Bagi kamu yang ingin mengirim paket, kini tak perlu repot-repot lagi keluar rumah. Sebab, kirim paket saat ini bisa dilakukan dengan layanan jemput paket ke rumah atau biasa disebut layanan pick up yang ditawarkan oleh beberapa jasa pengiriman barang. Tentu saja, dengan layanan ini, kamu bisa menghemat waktu dan tenaga ketika mengirim barang.

Selain tak perlu repot-repot untuk ke tempat ekspedisi, kamu juga bisa mengatur estimasi waktu jemput paket ke rumah, lho. Untuk menggunakan layanan ini kamu bisa memesan dengan aplikasi atau telepon. Kemudian, kurir akan datang ke lokasi yang sudah kamu tentukan untuk mengambil paket yang hendak dikirim.

Definisi Pick Up Jasa Pengiriman

Pick up merupakan layanan yang ditawarkan oleh jasa pengiriman untuk mengambil barang atau  jemput paket ke rumah. Umumnya, paket atau barang akan dijemput oleh kurir sesuai dengan kesepakatan waktu yang telah ditentukan.

Tonton Juga: SmartSeller – Aktivasi Shipping COD

Selanjutnya, kurir yang  jemput paket ke rumah biasanya memastikan bahwa paket yang diterima sesuai dengan data dari pelanggan. Data tersebut mencangkup nama, alamat, nomor telepon, berat paket, jenis paket, hingga alamat tujuan pengiriman. 

Kondisi paket juga diperiksa, apakah ada kerusakan atau kekurangan, sebelum dibawa. Lebih lanjut, paket yang diterima oleh kurir akan segera diantar ke kantor ekspedisi untuk disortir dan mengikuti proses pengiriman.

Tips Menggunakan Layanan Pick Up

Menggunakan layanan pick up atau jemput paket ke rumah memang memudahkan. Terlebih ketika kamu tidak ada waktu untuk mengantar barang sendiri ke kantor ekspedisi. Akan tetapi, kamu juga perlu mengetahui beberapa tips agar kamu bisa menggunakan layanan jemput paket ke rumah dengan aman dan nyaman.

Baca Juga 
Inspirasi Kisah Pengusaha Sukses Dalam dan Luar Negeri

Baca Juga: Bebas Pilih! Begini Cara Cek Ongkir Semua Ekspedisi

Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat menggunakan layanan jemput paket ke rumah.

Jemput Paket ke Rumah

  1. Pilih Penyedia Jasa Tepercaya

Hingga saat ini sudah ada banyak jasa ekspedisi yang menawarkan layanan jemput paket ke rumah. Sebagai konsumen, kamu perlu mencari informasi mengenai penyedia jasa tersebut, misalnya terkait kredibilitas, reputasi, hingga testimoni. Pun, kamu tak perlu ragu untuk membandingkan fasilitas, harga, ataupun jangkauan dari penyedia jasa layanan lainnya. Tentu, hal ini agar kamu mendapatkan layanan terbaik.

  1. Berikan Data Lokasi yang Lengkap

Ketika kamu menggunakan layanan jemput paket ke rumah, sebaiknya berikan data lokasi yang pengambilan yang lengkap kepada penyedia jasa. Selain itu, sesuaikan juga waktu ketersediaan kepada kurir untuk pengambilan barang. Lalu, ketika kamu benar-benar sibuk, kamu tetap harus memastikan ada orang yang bisa atau siap menyerahkan barang kepada kurir saat waktu jemput paket ke rumah.

  1. Siapkan Barang dengan Baik

Pastikan kamu sudah menyiapkan barang sebelum kurir jemput paket ke rumah datang. Selain itu, pastikan juga barang yang hendak kamu kirim berada dalam kondisi baik, tidak rusak atau kekurangan, hingga telah dibungkus dengan rapi dan aman. Tak lupa, kamu juga sudah harus mengisi informasi penting di kardus atau label pengiriman, antara lain nama tujuan, alamat tujuan, nomor telepon penerima, jenis barang, hingga berat paket.

Jemput Paket ke Rumah

  1. Periksa Ulang Paket Sebelum Diserahkan kepada Kurir

Sebelum menyerahkan barang kepada kurir, alangkah baiknya untuk memastikan kembali data serta barang yang akan dikirim. Setelah sudah melakukan pemeriksaan ulang, kamu harus meminta tanda terima atau bukti pengambilan barang. Lanjut, jangan lupa untuk meminta nomor resi, ya.

