Arti repeat order berasal dari bahasa Inggris, yaitu repeat artinya mengulang, sedangkan order artinya pesanan. Jika digabungkan, arti repeat order adalah pelanggan membeli kembali produk yang sama di toko yang sama. Dalam menjalankan bisnis, pastinya sangat berharap apabila pelanggan melakukan pembelian secara berulang-ulang. Hal ini berarti pelanggan menyukai produk yang ditawarkan oleh toko kamu.

Selain itu, repeat order artinya juga merupakan manfaat yang didapatkan secara tidak langsung dari pelanggan. Perilaku pelanggan yang loyal adalah pelanggan yang sangat diidam-idamkan oleh sebagian besar pebisnis. Soalnya, pebisnis tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mempromosikan produk yang dijual. Makanya, tidak heran kalau arti repeat order diartikan sebagai demikian.

Manfaat dari Repeat Order untuk Berlangsungnya Bisnis

Setelah kamu memahami arti repeat order, selanjutnya kamu perlu tahu manfaat dari repeat order, yaitu sebagai berikut.

  • Mengurangi Biaya Pemasaran

Umumnya, pemasaran dilakukan untuk menarik pelanggan baru agar membeli produk yang dijajakan. Namun, dengan adanya pelanggan yang konsisten melakukan repeat order, secara tidak langsung kamu dapat mengurangi biaya pemasaran. Hal ini dikarenakan penjualan kamu secara otomatis mengalami peningkatan dengan adanya repeat order dari pelanggan yang sama. Oleh karena itu, arti repeat order bisa diartikan sebagai mengurangi biaya pemasaran sehingga dapat menghemat pengeluaran operasional.

  • Menciptakan Pelanggan yang Loyalitas

Arti repeat order lainnya adalah mempertahankan loyalitas pelanggan. Dengan banyaknya pelanggan yang terus melakukan repeat order, maka secara tidak langsung pelanggan tersebut merasa puas dan suka terhadap pelayanan serta kualitas produk yang diberikan. Dengan begitu, terciptalah pelanggan loyalitas yang menjadikan toko kamu sebagai penyelamatnya dalam membeli produk tersebut.

  • Memperluas Pangsa Pasar

Pelanggan loyalitas yang sudah sering melakukan repeat order dapat secara sukarela mempromosikan toko ke kamu ke rekan atau kerabat lainnya. Hal ini dikarenakan dia mendapatkan pengalaman yang puas dari toko kamu. Untuk itu, secara tidak langsung toko kamu dipromosikan secara mulut ke mulut sehingga dapat memperluas pangsa pasar. Jadi di lain sisi, arti repeat order juga bisa dikatakan untuk memperluas pangsa pasar suatu bisnis.

Cara Meningkatkan Repeat Order dari Pelanggan

Setelah mengetahui arti repeat order beserta manfaatnya, sebaiknya kamu memperhatikan beberapa hal yang harus dilakukan untuk meningkatkan repeat order dari pelanggan. Selain itu, arti repeat order juga berguna untuk meningkatkan trafik bisnis yang dijalankan.

  • Menciptakan First Impression yang Baik

First impression yang baik untuk pelanggan akan sangat berpengaruh terhadap keberlanjutan bisnis kamu. Apabila penjual memberikan first impression yang baik, maka pelanggan akan merasa puas. Tidak hanya itu, pelanggan akan mendapatkan pengalaman yang baik dan bisa melakukan repeat order. Apabila penjual memberikan first impression yang buruk, maka pelanggan akan merasa kecewa dan kesal kemudian tidak akan melakukan repeat order. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan hal ini untuk mendapatkan arti repeat order yang sesuai.

  • Pelayanan yang Memuaskan Nomor Satu

Tidak hanya berhenti di first impression saja, kamu tetap harus memberikan service atau pelayanan yang memuaskan kepada pelanggan. Pastikan kamu bisa menjawab semua pertanyaan yang diajukan oleh pelanggan menggunakan kata-kata yang ramah dan hangat. Selain itu, kamu juga bisa memberikan solusi yang baik untuk pelanggan apabila mengalami kebingungan untuk memilih produk. Pelanggan akan merasa senang dan nyaman sehingga peluang untuk melakukan repeat order sangat besar. 

