Ketika kamu ingin mulai merintis sebuah usaha, maka jualan online merupakan salah satu cara yang dapat kamu coba karena sangat mudah untuk dilakukan. Dengan menggunakan HP, kamu sudah bisa mulai untuk mendirikan usaha online shop sendiri. Namun, kamu harus tau cara jualan online di HP agar tidak salah langkah dalam memulainya.

Cara jualan online di HP merupakan salah satu cara dasar yang semua orang dapat melakukannya. Lalu, bagaimana modalnya? Kamu tidak perlu khawatir! Karena saat ini banyak usaha yang menawarkan untuk menjadi reseller dan dropshipper dengan modal minim, bahkan tanpa modal sedikitpun, lho! Sebagai gantinya, tentu kamu harus menguasai cara jualan online di HP agar proses promosi bisa berjalan dengan maksimal.

Cara jualan online di HP juga tidak ribet. Kamu hanya memerlukan kuota saja dan kegiatan jualan online langsung bisa dilakukan. Lalu, apakah hanya itu saja? Tentu tidak. Di artikel ini akan membahas cara jualan online di HP lebih lengkap agar kamu bisa memaksimalkan penjualan meskipun hanya dengan HP. Yuk, scroll sampai bawah, ya!

Cara Jualan Online di HP

Beberapa Cara Jualan Online di HP

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, cara jualan online di HP merupakan salah satu usaha yang dapat dilakukan oleh siapapun, kapanpun, dan di manapun. Terlebih lagi untuk kamu yang ingin mencari uang tambahan, maka cara jualan online di HP ini wajib kamu kuasai.

Meskipun hanya jualan online lewat HP, tapi kamu tidak bisa melakukannya dengan asal-asalan, lho! Terdapat beberapa cara jualan online di HP agar promosi dan penjualan bisa lebih maksimal. Dari sini, nantinya kamu akan bisa lebih mengembangkan jualan onlinemu jadi lebih besar. Berikut ini penjelasannya.

1. Buka Online Shop Milik Sendiri

Cara jualan online di HP yang pertama yaitu dengan mendirikan online shop. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, saat ini tren belanja online semakin digemari oleh kebanyakan orang. Jadi, mendirikan online shop adalah salah satu usaha yang tidak boleh kamu lewatkan. Terlebih lagi, jika barang yang hendak kamu jual adalah barang yang berpotensial untuk dibeli oleh pelanggan, maka mendirikan online shop adalah hal yang tepat.

Baca Juga 
Kargo adalah: Kenali Beragam Jenisnya dan Juga Tipenya

Cara Jualan Online di HP

2. Gunakan Bantuan Social Media

Cara jualan online di HP selanjutnya yaitu dengan menggunakan bantuan social media. Masih erat kaitannya dengan nomor 1, setelah membuka online shop sendiri, kamu pasti akan butuh bantuan media untuk mempromosikan online shop. Nah, social media adalah salah satu media yang punya pengaruh besar agar online shopmu dilirik oleh pembeli.

Baca juga : Cara Jualan di Tokopedia Lewat HP yang Gampang Banget

Misalnya, kamu bisa menggunakan WhatsApp untuk mempromosikan online shop dan barang daganganmu. Bagaimana caranya? Yaitu dengan bantuan fitur WhatsApp story dan broadcast message. Kamu juga bisa menggunakan social media lain, seperti Instagram dan Facebook. Intinya, jangan lupa manfaatkan fitur canggih yang ada di social media untuk berjualan online.

Cara Jualan Online di HP

3. Gunakan Bantuan Marketplace

Cara jualan online di HP selanjutnya yaitu dengan berjualan di marketplace. Marketplace merupakan opsi lain yang dapat kamu gunakan selain berjualan di social media. Marketplace merupakan tempat belanja online terbesar yang digemari oleh banyak orang di seluruh dunia. Jadi, membuka online shop di marketplace merupakan opsi lain yang patut untuk dicoba. 