Baca Juga 
Tips Bijak Menggunakan Uang THR

Jasa-jasa Pengiriman yang Bisa Pick Up atau Jemput Paket ke Rumah

Seperti diketahui, layanan jemput paket ke rumah atau pick up menjadi salah satu kemudahan bagi kamu ketika ingin mengirim barang, tanpa perlu repot-repot ke kantor ekspedisi. 

Baca Juga: Cara Cek Ongkir Cargo Online untuk Membantu Bisnis!

Berikut ini beberapa jasa ekspedisi tepercaya yang menyediakan layanan jemput paket ke rumah. Apa saja? Yuk, simak berikut ini.

  1. AnterAja

AnterAja menjadi salah satu jasa ekspedisi yang menyediakan layanan jemput paket ke rumah atau pick up. Caranya cukup mudah, yakni kamu perlu mengunduh aplikasi AnterAja, kemudian pilih layanan pick up.

  1. SiCepat Express

SiCepat Express tak hanya menyuguhkan layanan jemput paket ke rumah, lho. Mereka juga menyediakan layanan SiCepat Pick Up dalam waktu 24 jam.

  1. J&T Express dan J&T Cargo

J&T Express dan J&T Cargo menjadi jasa pengiriman yang turut menyediakan layanan pick up untuk mengirim paket ke kota lain. Tetapi, bagi kamu yang ingin menggunakan jasa ekspedisi ini, kamu perlu mendaftar akun terlebih dahulu ke laman resmi mereka.

Jemput Paket ke Rumah

  1. Paxel

Paxel memiliki layanan pick up yang akan jemput paket ke rumah. Kamu hanya perlu menyesuaikan lokasi titik jemput dengan estimasi waktunya. Untuk menggunakannya, kamu tinggal download aplikasi Paxel.

Layanan Paxel tersedia mulai pukul 8 pagi, pada Senin sampai Minggu. Menariknya, layanan pick up ini tidak dipungut biaya.

  1. TIKI

TIKI memiliki layanan ‘Jemput Online’ yang memudahkan kamu dalam pengiriman barang. Cara menggunakannya juga terbilang mudah, cukup akses halaman resmi mereka, lalu masukkan nama, nomor telepon, alamat jemput, dan jumlah barang.

  1. Pos Indonesia

Pos Indonesia menyediakan jasa pick up paket tanpa jumlah minimum. Jadi, meski barang yang akan kamu kirim hanya satu, Pos Indonesia tetap melayaninya. Bagi kamu yang ingin menggunakan layanannya, cukup hubungi Halopos di nomor 1500161.

  1. Ninja Xpress

Ninja Xpress menyediakan layanan jemput paket ke rumah dari pukul 9 pagi sampai sore. Nantinya, jika permintaan pick up melebihi batas waktu, maka penjemputan paket akan dilaksanakan keesokan harinya.

  1. Lion Parcel

Sama seperti lainnya, Lion Parcel menyediakan layanan pick up ke rumah. Untuk menikmati layanan ini, kamu hanya perlu mengunduh aplikasi Lion Parcel saja. Setelahnya, kamu tinggal melengkapi data informasi yang tersaji.

Baca Juga 
Jualan Online Paling Laris Pasca Idul Fitri, Apa Saja?

Jemput Paket ke Rumah

  1. ID Express

ID Express menyediakan layanan pick up, baik pengiriman reguler maupun cargo. Untuk menggunakan layanannya, kamu tidak perlu mendaftar sebagai mitra. cukup menghubungi melalui WhatsApp saja.

  1. Indah Cargo

Bagi kamu yang berjualan di Bukalapak, kamu bisa menggunakan Indah Cargo sebagai layanan pick up ke rumah. Tetapi, kamu hanya bisa menggunakan layanan tersebut pada pukul 10 pagi hingga 4 sore WIB. Kemudian, jika melebihi waktu yang tertera, maka pengambilan barang akan dilakukan di hari esok.

Kamu juga bisa mendapatkan berbagai keuntungan pengiriman seperti diskon jika melakukannya melalui platform SmartSeller dengan fitur Shipping Management. Dengan berlangganan di platform satu ini, kamu bisa menggunakan berbagai fitur lainnya, salah satunya management order untuk membantu merekap pesananmu. SmartSeller juga memiliki ratusan reseller yang dapat membantu tingkatkan penjualan. Yuk cek di sini untuk fitur menarik lainnya.