Jika penjual merespon pelanggan dengan arogan dan ketus, hal ini akan menjadi ujung tombak bisnis kamu. Pelanggan akan memberikan review yang buruk terhadap toko kamu. Hal ini lantaran arti repeat order yang tepat adalah pelanggan melakukan pembelian kembali karena puas terhadap pelayanan yang diberikan.

  • Kualitas Produk yang Baik

Kualitas produk yang baik merupakan alasan utama pelanggan melakukan repeat order. Apabila produk yang ditawarkan memiliki kualitas yang tinggi, maka pelanggan akan puas dan tidak ganti haluan ke toko lain. Bisa saja produk yang kamu jual mendapatkan tempat di hati pelanggan. Tidak hanya itu, kemungkinan besar pelanggan dapat merekomendasikan toko kamu ke rekan-rekannya karena produk yang kamu jual memiliki kualitas yang tinggi.

  • Memberikan Promo Menarik

Mendapatkan keuntungan yang ekstra untuk suatu bisnis juga arti repeat order. Agar menarik pelanggan untuk melakukan repeat order, kamu harus melakukan beberapa hal salah satunya adalah memberikan promo yang menarik. Ada banyak sekali promosi yang bisa dilakukan, misalnya kamu bisa memberikan voucher dengan potongan diskon untuk pembelian selanjutnya. Hal ini dapat meningkatkan repeat order dan loyalitas pelanggan. 

Program buy 1 get 1 juga tidak kalah ampuh untuk menarik minat pelanggan. Soalnya, promo ini menggunakan psikologi marketing yang bisa mempengaruhi emosi dan tindakan pelanggan. Selain itu, tidak usah melakukan yang muluk-muluk, hanya sekedar memberikan promo gratis ongkos kirim juga dapat banyak menarik pelanggan. Kamu bisa memberikan gratis ongkir dengan syarat batas jumlah minimal transaksi. Hal ini dilakukan agar pelanggan membeli banyak produk agar mendapatkan gratis ongkir.

  • Memberikan Respon Komplain yang Baik

Mau serapi atau sebaik apapun yang diberikan, dalam menjalankan sebuah bisnis pastinya akan ada pelanggan yang tidak puas terhadap produk atau jasa yang diberikan. Namun, dalam mengatasi hal ini kamu harus memberikan respon yang baik. Dengan ini, tandanya bisnis kamu serius dan aware dengan pelanggan serta untuk memastikan semuanya dapat berjalan dengan baik. Hal ini seperti kata perumpamaan “Api jangan dibalas dengan api,” soalnya apabila kamu memberikan respon yang buruk juga, maka dijamin pelanggan tidak akan melakukan repeat order. Untuk itu, sangat penting untuk memahami arti repeat order

  • Kemasan Produk yang Ciamik

Tidak hanya berfokus kepada produk yang bagus saja, tapi kemasan yang diberikan juga harus ekstra. Soalnya, produk yang bagus dipengaruhi dengan kemasan yang baik. Apabila kemasannya biasa saja, maka produknya dapat rusak dikarenakan proses pengiriman. Oleh karena itu, untuk mengantisipasi kerusakan produk diperlukan kemasan yang ekstra, seperti penambahan bubble wrap agar keamanan produk terjaga dan kualitas produk tetap baik.

Tidak hanya itu, untuk mencapai tujuan dari repeat order, kamu juga bisa menciptakan desain kemasan yang multifungsi dan ciamik. Hal ini bisa memberikan nilai tambah buat produk dan bisa meraih hati pelanggan. Contoh kemasan multifungsi adalah kemasan yang bisa digunakan kembali untuk celengan atau tempat simpan barang.

Baca juga: Kenali Contoh Label Pengiriman Paket untuk Online Shop

Dalam menjalankan suatu bisnis memang bisa dikatakan tidak mudah. Hal ini dikarenakan banyak hal kecil yang harus diperhatikan agar bisa mendapatkan repeat order. Namun, repeat order dapat diraih apabila kamu melakukan dengan tekun dan selalu meningkatkan skill. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan Smartseller agar bisa memudahkan kamu untuk mengelola orderan yang menumpuk.