Banyak sekali contoh promosi yang menarik di media sosial yang bisa kamu lihat. Kalau kamu sering melihat-lihat sosial media, banyak sekali contoh promosi yang menarik dilakukan oleh brand-brand. Para pelanggan potensial pun akan tertarik ketika melihat contoh promosi yang menarik.

Pada masa sekarang, semakin banyak orang yang berbondong-bondong berjualan online. Apa alasannya? Beragam, meskipun pasti tentunya alasan paling utama adalah mencari uang. Seiring majunya teknologi, platform yang tersedia untuk berjualan juga semakin banyak. Baik di dalam maupun luar negeri. Karena kemudahan tersebut pula, banyak juga yang semakin tertarik untuk berjualan. Apalagi di tengah masa pandemi ini, memang keputusan baik jika ingin terus mencari uang tambahan.

Baca juga: Repeat Order dan Cara Memanfaatkannya

Tetapi, tidak semudah itu untuk berjualan. Baik offline maupun online, tetap harus dilakukan persiapan yang matang. Oleh karena itu, sebaiknya kamu mempersiapkan dengan baik dulu jika kamu berpikir untuk membuka usaha. Yang paling pertama harus kamu lakukan adalah melakukan riset pasar. Kamu bisa melihat kebutuhan orang-orang dan apa yang sekiranya bisa kamu tawarkan. Setelah itu kamu bisa memikirkan konsep dan media tempat kamu berjualan. Hal ini tentunya harus sejalan dengan modal yang kamu miliki. Setelah semuanya selesai baru kamu bisa melakukan produksi dan melakukan pemasaran dari produk tersebut.

Cara Meningkatkan Pendapatan Toko 

Semua orang yang berjualan tentunya ingin pendapatan toko meningkat. Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk membantu meningkatkan pendapatan toko, yakni:

  • Meningkatkan Kualitas

Mungkin saja kualitas produk yang kamu jual masih belum memenuhi standar yang diinginkan orang kebanyakan. Karena itu, kamu bisa meningkatkan kualitas produk kamu hingga sesuai dengan standar tersebut. Barang dengan kualitas bagus tentunya akan sangat dihargai oleh para konsumen.

  • Responsif

Bagi pelanggan, baik toko offline maupun online, sangat menyenangkan bila menemui penjual yang responsif. Terkadang banyak pertanyaan diajukan oleh pelanggan karena mereka bila mengerti. Jika si penjual ramah dan responsif pada pelanggan, pelanggan tentunya akan senang. Dengan begitu, ia akan lebih merasa nyaman untuk membeli yang ia butuhkan dibanding dengan toko lain.

  • Inovasi

Kamu bisa memberikan inovasi pada produk maupun gaya penjualan kamu. Dengan begitu, tokomu akan berbeda dengan toko-toko lainnya yang menjual produk yang mirip. Calon pembeli potensial akan menjadi tertarik untuk membeli di toko milik kamu.

  • Menambah Variasi Produk

Setelah beberapa saat, kamu juga bisa menambah variasi pada produk yang kamu jual. Tentunya dengan pertimbangan matang yang sudah kamu lakukan sebelumnya. Variasi produk akan membuat pelanggan lain akan melihat toko milik kamu karena menawarkan produk yang berbeda dari sebelumnya.

  • Pelayanan Terbaik

Salah satu yang membuat banyak pelanggan datang adalah dengan memberikan pelayanan terbaik. Semua pelanggan bisnis apa pun dan di mana pun tentunya menginginkan pelayanan terbaik. Pelayanan terbaik yang dimaksud pun beragam, seperti mengirim produk tepat waktu, melayani dengan ramah, hingga menulis deskripsi yang sesuai dengan produk yang dijual sehingga pelanggan tidak merasa dibohongi.

Baca juga:Cara Promosi yang Menarik

  • Promosi yang Menarik

Sejujurnya, promosi yang menarik pasti akan menarik para pelanggan. Contoh promosi yang menarik dapat kamu lihat di e-commerce yang ada. Dengan promosi yang menarik, pembeli akan menjadi tertarik untuk membeli produk kamu. Apalagi jika toko kamu tergolong baru, promosi yang menarik akan membantu pelanggan untuk mengenali toko kamu.

