungkan. Pasalnya, tidak semua orang memiliki passion menjadi pebisnis yang menjual barang. Maka dari itulah, freelancer bisa jadi salah satu pilihan.

Menjadi freelancer juga tidak membutuhkan modal yang besar lho karena kamu bertumpu besar pada “penjualan” keahlian dan bakat yang kamu punya.

Sebagai contoh, kalau kamu punya keahlian dalam menggambar, kamu bisa membuka jasa open commission untuk penggambaran karakter atau sesuai dengan ranah gambar yang kamu miliki.

Selain bisa menjadi ide usaha online modal kecil, freelance juga cocok untuk dijadikan usaha sampingan lho. Hal ini karena freelance tidak akan terikat kontrak sehingga memiliki ritme kerja yang lebih leluasa.

Baca Juga 
Contoh Purchase Order yang Cocok Untuk Usaha Kecil

Tonton juga: #SellerStory Haromain Dates : Dari Guru Ngaji Hingga Omset Ratusan Juta Per Hari

 

  • Persewaan Barang

Kalau kamu punya barang-barang dari hobi yang jarang terpakai, tidak ada salahnya untuk mengubahnya jadi ide usaha online modal kecil lho, seperti menyewakannya. Bisnis persewaan mampu menjadi sumber penghasilan tambahan yang menguntungkan lho. Kamu tidak perlu juga mengeluarkan modal lainnya.

Namun, untuk menjalankan bisnis persewaan, tentu ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan, seperti keamanan barang, maintenance, hingga penjagaan kualitas barang sewaan. 

Keuntungan yang didapatkan dari hasil persewaan dapat dikumpulkan untuk pengembangan bisnismu sendiri lho. Sebagai contoh, kamu bisa membeli barang baru yang lebih canggih untuk ditambah dalam katalog persewaan. Dengan begitu dari  usaha online modal kecil ini, bisa berkembang jadi bisnis persewaan yang besar.

Untuk contoh barang yang bisa kamu sewakan juga ada banyak pilihannya. Misalnya, dari gadget, ada kamera beserta lensanya hingga smartphone. Sewa kostum juga punya pasarnya sendiri lho, seperti kostum cosplay. Selain itu, sewa kendaraan juga cukup populer dan sudah ada sejak lama juga.

Usaha Online Modal Kecil

  • Penawaran Jasa Lainnya

Sebenarnya untuk meminimalisir modal, kamu bisa memilih untuk menyediakan jasa sebagai produk utama bisnismu. Maka dari itu, menawarkan jasa apa saja yang bisa kamu lakukan adalah ide yang bagus sebagai usaha online modal kecil lho.

Dengan berkembangnya zaman, banyak hal yang bisa dijadikan peluang usaha. Salah satu contoh usaha online modal kecil dalam bentuk penawaran jasa adalah jasa push rank untuk game

Jenis usaha tersebut berawal dari hobi gaming yang kemudian dimanfaatkan oleh pebisnis sebagai sumber penghasilan tambahan yang menguntungkan. Banyak game yang bisa dijadikan peluang usaha, misalnya Mobile Legend, Genshin Impact, Arknights, dan lainnya. Kalau kamu ahli sekali dalam bermain game, ide usaha online modal kecil bisa jadi pilihan yang pas.

Baca Juga 
Mau Tahu Tips untuk Buat Caption Jualan Makanan Online?

Ide usaha online modal kecil dalam penawaran jasa lainnya juga tidak jauh dari aktivitas manusia lho. Misalnya, jastip atau jasa titip yang cocok untuk menjembatani target market yang suka belanja. Selain itu, bisa juga menawarkan jasa pengetikan untuk kalangan target pasar kantoran atau mahasiswa.

Pada intinya, ide-ide usaha ada banyak dan inspirasinya dapat kamu temukan dari hal-hal kecil yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: 8 Faktor Keberhasilan Wirausahawan yang Perlu Kamu Tahu

Demikian, itulah beberapa ide usaha online modal kecil yang bisa dijadikan inspirasi kalau kamu ingin memulai mendirikan bisnis sendiri. Tidak memerlukan modal besar, dengan modal yang sederhana, yaitu dari keahlian dan barang-barang yang sudah dipunya, kamu bisa jadi wirausahawan lho!

Apa pun jenis usaha online yang nantinya dipilih dan dijalankan, tentu jangan lupa untuk mengelolanya dengan baik. Sebagai contoh, kamu menggunakan platform marketplace untuk jualan, sebaiknya lakukan update harga dan foto produk baru seiring dengan berjalannya bisnis.

Nah, SmartSeller bisa jadi pilihan yang tepat untuk pengelolaan bisnis online yang lebih efektif! Kalau kamu berjualan di banyak platform marketplace, pasti ribet kalau harus update harga dan foto produk satu persatu. Melalui aplikasi SmartSeller, kamu bisa melakukan penggantian harga dan foto produk melalui satu dashboard saja. Cepat dan tidak ribet! Yuk, download aplikasi SmartSeller sekarang!