Siapa yang bilang cara jualan di Tokopedia lewat HP susah? Buktinya gampang banget kok. Justru dengan mengetahui cara jualan di Tokopedia lewat HP, kamu jadi bisa berjualan dimanapun dan kapanpun. Dalam era digital yang semakin maju ini, kamu bisa melakukan segala hal dengan gampang, salah satunya adalah memulai bisnis online. Ditambah dengan banyaknya platform e-commerce yang semakin memudahkan dalam proses membuka toko online.

Salah satu platform jual-beli online yang sangat populer di Indonesia adalah Tokopedia yang menawarkan berbagai kemudahan bagi para penjual dan pembeli. Tokopedia memfasilitasi transaksi jual-beli antara penjual dan pembeli dengan berbagai kategori produk, mulai dari fashion, elektronik, kebutuhan sehari-hari, hingga produk digital. Sesuai dengan visi dan misinya, Tokopedia memberikan kesempatan kepada berbagai pelaku usaha, termasuk UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) untuk memasarkan produk mereka secara online dan mencapai pasar yang lebih luas.

Dengan berjualan di Tokopedia, kamu bisa mendapatkan keuntungan yang lebih banyak dibandingkan dengan membuka toko offline. Lantas, bagaimana cara jualan di Tokopedia lewat HP? Yuk, cari tau di bawah sini!

Bikin Akun Toko Online di Tokopedia

1. Unduh Aplikasi Tokopedia

Cara Jualan di Tokopedia lewat HP

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan dalam cara jualan di Tokopedia lewat HP adalah download aplikasi Tokopedia di HP kamu. Aplikasi Tokopedia ini tersedia secara gratis di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS.

2. Buat Akun Pembeli Tokopedia

Setelah selesai download aplikasi Tokopedia, langkah berikutnya adalah membuat akun kamu pembeli terlebih dahulu. Pasalnya, kamu tidak bisa buka toko di Tokopedia apabila tidak punya akun pembeli. Buka aplikasi dan pilih opsi ‘Daftar’ atau ‘Buat Akun Baru’. Masukkan alamat email atau nomor telepon yang kamu gunakan lalu klik ‘Daftar’. 

Baca Juga 
Tips Meningkatkan Produktivitas Karyawan saat Puasa Ramadan!

Setelah itu, kamu akan mendapatkan kode verifikasi atau One Time Password (OTP) melalui email, SMS, ataupun WhatsApp. Masukkan kode OTP tersebut untuk memverifikasi akun kamu dan jangan memberikan kode ini ke siapapun. Jika kamu tidak menerima kode verifikasi dalam waktu yang wajar, hubungi pihak Tokopedia untuk membantu kamu verifikasi akun. Klik ‘Lanjut’ dan selamat akun pembeli kamu sudah jadi.

3. Buka Toko Online di Tokopedia

Cara Jualan di Tokopedia lewat HP

Jika akun pembeli kamu sudah jadi, kamu bisa melanjutkan untuk membuka toko online dengan cara klik ‘Menu Utama’ di pojok kanan atas yang berlambang garis tiga lalu klik ‘Buka Toko Gratis’. Masukkan info toko kamu, berupa nama toko, nama domain, dan alamat toko yang lengkap. Selamat, toko online kamu di Tokopedia sudah jadi! Gampang banget, kan?

Baca juga: Mau Sukses Memulai Usaha Online Shop? Ini Dia Caranya!

Cara Jualan di Tokopedia Lewat HP

1. Tambahkan Produk ke Toko kamu

Setelah toko online kamu di Tokopedia sudah jadi, sebaiknya kamu segera menambahkan produk ke toko kamu. Soalnya, apabila dalam waktu 90 hari kamu tidak menambahkan produk maka toko kamu akan dihapus secara permanen. Cara menambahkan produk di Tokopedia juga gampang banget, kamu tinggal pilih opsi ‘Tambah Produk Baru’ kemudian isi informasi produk, seperti judul, deskripsi, kategori, harga, dan gambar. Pastikan untuk memilih kategori yang tepat agar pembeli dapat menemukan produk kamu dengan mudah.

Supaya cara jualan di Tokopedia lewat HP berjalan lancar, buatlah deskripsi produk yang menarik dan jelas, masukkan gambar produk yang berkualitas tinggi, dan tetapkan harga yang kompetitif sesuai dengan harga pasaran. Pastikan kamu memberikan informasi yang akurat dan lengkap tentang produk kamu agar calon pembeli dapat membuat keputusan pembelian dengan mudah.