Promosi produk selalu ditunggu oleh para pelanggan, tak peduli siapapun pelanggan tersebut. Dengan promosi, tidak hanya pembeli, penjual bisa juga diuntungkan dengan pelanggan yang tergiur. Berikut adalah beberapa contoh promosi yang menarik dan bisa kamu terapkan di bisnismu:

  • Gratis Ongkir

Contoh promosi yang menarik adalah gratis ongkos kirim atau ongkir. Meskipun terdengar sepele, ini adalah salah satu bentuk promosi menarik yang paling disenangi oleh pelanggan. Terkadang, pertimbangan gratis tersebut bisa jadi hal yang diperhitungkan pelanggan dalam memesan produk. Terlebih, jika produk yang mereka beli adalah barang yang murah, potongan ongkir tersebut akan membuat mereka senang. Tentunya kamu bisa memanfaatkan contoh promosi yang menarik tersebut dengan memberikan jangka waktu atau minimum pembelian. Dengan begitu, kamu dan pelanggan akan sama-sama senang.

  • Diskon

Contoh promosi yang menarik dan lazim dipakai oleh penjual adalah potongan atau diskon. Semua orang pasti tertarik dengan diskon. Dengan memberikan potongan tertentu pada barang yang kamu jual, pembeli akan melihat toko kamu. Dengan begitu, akan ada kemungkinan pelanggan sambil melihat-lihat produk lain yang kamu jual dan kemudian membelinya. Diskon merupakan contoh promosi yang menarik dan paling jitu.

  • Potongan Pembelian Pertama

Ini adalah contoh promosi yang menarik untuk kamu yang baru membuka toko kamu. Dengan memberikan potongan pada pembelian pertama, kamu bisa sekaligus memberikan pengenalan produkmu pada pelanggan. Sebab, bukan tidak mungkin kalau pembeli tidak akan melakukan pembelian ulang. Ini juga dapat menjadi contoh promosi yang menarik untuk produk yang baru kamu luncurkan sehingga pelanggan merasa familiar dengan produk yang baru perkenalkan.

  • Beli 1 Gratis 1

Gratis selalu menjadi salah satu contoh promosi yang menarik. Dengan memberikan 1 bonus setiap satu pembelian, pelanggan akan tertarik untuk membeli produk tersebut. Malahan terkadang, contoh promosi yang menarik seperti ini dapat membuat pelanggan membeli produk yang sebenarnya belum dibutuhkan. Selain itu, kamu juga dapat mengurangi stok barang yang kamu miliki secara cepat dengan menggunakan teknik promosi ini.

  • Paket Bundling

Contoh promosi yang menarik selanjutnya adalah paket bundling. Kamu bisa memberikan potongan jika pelanggan membeli barang dengan paket bundling. Hal tersebut tentunya akan membuat pelanggan tertarik. Pelanggan yang tadinya berniat hanya membeli 1 barang saja kemudian akan berpikir untuk membeli beberapa barang agar menjadi lebih murah. Dengan begitu, kamu juga dapat menjual beberapa barang secara lebih cepat.


  • Promo Hari Tertentu

Kamu bisa memanfaatkan hari tertentu menjadi contoh promosi yang menarik. Ketika hari raya besar keagamaan, misalnya. Kamu bisa memberikan promo menarik agar menarik hati para pelanggan. Belum lagi biasanya saat-saat tersebut banyak yang menerima Tunjangan Hari Raya atau THR. Kamu bisa memanfaatkan momen tersebut untuk menjual produk yang kamu miliki.

  • Flash Sale

Contoh promosi yang menarik dan sering terjadi adalah Flash Sale. Biasanya flash sale terjadi pada e-commerce. Flash Sale merupakan suatu periode di mana beberapa toko memberikan potongan besar pada satu atau beberapa produk dengan stok terbatas. Sama seperti contoh promosi yang menarik lainnya, hal tersebut akan membuat para pelanggan merasa tertarik dan bergegas untuk pembeli produk milik kamu.

Baca juga: Kata-kata Promosi yang Ampuh

Contoh promosi yang menarik di atas dapat kamu terapkan sebagai salah satu bentuk promosi bisnis maupun produk kamu. Banyaknya barang yang laku nantinya tentu merupakan bentuk kepuasan pelanggan terhadap produk yang kamu jual. Namun, kamu harus tetap berlaku profesional dan ramah meskipun toko kamu sudah berkembang pesat. Dengan Smart Seller, kamu nggak perlu lagi kewalahan mengurus order masuk, inventori, hingga pengiriman barang. Info lebih lanjut bisa kamu cek di sini!