Estimasi pengiriman adalah salah satu hal penting dalam transaksi online. Hal tersebut dikarenakan baik penjual maupun pembeli membutuhkan waktu estimasi pengiriman. Tidak hanya transaksi online, pengiriman barang yang berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya juga mempunyai estimasi pengiriman.

Oleh karena itu, estimasi pengiriman adalah hal yang perlu diperhatikan dalam belanja online. Artikel ini dibuat untuk mengetahui apa saja hal-hal yang dapat mempengaruhi estimasi pengiriman, serta beberapa komponen yang perlu diperhatikan ketika mempelajari transaksi online.

Belanja Online 

Estimasi Pengiriman adalah

Belanja online adalah salah satu hal yang paling sering dilakukan masyarakat saat ini. Baik dari anak remaja hingga orang tua sudah bisa melakukan transaksi belanja online. Hal itu terlihat dari banyaknya kurir di jalanan. Apalagi belanja online juga sangat mudah diakses oleh berbagai macam lapisan masyarakat.

Meskipun belanja online bukan merupakan hal baru, tapi beberapa tahun belakangan transaksi online semakin meningkat. Hal tersebut dikarenakan smartphone kini lebih mudah didapatkan oleh masyarakat. Selain itu, pandemi yang sempat melanda Indonesia juga membuat transaksi online terpaksa dilakukan.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Belanja Online

Meskipun belanja online lebih mudah dilakukan karena kamu bisa melakukannya dari mana saja, tapi tetap ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh calon pembeli. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan jika kamu belum pernah melakukan pembelian barang secara online:

Baca Juga: Macam-Macam Jasa Pengiriman Barang yang Perlu Kamu Tahu

1. Nama dan Foto Produk

Nama produk yang dijual harus benar-benar dilihat oleh para calon pembeli. Tidak jarang calon pembeli yang ceroboh dan membeli barang karena tidak melihat nama produk secara lengkap. Begitu pula dengan foto produk. Calon pembeli harus memperhatikan baik-baik foto produk yang dijual supaya tidak tertipu. Biasanya penjual akan mencantumkan disclaimer apabila produk asli sedikit berbeda dengan foto.

Baca Juga 
Berjualan Barang KW, yes or no?

2. Harga Produk

Harga produk tentunya menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan oleh calon pembeli. Apalagi produk merupakan hal yang sensitif bagi para calon pembeli. Oleh karena itu, kamu perlu memperhatikan harga tersebut secara saksama agar tidak terjadi kesalahan saat melakukan pembelian.

3. Deskripsi Produk 

Deskripsi produk merupakan bagian dari lapak yang ada saat berjualan online. Ketika kamu membeli barang yang spesifik atau dengan harga yang cukup mahal, ada baiknya apabila kamu memperhatikan deskripsi detail yang diberikan penjual. Penjual yang baik akan memberikan detail yang jelas sehingga para pembeli dapat terinformasi.

Estimasi Pengiriman adalah

4. Ongkir Produk

Salah satu hal lainnya yang perlu diperhatikan dalam berbelanja online adalah ongkir produk. Ongkir produk merupakan ongkos kirim yang dibutuhkan ketika mengirim produk. Ongkir produk biasanya tergantung dari berapa berat dan dimensi barang yang dikirim, jasa ekspedisi yang digunakan, hingga jarak antara pengirim dan penerima barang tersebut.

5. Estimasi Pengiriman

Estimasi pengiriman adalah hal yang tidak boleh kamu remehkan ketika membeli suatu produk. Sebuah toko atau ekspedisi yang bagus biasanya akan memberikanmu estimasi kapan produk tersebut akan sampai di tangan penerima. Biasanya waktu yang diberitahu adalah jarak waktu tertentu.

Mengetahui waktu estimasi pengiriman adalah salah satu yang perlu diperhatikan pembeli, terutama ketika pembeli membutuhkan produk tersebut untuk suatu kegiatan. Melihat estimasi waktu akan membuat calon pembeli bisa dapat memperkirakan produk tersebut bisa digunakan. Pembeli juga bisa memilih jasa pengiriman yang lebih cepat jika tersedia agar produk bisa sampai dalam waktu yang lebih singkat.

Hal-hal yang Mempengaruhi Estimasi Pengiriman

Estimasi Pengiriman adalah

Seperti yang disebutkan sebelumnya, estimasi pengiriman adalah hal yang perlu diperhatikan pembeli sebelum membeli barang tersebut. Namun, ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi waktu estimasi pengiriman. Berikut ini merupakan beberapa hal yang dapat mempengaruhi estimasi pengiriman

Baca Juga 
Begini Cara Menambahkan Keranjang Kuning di TikTok!

