“Menjalani bisnis tanpa modal, emang bisa?” pasti ini adalah pertanyaan yang pertama kali kamu ajukan ketika melihat judul artikel ini. Kedengarannya tidak mungkin, tapi hal tersebut adalah hal yang mungkin untuk dilakukan, terutama di era yang serba digital saat ini. Salah satu cara untuk merintis bisnis dengan modal yang sedikit bahkan tanpa modal sama sekali yaitu dengan menjadi reseller. Sekarang ini, banyak bisnis yang menawarkan untuk menjadi reseller tanpa modal. 

Saat ini, menjadi reseller tanpa modal sudah banyak dilakukan oleh orang-orang di luar sana. Meskipun dengan modal yang tidak seberapa atau bahkan tanpa modal sama sekali, kamu akan tetap bisa mendapat keuntungan yang lumayan. Oleh karena itu, menjadi reseller tanpa modal adalah pilihan yang tepat, terutama untuk kamu yang baru ingin coba untuk mulai berbisnis. 

Jadi, apakah kamu ingin menjadi reseller tanpa modal atau reseller modal kecil jika memiliki budget yang terbatas? Nah, kamu ada di artikel yang tepat! Yuk, baca sampai bawah agar kamu tahu beberapa cara untuk menjadi reseller tanpa modal yang bisa kamu terapkan!

 

Reseller Tanpa Modal

Penjelasan Singkat Tentang Reseller

Sebelum masuk ke pembahasan tentang bagaimana cara menjadi reseller tanpa modal, kamu harus paham terlebih dahulu tentang apa itu reseller. Jadi, apa yang dimaksud dengan reseller?

Sederhananya, Reseller adalah salah satu cara dalam bisnis di mana kamu membeli sebuah produk dari orang lain atau supplier, menyimpan stok barang tersebut, lalu menjualnya kembali dengan harga yang sedikit lebih mahal. Nah, selisih dari harga tersebut adalah keuntungan yang akan kamu dapatkan nantinya.

Selain itu, istilah reseller ini juga memiliki keterkaitan dengan dropshipper. Namun, keduanya memiliki arti yang berbeda. Jadi, apa dropshipper itu? Jika reseller adalah membeli produk dari orang lain lalu menyimpan produk tersebut dan menjualnya kembali, dropshipper juga memiliki arti demikian. Tetapi, dropshipper tidak perlu menyimpan stok barang terlebih dahulu, sehingga kamu tidak perlu modal. Jadi, bisnis reseller dropship tanpa modal ini sangat memudahkan untuk pemula dalam bisnis.

Baca Juga 
Tips Membuat Bisnis Model untuk Bisnis Minuman Kekinian

Sebelum tren belanja online meningkat, bisnis reseller biasanya diterapkan di toko offline, di mana seseorang mengambil barang dari orang lain atau supplier dan dijual kembali di toko sendiri dengan menerapkan selisih harga untuk mendapat keuntungan. 

Namun, seiring dengan berkembangnya teknologi, bisnis reseller ini dapat dijalankan secara online melalui social media dan marketplace. Oleh karena itu, banyak pelaku bisnis yang menawarkan bisnis reseller online tanpa modal atau dengan modal kecil sebagai sarana untuk memfasilitasi orang-orang yang ingin belajar untuk berbisnis atau hanya sekedar untuk menambah penghasilan. 

Baca juga: Yuk, Cari Tahu Cara Mendapatkan Uang di Internet!

Maka dari itu, reseller tanpa modal saat ini banyak digandrungi oleh orang-orang karena tidak perlu mengeluarkan budget yang terlalu besar, tapi bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan. Terlebih lagi, dengan kemudahan teknologi yang ditawarkan, menjual barang jadi lebih mudah tanpa dibatasi oleh waktu, tempat, dan target market yang telah ditentukan. Jadi, sudah paham tentang apa itu reseller online dan sekilas tentang jadi reseller tanpa modal?

 

Reseller Tanpa Modal

Beberapa Cara Jadi Reseller Tanpa Modal

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, saat ini menjadi reseller tanpa modal atau dengan modal sedikit dapat kamu lakukan dengan membuka toko offline maupun online shop. Jadi, kamu harus mengetahui beberapa caranya terlebih dahulu sebelum memulainya. Berikut penjelasannya. 

  • Cari Informasi dengan Detail 

Cara menjadi reseller tanpa modal pertama yaitu jangan lupa untuk mencari informasi sebanyak mungkin dan detail. Kamu harus benar-benar menguasai product knowledge dari produk yang ingin kamu jual lagi, seperti kualitasnya bagaimana, siapa saja yang menggunakan produk tersebut, testimoni pelanggan, dan lain sebagainya.

Baca Juga 
Daftar Produk Jualan Online Terlaris, Makin Cuan!