Tonton juga : #SellerStory Batik Bayong : Kisah Sukses Bisnis Hijab Fashion Designer

Kamu bisa membuka toko online di marketplace yang paling banyak digunakan orang saat ini, seperti di Tokopedia dan Shopee. Tenang saja, daftar berjualan di marketplace ini tidak mengeluarkan biaya sama sekali alias gratis! Namun, kamu harus memahami dengan detail tentang persyaratan yang berlaku di tiap marketplace

Hal yang perlu diingat, kamu akan menemukan banyak online shop sejenis di dalam marketplace. Setiap online shop yang ada di marketplace tentunya bersaing. Namun, jangan takut dulu, ya! Karena banyak cara yang dapat kamu lakukan agar online shopmu bisa ramai dikunjungi dan dibeli oleh pembeli. Salah satu cara yang dapat kamu lakukan yaitu dengan memberikan promo seperti potongan harga dan gratis ongkir, atau dengan bantuan marketplace ads agar online shop-mu bisa berada di bagian atas setelah dicari dengan kata kunci tertentu.

Baca Juga 
Sudah Tahu? Ini Dia 2 Cara Pencairan Dana TikTok Shop!

4. Gunakan Bantuan Website

Cara jualan online di HP selanjutnya yaitu dengan berjualan lewat website. Kamu bisa memanfaatkan website untuk berjualan online agar penyebaran informasi jadi lebih luas. Dengan bantuan website, online shop-mu akan terlihat lebih profesional dan trusted.

Sebagai langkah awal, kamu bisa membuat website gratis terlebih dahulu agar operasional website dapat berjalan. Contoh website gratis yang dapat kamu gunakan yaitu blogspot. Jangan khawatir! Meskipun gratis, kamu dapat memaksimalkan penggunaan blogspot dengan baik karena saat ini sudah banyak tersedia template blogspot gratis dengan tampilan yang bagus.

Selain menampilkan tampilan yang menarik, kamu bisa mengisi website dengan konten yang ada hubungannya dengan produk yang kamu jual. Hal ini merupakan salah satu cara untuk menarik pelanggan untuk membeli produk. Jelaskan secara detail tentang produk yang kamu tawarkan, lalu jelaskan juga secara detail tentang cara pembayarannya.

Beberapa Tips Jualan Online 

Setelah mengetahui cara jualan online di HP, akan lebih baik jika kamu juga tahu tentang beberapa tips jualan online agar dalam realisasinya dapat berjalan dengan lancar. Berikut penjelasannya.

1. Menentukan Produk

Menentukan produk yang ingin dijual adalah hal pertama kali yang harus kamu ketahui sebelum membuka usaha online shop. Terlebih lagi, tidak semua produk bisa dijual secara online karena adanya keterbatasan. Jadi, kamu bisa menentukan, kira-kira produk apa yang saat ini sedang dibutuhkan oleh kebanyakan orang. Selain itu, kamu juga bisa menjual produk yang sedang booming agar peluang dibeli pelanggan jadi lebih besar.

Baca juga : Tips Menjadi Supplier Dropship Tangan Pertama

Cara Jualan Online di HP

2. Menentukan Target Market

Selain menentukan produk, menentukan target market adalah hal yang tidak kalah pentingnya untuk dipertimbangkan. Jadi, sebisa mungkin kamu sudah harus tahu kira-kira kamu akan menjual produk ini ke siapa. Jika kamu asal menjual dan tidak menentukan target market, nantinya jualan online-mu tidak akan bisa fokus pada satu tujuan. 

Baca Juga 
Suka Belanja Online? Ketahui Cara Cek Resi Shopee!

Nah, itu tadi beberapa cara jualan online di HP beserta tips jualan online yang harus kamu pahami. Jualan online di HP merupakan cara dasar dalam berjualan yang semua orang bisa untuk melakukannya. Dengan jualan online di HP, kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan yang jika ditelateni dengan baik nantinya bisa berkembang jadi lebih besar.

Jika kamu sudah mulai berjualan, jangan lupa juga untuk memperhatikan pengelolaan usaha agar dalam operasionalnya dapat berjalan dengan lancar. Salah satu cara untuk mengelola usaha agar berjalan lancar dan baik yaitu dengan menggunakan SmartSeller.

Di SmartSeller, terdapat fitur order management, di mana fitur ini dapat memudahkan usaha online shopmu dalam mengelola aktivitas penjualan, seperti rekap orderan, membalas chat pembeli, dan lain sebagainya. Selain itu, SmartSeller juga menyediakan banyak reseller berkualitas. Jadi, untuk kamu yang ingin mengembangkan bisnis dengan menjadi reseller, maka SmartSeller adalah tempat yang tepat! Yuk, cobain pakai SmartSeller sekarang juga!