1. Lokasi

Hal pertama yang memengaruhi estimasi pengiriman adalah lokasi. Lokasi yang dimaksud adalah lokasi antar pengirim dan penerima barang. Semakin jauh lokasi penerima barang tersebut dari lokasi pengirim, maka waktu estimasi pengiriman yang dibutuhkan juga membutuhkan waktu yang lebih lama.

Belum lagi letak geografis dari lokasi. Jika terjadi kejadian force majeure di lokasi tersebut, waktu estimasi pengiriman yang dibutuhkan pun akan molor. Belum lagi apabila pengiriman produk tersebut tidak hanya ke luar pulau, tapi hingga ke luar negeri. Banyak hal yang akhirnya bisa mengubah estimasi waktu tersebut.

Estimasi Pengiriman adalah

2. Berat dan Dimensi Produk

Hal lainnya yang dapat mempengaruhi waktu estimasi pengiriman adalah berat dan dimensi produk yang akan dikirim. Saat ini, banyak sekali produk yang bisa dibeli secara online. Barang dengan ukuran apapun, praktis tersedia dan dapat kamu beli secara online. Baik barang kecil hingga barang besar seperti kendaraan.

Karena itu, berat dan dimensi produk yang dipesan juga dapat mempengaruhi estimasi waktu pengiriman. Semakin besar barang yang dipesan, mode transportasi yang digunakan juga sedikit lebih sulit. Misalnya, mengirim furnitur ke luar pulau tentu membutuhkan kapal untuk dikirim. Sedangkan, pengiriman melalui kapal terkadang bisa mundur jadwalnya.

Baca Juga: Jasa Pengiriman Kargo dan Tips Kirim Barang Pakai Kargo

3. Jenis Barang

Hal selanjutnya yang berpengaruh pada estimasi pengiriman adalah jenis barang. Dengan semakin banyaknya platform untuk belanja online, kini barang yang kamu inginkan mulai dari barang-barang untuk bekerja hingga hobi dapat kamu beli. Bahkan pembeli terkadang berasal dari kota yang berbeda dengan penjual.

Terkadang barang yang dipesan seperti kaca rias atau makanan membutuhkan treatment tertentu yang membuatnya tidak bisa dikirim seperti produk-produk lain. Tak jarang kendaraan yang dibutuhkan untuk mengantar produk tersebut juga berbeda. Oleh karena itu, pembeli juga harus memikirkan hal tersebut.

Baca Juga 
Admin Gudang adalah: Memahami Pengertian dan Tugasnya

4. Layanan Pengiriman

Estimasi Pengiriman adalah

Last but not least, hal yang berpengaruh pada estimasi pengiriman adalah pemilihan layanan pengiriman. Saat ini, ekspedisi pengiriman cukup beragam. Layanan yang diberikan juga berbeda. Namun secara umum, ada beberapa layanan yang cukup mirip satu sama lain. Sebagai contoh, ada layanan reguler, ada layanan instan maupun layanan kargo.

Pada layanan reguler, barang yang dipesan pembeli akan dikirim dalam waktu normal seperti barang itu dikirim. Begitu pun hemat meskipun terkadang hemat memakan waktu lebih lama. Layanan kargo juga membuat barang dikirimkan melalui kargo tapi tak jarang barang sampai lebih cepat. Sedangkan layanan instan merupakan layanan yang diinginkan pembeli agar barang secepatnya langsung sampai ke tangannya.

Para pebisnis online harus mulai mengerti kenapa mengetahui waktu estimasi pengiriman adalah hal esensial. Dengan mengetahui hal tersebut, penjual dapat memberikan rasa nyaman dan aman bagi pelanggan. Informasi tersebut juga membuat penjual bisa memberikan rekomendasi pengiriman terbaik sesuai yang diinginkan pelanggan dan kemudian menggunakan shipping management untuk pengiriman tersebut.

Selain hal di atas, pelanggan juga perlu mengetahui aplikasi yang dapat membantu bisnisnya berkembang seperti SmartSeller. Dengan aplikasi ini, banyak hal yang bisa dilakukan bisnis tersebut. Sebut saja order management yang membuat toko bisa mengatur pesanannya dengan baik, atau inventory management yang memberikan pebisnis sebuah sistem gudang yang terpusat. Tunggu apalagi, kunjungi SmartSeller untuk info lebih lanjut!