Baca Juga 
Biar Nggak Salah Pilih, Intip Cara Memilih Tas Ransel Pria Branded

2. Tingkatkan Kualitas Gambar Produk

Cara Jualan di Tokopedia lewat HP

Kualitas gambar produk sangat penting dalam cara jualan di Tokopedia lewat HP. Pastikan kamu menggunakan gambar yang jelas, tajam, dan menarik untuk setiap produk. Gunakan pencahayaan yang baik dan berikan variasi sudut pengambilan gambar untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang produk kepada calon pembeli. Ingatlah bahwa gambar yang menarik dapat membuat produk kamu menonjol di antara pesaing dan meningkatkan minat pembeli.

3. Atur Metode Pengiriman dan Pembayaran

Cara jualan di Tokopedia lewat HP selanjutnya, yaitu kamu perlu mengatur metode pengiriman dan pembayaran yang akan kamu tawarkan kepada pelanggan kamu. Tokopedia menyediakan berbagai opsi, termasuk pengiriman sendiri, pengiriman oleh pihak ketiga, atau menggunakan jasa pengiriman yang bekerja sama dengan Tokopedia. Pilih metode pengiriman yang paling cocok untuk produk kamu dan pastikan kamu memberikan informasi yang jelas tentang biaya pengiriman. Selain itu, tentukan juga metode pembayaran yang akan kamu terima, seperti transfer bank, pembayaran melalui aplikasi dompet digital, atau metode pembayaran lainnya.

Tonton juga: #SellerStory Haromain Dates : Dari Guru Ngaji Hingga Omset Ratusan Juta Per Hari

4. Promosikan Toko kamu

Cara jualan di Tokopedia lewat HP tentunya bisa berjalan lancar jika diiringi dengan mempromosikan toko kamu agar lebih dikenal oleh calon pembeli. Tokopedia menyediakan fitur-fitur promosi yang dapat kamu manfaatkan, seperti peningkatan eksposur melalui fitur “Promo Flash Sale” atau “Produk Unggulan”.

5. Gunakan Fitur Promosi dan Diskon

Cara Jualan di Tokopedia lewat HP

Tokopedia menyediakan berbagai fitur promosi dan diskon yang dapat kamu manfaatkan untuk meningkatkan penjualan. Misalnya, kamu dapat menawarkan diskon khusus, mengikuti program cashback, atau berpartisipasi dalam promo besar-besaran seperti “Harbolnas” atau “11.11 Sale”. Manfaatkan fitur-fitur ini untuk menarik perhatian pembeli, mendorong pembelian impulsif, dan meningkatkan eksposur produk kamu dalam cara jualan di Tokopedia lewat HP.

Baca Juga 
Rincian Modal dan Cara Memulai Usaha Percetakan Bagi Pemula

6. Tetapkan Strategi Penjualan dan Pemasaran

Selain menggunakan fitur-fitur promosi yang disediakan oleh Tokopedia, dalam cara jualan di Tokopedia lewat HP kamu juga perlu merencanakan strategi penjualan dan pemasaran yang efektif. Gunakan media sosial untuk memperluas jangkauan toko kamu, bekerjasama dengan influencer yang relevan, atau lakukan iklan berbayar untuk meningkatkan visibilitas kamu. Selain itu, pertimbangkan juga untuk membuat konten yang informatif dan menarik, seperti blog atau video tutorial terkait produk kamu. Semakin kreatif kamu dalam mempromosikan toko kamu, semakin besar peluang kamu untuk mencapai lebih banyak calon pembeli.

Baca juga: Tanpa Ribet dan Praktis, Ini 5 Cara Jualan Online di HP

Itu dia cara jualan di Tokopedia lewat HP yang ternyata gampang dan praktis banget. Kamu cukup klik-klik uda, deh, toko online kamu sudah jadi! Namun, tidak lupa kamu juga perlu ikuti strategi dan cara jualan di Tokopedia lewat HP lainnya agar bisa mendapatkan keuntungan yang berkali-kali lipat.

Selain menggunakan fitur Tokopedia, kamu juga bisa lho mengelola marketplace dengan fitur lengkap dan gampang di SmartSeller. Kok bisa? Yap, soalnya dengan SmartSeller kamu bisa mengatur orderan dari berbagai marketplace hanya dalam satu dashboard menggunakan fitur Marketplace Integration. Ditambah dengan adanya fitur Shipping Management sehingga memudahkan kamu dalam pengiriman paket dan bisa mendapatkan diskon ongkir tanpa minimal pengiriman, lho. Masih ada banyak lagi fitur-fitur menarik lainnya yang ditawarkan oleh Smartseller. Buat kamu yang penasaran, yuk, langsung aja download SmartSeller sekarang juga!