Salah satu contoh informasi yang dapat kamu cari dengan detail yaitu tentang aplikasi reseller terbaik tanpa modal jika ingin berjualan online. Terdapat banyak pilihan aplikasi reseller tanpa modal yang bisa kamu pilih sesuai dengan bisnis yang ingin dijalankan, seperti Dusdusan, ResellerDropship, dan lain sebagainya.

Tonton Juga: #SellerStory Uno Shop : Memanfaatkan Era Digital untuk Mengembangkan Bisnis

 

Reseller Tanpa Modal

  • Tetapkan Produk yang Ingin Dijual

Cara menjadi reseller tanpa modal selanjutnya yaitu dengan menetapkan produk apa yang ingin kamu jual. Dalam penentuannya, kamu harus bisa memprediksi kira-kira produk apa yang berpotensi laris dibeli masyarakat. Selain itu, kamu juga harus menentukan siapa target market yang dituju agar bisa fokus dalam menerapkan strategi promosi dan penyetokan barang. 

  • Tentukan Supplier dengan Tepat

Hal yang paling penting ketika kamu ingin menjadi reseller tanpa modal yaitu dengan menentukan supplier yang cocok. Kamu bisa menjadi reseller tanpa modal sedikitpun jika memilih supplier yang tepat. Jadi, perhatikan akad atau perjanjian dengan teliti saat kamu telah memilih supplier

Terdapat dua kondisi dalam pemilihan supplier. Pertama, kamu bisa menjadi reseller tanpa modal jika kamu kenal dekat dengan supplier tersebut. Kedua, jika memang membutuhkan budget untuk menjadi reseller, pastikan budget sesuai dengan yang kamu miliki. Dengan begitu, bisnis akan bisa berjalan lancar ke depannya. 

 

Reseller Tanpa Modal

  • Optimalkan Marketplace dan Social Media

Karena menjadi reseller tanpa modal atau dengan budget yang sedikit, maka kamu harus bisa mengoptimalkan marketplace dan social media sebagai wadah untuk melakukan promosi. Dengan begitu, kamu dapat mempromosikan dan menjual produk tanpa dibatasi oleh waktu, tempat, dan target yang hendak dituju. Namun, penentuan target market juga harus diperhatikan agar dapat menemukan pelanggan yang tepat. 

  • Konsisten dalam Melakukan Promosi

Jika kamu sudah menetapkan semuanya, mulai dari supplier, produk yang akan dijual, social media atau marketplace apa yang akan digunakan untuk menjual dan mempromosikan produk, jangan lupa untuk melakukan promosi secara continue, ya! Hal ini penting untuk dilakukan agar informasi tentang produk yang kamu jual bisa diketahui oleh banyak orang. 

Baca Juga 
Cost Control adalah Cara Tepat Dongkrak Profit Bisnis

Baca juga: Ini Cara Mempromosikan Produk agar Usaha Laris Manis

Kamu bisa memanfaatkan beberapa fitur yang ada di social media dan marketplace untuk membantu mempromosikan produk yang dijual, seperti ads, broadcast message, dan lain sebagainya. Fitur tersebut ada yang gratis dan ada juga yang berbayar. Jadi, pilihlah sesuai dengan kebutuhanmu. 

  • Melakukan Evaluasi Berkala

Meskipun hanya bisnis reseller, namun kamu harus tetap melakukan evaluasi secara berkala. Evaluasi tersebut bisa terdiri dari beberapa hal, seperti apakah produk yang dijual dan strategi promosi yang digunakan sudah tepat, apakah keuntungan yang didapat sesuai dengan yang diharapkan, apakah harus menambah jenis bisnis reseller yang lain atau tidak, dan sebagainya. 

Nah, itu tadi beberapa cara jadi reseller tanpa modal yang bisa kamu terapkan dalam bisnismu. Meskipun hanya reseller, tapi kamu dapat menekuninya pelan-pelan dan konsisten karena bisnis besar awalnya berasal dari bisnis kecil yang dibangun secara konsisten. 

Jika kamu adalah pelaku bisnis yang mengadakan program reseller tanpa modal atau dengan budget minim yang bertujuan untuk mengembangkan bisnis, jangan lupa untuk menggunakan SmartSeller. 

Di SmartSeller, terdapat fitur private order system, di mana akan memudahkan reseller bisnismu untuk mengakses katalog produk, melihat stok barang, dan juga dapat melakukan pemesanan langsung. Jadi, reseller tidak perlu ribet untuk mengajukan pertanyaan tentang stok barang dan cara membayarnya. Selain itu, terdapat fitur bermanfaat lainnya yang dapat kamu gunakan agar bisnis berjalan lancar. Yuk, cobain pakai SmartSeller sekarang juga!

Daftar Suplier

  1. https://rosal.smartseller.co.id/
  2. https://hooflakids.smartseller.co.id/
  3. https://riantigroup.smartseller.co.id/
  4. https://pindonoutdoor.smartseller.co.id/
  5. https://azrahstore.smartseller.co.id/